17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

25 Oktober 2017

Seringkali orang terkendala membuka usaha karena terbentur modal. Umumnya karena modal usaha yang diperlukan besar, sehingga tidak banyak orang yang bisa menjalankannya. Hal itu juga mungkin Anda rasakan. Usaha baru bisa berdiri jika punya modal jutaan atau bahkan ratusan juta. Lalu bagaimana solusinya? Adakah usaha tanpa modal yang bisa dijalankan. Atau paling tidak usaha tanpa modal besar, tapi hasilnya besar dan juga menguntungkan.

Bisnis tanpa modal sebenarnya cukup banyak tersedia. Hanya saja tidak semua orang mengenalnya. Jika pun ada modal yang diperlukan, usaha tersebut sudah bisa berjalan dengan modal kecil, bahkan nyaris nol. Sehingga, Anda tidak begitu terbebani dengan modal yang harus dikeluarkan.

Investasiuntung.com telah merangkum 17 peluang usaha tanpa modal besar yang menguntungkan dan bisa memberikan hasil besar bila ditekuni dengan serius. Apa saja peluang bisnis tanpa modal tersebut. Berikut uraiannya

1. Usaha jasa penulis online
Peluang usaha satu ini booming dalam beberapa tahun terakhir. Setelah orang semakin akrab dengan internet, peluang usaha online pun semakin banyak tersedia. Salah satunya adalah usaha jasa penulis online. Bisa dibilang bisnis online satu ini merupakan usaha tanpa modal yang menguntungkan. Dapat juga diklasifikasi sebagai usaha tanpa modal hasil besar. Mengapa demikian? Jasa penulis online saat ini lagi ramai permintaan. Sementara, Anda bisa dengan mudah menyediakan jasa dengan tarif yang baik. Yang paling diperlukan untuk bisnis jasa penulis online ini adalah keterampilan menulis Anda. Plus internet yang nantinya menghubungkan Anda dengan para klien. Jika kualitas tulisan Anda oke, mengambil peruntungan sebagai penulis online bisa Anda manfaatkan.
usaha tanpa modal, bisnis tanpa modal, peluang usaha tanpa modal, usaha tanpa modal besar, usaha tanpa modal menguntungkan, usaha tanpa modal hasil besar

Baca di sini » Cara Membuka Usaha Jasa Penulis Online secara Freelance

2. Usaha bimbingan belajar
Peluang usaha tanpa modal selanjutnya yang bisa Anda coba adalah usaha bimbingan belajar atau sering disingkat bimbel. Bisnis tanpa modal besar ini bisa Anda mulai secara privat dengan memberikan bimbingan bagi anak-anak yang membutuhkan tambahan pelajaran setelah pulang sekolah. Salah satu yang mengasyikkan dari bisnis bimbel adalah Anda bisa menjalankan usaha tersebut tanpa modal uang sama sekali. Pasalnya, yang dibutuhkan hanya ilmu pengetahuan Anda yang siap untuk dibagikan kepada anak didik. Jika Anda seorang istri yang sedang mencari usaha tanpa modal untuk ibu rumah tangga, usaha bimbel ini layak diperhitungkan. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa. Bisnis bimbel bisa dijadikan usaha tanpa modal yang menguntung.

Baca di sini » Cara Membuka Bisnis Bimbingan Belajar yang Menguntungkan

3. Usaha kerajinan tangan
Jika Anda memiliki keterampilan tangan yang bisa dijual, coba pertimbangkan untuk membuka usaha kerajinan tangan. Usaha satu ini memiliki pangsa pasar sendiri karena segmennya khusus. Beberapa usaha kerajinan tangan yang unik bahkan bisa mendapatkan tempat di hati pelanggan dengan harga fantastis. Padahal bagi pemula, bisnis kerajinan tangan dapat dikategorikan sebagai usaha tanpa modal besar. Tahap awal tentukan terlebih dahulu usaha kerajinan apa yang akan Anda geluti, hitung modal yang diperlukan, dan jalankan secara sungguh-sungguh.

Baca di sini » Cara Membuka Usaha Kerajinan Tangan hingga Berhasil

4. Usaha jual pulsa online
Pilihan bisnis tanpa modal besar lainnya yang bisa Anda coba adalah membuka usaha jual pulsa online. Mengapa online, karena saat ini tidak hanya produk fisik yang bisa dijual di internet. Pulsa pun bisa dijual secara online. Bahkan, yang menarik dari usaha jual pulsa online adalah terbukanya pangsa pasar yang lebih luas. Anda bisa menjual pulsa kepada siapa saja tanpa terikat waktu dan tempat. Ini berbeda bila harus menjual pulsa secara konvensional. Yang harus Anda persiapkan adalah perangkat untuk menjual pulsa secara online tersebut, seperti website. Dengan modal yang minim, usaha Anda sudah bisa berjalan dengan potensi keuntungan lumayan. Terutama bila dikelola secara serius. Bisnis pulsa online ini bisa memberikan pemasukan signifikan.

Baca di sini » Rincian  Modal Usaha Pulsa Elektrik dan Keuntungannya

5. Usaha ternak ayam kampung
Belakangan ini banyak orang mencari usaha yang bisa dijalankan secara rumahan atau masih di kawasan tempat tinggal, namun menjanjikan keuntungan. Nah, bila Anda termasuk yang menginginkannya coba pertimbangkan usaha ternak ayam kampung. Usaha ini bisa Anda buka untuk memanfaatkan kawasan pekarangan yang tidak terpakai, kemudian menjadikannya sebagai lahan peternakan ayam. Memang usaha ternak ayam kampung ini tidak cocok untuk daerah tempat tinggal padat penduduk, seperti perumahan. Tapi, sebaliknya jika memiliki lahan kosong. Bisnis ternak ayam kampung layak dicoba. Seperti diketahui, permintaan ayam kampung di pasar selalu tinggi. Ini karena peminat ayam kampung juga banyak. Dagingnya lebih gurih dan renyah. Harga juga lebih tinggi dibanding ayam pedaging biasa. Tanpa modal besar, peluang bisnis satu ini sudah bisa jalan.
usaha tanpa modal, usaha tanpa modal besar, bisnis tanpa modal, bisnis tanpa modal besar, bisnis tanpa modal menguntungkan, peluang usaha tanpa modal

Baca di sini » Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Kampung

6. Usaha pecel lele
Apakah masih ada bisnis tanpa modal banyak, namun hasilnya juga banyak. Usaha satu ini tampaknya sepele. Tapi, siapa sangka hasilnya sangat menggiurkan. Ya, usaha pecel lele. Meskipun dijalankan di pinggiran jalan, usaha pecel lele bisa meraup keuntungan signifikan. Bisa dibayangkan bila Anda menjual satu porsi pecel lele dengan harga Rp 15 ribu dengan keuntungan per porsi Rp 5 ribu saja, Anda sudah bisa meraup keuntungan Rp 500 ribu per hari bila terjual 100 porsi. Bagaimana bila pendapatan bersih tersebut berlangsung selama satu bulan. Keuntungannya bisa mencapai Rp 15 juta. Hasil yang signifikan bukan?

Baca di sini » Cara Buka Usaha Bisnis Pecel Lele yang Laris Manis

7. Usaha toko online
Peluang usaha dengan modal kecil lainnya yang bisa Anda rintis dari sejak dini adalah usaha toko online. Memang Anda perlu sedikit pengetahuan teknis. Terutama untuk membangun toko online tersebut. Tapi, untungnya sekarang banyak informasi yang tersedia di internet mengenai bagaimana cara membangun toko online Anda tersebut. Jadi, hanya perlu waktu sedikit untuk belajar. Kelebihan membuka toko online salah satunya adalah jangkauan pasar yang lebih luas, bahkan internasional. Anda bisa menjual apa saja secara online. Misalnya yang lagi trend tentang fashion. Anda bisa menjualnya dengan keuntungan sesuai selera.

Baca di sini » 7 Cara Membuka Bisnis Online Fashion untuk Pemula

8. Usaha barbershop
Salah satu peluang usaha jasa yang bisa Anda coba adalah usaha barbershop atau pangkas rambut. Bisnis ini tidak mengenal musim dan juga selalu dibutuhkan. Sebab, ada saja orang yang ingin memangkas rambut mereka. Keuntungan dari usaha barbershop ini adalah modal yang diperlukan relatif kecil. Sementara, hasil yang diperoleh bisa maksimal karena hanya menawarkan jasa. Bisnis ini lebih menekankan pada keterampilan Anda. Yaitu skill dalam memangkas rambut. Jika konsumen puas, mereka bisa menjadi pelanggan setia usaha barbershop Anda. Ini tentunya menjadi sumber pundi-pundi baru yang bisa mendongkrak pendapatan usaha.

Baca di sini » Keuntungan Bisnis Barbershop dan Cara Memulai Usahanya

9. Usaha gas elpiji
Bisnis tanpa modal besar berikutnya yang bisa dicoba adalah usaha gas elpiji. Dengan modal ratusan ribu, Anda sudah bisa merintis peluang usaha rumahan satu ini. Gas elpiji menjadi kebutuhan utama di dapur, sehingga penggunanya akan ketergantungan untuk terus membeli gas elpiji yang baru dan mengisi tabung gas mereka yang kosong. Menariknya, bisnis gas elpiji bisa dijalankan sebagai usaha sampingan, tanpa mengganggu kegiatan rutin Anda. Selain itu, bisa juga dijalankan dari rumah dan dikelola oleh anggota keluarga lain, seperti istri maupun anak.
bisnis tanpa modal hasil besar, bisnis tanpa modal, usaha tanpa modal, bisnis tanpa modal ibu rumah tangga, bisnis tanpa modal hasil besar

Baca di sini » Cara Membuka Usaha Gas LPG 3 Kg, 5 Kg, dan 12 Kg

10. Usaha kursus
Punya keahlian yang bisa dijual? Kesempatan membuka usaha kursus. Saat ini banyak peluang usaha yang menuntut pelakunya memiliki keterampilan. Misalnya usaha kursus tersebut. Sebut saja Anda memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris, maka dengan membuka usaha kursus secara kecil-kecilan keahlian Anda tersebut bisa menghasilkan uang. Anda bisa memungut biaya bulanan bagi peserta yang mengikuti kursus Anda. Tanpa modal pun, bisnis kursus ini sudah bisa jalan. Misalkan dengan membuka usaha kursus tersebut dari rumah. Bagi ibu rumah tangga, memiliki pekerjaan sampingaan seperti ini tentu bisa membantu ekonomi keluarga. Menarik bukan?

Baca di sini » Rincian Biaya Modal Usaha Kursus dari Awal hingga Buka

11. Usaha cuci motor
Seringkali ketika kita akan membuka usaha, pertimbangan yang sering muncul adalah apakah usaha tersebut menguntungkan. Bila dirasa kurang, maka kita akan beralih ke usaha lain. Usaha cuci motor dapat dimasukkan sebagai bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini masuk dalam kelompok usaha jasa, meskipun untuk menjalankan kegiatan usaha tersebut harus ditopang sejumlah peralatan penunjang. Membuka usaha cuci motor tidak membutuhkan modal besar. Cocok bagi Anda yang mempunyai anggaran Rp 5 juta ke bawah, bisnis cuci motor sudah bisa jalan. Buat yang masih pemula, Anda bisa menjalankan usaha cuci motor ini secara rumahan dengan memanfaatkan lokasi tempat tinggal untuk membuka usahanya.

Baca di sini » Rincian Modal Usaha Cuci Motor hingga Beroperasi

12. Usaha ternak kambing
Sejak dulu usaha ternak kambing selalu eksis hingga sekarang. Pertanyaannya kenapa bisa demikian? Jawabannya sederhana karena usaha ini menguntungkan. Bisnis ternak kambing menawarkan margin keuntungan yang besar, sementara modal yang diperlukan untuk memulai usahanya juga relatif sedang. Satu ekor kambing yang Anda ternak bisa memberikan keuntungan bersih hingga Rp 1 juta. Tinggal menghitung kelipatan saja, keuntungannya bisa puluhan hingga ratusan juta. Nah, bila Anda memiliki lahan kosong dan sedikit modal, coba pertimbangkan untuk membuka usaha peternakan kambing. Maka siap-siap Anda kaya mendadak, karena besarnya hasil yang bisa didapat.

Baca di sini » Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Kambing untuk Pemula

13. Usaha event organizer
Punya keahlian dalam mengatur dan menyiapkan sebuah acara, Anda mungkin cocok membuka usaha event organizer. Saat ini usaha event organizer jumlahnya belum banyak. Padahal ceruk pasar cukup terbuka lebar. Modal utama dalam membuka usaha event organizer adalah skill Anda dalam menyiapkan sebuah acara. Mulai dari mengonsepnya, mengatur, hingga menjalankan event tersebut sesuai rencana. Keuntungan yang ditawarkan dari usaha event organizer ini lumayan besar, karena sifatnya jasa. Anda bisa menawarkan proposal kegiatan dengan para sponsor dan mengambil keuntungan dari jasa yang Anda berikan tersebut. Sebuah event skala kecil saja, keuntungan yang bisa diraih bisa jutaan.

Baca di sini » Rincian Biaya Modal Usaha Event Organizer (EO) untuk Pemula

14. Usaha waralaba
Akhir-akhir ini usaha waralaba jadi buah bibir. Banyak yang membuka bisnis ini. Alasannya, Anda bisa langsung menjalankan usaha tersebut melalui kerjasama dengan brand franchise yang sudah ada. Membuka usaha waralaba modalnya juga relatif kecil karena Anda sudah memiliki produk yang siap jual dan mengambil keuntungan langsung dari penjualan. Salah satu pertimbangan untuk membuka usaha waralaba adalah memilih jenis usaha yang cocok, mudah dijalankan, dan menawarkan margin keuntungan yang besar. Bukankah usaha dengan hasil besar yang dicari?

Baca di sini » Usaha Waralaba Modal Kecil yang Memberi Untung Besar

15. Usaha jus buah
Peluang usaha tanpa modal besar lainnya yang bisa digeluti adalah usaha jus buah. Sangat cocok dijalankan secara rumahan, oleh ibu rumah tangga, maupun Anda yang saat ini masih mahasiswa namun ingin punya pekerjaan sampingan. Usaha jus buah tidak memerlukan modal besar. Dengan anggaran ratusan ribu, bisnis rumahan ini sudah bisa jalan. Anda bisa membuka usaha tersebut di tempat-tempat keramaian, seperti sekolah, kampus, perkantoran, serta lokasi-lokasi keramaian lainnya. Keuntungan yang diraih bisa 50 persen dari modal yang dibutuhkan. Lumayan kalau misalnya Anda menjual satu porsinya Rp 10 ribu, dan keuntungannya Rp 5 ribu per porsi.

Baca di sini » Rincian Modal Usaha Jus Buah hingga Buka

16. Usaha pertamini
Tidak tersedianya SPBU di beberapa lokasi yang membutuhkan bahan bakar kini menjadi ladang usaha baru. Anda bisa membuka usaha pertamini yang menjadi perpanjangan tangan untuk memenuhi bahan bakar di lokasi yang memerlukan tersebut. Usaha pertamini menawarkan keuntungan lumayan karena kendaraan selalu membutuhkan bahan bakar agar bisa jalan. Setiap liter yang terjual bisa memberikan keuntungan Rp 1.000 – Rp 2.000. Bayangkan jika sehari Anda mampu menjual 100 liter. Ini tentu sangat menggiurkan. Karena di sela pekerjaan utama, bisnis pertamini juga bisa jalan. Salah satu kelebihan dari usaha pertamini adalah bisa dijalankan secara rumahan dengan mempercayakan kepada anggota keluarga lain, seperti istri ataupun anak.

Baca di sini » Rincian Modal Usaha Pertamini hingga Beroperasi

17. Usaha jasa fotografer
Peluang usaha satu ini bisa dibilang sebagai hobi. Tapi, hobi yang menghasil uang. Di sela hobi Anda mengambil gambar, kebiasaan Anda di bidang fotografi tersebut juga bisa dijadikan ladang usaha. Yakni membuka usaha jasa fotografer. Saat ini usaha jasa fotografer masih terbuka luas. Anda hanya perlu sedikit keahlian dalam mengambil ‘angle’ foto yang bagus dan menyediakan kamera dengan resolusi yang baik. Usaha jasa fotografer bisa Anda lakukan dengan menawarkan jasa di lokasi-lokasi acara, seperti pernikahan, ulang tahun, kegiatan pemerintahan, sunatan, dll. Dengan usaha jasa fotografer yang Anda tawarkan tersebut, keuntungan bisa mencapai jutaan. Apalagi, kalau dijalankan secara serius.

Baca di sini » Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Fotografer Profesional

Itulah 17 usaha tanpa modal besar dengan hasil besar yang menguntungkan. Tentunya masih banyak peluang usaha dengan modal kecil lainnya yang bisa digeluti. Tinggal Anda memilih mana yang dirasa sesuai, pas di kantong, dan bisa dijalankan sesuai rencana. Sebab, sebagus apapun usahanya kalau pelaksanaannya tidak ada, juga tidak akan memberi hasil apa-apa. Selamat mencoba!