Rincian Biaya Modal Usaha Gorengan dan Keuntungannya

20 Desember 2017

Jika mendengar kuliner gorengan apa yang terlintas dalam pikiran anda? Enak, renyah dan lezat. Itulah sebagian yang mungkin dipikirkan oleh sobat. Gorengan sudah dikenal orang sejak lama sebagai makanan jajanan yang digemari banyak kalangan. Dari anak-anak, remaja, orang dewasa, balita dan lanjut usia menyukai gorengan. Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai gerai usaha jualan gorengan baik di sudut kota maupun desa dengan menggunakan konsep gerobak kaki lima maupun kios gorengan.

Prospek Usaha Gorengan
Prospek bisnis gorengan saat ini masih menjanjikan. Mengingat pangsa pasar yang sangat besar. Walaupun banyak pesaing, pangsa pasar masih terbuka luas. Anda bisa melakukan bisnis usaha gorengan dengan membidik pangsa pasar masyarakat umum, kalangan pelajar, anak sekolah, mahasiswa, karyawan dan ibu rumah tangga. Usaha jualan gorengan terbukti sangat laku keras di kota maupun pedesaan yang terpencil sekalipun.

Kuliner gorengan sangat cocok dinikmati ketika sedang berkumpul bersama anggota keluarga, teman dan sahabat. Bahkan ketika sedang menonton televisi, anda bisa menikmati gorengan. Dan kebanyakan orang ketika perut lapar ide makanan yang harus dibeli sebagai teman nasi adalah gorengan. Bisnis kuliner gorengan sudah ada sejak lama dan makin populer. Untuk membuka usaha gorengan bisa dimulai dengan modal kecil. Tapi potensi keuntungan sangat besar. Melihat pangsa pasar yang luas. Gorengan termasuk jajanan anak sekolah paling laris saat ini.
bisnis gorengan, usaha gorengan, usaha goreng pisang, bisnis gorengan unik, gorengan, goreng pisang

Untuk membuat aneka gorengan sebenarnya sangat mudah bagi ibu rumahtangga yang pandai memasak. Namun di tengah jaman modern yang serba praktis ini membuat sebagian besar ibu rumahtangga tidak sempat untuk membuat gorengan. Mereka lebih memilih untuk membeli gorengan dengan harga yang terjangkau. Sehingga sangat tepat rasanya jika anda membuka usaha gorengan secara rumahan maupun di lokasi strategis lainnya. Anda bisa memulai bisnis gorengan secara sampingan maupun utama.

Rincian Biaya Modal Usaha Gorengan dan Keuntungannya
Melihat betapa menggiurkan keuntungan dari bisnis gorengan mungkin membuat anda tertarik untuk menekuni usaha jajanan tersebut. Berikut ini rincian biaya modal usaha gorengan dan keuntungannya, antara lain:

Biaya Investasi:
1. Pembelian peralatan dan perlengkapan usaha gorengan yang meliputi kompor, wajan, sendok, panci, wadah, tabung gas elpiji 3 kg, gerobak dorong atau booth yang didesain sangat menarik, bahan baku dan alat pendukung lainnya. Biaya pembelian peralatan dan perlengkapan usaha gorengan sekitar Rp 5 juta.
2. Pembelian gerobak
Fungsi gerobak atau booth adalah untuk memajang aneka gorengan yang anda jual. Pastikan gerobak yang anda miliki dalam keadaan bersih selalu dengan desain sangat menarik dan warnanya yang bisa membangkitkan minat beli masyarakat terhadap berbagai gorengan yang anda jual. Anda bisa membeli gerobak bekas untuk menghemat biaya pengeluaran. Atau sobat bisa membuat sendiri gerobak. Adapun harga gerobak sebesar Rp 1 juta.

Total biaya investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha gorengan sebesar Rp 6 juta.

Biaya Operasional:
1. Belanja bahan baku
Untuk pembelian bahan baku gorengan meliputi tepung terigu, pisang, gula pasir, garam, minyak goreng, wortel, kol, kecambah atau toge, bihun, mentega, bumbu masako dan royco, kentang, cabe rawit, tahu sumedang, ubi, tepung tapioka dan lain sebagainya. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 500 ribu.
2.Biaya beli isi tabung gas elpiji 3 kg sebesar Rp 25 ribu
3.Biaya tak terduga Rp 75 ribu

Maka perkiraan biaya operasional usaha gorengan sebesar Rp 600 ribu.

Dengan catatan, hal ini berlaku bagi anda yang mendirikan usaha gorengan secara kecil-kecilan, kaki lima dan rumahan. Sehingga tidak perlu menyewa lokasi usaha. Apabila dalam satu hari sobat dapat menjual 300 buah gorengan maka omset kotor yang didapatkan sebesar Rp 150.000 per hari (Rp 500 x 300 buah). Dikalikan satu bulan atau 30 hari maka omset kotor perbulan sekitar Rp 4.500.000 (150.000 x 30). Keuntungan bersih = omset kotor dikurangi biaya operasional. Maka keuntungan bersih usaha gorengan sebesar Rp 3,9 juta per bulan. Bagaimana lumayan bukan?

Jualan Gorengan yang Menguntungkan
Namun tidak selamanya usaha gorengan menguntungkan. Ada saatnya bisnis gorengan merugi. Disebabkan kuliner gorengan mempunyai daya tahan yang tidak terlalu lama. Jika tidak terjual pada hari ini maka gorengan tidak bisa dijual untuk keesokan hari. Jika banyak gorengan yang tidak terjual pada masa sekarang maka anda akan mengalami yang namanya rugi. Untuk mengantisipasi tersebut dan merubah menjadi usaha jualan gorengan yang menguntungkan, salah satu yang bisa sobat lakukan adalah mencari sebanyak mungkin tenaga penjual.

Untuk meningkatkan keuntungan usaha gorengan pastinya anda harus menjual sebanyak mungkin gorengan. Dan anda tidak mungkin bisa menjual aneka gorengan dalam jumlah banyak hanya mengandalkan tenaga dan waktu sendiri. Anda harus merekrut tenaga penjual gorengan lainnya seperti tenaga pedagang gorengan keliling, menitipkan di sejumlah warung dan kantin dekat sekolah dll.

Selain membuka usaha gorengan secara kaki lima menggunakan gerobak, anda bisa memulai usaha jualan gorengan menggunakan sepeda motor, sepeda, maupun mobil pick up terbuka. Perluasan pangsa pasar perlu dilakukan. Tak ada salahnya anda mencoba membuka usaha jualan gorengan di pusat perbelanjaan seperti mall, pusat restoran mewah, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu takut usaha gorengan anda akan sepi pembeli. Karena bisnis cemilan ini tidak pernah mengalami yang namanya sepi pembeli. Tetapi akan terus menguntungkan dan laris manis dibeli para konsumen.

Cara Memulai Usaha Gorengan Unik dan Modern
Bagi anda yang tertarik membuka bisnis gorengan modern dan terlaris, berikut ini cara memulai usaha gorengan unik dan modern, antara lain:

▪ Lokasi Usaha Gorengan
Untuk lokasi usaha jualan gorengan pastikan berada di daerah strategis yang mudah dilihat dan dijangkau banyak orang. Seperti di dekat permukiman warga yang padat penduduk, dekat pusat keramaian dan lain-lain. Anda bisa membuka bisnis gorengan di halaman rumah jika letak rumah sobat berada di tempat strategis.

▪ Menyediakan etalase atau gerobak
Gerobak berfungsi untuk menunjukkan keberadaan bisnis gorengan yang sedang anda jalankan. Harga gerobak gorengan unik saat ini sangat terjangkau dikisaran harga Rp 2 jutaan. Dalam gerobak menyediakan berbagai gorengan dengan dilengkapi kantong plastik hitam untuk mengemas gorengan yang dibeli oleh pelanggan.

▪ Mempersiapkan Peralatan
Untuk membeli peralatan memasak gorengan seperti kompor gas, tabung gas elpiji 3 kg, wadah, dan lain sebagainya tentu membutuhkan biaya modal yang tidak sedikit. Untuk menghemat biaya modal usaha gorengan, sobat bisa menggunakan peralatan masak yang sudah anda miliki di dapur. Seperti kompor, tabung gas elpiji 3 kg, wajan besar, serok, panci, wadah dan lain sebagainya.

▪ Menguasai Keterampilan Membuat Aneka Gorengan Unik
Setelah semuanya tersedia dengan lengkap baik itu lokasi usaha, gerobak, peralatan memasak dan bahan baku, langkah selanjutnya adalah membuat berbagai macam gorengan unik dan modern. Anda bisa menguasai keterampilan membuat aneka gorengan unik dan lezat dengan cara belajar kepada pengusaha gorengan yang telah sukses, belajar melalui buku cara memasak, mengikuti kursus pelatihan cara membuat aneka gorengan unik dan lezat.

Cara Jualan Gorengan Biar Laris Pelanggan
Untuk membuka usaha gorengan di kota maupun desa tidaklah mudah. Disebabkan persaingan dalam bisnis ini sangat ketat. Anda sangat gampang menemukan gerai usaha yang berjualan gorengan baik secara keliling atau menggunakan gerobak kaki lima. Usaha gorengan biasanya buka pada waktu pagi hari. Namun bisa pula gerai usaha gorengan buka pada waktu sore hari.

Bagi anda yang tertarik membuka usaha gorengan, berikut ini cara jualan gorengan biar laris pelanggan, antara lain:

▪ Harga murah
Salah satu hal yang menjadi daya tarik pembeli adalah harga gorengan yang murah. Namun bukan berarti murahan. Anda bisa membuat gorengan berkualitas baik dengan rasa yang enak dengan harga sesuai pasaran atau kalau bisa lebih murah sedikit dari harga pasaran. Hal ini berguna untuk menarik minat banyak pembeli. Karena pangsa pasar usaha gorengan bukan hanya kalangan karyawan yang memiliki penghasilan tapi bisa juga kalangan pelajar, mahasiswa dan pengangguran yang memiliki uang terbatas sekali.

▪ Rasa yang Enak
Namanya juga usaha gorengan maka anda harus memperhatikan dalam masalah rasa. Pastikan gorengan yang anda jual memiliki rasa yang enak dan lezat serta pas di lidah banyak orang. Sehingga membuat para konsumen ketagihan membeli aneka gorengan di lapak anda. Mereka puas atas rasa gorengan yang anda buat. Kemudian menjadi pelanggan setia.

▪ Bentuk Gorengan
Saat ini menyikapi kenaikan harga berbagai bahan dasar gorengan membuat usaha gorengan terimbas dampaknya. Dari keuntungan yang lumayan besar perhari menjadi berkurang sedikit. Untuk meningkatkan keuntungan bersih, para penjual gorengan seringkali membuat gorengan dengan bentuk kecil. Sehingga ada yang dinamakan usaha jualan gorengan mini yang imut dengan harga Rp 500. Namun jika anda ingin jualan gorengan laris manis maka anda harus mempertahankan bentuk gorengan sesuai pasaran dan umum.

▪ Pelayanan Baik
Cara jualan gorengan biar laris pelanggan lainnya adalah melayani pembeli seramah mungkin. Dengan demikian, pembeli merasa senang atas pelayanan yang diberikan. Sehingga di lain waktu, mereka bersedia membeli gorengan lagi di gerai bisnis gorengan anda. Bagaimana anda tertarik berbisnis gorengan?