Rincian Biaya Modal Usaha Bisnis Online hingga Menghasilkan

03 Juni 2017

Bisnis online merupakan bisnis yang sudah populer beberapa tahun ke belakang hingga sekarang ini. Telah banyak jutawan dan miliarder yang dilahirkan dari dunia online. Ada banyak ragam jenis bisnis online. Seperti publisher, toko online, affiliate, reseller dan banyak jenis lainnya. Namun untuk memulai bisnis online sama seperti bisnis lainnya di dunia nyata memerlukan yang namanya modal usaha. Baik berupa modal operasional sehari-hari maupun modal investasi.

Gembar gembor iklan bombastis yang mengatakan bahwa bisnis di dunia maya bisa dilakukan tanpa modal alias gratis adalah bualan semata. Hal ini disadari dan dialami betul oleh penulis. Jadi jika anda ingin memulai bisnis online maka tidak bisa langsung dilakukan. Melainkan anda harus mempersiapkan modal usaha. Tanpa modal usaha berupa biaya operasional dan investasi mustahil bisa dilakukan. Pendek kata, untuk menjalankan bisnis online diperlukan modal. Namun modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar seperti bisnis fisik.
bisnis online, modal bisnis online, usaha bisnis online, usaha online, biaya bisnis online, keuntungan bisnis online, jenis bisnis online

Rincian Biaya Modal Usaha Bisnis Online hingga Menghasilkan
Berikut ini rincian biaya modal usaha yang diperlukan dalam memulai bisnis online sampai menghasilkan, antara lain:

1. Laptop
Komputer atau laptop maupun netbook merupakan modal utama yang harus dimiliki seseorang untuk mulai usaha bisnis online. Ada beragam laptop di pasaran dari mulai merek acer, axio, toshiba, dell, sampai sony. Dari harga murah sampai mahal. Dengan laptop murah harga Rp 2 jutaan pun seseorang sudah bisa menjalankan bisnis online dari nol hingga benar-benar menghasilkan.

Namun saran penulis kalau bisa belilah laptop dengan tunai dan kapasitas memori besar. Supaya berbagai program dan aplikasi pendukung bisnis online. Seperti program microsoft office, mozilla firefox, power point, template dan lain-lain dapat diunduh dan dijalankan secara optimal. Sehingga berjalan waktu dengan kerja keras mampu menghasilkan uang dari bisnis online.

2. Modem
Adapun modem merupakan sarana peralatan agar tersambung ke internet. Kartu paket internet dimasukkan ke dalam modem sampai terkoneksi dengan dunia online. Ada berbagai merek dan jenis dari modem internet. Seperti modem telkomsel, modem gsm, modem cdma dan lain-lain. Untuk harga modem internet dikisaran harga mulai Rp 250 ribu sampai Rp 1 juta. Jika anda mempunyai keuangan terbatas bisa membeli modem dengan harga termurah terlebih dulu. Hal itu sudah cukup memadai untuk mulai bisnis online.

3. Biaya Sambungan Internet
Untuk biaya sambungan internet tidaklah mahal seiring banyaknya provider jasa internet di Indonesia seperti telkomsel, xl, axis, indosat dll. Provider tersebut berlomba-lomba menyediakan jasa akses jaringan internet dengan harga murah dan koneksi cepat. Salah satunya yang sering digunakan penulis adalah kartu perdana internet satu gygabyte untuk satu bulan dari telkomsel dan indosat dengan harga Rp 50 ribu.

4. Blog
Blog merupakan sarana jualan untuk menghasilkan uang dari internet. Pertama buatlah blog. Untuk membuat blog bisa melalui berbayar atau gratisan. Untuk blog berbayar anda harus mengeluarkan biaya untuk beli nama domain dan sewa hosting. Sedangkan untuk buat blog yang gratis bisa mendaftar di blogspot maupun wordpress. Lalu blog tersebut diposting dengan beberapa artikel hingga pengunjung banyak. Dan dari pengunjung blog inilah anda bisa mendapatkan uang. Dengan cara monetisasi blog melalui program bisnis online publisher iklan, toko online, jasa sewa iklan dll.

Total biaya modal usaha yang harus dikeluarkan untuk mulai bisnis online minimal sebesar Rp 2.300.000. Apabila anda memutuskan untuk membuat blog berbayar maka modal usaha bertambah sebesar Rp 200 ribu. Jadi estimasi total biaya modal usaha bisnis online dari awal sampai beroperasi menghasilkan uang sekitar Rp 2,5 juta. Anda bisa menekan biaya modal usaha tersebut dengan cara meminjam laptop teman atau saudara.

Setelah mempunyai modal usaha di atas, anda sudah bisa memulai bisnis online. Untuk menghasilkan uang dengan cepat dari bisnis online anda bisa mengikuti berbagai kursus bisnis online yang terpercaya dengan biaya terjangkau serta mentor yang sudah berpengalaman dalam mendapatkan ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis di internet.

Prospek dan Keuntungan Usaha Bisnis Online
Sebenarnya jangan ditanyakan lagi mengenai prospek usaha dari bisnis online. Karena semua orang tahu bahwa saat ini di era modern berbagai pekerjaan dan segala sesuatu lainnya dijalankan secara online. Mulai dari layanan perusahaan, perbankan, pemerintahan, surat kabar dan lain-lain mulai menjalankan pekerjaan dan layanannya secara online menggunakan bantuan internet.

Berdasarkan data statistik yang berasal dari sumber terpercaya bahwa  jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 40 juta orang. Dari jumlah tersebut 14 juta pengguna internet suka melakukan belanja secara online. Hal ini menimbulkan peluang usaha yang sangat menjanjikan dari bisnis online baik berupa publisher, toko online, affiliate dll. Pangsa pasar yang sangat besar bukan hanya dari dalam negeri tapi juga sampai ke mancanegara asal terkoneksi dengan internet.

Adapun yang menjadi keuntungan bagi seseorang yang menjalani bisnis online adalah:

▪ Bisnis online bisa dikerjakan dimana saja seperti di mall, rumah, cafe, restoran, rumah sakit, ruang tunggu, kamar tidur, taman, lapangan, di atas kereta api, di atas kendaraan dan lain sebagainya asalkan terhubung dengan koneksi internet

▪ Dapat dilakukan di dalam rumah sambil mengurus anak dan rumahtangga. Sehingga bebas mengatur waktu kerja, tanpa terikat jam masuk kerja atau pulang. Anda adalah bos atas diri anda sendiri

▪ Untuk memulai bisnis online bisa dilakukan dengan modal kecil. Hanya sebuah laptop dan modem plus kartu paket sebagai koneksi internet

▪ Menjalankan bisnis online sangat praktis dan mudah. Ada banyak sumber cara dan tahapan bisnis online yang mudah dipelajari dengan browsing di google.

Usaha Bisnis Online yang Menguntungkan dan Terpercaya
Untuk lebih jelas, berikut ini jenis bisnis online yang mempunyai prospek cerah dan bisa menghasilkan uang secara cepat, antara lain:

1. Publisher iklan
Telah banyak orang yang sukses dari bisnis periklanan secara online. Contohnya Eka Lesmana yang mampu menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis iklan online. Lalu ada pula Habibie Hafsyah, Anne Ahira, Herman Yudiono, Agus Ramadani dan blogger lain yang berhasil dari bisnis online secara cepat. Cara melakukan bisnis online sebagai publisher iklan sangat gampang. Sobat membuat blog terlebih dulu di blogspot secara gratis. Kemudian mengisinya dengan banyak artikel. Selanjutnya mendaftar di perusahaan iklan sampai persetujuan diterima.

Setelah permohonan diterima langkah selanjutnya memasang kode iklan di blog sobat. Kemudian tingkatkan terus trafik blog. Semakin banyak pengunjung blog maka semakin besar penghasilan yang diterima dari program pay per click ini. Pendapatan dari bisnis online ini dihitung berdasarkan jumlah click yang dilakukan pengunjung terhadap iklan adsense di blog anda. Penghasilan lebih besar lagi jika menggunakan blog berbahasa inggris.

2. Toko Online
Untuk menjalankan bisnis online berupa toko online bisa dilakukan dengan mudah. Langkah pertama membuat blog untuk tempat toko online baik secara gratis ataupun berbayar. Kelebihan menggunakan blog berbayar adalah terlihat lebih profesional dan mempunyai kredibilitas baik. Namun kelemahannya anda harus mengeluarkan biaya tambahan bagi sewa domain sebesar Rp 90.000 dan sewa hosting sebesar Rp 60 ribu untuk enam bulan.

Adapun untuk membuat toko online secara gratis dapat anda buat blognya di blogspot. Ada banyak pengusaha toko online yang sukses dan kaya raya bermodalkan toko online gratis di blogspot. Langkah pertama, buat blog di blogspot dengan nama domain yang banyak dicari orang dan mencerminkan bisnis online anda dengan kata unik dan menarik. Kedua, isi blog yang berisi produk-produk yang anda jual. Ketiga, tingkatkan terus visitor setiap hari.

Sebenarnya masih banyak jenis bisnis online. Seperti dropshipper, survey berbayar, buka lapak jasa penulisan artikel online, jual beli blog, jual barang digital, jual jasa seo, jual jasa desain dan pembuatan website, dan lain sebagainya. Namun semua yang disampaikan di atas sudah cukup mewakili. Anda bisa menambahkan sendiri.

Tips Sukses Bisnis Online Gratis Tanpa Modal
Namun berdasarkan pengalaman penulis yang sudah tujuh tahun menekuni bisnis online, untuk menghasilkan uang di internet tidaklah bisa diraih dengan waktu cepat. Semuanya memerlukan proses panjang dan perjuangan keras. Berikut ini sejumlah kunci utama dalam meraih sukses di bisnis online, antara lain:

1. Memilih jenis bisnis online sesuai passion dan kemampuan,

2. Bekerja dengan sungguh-sungguh dan serius,

3. Disiplin dan pantang menyerah,

4. Banyak belajar dan fokus

Tidak ada yang namanya bisnis online langsung menghasilkan uang dalam waktu singkat. Seseorang harus mengalami proses mengenal dan belajar terlebih dulu. Bahkan ia harus mengalami beberapa kegagalan sebelum sukses dalam bisnis online. Berdasarkan pengalaman, pada bulan keenam biasanya seseorang bisa menghasilkan uang dari bisnis online. Bahkan kalau ia cerdas dan berbakat maka penghasilan dari bisnis online bisa diraih sejak bulan kedua. Bagaimana anda tertarik melakoni bisnis online yang keuntungan sangat menggiurkan dan mudah dijalankan ini?