Rincian Modal Usaha Ternak Kambing Buat Pengusaha Pemula

04 Maret 2017

Inilah peluang bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan yang dapat dilakukan secara rumahan. Usaha beternak kambing. Mertua penulis sendiri berprofesi sebagai peternak kambing. Beliau melakukan usaha ternak kambing sebagai bisnis sampingan menambah pendapatan keluarga. Bisnis dalam bidang peternakan hewan ini membutuhkan modal kecil. Sehingga cocok dijalankan oleh pengusaha yang memiliki modal minim tapi potensi menguntungkan uang banyak.

Jika anda tidak mempunyai modal untuk membuka usaha ternak kambing maka anda bisa membuat proposal usaha untuk mengumpulkan modal usaha ternak kambing dari pihak investor, sanak kerabat, anggota keluarga, kenalan, teman, sahabat, rekan kerja dan lain sebagainya. Menurut para peternak kambing di desa penulis yang jumlahnya banyak, bisnis ini seperti menabung uang atau investasi yang sangat menjanjikan untung besar.

Prospek Usaha Beternak Kambing
Apabila anda mendengar nama kambing apa yang anda bayangkan? Soto kambing, sate kambing, gulai kambing atau hewan mengembik. Jika dijadikan gulai, soto, dan sate maka daging kambing sangat enak dan lezat dengan rasa khas tersendiri. Sehingga daging kambing memiliki pangsa pasar yang luas. Jenis hewan berkaki empat ini sudah dikenal banyak orang. Kalau dalam mata pelajaran IPA, kambing termasuk binatang pemakan tumbuhan rerumputan atau herbivora.
modal ternak kambing, bisnis kambing, bisnis ternak kambing, usaha ternak kambing, kambing, modal usaha kambing

Bukan hanya dikenal di Indonesia tapi kambing dikenal di seluruh dunia. Dan kabar baiknya bahwa Rasulullah SAW telah bersabda yang mengingatkan bahwa kelak para peternak kambing bisa kaya raya dengan membangun rumah mewah dan kendaraan mewah. Selain itu binatang kambing merupakan hewan yang dikenal dekat dengan dan diistimewakan dalam agama Islam. Kambing dijadikan jenis hewan kurban pada peristiwa penyembelihan Nabi Ismail. Sehingga setiap hari raya Idul Adha kambing laris manis dibeli orang beragama Islam yang hendak berkurban.

Hukum kurban adalah sunat yang sangat dipentingkan. Begitupula ibadah aqiqah. Semua ibadah itu baik kurban dan aqiqah harus dilakukan jika mampu. Jika tak dilakukan maka berdosa. Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam sehingga pangsa pasar sangat besar bagi bisnis beternak kambing dalam waktu singkat. Mau bukti? Setiap menjelang Idul Adha dan aqiqah banyak orang membeli kambing. Berapa keuntungan jika beternak kambing dalam jumlah banyak.

Rincian Modal Usaha Ternak Kambing Buat Pengusaha Pemula
Keperluan masyarakat muslim di Indonesia dan di negara muslim lainnya yang sangat besar terhadap kambing menunjukkan potensi besar bisnis ini. Permintaan akan kambing semakin besar pertahun. Semisal pada waktu menjelang idul adha. Bahkan setiap hari masyarakat di tanah air memerlukan kambing untuk dijadikan hewan aqiqah bagi orangtua yang mempunyai bayi berumur 2 minggu. Berdasarkan penelitian penulis di lapangan, setiap hari di suatu daerah pasti ada orang yang melakukan acara aqiqah.

Banyak hal yang membuat usaha ternak kambing lebih menguntungkan dari bisnis ternak sapi. Seperti harga daging kambing yang jauh lebih murah ketimbang daging sapi. Harga kambing yang lebih terjangkau dibanding sapi. Selain itu usaha merawat peternakan kambing lebih gampang daripada merawat kandang ternak sapi. Keuntungan lain dari ternak kambing adalah biaya pakan, biaya bibit dan biaya kesehatan yang sangat murah ketimbang bisnis peternakan sapi potong dan pedaging.

Atas kenyataan di atas membuat banyak orang terutama di pedesaan lebih memilih usaha ternak kambing secara sampingan. Karena modal usaha yang dibutuhkan sangat kecil dengan potensi untung besar dan jaminan tak pernah rugi. Tak pernah ada istilah peternak kambing rugi. Kecuali kambing terkena penyakit lalu mati. Tapi hal itu sangat jarang terjadi.

Lalu bagaimana menganalisa rincian modal usaha ternak kambing buat pemula? Sebenarnya mudah saja berikut ini rincian modal usaha ternak kambing bagi pengusaha pemula, antara lain:

▪ Bibit Kambing
Bibit kambing harga sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta. Diasumsikan jika bibit kambing perekor sebesar Rp 200 ribu maka modal usaha yang diperlukan untuk membeli 10 ekor kambing adalah Rp 2 juta. Bibit kambing ini termasuk yang kecil-kecil.

▪ Kandang
Pembuatan kandang harga Rp 1 juta. Kandang kambing yang dibuat secara sederhana dari kayu.

▪ Pakan
Biaya pakan kambing dan konsentrat vitamin sekitar Rp 100 ribu perbulan.

▪ Upah
Upah karyawan sekitar Rp 700 ribu perbulan.

Apabila diestimasikan harga jual kambing sekarang ini dengan usia kambing sembilan bulan ke atas sekitar Rp 1,5 juta. Maka keuntungan kotor yang didapatkan dari usaha ternak kambing sebesar Rp 15 juta. Keuntungan kotor dipotong biaya modal usaha maka untung bersih sekitar Rp 800 ribu untuk 9 bulan.

Namun keuntungan lebih besar dari itu sebab seekor kambing bisa mempunyai anak satu sampai dua kambing. Lalu dari penjualan susu kambing dan dari penjualan kotoran kambing yang bagus sekali dijadikan pupuk kandang. Biaya tenaga kerja bisa menggunakan tenaga sendiri. Biaya pakan dapat dikurangi dengan mencari pakan sendiri di lahan hijau di desa yang sangat banyak dan mendukung sekali.

Setelah beberapa tahun kemudian keuntungan semakin besar didapat peternak kambing. Karena tidak perlu menghitung biaya pembuatan kandang sebagai modal awal usaha ternak kambing. Jika anda ingin usaha ternak kambing yang lebih menguntungkan maka bisa menerapkan sistem titip dan rawat kambing yang dilakukan oleh Akbar. Di desa penulis, para pemilik kambing bisa menitipkan kambing miliknya kepada peternak kambing untuk dipelihara. Setelah kambing melahirkan maka anak kambing itu jika dijual maka keuntungan dibagi dua.

Untuk membuktikan bisnis ternak kambing sangat menguntungkan adalah mertua penulis sendiri yang berprofesi sebagai peternak kambing yang menjalankan bisnis ini dengan sukses. Ia mampu menghidupi anak dan isteri dari usaha sampingan ternak kambing. Dari awalnya peternak kambing satu ekor kemudian kambing berkembang biak menjadi 10 ekor kambing dan satu sapi. Harga jual satu ekor sapi mencapai Rp 10 juta dan harga satu kambing Rp 2 juta. Hitung sendiri berapa keuntungan yang didapatkan dari usaha ternak kambing yang dilakukan secara sampingan dan rumahan ini?

Contoh Peternak Kambing Sukses
Benarlah apa yang dikatakan oleh Rasulullah SAW bahwa peternak kambing suatu saat akan kaya raya dan bisa membangun beberapa rumah mewah. Karena itu adalah wahyu dari Allah SWT. Jadi jika anda ingin kaya raya dalam waktu singkat maka pilihlah jenis usaha beternak kambing. Salah satu pria yang sukses dan memperoleh rumah mewah dari usaha ternak kambing adalah Tekung yang berusia 38 tahun. Walaupun ia masih muda, namun Tekung dapat mengukir sejarah sebagai peternak kambing sukses di Jawa.

Apa yang penulis sampaikan ini bukanlah rekaan atau dongeng tapi berupa kisah nyata yang benar-benar terjadi. Tulisan ini dibuat bukan untuk menggunjingkan orang lain. Tapi penulis hendak memberikan pelajaran berharga berupa cerita sukses ternak kambing. Apabila para peternak kambing pemula bisa dan kaya raya maka anda pun pasti bisa. Janganlah pernah meragukan dengan kemampuan diri sendiri. Lihatlah contoh orang lain yang telah sukses dan ikuti jalannya yang berliku penuh kesulitan dengan sikap tabah dan pantang menyerah.

Pria yang berasal dari daerah Bekasi ini dibesarkan dari keluarga yang berlatar belakang peternak kambing. Sehingga ia sudah terbiasa dan mengetahui cara merawat dan berternak kambing dari bibit sampai pemberian pakan yang menguntungkan. Buah tak akan pernah jatuh jauh dari pohonnya. Begitulah kata mutiara yang tepat bagi pria sederhana ini. Ia memilih profesi sebagai peternak kambing sebagai warisan usaha kedua orangtua tercinta.

Namun ayahanda tercinta yang menggeluti usaha ternak kambing tidak berhasil seperti anaknya yang sekarang memiliki bangunan rumah yang megah. Orangtua tercinta bisnis ternak kambing secara sederhana rumahan dan tradisional. Sehingga keuntungan yang didapatkan sedikit. Berbeda dengan pria yang akrab disapa Tekung yang menjalani bisnis ternak kambing secara modern dan profesional. Hingga penghasilan yang ia dapatkan dari beternak kambing cukup besar dan bisa membeli rumah mewah yang selama ini ia cita-citakan.

Lalu bagaimana cara menjadi peternak kambing yang sukses seperti dijalankan Tekung sampai bisa sukses? Jika anda ingin seperti Tekung jadi peternak kaya raya maka ikuti saja langkahnya berikut ini, yaitu: membeli bibit kambing sebanyak enam ekor. Kemudian rawatlah kambing secara tekun dan cara berpikir yang baik dan benar. Dalam satu bulan saja sebenarnya satu ekor kambing bisa dijual dengan harga selisih yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sebagaimana para pakar finansial yang mengatakan jangan pernah memiliki satu sumber penghasilan. Begitulah yang dilakukan oleh Tekung. Ia tidak hanya mengandalkan pendapatan dari usaha beternak kambing tapi juga pria tampan ini menekuni bisnis penjualan dan pembelian kambing. Sehingga keuntungan yang didapatkan berlipat ganda. Hal inilah yang membuat ia cepat kaya dan mampu membeli rumah mewah dalam tempo singkat. Akhir cerita Tekung berubah menjadi peternak kambing gibas pedaging sukses di tanah Jawa. Semoga kita bisa belajar dari Tekung yang telah berhasil merajut kisah sukses ternak kambing.