10 Jenis Usaha yang Menghasilkan Untung 3 Lipat Modal

18 Februari 2017

Salah satu hal yang menyenangkan bagi banyak orang adalah mempunyai sebuah usaha yang cepat balik modal dan untung 3 kali lipat modal. Jenis usaha yang mampu menghasilkan uang banyak secara rutin perbulan dengan cara mudah dan praktis. Namun untuk mencapai semua impian itu tidak semudah yang dibayangkan. Tapi semua itu bisa tercapai jika seorang pelaku usaha mau bekerja keras, ulet, pantang menyerah, giat dan rajin serta tak lupa berdoa.

10 Jenis Usaha yang Menghasilkan Untung 3 Lipat Modal
Dalam membangun sebuah usaha, hal pertama yang harus dipikirkan adalah jenis usaha yang hendak dilakukan. Ada banyak contoh bisnis yang bisa dilakukan seseorang baik modal besar maupun kecil, dan secara rumahan atau kantoran. Namun bisnis pada dasarnya bisa dikerjakan secara rumahan. Apalagi seiring munculnya dunia internet, peluang usaha baru semakin bertambah banyak. Sehingga ada dua jenis usaha saat ini yakni bisnis online dan bisnis secara fisik yakni usaha rumahan dan bisnis kantoran.
jenis usaha, usaha yang menguntungkan, bisnis yang menguntungkan, usaha untung

Sementara itu, dalam merencanakan sebuah bisnis tidaklah mudah diperlukan sebuah survey pasar dan kecermatan tingkat tinggi. Salah satunya adalah bisnis yang menguntungkan dengan keuntungan 3 lipat modal. Dengan demikian membuat pelaku usaha tersebut cepat sukses dan kaya raya. Untuk lebih jelas, berikut ini 10 jenis usaha yang menghasilkan untung 3 lipat modal, antara lain:

Bisnis Es Krim
Siapa sih yang tidak menyukai kuliner es krim? Semua orang tentu sangat menyukai es krim dimulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Makanan yang terbuat dari bahan dasar susu ini selalu laris manis dibeli banyak orang. Karena rasanya yang manis, enak, lezat dan menyegarkan serta menyehatkan. Usaha dalam bidang produksi dan penjualan es krim sangat prospektif. Apalagi pada musim kemarau sekarang ini.

Sebagai bisnis yang menguntungkan membuat banyak pengusaha yang terjun dalam usaha produksi dan penjualan es krim baik secara rumahan atau skala industri besar. Produksi skala kecil rumahtangga misalnya es lilin, es goyang dll. Sedangkan bisnis es cream skala besar seperti Campina, Aice dan lain sebagainya.

Persaingan usaha dalam bidang es krim terbilang sangat tinggi. Sangat mudah kita jumpai gerai usaha yang menjual es krim baik secara permanen atau keliling menggunakan sepeda motor. Misalnya kuliner es cream dapat dibeli di minimarket Indomaret, Yomart, Alfamart, dan toko sembako dan kelontongan.

Pangsa pasar bisnis es krim sangat luas yang membuat banyak pelaku usaha menekuni bisnis ini secara rumahan dan keliling. Misalnya di daerah penulis banyak sekali penjual es krim keliling yang selalu mangkal di sekolah-sekolah, pesta pernikahan, dan acara hiburan lainnya. Hal ini membuat usaha dalam bidang pembuatan dan penjualan es krim persaingannya sangat tinggi. Namun jika dimulai dengan usaha es krim yang baru tetap menjanjikan dan menguntungkan. Asalkan memiliki kelebihan dari kualitas rasa dan harga.

Rincian modal usaha es krim secara rumahan memerlukan modal kecil. Modal usaha yang dibutuhkan meliputi : skop es krim, mesin pembuat es krim, wadah es, termos es, freezer, bahan baku es, air, listrik, pegawai, gerobak, spanduk dll. Jika ditekuni secara serius dan menempatkan penjualan es krim di lokasi yang strategis maka keuntungan bisnis es krim bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulan.           

Bisnis Online
Siapa sih yang tidak mengenal bisnis online? Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan di internet dengan menggunakan www dan jaringan akses internet. Bisnis yang popular dan booming sejak beberapa tahun ke belakang ini telah melahirkan banyak jutawan dan miliuner baru di dunia dan tanah air.

Jika anda sedang mencari peluang usaha dengan untung 3 lipat modal maka bisnis online sangat tepat untuk dijalankan. Karena bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil tapi keuntungan berlipat ganda. Bisnis ini dapat dikerjakan secara sampingan dan rumahan. Seperti yang dilakukan oleh penulis yang menjalankan usaha online di waktu luang.

Berapa modal usaha yang diperlukan dalam memulai bisnis online? Rincian modal usaha dalam menjalankan bisnis online secara menguntungkan antara lain : komputer atau laptop, koneksi internet, modem, kuota internet, listrik, ponsel dan alat pendukung lainnya. Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa dijalani seseorang. Misalnya usaha menjual barang fisik di internet. Seperti yang dilakukan oleh penulis yang menjual cemilan makanan ringan di internet yang ternyata laris manis.

Ada banyak marketplace yang bisa dijadikan sarana untuk menjual produk seperti facebook, olx, twiter, google plus, line, bbm, instagram, berniaga, bhinneka, bukalapak dan lain sebagainya. Anda cukup menawarkan barang beserta gambar dan deskripsi penjelasan. Setelah posting, iklan akan dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia. Seperti yang dilakukan oleh penulis yang menjalani bisnis online dengan buka lapak jasa penulisan artikel murah meriah.

Usaha Pinggir Jalan
Salah satu jenis usaha yang menguntungkan dengan modal kecil untung bisa 3 kali lipat dari modal adalah bisnis jualan di pinggir jalan. Usaha ini sangat mudah kita jumpai di pinggir jalan raya yang ramai. Bisnis ini sah-sah saja asalkan tidak mengganggu kenyamanan pejalan kaki. Misalnya usaha berjualan es kelapa muda, jualan produk makanan, baju, minuman, pakaian, sepatu, barang antik, buah-buahan dan usaha jenis lain sebagainya.

Mengapa usaha di pinggir jalan sangat menguntungkan dan cepat balik modal? Karena tempat di pinggir jalan yang ramai adalah sebuah lokasi usaha yang sangat strategis. Prospek banyak dan pembeli pun akan banyak. Anda bisa mencoba bisnis di pinggir jalan raya dengan membuka usaha jualan tahu, gorengan, minuman, makanan, dan kebutuhan sandang dll. Banyak pelaku usaha di pinggir jalan yang sukses dan kaya hingga mencapai untung bersih perbulan sampai ratusan juta rupiah.   

Usaha Bakso
Kuliner bakso merupakan jenis makanan yang digemari banyak orang dari semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa. Rasanya yang lezat, nikmat, dan gurih membuat setiap orang ketagihan. Apalagi saat ini banyak inovasi produk baso. Seperti bakso kotak, bakso isi, bakso pedas, bakso ikan dan lain sebagainya. Pangsa pasar yang sangat besar membuat bisnis jualan bakso sangat menjanjikan dan menguntungkan. Hal ini membuat banyak pengusaha yang menjalankan usaha berjualan bakso baik secara rumahan maupun keliling.     

Peluang bisnis bakso merupakan salah satu jenis usaha yang non musiman dan anti rugi. Dalam situasi panas atau hujan, makanan bakso selalu dicari orang dengan jumlah pelanggan yang sangat banyak dari kota hingga desa. Konsep berjualan bakso bisa dengan cara menggunakan sepeda motor atau warung bakso permanen di tempat strategis.

Berdasarkan pengamatan penulis langsung di lapangan, bisnis bakso saat ini tingkat persaingan sangat tinggi. Banyak gerai bakso yang menjual kuliner ini secara restoran, gerobak keliling atau gerobak menetap permanen. Sehingga sebagian pelaku usaha bakso modal kecil bisa merugi. Seperti yang dialami kakek penulis yang memilih pulang kampung lantaran usaha berjualan bakso di kota mengalami sepi pembeli. Tren pembelian bakso sekarang ini lebih ke sistem waralaba atau sistem toko yang lebih terjamin kebersihan dan kehalalan.

Bisnis warung bakso bisa dikombinasikan dengan usaha berjualan mie ayam. Sehingga potensi keuntungan bisa lebih besar lagi. Harga yang ditawarkan satu porsi bakso dan mie ayam terbilang sangat murah sekitar Rp 8000 sampai 15 ribu. Kunci sukses bisnis warung bakso dan mie ayam adalah kualitas rasa yang enak dengan harga murah serta pelayanan yang ramah dan memuaskan para pembeli.

Bisnis Laundry
Usaha laundry merupakan usaha yang trend saat ini seiring dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang kian ingin praktis, simple dan mudah. Mereka tak ingin repot dalam mencuci pakaian, bergelut dengan busa dan kotoran. Apalagi mereka sangat sibuk dengan pekerjaan sehari-hari di kantor dan kampus. Jalan yang mudah adalah menggunakan jasa pencucian pakaian atau laundry.   

Apabila rumah sobat berada di tempat strategis seperti pinggir jalan yang ramai, di sekitar kampus, pusat perkantoran, dekat perumahan dan dekat pusat keramaian orang dan sekitar pusat pendidikan maka sobat bisa menjalankan bisnis laundry. Rincian modal usaha laundry kiloan maupun satuan meliputi : mesin cuci, pengering, spanduk, timbangan, plastik, parfum, pewangi, ember, setrika, buku, sabun cuci, pegawai dan lain sebagainya. Jika anda tak mau repot merintis bisnis laundry dari nol maka sobat bisa membuka usaha waralaba laundry. 

Usaha Jualan Produk Digital
Selain berjualan barang fisik lewat online, anda pun bisa berjualan barang digital di internet. Seperti menjual ebook, teks, video panduan dll. Modal usaha yang diperlukan sangat kecil bahkan bisa nol dengan potensi untung besar. Bisnis ini kerja sekali tapi untungnya berkali kali hingga melebihi 3 lipat modal. Untuk pengiriman barang digital tak memerlukan biaya. Sebab bisa dikirim hanya lewat email atau link download.

Kunci sukses bisnis berjualan produk digital adalah kualitas barang yang bagus. Dengan modal 100 ribu tapi untung bisa sampai jutaan rupiah. Jika usaha jualan produk digital sepi mungkin produk digital yang dibuat kurang disukai oleh konsumen. Bisnis ini rawan sekali pencurian dan pembajakan apalagi di Indonesia.    

Bisnis Makanan Ringan
Prospek usaha makanan ringan atau cemilan sangat menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi bisnis ini dapat dimulai dengan modal kecil namun keuntungan bisa besar melebihi tiga kali lipat modal. Sebagai bisnis yang berprospek cerah membuat tingkat persaingan sangat tinggi. Misalnya di daerah penulis ada puluhan penjualan makanan ringan secara rumahan atau gerobak keliling.

Untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan keuntungan, produk cemilan bisa dijual secara online melalui situs jejaring sosial. Telah banyak pengusaha sukses dan kaya dari bisnis jualan cemilan di internet. Misalnya keripik singkong ma icih. Berikut ini beberapa hal yang sangat menentukan sukses tidaknya bisnis cemilan di tanah air antara lain : mengemas dengan kemasan menarik, mempunyai rasa yang enak dan beda dengan yang lain, harga terjangkau bagi semua kalangan, dan menggunakan sarana penjualan online dan offline.

Bisnis Kos-Kosan
Inilah usaha passif income yang mudah dijalankan dengan modal besar. Bisnis dalam bidang kost-kostan atau rumah kontrakan merupakan bisnis menjanjikan untung besar. Apalagi usaha kost-kostan dijalankan di kota dengan banyak kamar. Setiap kamar dihargai sewa bulanan sekitar Rp 500 ribu. Jika mempunyai 10 ruangan maka keuntungan mencapai Rp 5 juta perbulan. Usaha ini bisa dijalankan secara sampingan dan cocok bagi pensiunan PNS, ibu rumahtangga dan pegawai swasta. Adapun lokasi usaha yang cocok dibangun usaha kost-kostan adalah sekitar kampus, dekat perkantoran, dan pusat keramaian orang.

Usaha Ternak
Misalnya beternak ayam potong, bebek, sapi, kambing, domba, ayam petelur, ayam kampung, ternak lele, ikan mas dan lain sebagainya. Usaha ini bisa dijalankan secara rumahan dan sampingan dengan potensi yang menggiurkan hingga untung miliaran rupiah. Bisnis yang anti rugi dan selalu menguntungkan ini sangat cocok dijalankan di wilayah pedesaan. Karena sumber daya alam seperti pakan hewan yang sangat banyak dan mendukung.

Usaha Pertamini
Bisnis berjualan bensin secara eceran pertamini merupakan peluang usaha dahsyat yang sangat menjanjikan dan prospektif. Karena pengguna kendaraan bermotor memerlukan bensin untuk menggerakkan kendaraan motor mereka. Apalagi jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sangat banyak setiap tahun. Hal ini membuat bisnis pertamini bisa untung besar. Usaha ini bisa dikombinasikan dengan jenis usaha apapun seperti bengkel sepeda motor, warung kelontongan, usaha cuci motor, usaha menjahit dan lainnya.