Rincian Biaya Modal Usaha Kamar Kos-Kosan dari Awal hingga Buka

13 Juli 2017

Pertumbuhan sebuah kota tampaknya seiring selaras dengan pertumbuhan pemukiman penduduknya. Termasuk usaha kos-kosan yang banyak dijumpai di banyak tempat. Misalnya di Kota Cimahi, tempat penulis saat ini. Bisnis kamar kos-kosan tumbuh subur. Setiap bulan berdiri usaha kamar kost-kostan baru. Usaha ini semakin marak dan terus menggeliat. Dan setelah ditelusuri lebih dalam, setiap kamar kost telah terisi penuh oleh para penyewa yang bekerja maupun menuntut ilmu di perkotaan.

Prospek Usaha Kos-Kosan
Jika anda memulai usaha penyewaan kamar kost kostan sangat menjanjikan untuk dijalani di kota. Dengan pangsa pasar yang sangat besar. Apalagi harga rumah di perkotaan sangat mahal. Satu buah rumah yang berada di letak strategis dan masuk mobil dijual sampai Rp 1 milyar. Saking mahalnya harga sebuah rumah di kota, membuat kebanyakan orang berpenghasilan besar apalagi yang pas pasan dan minim tidak bisa membeli rumah secara tunai. Tapi beli rumah secara kredit karena harga rumah yang mahal.

Atas kenyataan itulah membuat kebanyakan orang yang tinggal di kota memilih menyewa sebuah kamar kost kostan. Inilah peluang bisnis bagi penduduk kota yang sangat menjanjikan yaitu bisnis kamar kost kostan yang terbukti menguntungkan. Penghasilan di dapatkan setiap bulan bersifat pasif. Kelebihan bisnis sewa tempat tinggal ini lainnya adalah mudah dalam pengelolaan, dan harga sewa yang setiap tahun naik. Selain itu, bisnis properti ini bisa dilakukan oleh semua kalangan seperti ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, karyawan, pensiunan dll.
bisnis kamar kos, usaha kamar kos, bisnis kos-kosan, usaha kos-kosan, kost-kosan, kamar kost

Di tempat tinggal penulis di kota Cimahi para pengusaha kamar kost kostan kebanyakan adalah para pensiunan polisi atau tentara dan kawula muda. Tak ada salahnya jika anda mempunyai modal uang yang memadai dan berlebih untuk memulai bisnis properti ini. Karena bisnis ini sangat menjanjikan, gampang mengelolanya, anti rugi dan bisnis yang menghasilkan omset perbulan sangat besar.

Namun untuk memulai bisnis pemyewaan kamar kost kostan memerlukan modal besar. Modal usaha yang utama dari bisnis kamar kosan adalah mempunyai lahan kosong yang kemudian dibangun beberapa unit kamar kost kosan. Biasanya para penyewa adalah orang yang berasal dari luar daerah dan merantau atau bekerja di kota. Baik sebagai karyawan, mahasiswa atau berwirausaha. Mereka memilih menyewa tempat tinggal dengan harga murah. Sebab harga beli rumah sangat mahal di kota.

Penulis juga tertarik untuk membuka usaha sewa kamar kost kostan di kota. Karena lebih menjanjikan dan menguntungkan ketimbang usaha ini dijalankan di pedesaan. Akan tetapi, sama seperti kawula muda lainnya masalah terbentur pada modal uang yang dimiliki sangat minim. Hal ini karena bisnis kost kostan membutuhkan modal usaha yang sangat besar meliputi pembelian sebuah rumah yang memiliki banyak kamar. Atau anda membeli rumah yang cukup luas kemudian merenovasi hingga dibuatkan beberapa kamar bagi para penyewa.

Cara Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal
Bagi anda yang ingin terjun dalam bisnis penyewaan kamar kost kostan perbulan atau pertahun maka anda tetap bisa menjalankan bisnis properti ini dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Berikut ini sejumlah cara melakukan bisnis kamar kost kostan tanpa modal yang cocok bagi pemula sekalipun, antara lain:

▪ Tenaga Pemasaran Penyewaan Rumah Kost
Bisnis properti penyewaan kamar kost kostan bisa dilakukan tanpa modal. Anda hanya bertugas memasarkan kamar kost kepada para penyewa. Rumah kost adalah milik orang lain yang anda telah bekerja sama dengannya atau telah dibuatkan kesepakatan sebelumnya bahwa jika ada penyewa dari hasil rekrut anda maka anda akan diberi komisi dalam jumlah tertentu.

Untuk mendapatkan para penyewa kamar kost kostan, anda bisa melakukan berbagai cara, antara lain: menawarkan ke lingkungan terdekat seperti rekan kuliah, memasang iklan secara online di media sosial seperti blog atau marketplace facebook dan instagram dll, memasang pamflet, dan lain sebagainya. Ini berguna sekali sebagai ajang belajar bagi anda yang kelak bisnis rumah kost dengan mempunyai rumah kost sendiri bisa menjalankan bisnis ini secara lancar. Karena sudah pengalaman.

▪ Tenaga Pengelola Rumah Kost
Untuk mulai terjun dalam bisnis rental kamar kost selain menjadi agen pemasaran jasa sewa kost, anda pun bisa menghasilkan uang dari bisnis properti ini dengan cara menjadi tenaga pengelola rumah kost. Peluang usaha dan peluang kerja ini bisa anda dapatkan melalui kenalan atau lowongan kerja di internet dan media massa. Banyak orang yang membutuhkan jasa pengelola rumah kost. Supaya investasi properti mereka berjalan baik dan menguntungkan. Apalagi mereka yang sangat sibuk dan tak punya waktu banyak untuk mengelola bisnis rumah kost.

Selain itu, anda bisa menawarkan diri kepada para pemilik rumah kost di sekitar anda untuk menjadi tenaga pengelola rumah kost kostan. Tentu dengan imbalan gaji bulanan atau komisi. Jika anda sudah memiliki nama baik dan citra baik sebagai pengelola rumah kost yang bagus dan terpercaya maka akan ada banyak tawaran dari para pemilik kost untuk mengelola rumah kost mereka. Sehingga anda bisa mengelola banyak rumah kost. Sehingga penghasilan berkali lipat.

Sebagai tenaga pengelola usaha kamar kost kostan, anda bisa membuka usaha sampingan di sekitarnya dengan pangsa pasar para penghuni kamar kost yang banyak. Seperti usaha berjualan es krim yang sudah terkenal, jualan toko kelontongan yang menyediakan mie ayam, mie rebus. bisnis bakso, usaha berjualan pulsa, jualan air minum isi ulang dan lain sebagainya.

Selain itu cara bisnis properti tanpa modal lainnya dengan cara menyewakan sebuah kamar kosong di rumah anda. Atau anda bisa melakukan cara ini yang dilakukan oleh rekan penulis. Ia menyewakan rumah kost kostan warisan orangtua di kota dan ia memilih bertempat tinggal di desa atau daerah pinggiran dengan harga sewa rumah yang jauh lebih murah.

Analisa Usaha Bisnis Kost-Kostan
Usaha penyewaan kamar kost-kostan merupakan salah satu jenis bisnis yang marak di daerah perkotaan dan pinggiran kota. Di satu daerah bisa terdapat puluhan rumah yang dijadikan lokasi usaha kost-kostan perkamar. Dan para penyewa kamar kos-kosan tak pernah sepi. Hal ini disebabkan jumlah orang yang menuntut ilmu di kota sangat besar. Begitupula orang yang mencari kerja dan bekerja di kota cukup besar. Sedangkan kebutuhan akan tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok manusia. Oleh sebab itu, mereka memilih menyewa kamar kost-kostan dengan harga sewa bulanan yang terjangkau.  

Prospek yang cerah, menguntungkan dan menjanjikan serta laris manis dari bisnis penyewaan kamar kost-kostan di kota membuat banyak para pelaku usaha mulai melirik bisnis properti ini. Ditambah keuntungan lain dari bisnis kost-kostan yang harga jual rumah kost-kostan akan semakin naik setiap tahun. Dan bisa disewakan dengan keuntungan perbulan yang cukup menjanjikan. Usaha kamar kost-kostan merupakan jenis usaha yang bersifat pasif. Dimana ketika kita tidak bekerja, kita tetap memperoleh pendapatan setiap bulan dari usaha sewa kamar kost-kostan.

Namun berdasarkan pengalaman penulis, usaha kamar kost-kostan lebih banyak ditekuni oleh para pensiunan atau oleh orang yang sudah tua dengan kepemilikan properti rumah di kota sejak lama. Rumah yang dimiliki tersebut diubah menjadi beberapa petak kamar yang kemudian disewakan. Para pensiunan membuka usaha kamar kost-kostan karena mudah dalam pengelolaan dan tak banyak menghabiskan tenaga dan waktu. Disamping mendapatkan uang pensiunan bulanan, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis penyewaan kamar kos-kosan.

Bukan berarti usaha kamar kost-kostan sangat cocok dijalankan oleh kalangan orangtua dan pensiunan. Orang yang masih muda juga sangat cocok dan tepat menjalani bisnis rental kamar kost-kostan. Karena bisnis ini merupakan sebuah investasi yang memberikan banyak keuntungan yaitu dari penyewaan kost-kosan, harga properti yang kian lama kian mahal, dll.

Cara Usaha Kos-Kosan
Berikut ini ada dua cara membuka usaha kamar kost-kostan yang laku keras dan menguntungkan saat ini, antara lain:

▪ Survey Lokasi Usaha
Lokasi dan lokasi. Itulah 2 hal penting dalam membuka usaha bisnis kost-kostan. Sebelum memulai usaha kost-kostan, anda mesti melakukan survey terlebih dahulu terhadap lokasi usaha yang meliputi siapakah pangsa pasar yang anda bidik, berapakah jumlahnya dan seberapa banyak pesaing dalam bisnis properti ini.

Setelah mengantongi data itu maka anda bisa membuka bisnis properti kamar kost-kostan di daerah strategis sesuai target market seperti sekitar pusat perkantoran, dekat pabrik industri, sekitar sekolah, sekitar rumah sakit dan kampus dll. Usaha bisnis kamar kost-kostan akan laku keras saat penerimaan mahasiswa baru jika yang dibidik adalah pasar mahasiswa.

Jika anda tak memiliki modal usaha yang cukup untuk memulai bisnis kamar kost kostan maka sobat bisa mengajak rekan dan anggota keluarga untuk menanamkan uang mereka pada bisnis properti yang anda bangun. Buatlah proposal usaha kost kostan disertai penjelasan mengenai prospek dan prosentase keuntungan yang didapatkan oleh investor dari bisnis kamar kost-kostan yang anda dirikan tersebut. Pastikan juga lokasi usaha yang hendak dibangun rumah kost-kostan tidak mengalami banjir ketika hujan, lingkungan sekitar aman, air bersih selalu tersedia dll.

▪ Fasilitas
Menyikapi persaingan yang cukup tinggi dari bisnis kamar kost-kostan maka anda perlu memberikan keunggulan dari usaha kost sobat seperti letak kos-kosan yang strategis dan dekat dengan tempat kuliah atau tempat kerja dan fasilitas yang didapatkan dari kamar kost sudah komplit yang meliputi ada AC atau air conditioning maupun kamar mandi yang nyaman dan lain-lain.

Rincian Biaya Modal Usaha Kamar Kos-Kosan dari Awal hingga Buka
Berikut ini rincian biaya modal awal untuk membuka usaha kamar kost-kostan dari awal sampai siap buka, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi membuka usaha kamar kost-kostan meliputi:

1. Biaya Pembuatan 6 Kamar kos-kosan Rp 60 juta
2. Promosi usaha kos-kosan Rp 1 juta

Jadi estimasi total modal investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha sewa kamar kost-kostan sebesar Rp 61 juta.

▪ Biaya Operasional Perbulan
Adapun biaya operasional perbulan usaha kamar kos-kosan mencakup:

1. Biaya air dan listrik perbulan Rp 600 ribu
2. Pegawai Perawatan & Kebersihan Rp 700 ribu

Maka biaya operasional perbulan sebesar Rp 1.300.000.

Omset per Bulan Usaha Kamar Kos-Kosan
Apabila satu kamar kos-kosan disewakan dengan harga Rp 200 ribu perhari maka pemasukan usaha kos-kosan sebesar Rp 1.200.000 perhari. Dikalikan satu bulan maka omset bisnis kos-kosan sekitar Rp 36.000.000 perbulan. Dikurangi biaya operasional usaha sebesar Rp 1.300.000 maka keuntungan bersih yang didapat sebesar Rp 34.700.000. Melihat keuntungan bersih perbulan dari bisnis kamar kos-kosan maka diperkirakan balik modal atau BEP dalam waktu kurang dari tiga bulan.