Keuntungan Bisnis Barbershop dan Cara Memulai Usahanya

09 Mei 2017

Banyak model dan jenis wirausaha yang bisa dilakukan seseorang. Seperti membuka usaha barbershop atau potong rambut. Namun bagi seorang pemula pasti akan kesulitan dalam memulai bisnis barbershop dari awal sampai siap buka dan berjalan menguntungkan. Peluang ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keterampilan memangkas rambut. Adapun lokasi usaha bisa di halaman rumah dengan modal minim. Atau dapat menyewa tempat strategis di dekat pusat keramaian. Misalnya dekat pasar, pusat belanja dll.

Ternyata di balik bisnis yang sederhana ini, pangkas rambut menjanjikan untung besar ditambah beberapa keunggulan dan keuntungan lainnya dari bisnis barbershop. Lalu apa saja kelebihan dari usaha pangkas rambut khusus pria ini di Indonesia? Untuk mengetahui lebih lengkap simak terus artikel ini.

Keuntungan Bisnis Barbershop
Jika anda sedang mencari bisnis sampingan maka sangat tepat untuk menjalankan usaha barbershop. Karena usaha ini bisa dilakukan secara sampingan sehabis pulang dari kantor atau kuliah. Dengan cara menerapkan sistem panggilan maupun rumahan. Walau bisnis sampingan, keuntungan bukan sampingan. Namun bisa mengalahkan penghasilan utama dari bisnis dan pekerjaan lainnya.
keuntungan bisnis barbershop, usaha barbershop, cara usaha barbershop, barbershop

Tanpa panjang lebar dan bertele-tele lagi, inilah keuntungan bisnis barbershop yang perlu sobat ketahui dari awal sampai akhir, antara lain:

▪ Mudah Dilakukan
Usaha barbershop mudah dijalankan dengan modal kecil hanya membeli peralatan potong rambut. Dengan modal sisir dan gunting sudah bisa menjalankan bisnis ini secara sederhana. Lokasi usaha tak begitu penting karena bisa dijalankan di dalam rumah. Modal usaha yang utama adalah keterampilan dalam pangkas rambut. Pokoknya, usaha barbershop gampang dilakukan dengan modal kecil atau tanpa modal.

▪ Cepat Kaya
Di India ada seorang tukang pangkas rambut yang bisa kaya raya dari bisnis barbershop. Ia membuka usaha potong rambut di beberapa cabang dan daerah di India. Anda pun bisa menirunya dengan sistem waralaba atau franchise.

▪ Bisnis Sampingan
Usaha potong rambut barbershop dikenal juga dengan sebutan salon laki-laki. Karena khusus menyediakan jasa potong rambut bagi pria dan anak-anak. Usaha ini bisa dilakukan secara rumahan dan sampingan dengan penghasilan menguntungkan. Semakin banyak pelanggan maka kian besar pendapatan yang diperoleh dari bisnis pangkas rambut.

▪ Kombinasi Usaha
Salah seorang rekan penulis membuka usaha pangkas rambut dengan lokasi di halaman rumah. Dalam satu hari, ia mampu mencukur rambut sepuluh orang. Dengan harga jasa potong rambut sebesar Rp 10 ribu. Jadi dalam satu hari, beliau mampu memperoleh untung bersih sebesar Rp 100 ribu. Dikali sebulan Rp 3 juta perbulan.

Selain menyediakan jasa pangkas rambut, ia juga membuka jasa pijat badan, perawatan wajah, jasa cukur kumis dan jenggot, dan usaha yang masih terkait dengan bisnis pangkas rambut. Penulis pun salah seorang langganannya. Sambil bercakap cakap dengan konsumen, ia menawari mereka dengan berbagai macam produk yang dijualnya.

▪ Laris Manis
Inilah bisnis yang senantiasa laris manis. Karena tampil menarik, gagah, ganteng dan rapi adalah kebutuhan utama seorang laki-laki. Sehingga gerai usaha pangkas rambut selalu dipenuhi para konsumen baik orang dewasa maupun anak-anak. Seorang remaja akan memilih cukur rambut di barbershop sebab bisa menyesuaikan model rambut terkini yang sedang trend dan populer.

Di kampung penulis yang terpencil dan cakupan kecil ada lima buah gerai usaha pangkas rambut. Dan pada hari biasa jumlah konsumen lumayan banyak. Sedangkan pada hari libur jumlahnya semakin besar. Sehingga konsumen harus rela mengantri. Di setiap gerai barbershop ada ciri khas masing-masing. Misalnya ada usaha potong rambut yang memberikan jasa cukur rambut dengan harga termurah Rp 7000. Dan ada pula yang mematok tarif pangkas rambut termahal Rp 12 ribu.

Dari perbedaan harga itu disebabkan kualitas pelayanan yang diberikan. Biasanya usaha barbershop dengan harga murah memberikan layanan yang biasa saja. Kadang pencukuran kurang akurat rapi atau sekedarnya asal pendek. Namun barbershop yang memasang tarif mahal memberikan fasilitas layanan yang memuaskan. Seperti hasil cukur yang rapih, layanan pijat tambahan, ruangan berAC, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa kelebihan dan keuntungan dari membuka bisnis barbershop. Sebetulnya masih banyak keunggulan lainnya. Seperti bisnis barbershop gampang dibuka dimana saja, tak memerlukan lokasi usaha yang luas, tidak ada istilah rugi dalam menjalankan usaha pangkas rambut, dan dapat menjalankan bisnis ini tanpa mempunyai modal keterampilan pangkas rambut. Dengan cara mempekerjakan orang lain yang ahli potong rambut.

Analisa Usaha Barbershop
Pendek kata, usaha pangkas rambut menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Padahal modal yang dikeluarkan terbilang kecil hanya gunting dan sisir rambut. Peralatan yang sering kita jumpai di rumah dan pasti kita memilikinya. Sekali potong rambut biasanya menghabiskan waktu 15 menit hingga lebih. Dan sekali cukur rambut  mendapatkan uang sebesar Rp 10 ribu.

Apabila dalam satu hari, ia mampu mencukur rambut 20 orang maka dalam sehari ia menghasilkan uang Rp 200 ribu. Dalam sebulan, seorang tukang pangkas rambut mendapatkan keuntungan Rp 6 juta. Wow lumayan bukan? Padahal dengan modal kecil yang sederhana dan hanya menghabiskan waktu sedikit. Di sela waktu kosong, ia bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Keuntungan Rp 6 juta perbulan adalah keuntungan dari 20 konsumen perhari. Jika dalam satu hari mampu mencukur rambut lebih dari 20 konsumen maka laba yang didapatkan lebih besar lagi. Belum lagi pendapatan yang bisa diperoleh pada waktu menjelang lebaran, pada hari weekend, dan hari liburan anak-anak yang konsumen pangkas rambut perhari membludak.

Untuk meningkatkan keuntungan bisnis barbershop sobat bisa mempekerjakan seorang karyawan pangkas rambut dengan sistem gaji tetap atau komisi. Kemudian jika usaha pangkas rambut telah berkembang pesat maka anda bisa membuka cabang di tempat lain yang lebih potensial. Sehingga keuntungan bisa berlipat dan cepat kaya dari bisnis ini.

Cara Memulai Usaha Barbershop
Setelah mengetahui arti pentingnya bisnis barbershop, keuntungan yang lumayan besar dari bisnis ini tanpa modal dan modal minim, maka kita akan tertarik untuk membuka usaha pangkas rambut. Berikut ini cara memulai usaha barbershop dari tahap awal sampai berdiri, antara lain:

▪ Lokasi Barbershop
Rincian modal usaha yang utama dari bisnis pangkas rambut adalah lokasi usaha. Anda bisa membuka usaha pangkas rambut di halaman rumah yang kosong. Atau mungkin sobat mempunyai ruangan kosong di depan rumah yang bisa dijadikan lokasi pangkas rambut. Walaupun lokasi usaha pangkas rambut bisa dimana saja.

Tapi lokasi yang strategis sangat mendukung keberhasilan bisnis pangkas rambut sobat. Misalnya lokasi usaha mudah dijangkau, mudah dilihat orang banyak di pinggir jalan raya dan lain sebagainya.Untuk lebih jelas, berikut ini sejumlah tempat strategis yang layak dijadikan lokasi usaha barbershop, antara lain:

1. Dekat pasar
2. Dekat mimimarket atau pusat perbelanjaan
3. Sekitar pemukiman yang jumlah penduduk sangat padat
4. Pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor
5. Dekat kampus, sekolah atau pusat pendidikan

▪ Ruangan Pangkas Rambut yang Nyaman
Walaupun lokasi pangkas rambut bisa terletak di luar ruangan atau udara bebas tetap harus memperhatikan kenyamanan konsumen. Seperti inilah hal-hal yang harus tersedia dan terdapat dalam lokasi usaha barbershop yang nyaman, yaitu:

1. Kondisi ruangan pangkas rambut senantiasa bersih,
2. Tersedia ruang tunggu yang layak dan nyaman dengan fasilitas komplit. Seperti televisi, wifi gratis, buku dan majalah, dll
3. Tersedia wc umum,
4. Terdapat fasilitas AC
5. Lampu penerangan jelas sehingga bisa melihat hasil pangkas rambut

▪ Tenaga Kerja
Apa yang membedakan usaha barbershop dengan bisnis barbershop? Kalau usaha pangkas rambut kita hanya mengandalkan tenaga sendiri. Sedangkan bisnis potong rambut lebih dari itu. Ia mampu melayani banyak konsumen dengan membuka cabang di berbagai tempat serta mempekerjakan tenaga terampil.

Penting sekali anda merekrut tenaga pangkas rambut yang ahli terampil dan berpengalaman. Sehingga konsumen merasa puas dengan kualitas hasil cukur rambut yang diberikan. Yang akhirnya menjadi pelanggan tetap.

▪ Menyediakan peralatan barbershop
Adapun peralatan dan perlengkapan usaha barbershop yang harus disiapkan, antara lain:

1. Kaca cermin depan dan belakang. Peralatan ini berguna untuk melihat hasil cukur rambut dari arah depan dan belakang
2. Kursi Barbershop bagi konsumen. Harga kursi barbershop khusus pangkas rambut sekitar Rp 1 juta
3. Mesin cukur. Harga mesin cukur sebesar Rp 200 ribu
4. Sisir atau sasak
5. Gunting rambut
6. Alat kerok atau pisau cukur buat pangkas kumis dan jenggot
7. Handuk kecil
8. Selimut untuk melindungi tubuh konsumen dari rambut yang berantakan jatuh
9. Bedak dan minyak rambut
10. Sprayer untuk membasahi rambut dengan air

▪ Promosi
Terakhir yang perlu dilakukan adalah promosi usaha barbershop agar semakin dikenal banyak orang. Seperti membagikan brosur, memasang spanduk dan banner, memasang pamflet, dan lain sebagainya. Banyak iklan promosi di televisi. Hal itu untuk mengenalkan produk mereka ke konsumen. Semakin gencar promosi maka akan meningkat penjualan. Begitu sebaliknya.

Demikianlah apa yang bisa penulis uraikan seputar keuntungan bisnis barbershop dan cara memulai usahanya. Semoga kita dapat memanfaatkan dengan baik peluang bisnis pangkas rambut yang menguntungkan ini.