Rincian Biaya Modal Usaha Makanan Ringan dan Keuntungannya

11 Juli 2017

Salah satu peluang usaha menjanjikan dengan modal kecil yang mungkin bisa Anda geluti adalah bisnis makanan ringan. Hal ini disebabkan makanan ringan disukai semua kalangan baik anak kecil maupun orang dewasa tanpa memandang usia. Bentuk dan jenis makanan ringan yang tersebar di pasaran sangat banyak. Ada makanan ringan modern. Dan ada makanan ringan yang tradisional. Gerai usaha berjualan makanan ringan sangat mudah kita jumpai di berbagai sudut kota dan tempat seperti di pinggir jalan raya, restoran, pasar, tempat rekreasi, taman, dan tempat strategis lainnya.

Peluang Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan
Adapun peluang bisnis makanan ringan bisa dijalankan secara sampingan dan rumahan oleh seorang karyawan, pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga dll untuk menambah pemasukan keluarga. Usaha ini sangat prospektif untung besar karena merupakan jenis usaha dalam bidang makanan yang pastinya merupakan kebutuhan utama manusia. Ketika sedang bersantai, nonton televisi, bercengkerama dengan keluarga dan waktu lainnya sering digunakan manusia untuk ngemil makanan ringan.

Bagi seorang pemula dalam memulai usaha makanan ringan tentu akan sedikit mengalami kesulitan. Dari mana point awal untuk memulai usaha kuliner ini. Langkah awal tentu saja memilih jenis makanan ringan yang hendak dijual.
modal usaha makanan ringan, usaha makanan ringan, bisnis makanan ringan, bisnis camilan, usaha snacks, pop corn

Usaha Makanan Ringan dengan Modal Kecil
Berikut ini beberapa jenis usaha makanan ringan rumahan yang sangat menguntungkan dengan modal kecil untuk dijual di sekolah, umum, toko, warung, dll antara lain:

▪ Usaha Roti Bakar
Anda tentu sudah mengenal kuliner yang manis ini. Roti bakar merupakan jenis makanan ringan yang disukai banyak orang dari anak kecil, remaja, dewasa sampai orang lanjut usia. Pada saat sore hari biasanya bermunculan gerai usaha roti bakar baik di desa maupun di kota. Pada umumnya gerobak usaha roti bakar bukan hanya menjual roti bakar tapi juga martabak manis dan martabak telor.

Persaingan bisnis roti bakar lumayan tinggi terutama di kota. Banyak pelaku usaha yang menggeluti bisnis jualan roti bakar secara kaki lima maupun gerobak keliling. Dikarenakan potensi keuntungan yang cukup besar dari usaha makanan ini dan bisa dijalankan dengan modal minim. Apalagi bahan baku yang diperlukan dapat sobat beli dengan gampang di berbagai toko dan warung di sekitar dengan harga murah.

Lokasi usaha berjualan roti bakar sangat menentukan sukses tidaknya bisnis ini. Lokasi yang tepat bagi usaha jualan roti bakar adalah di pinggir jalan raya yang ramai, sekitar pasar, dekat taman, sekitar kedai dan tempat strategis lainnya. Di desa penulis ada dua buah gerai usaha roti bakar yang semuanya laris manis.

Untuk memulai usaha roti bakar tentu anda harus mempersiapkan modal usaha roti bakar yang meliputi mengetahui resep cara membuat roti bakar yang enak dan lezat, membeli bahan baku mencakup roti, bumbu selai, bumbu kacang, susu kental manis, membeli gerobak atau booth, membeli peralatan dan perlengkapan masak, beli kompor gas dan lain sebagainya.

Untuk membuka usaha berjualan roti bakar gampang sekali. Sebab cara membuat roti bakar dari awal sampai siap disajikan sangatlah sederhana dan mudah dilakukan oleh siapapun asalkan mau belajar. Sementara itu, mengingat persaingan yang sedang dalam bisnis roti bakar maka pastikan anda menjual roti bakar dengan harga lebih murah dari pesaing. Hal itu dilakukan untuk memenangkan persaingan bisnis roti bakar.

Proses pembuatan roti bakar yang sudah umum penulis temui di berbagai gerai usaha roti bakar sebagai berikut: siapkan roti tawar yang panjang dan padat. Kemudian potong jadi dua bagian. Selanjutnya olesi dengan mentega, selai atau keju dan susu kental manis pada bagian dalam roti. Pada bagian dalam atas roti ditaburi bubuk cokelat ceres. Berikutnya dibakar hingga berwarna kekuningan. Langkah terakhir adalah menyajikan roti yang terlebih dahulu dipotong roti hingga delapan bagian. Masukkan dalam kardus kemasan ukuran kecil. Roti bakar yang enak lezat siap dihidangkan.

▪ Usaha Berjualan Kerupuk Snack
Salah satu bisnis makanan ringan yang dijalani penulis adalah usaha menjual makanan ringan atau snack kerupuk yang ternyata paling laris di pasaran saat ini. Ada banyak jenis kerupuk yang bisa sobat jual dan dijadikan usaha seperti kerupuk pedas, kerupuk asin, kerupuk pedas manis dan lain sebagainya. Inilah yang disebut aneka kerupuk dari jenis rasa.

Lalu ada kerupuk dari jenis bahan pembuatan seperti kerupuk jengkol, kerupuk talas, kerupuk ikan, krupuk bawang dan lain sebagainya. Bisnis dalam bidang penjualan kerupuk menguntungkan sekali untuk dijalankan disebabkan mayoritas penduduk Indonesia menggemari kerupuk atau makanan ringan snack ini dengan rasa yang khas, gurih dan enak.

Makanan kerupuk sering dijadikan menu pendamping nasi. Belum lengkap rasanya jika makan tanpa ada kerupuk. Begitulah pemikiran kebanyakan orang di Indonesia yang menyukai kuliner kriuk ini sebagai teman pendamping nasi. Anda bisa membuat kerupuk yang unik yang mampu menarik minat beli banyak orang.

Cara pemasaran kerupuk sama seperti makanan ringan lainnya sangat mudah. Anda bisa menitipkan ke warung atau toko terdekat dengan sistem konsinyasi. Anda bisa menjual langsung kepada konsumen dengan cara keliling atau mobile.

▪ Bisnis Jualan Tahu Kremes
Ada banyak jenis makanan ringan dari bahan tahu seperti tahu kremes, tahu sumedang, tahu bulat, tahu kriuk, tahu pedas dan lain sebagainya. Makanan ringan berupa tahu kremes merupakan jenis penganan yang menyehatkan tubuh manusia sekaligus populer yang saat ini digemari banyak orang dengan kandungan protein tinggi. Karena rasanya enak, lezat dan kriuk serta dijual dengan harga murah. Satu buah tahu kremes dijual seharga Rp 500.

Jika anda berminat membuka usaha makanan ringan maka bisnis tahu kremes, tahu bulat, tahu sumedang dan sejenisnya bisa dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Pangsa pasar yang sangat luas dan mudah dalam penjualannya. Adapun rincian modal usaha berjualan tahu kremes bisa membuat tahu kremes dengan resep sendiri. Atau sobat bisa bergabung dengan waralaba tahu kremes yang sudah terkenal dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Biaya investasi usaha waralaba tahu kremes sekitar Rp 3 juta yang mencakup gerobak, alat dan perlengkapan usaha, bahan baku, pelatihan pembuatan tahu kremes dan lain-lain.

▪ Usaha Singkong Keju
Peluang bisnis dalam bidang makanan ringan lainnya yang memiliki prospek cerah adalah usaha berjualan singkong keju. Usaha jualan singkong keju seringkali kita temukan di sudut kota. Namun tingkat persaingan bisnis singkong keju sangat lemah. Sehingga anda bisa mengambil peluang usaha ini dengan potensi untung menggiurkan. Disebabkan pangsa pasar yang lumayan besar dan kemudahan dalam menjalankan usaha ini. Bahan baku singkong sangat mudah dibeli di berbagai pasar tradisional atau petani dengan harga murah sekitar Rp 1000 perkilogram.

Keunggulan lain dari usaha berjualan singkong keju adalah cara berjualan singkong keju gampang sekali. Anda bisa membuka usaha singkong keju konsep gerobak kaki lima atau cafe. Selain itu, untuk membuat singkong keju sangat mudah. Mengupas singkong kemudian merebus. Setelah itu digoreng hingga matang. Langkah terakhir dengan menaburi keju pada singkong yang telah matang tersebut. 

Namun agar konsumen tidak bosan, anda bisa membuat berbagai variasi rasa dari singkong keju. Misalkan singkong keju pedas, singkong keju susu, singkong keju cokelat, dan singkong keju variasi lainnya yang anda kehendaki yang kira-kira diminati konsumen.

Itulah beberapa jenis bisnis makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil yang bisa sobat jalankan. Sebenarnya masih banyak lagi usaha makanan ringan yang menjanjikan lainnya. Seperti usaha berjualan popcorn, usaha jualan jajanan anak sekolah paling laris saat ini, usaha berjualan martabak mini, usaha berjualan aneka snack serba 1000 atau 2000, bisnis jualan kripik tempe, jamur krispy, keripik singkong, keripik talas, sale pisang, keripik ubi, dan lain sebagainya.

Rincian Biaya Modal Usaha Makanan Ringan
Berikut ini rincian biaya modal untuk membuka usaha toko makanan ringan dari awal sampai siap buka, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi usaha makanan ringan mencakup:

1. Etalase Rp 2 juta
2. Alat Press Sealer Rp 200 ribu
3. Peralatan Lainnya Rp 800 ribu

Total biaya investasi untuk membuka usaha makanan ringan sebesar Rp 3 juta.

▪ Biaya Operasional
Untuk biaya operasional usaha makanan ringan meliputi:

1. Upah Pegawai Rp 800.000
2. Belanja berbagai jenis makanan ringan Rp 1 juta
3. Sewa lokasi usaha Rp 550.000 Perbulan
4. Biaya kebersihan dan biaya listrik Rp 150.000 Perbulan

Maka total biaya operasional usaha makanan ringan sebesar Rp 2,5 juta perbulan.

Keuntungan Bisnis Makanan Ringan Perbulan
Apabila dalam satu hari terjadi penjualan minimal 50 bungkus makanan ringan dan harga makanan ringan dijual dengan harga Rp 5000 perbungkus maka omzet harian sekitar Rp 250.000 (50 x Rp 5000).  Dikalikan satu bulan maka omzet kotor usaha makanan ringan sebesar Rp 7.500.000 perbulan (30 x Rp 250.000). Dipotong biaya operasional perbulan sekitar Rp 2,5 juta maka keuntungan bersih yang didapatkan sebesar Rp 5 juta perbulan (Rp. 7.500.000 – Rp 2.500.000). Balik modal dalam waktu kurang dari satu bulan. Bagaimana lumayan menjanjikan bukan?

Tips Sukses Usaha Makanan Ringan
Dalam menjalankan bisnis makanan ringan dari nol hingga berhasil tidaklah mudah. Anda akan menghadapi banyak tantangan dan rintangan. Tanpa bertele-tele, berikut ini beberapa tips sukses dalam membuka usaha makanan ringan yang perlu sobat ketahui, antara lain:

▪ Pantang Menyerah
Untuk menjalankan sebuah bisnis terutama dalam bidang makanan ringan diperlukan sikap pantang menyerah. Dengan sikap positif ini maka keberlangsungan usaha kuliner anda akan tetap berjalan lancar. Dan semakin banyak pelanggan maka semakin besar keuntungan yang didapatkan.

▪ Inovatif
Para konsumen mungkin sudah jenuh dengan produk makanan ringan yang itu-itu saja. Untuk menarik minat masyarakat maka anda bisa membuat makanan ringan yang unik dan kreatif dengan rasa yang lezat dan enak. Sebab rahasia sukses bidang makanan ringan adalah kreatif dan inovatif dari produk yang ditawarkan.

▪ Kualitas Baik
Makanan ringan yang sobat jual pastikan mempunyai kualitas yang sangat bagus dari segi rasa, bahan baku, dan dari kemasan yang menarik. Bahan baku makanan ringan mesti bersih, higienis, fresh dan tak memiliki unsur yang membahayakan tubuh manusia. Untuk menjaga makanan ringan tetap berkualitas baik dalam jangka waktu lama, anda bisa menggunakan kemasan kedap udara dengan alat press khusus.