Rincian Biaya Modal Usaha Tahu Crispy untuk Pemula hingga Buka

06 November 2017

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tahu. Kuliner ini menjadi kesukaan bagi banyak orang dan menjadi resep favorit di setiap dapur rumah tangga. Hal ini tak terlepas rasa tahu yang enak, gurih dan lezat dengan harga murah meriah. Untuk mendapatkan tahu sangat gampamg. Anda bisa memperoleh tahu di pedagang tahu keliling, pasar, warung dll. Dan saat ini seiring meningkatnya kreativitas dan inovasi dalam mengolah bahan dasar tahu membuat lahirlah jenis kuliner baru yaitu tahu crispy atau tahu kress.

Keuntungan Bisnis Tahu Crispy
Bisnis tahu crispy menjadi salah satu jenis usaha yang menguntungkan. Berikut ini kelebihan dan keunggulan usaha tahu crispy, antara lain:

1. Minim persaingan
Di berbagai daerah di Indonesia, gerai bisnis tahu crispy masih sangat langka ditemukan di berbagai sudut kota dan tempat. Hal ini menimbulkan peluang usaha yang menjanjikan dari bisnis tahu crispy. Dengan minimnya jumlah pesaing, peluang bisnis membuka gerai usaha tahu crispy di suatu daerah lebih berpeluang besar berhasil.
tahu crispy, usaha tahu crispy, tahu, bisnis tahu, bisnis tahu crispy, modal tahu cripsy

2. Pasar Luas
Camilan tahu crispy sangat digemari banyak orang. Dari kalangan anak kecil, remaja, dewasa sampai usia lansia. Dengan pasar luas, keuntungan pun lumayan besar. Apalagi bisnis tahu crispy termasuk usaha makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia sehari hari selain minum. Apalagi tahu crispy dengan aneka rasa membuat setiap orang tergugah selera untuk menikmatinya.

3. Mudah menjalankan
Dalam menjalankan dan membuka usaha tahu crispy relatif mudah. Apalagi anda membuka bisnis tahu crispy secara waralaba. Dimulai dari cara pembuatan tahu crispy yang banyak ditemukan di internet. Yaitu bahan baku tahu lalu digoreng kemudian diberi bumbu sesuai selera. Misalkan bumbu sambalado, keju, rumput laut dll.

Tahu crispy mempunyai kelebihan dari jenis tahu yang lain. Terutama tekstur tahu yang kering sehingga saat dimakan terasa lebih enak dan nikmat serta renyah. Tahu crispy sangat pas dinikmati ketika kumpul bercengkerama bersama anggota keluarga, menonton televisi, dan menjamu tamu.

Sewaktu di Bandung , penulis pernah merasakan makan tahu crispy yang dijual Rp 500 per buah. Rasanya wow enak, lezat, gurih dan fantastis dengan bunyi kriuk yang renyah membuat penulis ketagihan. Menurut penuturan, pengusaha tahu crispy bahwa kuliner tahu crispy sedang populer, trend dan laris manis. Ada berbagai macam variasi rasa dari tahu Kress atau crispy seperti rasa rumput laut, keju dan balado. Dan yang paling laku adalah tahu crispy rasa balado.

Jika anda hendak membuka usaha tahu crispy atau tahu kress yang menguntungkan dan cepat balik modal ini maka anda bisa membukanya dalam bentuk konsep gerobak kaki lima maupun gerak lapak portable. Bahkan bisa buka usaha tahu crispy secara mobile menggunakan sepeda motor atau mobil dengan konsep food truck. Semisal usaha tahu bulat yang dijual dadakan memakai mobil pick up.

Tips Sukses Usaha Tahu Crispy
Namun untuk memulai usaha tahu crispy secara sukses dan berjalan lancar tidaklah gampang. Istilahnya susah susah gampang. Berikut ini tips sukses usaha tahu crispy bagi pemula, antara lain:

1. Sikap dan mental yang baik. Kalau dikerjakan dengan fokus, kerja keras dan sesuai passion maka bisnis tahu kress crispy akan berjalan sukses.

2. Lokasi strategis. Salah satu aspek yang menentukan keberhasilan usaha tahu crispy adalah letak lokasi usaha yang strategis. Misalnya membuka usaha jualan tahu crispy di pinggir jalan yang ramai, jualan tahu crispy dekat sekolah, kampus, pasar modern, tempat rekreasi, pasar tradisional, dan lain sebagainya.

3. Tahu crispy memiliki rasa yang enak, renyah dan gurih

Anda tidak perlu khawatir usaha tahu crispy sepi pembeli karena dipastikan jualan tahu crispy laris manis. Sama seperti jualan tahu sumedang dan tahu bulat. Disebabkan cita rasa yang enak dan harga jual tahu kress crispy sangat murah bagi semua kalangan. Tak ayal usaha tahu crispy laku keras dan semakin diminati banyak orang. Semua orang menyukai tahu crispy yang enak,halal, dan bergizi.

Analisa Usaha Tahu Crispy
Peluang bisnis tahu crispy sangat terbuka lebar bagi siapapun di kota maupun desa. Prospek bisnis cemilan ini sangat menjanjikan dengan pangsa pasar yang luas. Jika anda sedang bingung mencari peluang usaha yang tepat, mudah dan laris dengan modal kecil maka buka usaha tahu crispy pilihan yang tepat.

Namun sama seperti usaha kuliner lainnya, jualan tahu crispy mempunyai kelemahan dari segi daya tahan produk. Tahu crispy yang telah digoreng harus terjual pada hari itu. Sebab jika tahu crispy tak terjual maka akan basi dalam satu hari pun. Kalau jualan tahu crispy sepi pembeli maka resiko rugi bagi pengusaha tahu crispy di depan mata.

Oleh sebab itu, pastikan anda harus menjual tahu crispy secara laris dan tak bersisa. Dengan mengikuti tips sukses usaha tahu crispy yang telah disebutkan di atas. Untuk memperkenalkan usaha tahu krispi dan meningkatkan penjualan, anda bisa melakukan promosi secara online melalui medsos dan offline seperti menyebarkan brosur.

Rincian Biaya Modal Usaha Tahu Crispy untuk Pemula hingga Buka
Mengingat bahan baku tahu sumedang sangat mudah didapatkan, harga tahu crispy terjangkau, cara menjual tahu krispy cukup mudah dan cara pembuatan tahu crispy gampang sekali maka peluang bisnis jualan tahu crispy sangat menjanjikan dan layak dijadikan pilihan usaha. Berikut ini rincian biaya modal usaha tahu crispy untuk pemula hingga buka, antara lain:

▪ Biaya Investasi
1. Gerobak usaha tahu crispy harga Rp 2 juta
2. Tungku Rp 100 ribu
3. Kompor gas Rp 300 ribu
4. Penggorengan besar harga Rp 150 ribu
5. Tabung gas LPG 3 kg beserta isi Rp 300 ribu ( 2 dua buah)
6. Perlengkapan dan peralatan usaha meliputi wadah, pisau, piring, gelas, wajan, nampan, kursi, meja,  etalase, dll  harga Rp 900 ribu
7. Biaya lain-lain Rp 250 ribu

Maka total biaya investasi yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha tahu crispy sebesar Rp 4 juta.

▪ Biaya Operasional
1. Tahu sumedang atau tahu putih Rp 500 ribu
2. Tepung terigu cakra Rp 160 ribu
3. Baking powder Rp Rp 100 ribu
4. Tepung beras Rp 140 ribu
5. Gula pasir Rp 50 ribu
6. Garam Rp 20 ribu
7. Bumbu rasa tahu crispy Rp 130 ribu
8. Tepung bumbu Rp 100 ribu
9. Biaya air, iuran kebersihan, listrik bulanan Rp 400 ribu
10. Sewa lokasi usaha Rp 250 ribu
11. Biaya promosi Rp 150 ribu
12. Biaya lain-lain Rp 400 ribu

Maka estimasi biaya operasional usaha tahu crispy sebesar Rp 2,4 juta.

Omset Usaha Tahu Crispy
Dari perhitungan di atas total biaya modal usaha tahu crispy untuk pemula hingga buka sebesar Rp 6,4 juta (biaya investasi + biaya operasional). Jika dalam satu hari sobat bisa menjual 20 porsi tahu crispy seharga Rp 6000 maka omset harian sebesar Rp 120 ribu (20 x Rp 6000). Dikalikan satu bulan maka omset usaha tahu crispy sekitar Rp 3.600.000 perbulan (30 x Rp 120 ribu).

Omset bersih usaha tahu crispy adalah omset kotor dikurangi biaya operasional yaitu Rp 3.600.000  Rp2.400.000= Rp 1.200.000 perbulan. Keuntungan bersih usaha tahu crispy bisa melebihi angka tersebut karena dalam satu hari biasanya terjual lebih dari 20 porsi tahu crispy. Perhitungan balik modal dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Cara Membuat Tahu Crispy
Bagi anda yang membuka usaha tahu crispy secara waralaba maka anda akan memperoleh secara gratis resep cara pembuatan tahu crispy yang enak dan renyah dari awal sampai akhir. Namun jika anda memutuskan untuk mendirikan usaha tahu crispy secara mandiri maka diperlukan kemampuan untuk memproduksi tahu crispy yang enak dan renyah. Berikut ini resep cara membuat tahu crispy untuk jualan dengan rasa nikmat yang menggugah selera, antara lain:

Bahan Pembuatan Tahu Crispy
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu crispy, yaitu:

1. 10 buah tahu putih atau tahu sumedang. Kemudian kukus dalam waktu kurang lebih 15 menit
2. Penyedap rasa sebanyak dua bungkus
3. Tepung terigu cakra sebanyak ¾ kilogram
4. Baking powder sebanyak dua sendok teh
5. Garam secukupnya
6. Minyak goreng

Bumbu Halus Pembuatan Tahu Crispy
Untuk bumbu bagi pembuatan tahu crispy yang harus dihaluskan adalah:

1. Bawang putih empat siung
2. Garam dan merica secukupnya
3. Penyedap rasa satu bungkus

Dari uraian di atas, tampak jelas bahwa bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan tahu crispy sangat mudah didapatkan di pasaran. Selanjutnya adalah mengolah bahan dan bumbu tersebut menjadi tahu crispy yang enak dan lezat serta layak dijual untuk umum.

Langkah Membuat Tahu Crispy
Inilah langkah-langkah pembuatan tahu crispy yang renyah dan nikmat, antara lain:

1. Memotong tahu putih yang telah dikukus dengan bentuk kubus ukuran tiga centimeter

2. Selanjutnya rendam tahu di dalam air yang telah diberikan larutan bumbu halus

3. Masukkan ke dalam kulkas atau lemari pendingin sekitar satu jam

4. Lalu pada suatu wadah yang terpisah, campurkan tepung terigu cakra dengan baking powder, garam dan penyedap rasa. Aduk hingga rata.

5. Tahu yang berada di dalam kulkas di keluarkan. Kemudian balut tahu dengan cara dimasukkan pada adonan tersebut

6. Lalu goreng tahu hingga matang dengan warna kuning kecoklatan. Tiriskan dan siap disajikan dengan sambal saus.