Rincian Biaya Modal Usaha Warung Bakso untuk Pemula

31 Mei 2017

Suara mangkok yang dipukul oleh sendok mengeluarkan bunyi yang sudah tidak asing lagi yakni panggilan dari seorang pedagang usaha bakso keliling. Anda tentu sudah tahu dengan kuliner bakso yang digemari banyak kalangan ini. Ada banyak bakso di tanah air seperti bakso bandung, baso solo, bakso malang, bakso sapi, bakso pedas, bakso ayam, baso bakar, bakso kaget, dan jenis bakso lainnya.

Hal yang tidak bisa dilepaskan dari makanan bakso adalah rasanya yang enak, gurih, kenyal dan nikmat dengan tekstur lembut. Siapapun pasti ngiler untuk menikmati seporsi bakso. Seperti penulis. Harga bakso per porsi yang murah meriah membuat kuliner ini bisa dinikmati banyak orang dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Untuk mendapatkan bakso saat ini sangat gampang. Gerai usaha bakso tersebar dimana-mana baik dalam bentuk gerobak keliling, konsep warung bakso yang mangkal, waralaba bakso kelas restoran dan konsep kios bakso.

Pendek kata, setiap manusia pastinya membutuhkan suatu usaha yang mampu membiayai kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Ada banyak cara yang bisa ditempuh. Misalkan menjadi karyawan negeri dan swasta di sebuah perusahaan atau lembaga. Dan yang lebih menjanjikan adalah membuka suatu bisnis dan usaha. Salah satunya adalah usaha warung bakso.
warung bakso, bisnis bakso, usaha warung bakso, bakso, warung bakso, jualan bakso


Keuntungan dan Omset Usaha Jualan Warung Bakso
Ada anggapan usaha bakso adalah jenis usaha yang sepele yang keuntungan tak menjanjikan. Itu salah besar. Berdasarkan pengalaman penulis, bisnis warung bakso di tanah air sangat menjanjikan untung besar. Hal ini dibuktikan dengan banyak waralaba bakso seperti bakso kaget. Keuntungan perbulan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Karena pangsa pasar bakso yang sangat luas. Bisnis yang tak mengenal musim. Setiap hari laris manis. Apalagi saat hari raya lebaran idul fithri, usaha warung bakso laris manis diserbu para pembeli.

Sebelum memulai usaha warung bakso tentu kita harus melihat potensi keuntungannya. Untuk berjualan bakso sangat mudah baik keliling menggunakan gerobak atau sepeda motor maupun kios atau mangkal. Para pembeli akan datang sendirinya setelah mengetahui bisnis anda dalam berjualan bakso menggunakan gerobak unik menarik. Sebab makanan bakso digemari semua orang. Pastikan lokasi usaha berada di tempat yang ramai. Menjual bakso sebanyak 70 porsi mangkok perhari akan sangat mudah dilakukan.

Dalam satu porsi bakso biasanya laba bersih yang bisa didapatkan usaha warung bakso sebesar Rp 3000. Jika dalam satu hari sobat mampu menjual 70 porsi bakso maka keuntungan bersih yang bisa diperoleh sebesar Rp 210.000 perhari (70 porsi x Rp 3000) atau Rp. 6.300.000 per bulan (Rp 210.000 x 30 hari). Keuntungan yang sangat menjanjikan. Belum lagi ditambah dari penjualan minuman dan kerupuk.

Pendek kata, penghasilan bersih perbulan sebesar Rp 6.300.000 dari hasil menjual 70 porsi mangkok bakso perhari. Bagaimana kalau lebih dari itu? Tentu penghasilan lebih besar lagi. Menjual bakso di atas 70 porsi hingga 100 porsi mangkok lebih per hari sangat mudah dilakukan. Sebab bakso disukai banyak orang. Tinggal mencari tempat keramaian orang dijamin usaha bakso akan laris manis dan mampu menjual 100 porsi bakso lebih. Kalau dalam sehari mampu menjual 100 porsi mangkok bakso maka keuntungan bersih yang diperoleh sebesar Rp 9.000.000 perbulan (Rp 300.000 x 30 hari).

Usaha warung bakso karena bermodal besar maka tak bisa lepas dari target. Misalkan penjualan 100 porsi baso perhari agar keuntungan lumayan didapatkan. Hal ini membuat tak aneh jika banyak para pengusaha bakso yang sukses dapat menunaikan ibadah haji berkali kali, mempunyai mobil dan beberapa mobil mewah.

Ada banyak keuntungan dan kelebihan dari usaha warung bakso ketimbang dagang bakso keliling menggunakan gerobak. Salah satunya sobat tidak perlu capek mendorong gerobak dan mencari konsumen ke berbagai wilayah. Dengan menggunakan konsep usaha warung bakso maka para pembeli akan datang dengan sendirinya dalam jumlah banyak sesuai dengan tingkat keramaian di tempat tersebut.

Rincian Biaya Modal Usaha Warung Bakso untuk Pemula
Mengingat besarnya potensi keuntungan usaha warung bakso membuat kita tergiur untuk membuka warung bakso di daerah kita yang strategis. Namun namanya juga usaha pasti memerlukan biaya modal usaha awal untuk mendirikannya. Berikut ini rincian biaya modal usaha warung bakso bagi pemula, antara lain:

1. Gerobak/Booth
Tampilan gerobak bakso hendaknya menarik dan unik yang mampu membuat minat beli masyarakat terhadap usaha warung bakso yang kita jajakan. Anda bisa membuat sendiri gerobak bakso atau membelinya dari pengrajin gerobak dengan harga Rp 2 juta.

2. Peralatan dan Perlengkapan Bakso
Adapun perlengkapan dan peralatan usaha warung bakso meliputi gelas, mangkok, sendok, tenda, garpu, kompor gas, gas elpiji 3 kilogram, alat masak, meja, kursi, terpal, dan lain sebagainya. Biaya untuk membeli peralatan dan perlengkapan bakso sekitar Rp 3 juta.

3. Bahan Baku
Sementara itu, bahan baku pembuatan bakso mencakup daging sapi, mie, bihun, seledari, garam, masako, saus, kecap, cabai merah, bawang putih, bawang merah dan bumbu lainnya. Harga sekitar Rp 2 juta.

4. Sewa Tempat
Untuk menyewa tempat usaha warung bakso bisa dilakukan perbulan atau pertahun dan pastikan berada di tempat strategis yang banyak dilalui orang, pinggir jalan raya, dekat pasar, depan toko yang ramai, dekat pusat keramaian orang, sekitar minimarket atau pusat perbelanjaan, dll. Untuk harga sewa perbulan sekitar Rp 400 ribu. Dan harga sewa pertahun sekitar Rp 4 juta untuk di daerah pedesaan. Untuk daerah kota harga sewa tempat yang strategis lebih mahal dari itu.

5. Promosi
Untuk mengenalkan usaha warung bakso kepada masyarakat luas kita bisa menyebarkan brosur, memasang spanduk, memasang banner, dll. Biaya untuk promosi warung bakso sekitar Rp 600 ribu. 

Jadi estimasi total biaya yang mesti dikeluarkan untuk membuka usaha warung bakso dari awal sampai siap beroperasi sebesar Rp 8.000.000. Biaya modal usaha warung bakso ini akan berkurang jika anda tidak menyewa tempat lokasi usaha warung bakso. Namun jika halaman rumah atau anda mempunyai lahan yang berada di tempat strategis yang banyak dilalui orang maka anda bisa membuka warung bakso secara rumahan tanpa sewa tempat.

Kunci Sukses Usaha Warung Bakso Laris Manis
Karena sudah mengeluarkan biaya yang sangat besar maka usaha warung bakso harus berjalan sukses dan menguntungkan. Berikut ini kumpulan tips hal-hal yang perlu dilakukan supaya usaha warung bakso laris manis dan sukses, antara lain:

▪ Kerja Keras
Dalam setiap usaha diperlukan kerja keras, fokus, dan terus berjuang keras sampai berhasil secara total alias tidak setengah-setengah. Segala daya dan upaya dilakukan agar bisnis warung bakso berhasil dan mampu membukukan keuntungan tinggi. Dengan kerja keras maka secara perlahan hasil baik akan diperoleh. Berikan kerja keras yang terbaik bagi usaha warung bakso maka hasil paling baik akan anda peroleh. Sebagaimana sebuah kalimat bijak mengatakan bahwa anda akan menerima sesuai apa yang anda tanam.

▪ Rasa Bakso yang Enak
Kakek penulis merupakan salah seorang pedagang bakso keliling di daerah Bandung yang mengetahui seluk beluk cara pembuatan bakso yang enak dan lezat. Sehingga bakso yang ia jajakan berkualitas baik, segar dan memiliki rasa yang enak dan lezat serta gurih. Bahkan bisa dibilang lebih enak dari jenis bakso kompetitor.

Dengan memberikan rasa bakso yang enak dan lezat kepada konsumen maka mereka akan ketagihan. Dan pada hari berikutnya mereka kembali membeli atau repeat order dan menjadi pelanggan setia. Sebaliknya jika bakso yang kita jajakan memiliki rasa yang tak enak maka konsumen akan kapok membeli lagi bakso ke tempat anda. Oleh karenanya, pastikan rasa bakso enak dan lezat serta menarik yang mampu melebihi rasa bakso buatan pesaing di sekitar.

▪ Desain Tempat Jualan Warung Bakso
Namanya juga usaha. Kita harus bisa memancing prospek agar mau membeli bakso dari warung bakso kita. Caranya adalah membuat desain warung bakso yang sangat menarik dan unik yang mampu membuat penasaran banyak orang untuk membeli bakso dari anda. Selain itu, pastikan warung bakso dalam keadaan rapi dan bersih selalu yang membuat konsumen merasa nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya. Selanjutnya, berikan nama atau brand yang unik dan menarik terhadap warung bakso.

▪ Promosi
Salah satu hal yang sangat penting untuk kesuksesan usaha warung bakso adalah promosi. Proses promosi sebuah cara untuk menarik sebanyak mungkin pembeli yang kelak menjadi pelanggan. Ada banyak alat promosi seperti brosur, spanduk, reklame, banner, neon box, iklan di surat kabar dll. Anda bisa pula melakukan promosi usaha warung bakso secara online menggunakan media sosial facebook, bbm, twitter, line, whatsapp, dan lain-lain.

Biaya promosi secara offline terbilang lumayan mahal. Tapi keuntungan yang didapatkan sesuai dengan modal yang dikeluarkan. Ada cara murah dan gratis dalam promosi yaitu menggunakan media internet seperti facebook, twitter, instagram dll. Lalu cara promosi yang efektif dan jitu bisa dilakukan dengan memberikan diskon besar-besaran, hadiah menarik, program menarik seperti makan bakso gratis bagi yang hamil dan ulangtahun dll.

▪ Harga Bakso
Bagi sebagian orang yang mempunyai uang yang mencukupi masalah harga bukan hal penting. Yang penting rasa bakso enak dan lezat. Akan tetapi berdasarkan kenyataan saat ini, mayoritas penduduk Indonesia berada dalam kalangan menengah ke bawah dan manusia termasuk makhluk ekonomis sehingga masalah harga sangat sensitif. Sedikit mahal harga semangkuk bakso maka warung bakso itu akan ditinggalkan oleh para konsumennya. Para konsumen hanya membeli satu kali dan selanjutnya kapok membeli.

Hal di atas sudah dialami banyak pengusaha bakso yang gulung tikar dalam waktu singkat. Karena konsumen memilih membeli bakso per porsi dengan harga yang wajar sesuai pasaran dan kalau bisa lebih murah dari yang lain tanpa meninggalkan kualitas dan rasa. Usaha warung bakso konsep inilah yang akan senantiasa laris manis di masyarakat.

Misalkan harga satu porsi bakso di warung bakso pesaing sebesar Rp 10 ribu maka anda bisa menjual bakso dengan harga Rp 9000 per porsi. Apalagi penikmat makanan bakso tidak semuanya berasal dari kalangan kaya raya. Tapi mayoritas berasal dari kalangan menengah ke bawah seperti pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga, karyawan, dll yang memiliki keuangan terbatas.