Cara Membuka Usaha Kerajinan Tangan dari Awal hingga Berhasil

08 Agustus 2017

Siapa sih yang tak mengenal produk kerajinan tangan? Pastinya Anda sudah mengenalnya. Ada berbagai macam produk kerajinan tangan. Seperti usaha kerajinan tangan dari flanel, usaha kerajinan tangan dari barang bekas, usaha kerajinan tangan dari kertas dan bambu, dan bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan. Semua jenis usaha kerajinan tangan tersebut sangat menjanjikan untuk dilakoni oleh siapapun. Dengan syarat menguasai seluk beluk kerajinan tangan tersebut dari cara produksi, cara pemasaran dan cara membuatnya.

Prospek Usaha Kerajinan Tangan
Usaha kerajinan tangan mempunyai prospek yang sangat cerah dilakukan di Indonesia. Dengan pangsa pasar bukan hanya di dalam negeri tapi juga bisa menembus pangsa luar negeri. Harga produk kerajinan tangan di luar negeri lebih memiliki harga jual lebih mahal ketimbang di dalam negeri. Sehingga keuntungan besar bisa anda dapatkan dari bisnis kerajinan tangan ini. Seperti yang dialami oleh para pengusaha kerajinan tangan di tanah air kebanyakan mereka sukses dan kaya raya dari usaha kerajinan tangan yang ditekuninya dengan pasar luar negeri.

Jika anda sedang merencanakan untuk membuka sebuah usaha yang menguntungkan dan menjanjikan maka bisnis kerajinan tangan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Karena pangsa pasar yang sangat luas, mudah dalam pembuatan, rincian modal usaha kerajinan tangan yang sangat ringan dan senantiasa dicari banyak orang dari dalam negeri sampai luar negeri. Atas pertimbangan keunggulan-keunggulan itu, sobat layak menekuni bisnis kerajinan tangan yang prospektif.
bisnis kerajinan tangan, usaha kerajinan tangan, kerajinan tangan, cara usaha kerajinan tangan, cara buka bisnis kerajinan tangan, contoh kerajinan tangan

Cara Membuka Usaha Kerajinan Tangan dari Awal hingga Berhasil
Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini cara membuka bisnis kerajinan tangan dari awal hingga berhasil, antara lain:

▪ Hobi
Cara membuka usaha kerajinan tangan dari awal haruslah dilakukan atas nama hobi. Yang membuat hobi membuat kerajinan tangan yang dilakukan setiap hari. Dan seiring berjalan waktu, produk kerajinan tangan memiliki nilai jual tinggi sehingga dapat menghasilkan uang. Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa sobat buat. Misalkan kerajinan tangan dari kayu bekas, kerajinan tangan dari kertas, kerajinan tangan dari botol bekas aqua dan air mineral, kerajinan tangan dari bungkus plastik kopi dan rinso, kerajinan tangan dari koran bekas, kerajinan tangan dari bambu dan kain flanel dan lain sebagainya.

▪ Kreatif
Sebuah bisnis kerajinan tangan memerlukan yang namanya sikap yang kreatif. Bagaimana caranya memanfaatkan barang bekas yang tak berguna di sekeliling kita menjadi barang berguna berupa kerajinan tangan. Bagaimana mengubah sampah menjadi emas. Dan semua itu membutuhkan sikap kreatif yang sangat tinggi dari pelaku bisnis ini. Adapun tingkat kreatifitas orang berbeda-beda. Namun usaha kerajinan tangan memerlukan tingkat kreatifitas yang sangat tinggi untuk menjamin kesuksesan anda dalam memulai bisnis kerajinan tangan di desa maupun kota.

▪ Menentukan Produk
Dalam membuka usaha kerajinan tangan dari awal tidaklah mudah. Harus dilakukan perencanaan matang sebelumnya yang mencakup penentuan jenis kerajinan tangan yang hendak dilakoni. Pilihlah jenis kerajinan tangan yang laris manis, kerajinan tangan yang diminati banyak orang dan memiliki prospek cerah. Apalagi jika bisnis kerajinan tangan tersebut sudah menjadi hobi anda maka akan sangat gampang menjalani usaha kerajinan tangan itu.

▪ Promosi
Setelah anda mampu membuat sebuah kerajinan tangan yang diminati pasar dalam negeri dan luar negeri atas nama hobi selanjutnya adalah menjadikan uang hobi tersebut. Dengan cara melakukan penjualan atas produk kerajinan tangan yang sobat buat. Untuk menjual dan memasarkan produk kerajinan tangan bisa dilakukan secara offline dan online. Anda bisa mempromosikan usaha kerajinan tangan sobat di media sosial, facebook, twitter, seo google dengan blogspot, line, bbm dan lain sebagainya.

Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan Rumahan
Yang menjadi kelebihan dari usaha kerajinan tangan bahwasanya bisnis ini bisa dijalankan di dalam rumah sebagai usaha sampingan oleh ibu rumahtangga, karyawan, pelajar, mahasiswa, pengangguran dan semua kalangan lainnya. Agar bisnis kerajinan tangan menguntungkan, anda perlu mengetahui cara dan tipsnya. Tanpa panjang lebar, inilah tips sukses usaha kerajinan tangan rumahan yang perlu sobat ketahui, antara lain:  

▪ Dimulai dengan Apa yang Anda Sukai
Sangat mudah menjalankan bisnis kerajinan tangan atas dasar hobi atau suka. Karena melakukan usaha akan sangat ringan, mudah dilakukan dan tanpa beban. Uang hanyalah sebagai bonus tambahan. Sebab yang utama adalah hobi membuat kerajinan tangan dapat tersalurkan secara baik. Ada banyak jenis hobi membuat kerajinan tangan yang bisa dijadikan uang. Seperti kerajinan tangan dari botol bekas, kerajinan tangan dari kertas bekas, kerajinan tangan dari sampah dan kain flanel, dll.

▪ Membidik Pangsa Pasar
Setelah produk kerajinan tangan dapat dibuat secara massal dan sesuai hobi maka langkah selanjutnya menentukan harga jual produk kerajinan tangan tersebut dan menentukan pangsa pasar yang dituju. Untuk menentukan harga jual dan cara membidik target pasar dari bisnis kerajinan tangan maka sobat bisa bertanya langsung kepada para pengrajin yang telah sukses dan berpengalaman yang dapat ditemui di berbagai acara pameran.

▪ Melakukan Inovasi
Ada beragam produk kerajinan tangan yang paling laris saat ini yang bisa anda tekuni. Namun pastikan inovasi perlu dilakukan dalam bisnis kerajinan tangan. Inovasi dalam bentuk kerajinan tangan yang belum pernah ada di dunia, inovasi strategi penjualan dan pemasaran yang baik, inovasi dalam kualitas barang yang bagus dll. Hal ini perlu dilakukan agar konsumen tidak bosan dengan produk kerajinan tangan yang ada, konsumen mempunyai banyak pilihan, usaha kerajinan tangan dapat bersaing secara sehat dan lain sebagainya.

▪ Melihat Potensi
Untuk memulai usaha kerajinan tangan dengan mudah maka anda dapat memulainya dengan melihat potensi alam dan sumber daya manusia di sekitar anda. Misalkan di desa penulis banyak tumbuh pohon bambu. Maka sangat tepat jika anda memanfaatkannya dengan membuka usaha kerajinan tangan dari bambu. Misalkan membuat kursi dan meja dari bambu. Untuk mengetahui cara membuat kursi dan meja dari bambu serta kerajinan tangan bambu lainnya maka sobat bisa searching di mbah google.

Selain itu, lihat pula potensi sumber daya manusia di sekeliling anda. Mungkin di sekitar tempat tinggal anda, ada banyak jenis usaha kerajinan tangan skala rumahtangga kecil-kecilan. Daripada repot cara membuat kerajinan tangan sendiri alangkah lebih baiknya anda berperan sebagai pengepul produk kerajinan tangan di desa anda. Tugas sobat adalah menjualkan produk kerajinan tangan khas daerah sobat ke masyarakat luas. Cara penjualan kerajinan tangan bisa secara offline dan online.

Usaha Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
Salah satu masalah bagi penduduk kota dan desa adalah sampah. Setiap hari sampah rumahtangga terus semakin banyak. Berbagai cara dilakukan orang untuk mengatasinya seperti membakar dan menimbun. Namun semua itu tidak cukup mengatasi masalah. Karena sampah menjadi semakin banyak setiap hari. Salah satu bentuk cara mengatasi sampah adalah membuat berbagai macam kerajinan tangan yang unik dari sampah.

Banyak sekali produk kerajinan tangan yang dapat dibuat dari barang bekas khususnya sampah kertas koran. Sebagian orang memanfaatkan sampah kertas koran bekas untuk membungkus paket dan makanan. Namun jika kertas koran dalam jumlah banyak maka akan sangat sayang untuk dibuang begitu saja. Maka cara terbaik adalah mengubah sampah kertas koran tersebut menjadi barang berharga berupa kerajinan tangan yang unik dan menarik yang bisa dijadikan hiasan di dalam rumah maupun dijual ke publik.

Contoh Kerajinan Tangan dari Kertas dan Koran Bekas
Berikut ini contoh kerajinan tangan dari koran bekas, antara lain:

1. Frame Foto
Untuk membuat frame foto dari kertas dan koran bekas maka peralatan yang diperlukan yaitu beberapa lembar koran atau kertas bekas, gunting, lem, pensin warna, manik-manik, dan perlengkapan lainnya. Gulung kertas koran menjadi sedotan kecil. Lalu susun gulungan kertas koran menjadi frame foto.

2. Frame Cermin
Untuk cara pembuatan frame cermin dari kertas dan koran bekas sama seperti cara membuat frame foto dari kertas bekas. Hanya nantinya yang dimasukkan adalah cermin. Sedangkan kerajinan frame foto yang dimasukkan adalah foto. Kerajinan frame cermin dan frame foto dari kertas koran bekas dapat dijadikan kerajinan tangan buat anak sekolah dasar sebagai tugas sekolah dasar atau SD dan SMP.

3. Pot Bunga
Koran bekas juga dapat dijadikan kerajinan tangan berupa pot bunga yang sangat cantik. Cara pembuatan kerajinan pot bunga tersebut, sobat membutuhkan banyak sekali koran bekas yang  dibuat jadi sedotan kecil. Kemudian ditumpuk dan disusun serta dilem sehingga menjadi kerangka pot bunga. Bentuk pot bunga indoor dari bahan kertas bekas bisa memiliki bentuk persegi panjang atau kubus.

4. Tas Jinjing
Tak ada salahnya anda memanfaatkan kertas bekas atau koran bekas menjadi kerajinan tangan berupa tas jinjing yang unik dan menarik serta keren.  Untuk membuat tas jinjing dari bahan kertas bekas sama halnya cara pembuatan tas jinjing dari bahan plastik. Namun setelah kerajinan tas jinjing selesai dibuat pastikan beban bawaan pada tas tidak berlebihan. Disebabkan tas jinjing dari kertas gampang rusak. Sangat dianjurkan untuk membawa benda ringan seperti majalah dan buku dalam tas jinjing berbahan dasar kertas bekas ini.

Demikianlah contoh kerajinan tangan dari kertas dan koran bekas. Sebenarnya masih banyak lagi contoh kerajinan tangan dari koran bekas seperti vas bunga dan toples, dekorasi pesta, miniatur mainan, keranjang penyimpanan, alas cangkir dan gelas, hiasan dinding dan lain sebagainya. Semua yang diutarakan di atas sudah cukup sebagai perwakilan. Silahkan anda tambahkan sendiri.