Rahasia Menjalankan Bisnis Tour dan Travel yang Sukses Cepat

27 Januari 2017

Salah satu aspek yang sangat dicita-citakan oleh setiap orang adalah mempunyai sebuah usaha yang mampu memberikan pendapatan yang lumayan besar. Sehingga ia mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada dua pilihan yang bisa dilakukan oleh manusia untuk itu. Pertama mencari lapangan pekerjaan atau berprofesi sebagai karyawan. Kedua, ia memulai sebuah usaha mandiri baik secara kecil-kecilan maupun skala besar.

Apabila seseorang memilih pilihan kedua yakni ia menjadi pengusaha. Hal yang harus dilakukan adalah mencari peluang usaha baru yang cukup menjanjikan. Anda jangan takut kehabisan ide mendapatkan peluang bisnis terbaru. Sebab ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh seseorang secara sampingan maupun utama setiap hari. Lihatlah daerah sekitar anda yang belum ada produk tertentu. Salah satu peluang usaha menguntungkan yang bisa anda pilih adalah bisnis tour dan travel

Pengertian Bisnis Tour dan Travel
Pengertian usaha tour dan travel adalah sebuah lembaga profit yang membantu seseorang dalam melaksanakan perjalanan dari satu satu daerah ke daerah lain dengan jarak tempuh tertentu. Salah seorang kerabat penulis dan rekan kerja seringkali menggunakan jasa perusahaan tour dan travel. Dikarenakan sangat praktis, nyaman dan aman serta harga terjangkau dalam melakukan perjalanan hingga tiba di tempat tujuan.
bisnis tour, bisnis travel, usaha travel, usaha tour dan travel, travel, rahasia bisnis tour dan travel

Sekarang ini aktifitas jalan-jalan dan bepergian wisata dalam negeri hingga ke luarnegeri merupakan salah satu kebutuhan penting manusia. Sehingga di Indonesia terus tumbuh para traveler dengan berbagai kelas dan karakter. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dari bisnis ini.

Seiring semakin banyaknya usaha tour dan travel membuat bisnis ini tinggi tingkat persaingan. Oleh sebab itu, untuk memenangi persaingan pelayanan yang anda berikan harus lengkap, maksimal dengan biaya murah atau terjangkau. Para wisatawan dalam negeri dan luarnegeri juga sangat dimudahkan dalam urusan perjalanan ke tempat wisata yang diinginkannya dengan kehadiran bisnis tour dan travel.

Prospek Usaha Tour dan Travel
Salah satunya usaha tour dan travel yang sedang marak belakangan ini. Dikarenakan pangsa pasar sangat luas dan potensi keuntungan tinggi sekali. Hal ini disebabkan jumlah penduduk di tanah air sudah berkisar 240 juta penduduk. Setiap manusia memerlukan sarana liburan atau jalan-jalan rekreasi setiap bulan atau tahun untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam kehidupan serta menikmati hidup.

Pada masa modern keperluan terhadap jalan-jalan atau liburan sangat tinggi. Hal tersebut tak terlepas dari tekanan dan beban pekerjaan yang tinggi sekali. Oleh karenanya, otak dan badan harus refreshing untuk menyegarkan kembali. Dan meningkatkan kembali gairah dan semangat bekerja. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan Biofarma yang senantiasa mengadakan liburan dan piknik jalan-jalan ke luarnegeri. Misalnya ke Cina, Jerman, Paris, Singapura, Bali, Malaysia dll. Bahkan banyak orang yang mengagendakan setiap bulan atau setiap tahun ada kegiatan liburan dalam kehidupannya.

Beberapa hari kebelakang, ibu dan ayah tercinta baru saja melaksanakan ibadah umrah di tanah suci Mekah. Ia melaksanakan perjalanan dari Jakarta ke Kolombo Srilangka menggunakan pesawat terbang hingga ke Jedah menggunakan jasa tour dan travel. Beliau mengatakan bahwa jumlah orang yang umrah setiap hari sangat banyak terutama di daerah-daerah. Ini tentu saja merupakan potensi keuntungan yang lumayan besar dari bisnis tour dan travel.

Rahasia Menjalankan Bisnis Tour dan Travel yang Sukses Cepat
Melihat pangsa pasar yang luas dan potensi untung sangat besar sekarang ini banyak bermunculan usaha yang bergerak dalam bidang tour dan travel. Namun karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman seringkali usaha tour dan travel yang sudah dibangun tidak dapat berkembang pesat dan sukses. Justeru usaha berjalan mandeg hingga hampir jatuh bangkrut. Untuk menghindari hal tersebut, penulis akan menerangkan beberapa rahasia menjalankan bisnis tour dan travel yang sukses cepat, antara lain:

Mengembangkan Produk
Salah satu cara membuka usaha travel sendiri yang sukses adalah memberikan produk baru yang inovatif kepada para konsumen. Dengan demikian mereka tertarik akan bisnis dan usaha anda. Namun jika produk jasa bisnis tour dan travel yang anda tawarkan kepada konsumen kurang berkembang maka anda bisa memodifikasi produk tersebut. Hal ini lebih mudah ketimbang membuat produk baru yang belum tentu digemari konsumen. Dan terkadang memerlukan waktu lama seperti test pasar dan riset yang sangat mendalam untuk meluncurkan produk jasa baru dalam usaha tour dan travel. Produk dalam bisnis tour dan travel tentu saja sebuah jasa yang tak kasat mata.

Kini perhatikan secara seksama di lingkungan sekitar siapa para kompetitor anda, perhatikan apa yang mereka tawarkan, apa kelebihan produk mereka dan kekurangannya. Keunggulan dari fitur produk pesaing perlu diperhatikan. Layanan apa yang mereka berikan baik kekurangan atau kelebihan? Lalu apa yang sedang popular dalam layanan bisnis tour dan travel perlu diperhatikan juga secara seksama. Dari hasil pengamatan tersebut akan diperoleh gagasan brilian berupa produk yang mempunyai nilai tambah lebih besar dan unik. Sebuah produk jasa dan layanan berupa gabungan pengembangan produk ke arah yang lebih sesuai dengan trend dan pasar. Namun tetap berbiaya murah.

Mencintai Travelling
Bagi para karyawan, ibu rumahtangga, PNS, pensiunan dll yang sibuk bekerja di kantor, usaha tour dan travel sangat tepat dikerjakan sebagai usaha sampingan. Syarat utama agar usaha ini cepat sukses adalah mencintai dunia travelling terlebih dulu. Jika kita mencintai dunia travelling maka bisnis ini akan dikerjakan dengan sepenuh hati, suka, riang gembira dan kelak akan memberikan uang besar pada anda.

Buatlah Promosi Paket Wisata Secara Gencar
Salah satu aspek yang sangat penting yang menunjang kesuksesan bisnis tour dan travel adalah promosi. Buatlah sebuah promosi yang berupa penawaran unik yang membuat prospek tertarik memakai jasa tour dan travel milik sobat. Misalnya menawarkan paket jalan-jalan wisata dengan paket sangat menarik dan komplit. Lokasi-lokasi rekreasi yang dituju haruslah dapat mewakili segala tempat wisata di daerah tersebut. Hal itu untuk membuat konsumen merasa puas terhadap produk dan layanan yang diberikan.

Cara melakukan promosi usaha bisa dilakukan secara offline. Misalnya memasang spanduk, membagikan brosur, dll. Dan salah satu promosi ampuh di abad modern sekarang ini adalah melakukan promosi jasa paket wisata melalui media sosial. Telah banyak produk yang sukses laku keras di pasaran berkat promosi lewat online. Seperti kesuksesan keripik ma icih yang pedas berawal dari promosi di medsos. Cara beriklan di sosial media juga lebih menghemat biaya.

Bekerjasama
Hidup tidak bisa sendiri. Kita membutuhkan orang lain untuk mencapai apa yang kita inginkan. Begitupula dalam dunia bisnis tour dan travel yang tidak bisa berjalan sendirian. Tapi ia harus didukung oleh beberapa pihak agar bisnis tour dan travel cepat sukses. Salah satu caranya adalah melakukan kerjasama atau hubungan baik dengan pihak restoran besar, pusat oleh-oleh daerah, dan tempat tujuan rekreasi yang sangat menarik bagi konsumen. Dengan menjalin kerjasama, bukan cuma usaha anda yang diuntungkan tapi juga usaha orang lain.

Di berbagai daerah sangat menjamur komunitas-komunitas tertentu. Misalnya komunitas pecinta sepeda, klub sepeda motor, komunitas catur, komunitas golf, dan lain-lain. Bekerjasama dengan berbagai macam komunitas merupakan rahasia jitu menjalankan bisnis tour dan travel cepat sukses. Tawarkan pada berbagai komunitas di daerah sobat berupa jalinan kerjasama dengan cara memberikan produk jasa wisata milik sobat dengan disertai diskon, voucher, potongan harga atau harga yang menarik dan lebih murah dari pesaing. Yang perlu diingat kekuatan komunitas sangatlah besar. Apalagi jumlah anggotanya banyak sekali dan aktif yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pelayanan yang Memuaskan
Inilah faktor yang sangat penting dalam cara menjalankan bisnis tour dan travel yang sukses dengan cepat yaitu memberikan pelayanan terbaik yang mampu memuaskan konsumen. Dengan demikian, konsumen akan beubah menjadi pelanggan tetap. Bahkan jika mereka puas atas pelayanan dan usaha sobat maka mereka akan merekomendasikan kepada rekan kerja, teman, sahabat, anggota keluarga, sanak kerabat dll. Di kemudian hari, ketika mereka membutuhkan jasa tour dan travel maka mereka akan menggunakan bisnis anda.

Pendek kata, mengingat tingkat persaingan yang cukup tinggi dalam usaha tour dan travel, anda mesti memberikan layanan dan produk terbaik kepada kosumen. Supaya bisnis tour dan travel sobat bisa sukses cepat.

Nama Produk Wisata yang Unik
Sesuatu yang unik pastinya membuat penasaran orang lain. Begitupula dalam bisnis tour dan travel janganlah membuat nama produk wisata yang biasa-biasa saja. Sebab hasilnya akan biasa. Namun buatlah nama produk wisata yang wah dan sangat unik. Hal tersebut membuat penasaran banyak orang dan mereka pasti ingin membelinya.

Banyak sekali produk yang mempunyai nama yang unik dan terbukti laris manis di pasaran. Seperti nasi goreng gaul, surabi gaul, rawon setan, domba crispy, donat pink, donat madu, bunga gelombang cinta, martabak mini dan lain sebagainya. Dengan memberikan nama yang unik pada produk wisata yang kita tawarkan berarti juga memudahkan konsumen untuk mengingat produk wisata tersebut.

Itulah rahasia menjalankan bisnis tour dan travel yang sukses cepat. Sebenarnya masih banyak lagi tips dan trik sukses lainnya. Seperti cara sukses bisnis tour dan travel menggunakan teknik bundling. Misalnya sobat menjual produk wisata A dengan produk wisata B secara paket.