10 Cara Ternak Kambing Etawa Untung Jutaan Buat Pemula

24 Desember 2017

Kaya raya dan berhasil dalam sebuah bisnis adalah impian banyak orang. Namun untuk mencapainya tidaklah bisa dengan cara instant dan berleha leha. Semua kesuksesan bisnis harus diperjuangkan dengan gigih, kerja keras, ulet, sabar dan pantang menyerah. Begitupula dalam menekuni usaha budidaya kambing etawa. Jika anda memutuskan untuk membuka usaha ternak kambing etawa itu merupakan pilihan tepat.

Kelebihan Beternak Kambing Etawa
Berikut ini kelebihan dan keunggulan dari usaha beternak kambing etawa, antara lain:

1. Pasar luas
Keunggulan usaha budidaya kambing etawa yang utama adalah memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Setiap orang pasti membutuhkan kambing untuk konsumsi maupun piaraan. Misalkan menjelang hari raya idul adha, setiap muslim membutuhkan hewan kambing untuk dijadikan binatang kurban. Kemudian untuk menyelenggarakan akikah, setiap orang tua yang mempunyai bayi laki laki maka ia harus menyembelih dua ekor kambing. Yang kemudian daging kambing dibagikan kepada sanak kerabat dan tetangga.
cara ternak kambing etawa, usaha ternak kambing etawa, kambing etawa, bisnis kambing etawa, tips ternak kambing etawa, budidaya kambing etawa, kambing

2. Mudah dijual
Selain itu, kambing sangat mudah terjual. Biasanya di setiap desa ada pengepulnya. Seperti yang dialami oleh mertua penulis yang membutuhkan uang dalam jumlah nominal besar untuk biaya modal usaha bertanam padi di sawah. Beliau memilih untuk menjual kambing etawa jantan dengan harga Rp 2 juta. Oleh para bandar atau peternak, kambing yang dibeli tersebut bisa dipiara dan dibesarkan kembali hingga harganya naik dari tahun ke tahun. Dari sinilah jelas, usaha beternak kambing etawa akan selalu menguntungkan selamanya.

3. Menguntungkan
Usaha beternak kambing etawa merupakan ternak hewan yang paling menguntungkan dalam waktu singkat. Yang diambil manfaat dari kambing bukan hanya daging tapi juga susu dan kotorannya. Susu kambing banyak dicari orang karena terbukti mampu mengobati berbagai penyakit. Dan kotoran kambing sangat bagus untuk pupuk. Permintaan akan daging dan susu kambing cukup besar di Indonesia. Dan para peternak kambing lokal belum mampu memenuhi permintaan pasar tersebut. Sehingga pemerintah terpaksa melakukan impor daging dan susu kambing.

4. Mudah dipelihara
Kelebihan lain, kambing etawa atau jamnapari yang asal usulnya berasal dari negara India ini sangat mudah dipelihara. Apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi pemberian pakan fermentasi. Sehingga usaha beternak kambing etawa bisa tanpa ngarit dan angon. Anda bisa membuka usaha ternak kambing etawa secara rumahan maupun kecil kecilan dengan teknik modern.

10 Cara Ternak Kambing Etawa Untung Jutaan Buat Pemula
Bagi anda yang mau membuka usaha ternak kambing etawa yang menguntungkan, berikut ini penulis jelaskan 10 cara ternak kambing etawa untung jutaan buat pemula yang sangat gampang, antara lain:

1. Pemilihan bibit
Bibit kambing etawa terdiri dari dua ekor yaitu kambing etawa jantan dan betina. Kedua benih kambing tersebut sudah cukup umur dan siap kawin. Pastikan bibit kambing sangat unggul dan berkualitas bagus. Tandanya, tubuh dalam keadaan sehat dan tidak terkena penyakit, tidak mengalami kecacatan dll. Anda bisa membeli bibit kambing yang unggul di pasar hewan terdekat dan dari para peternak kambing etawa.

Berdasarkan analisa, kambing etawa betina dapat beranak pinak sebanyak tiga kali dalam dua tahun. Dalam sekali melahirkan, seekor kambing etawa betina bisa sampai satu hingga empat ekor anak. Sehingga ternak kambing etawa menjanjikan sekali dan cepat berkembang biak dalam jumlah besar. Untuk di Indonesia, ternak kambing etawa banyak dijumpai di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

2. Lokasi usaha mendukung
Lokasi usaha yang cocok bagi usaha beternak kambing etawa adalah di wilayah pedesaan yang terpencil dengan lingkungan alam yang masih alami. Sehingga anda tidak kesulitan untuk mendapatkan pakan alami bagi kambing berupa rerumputan. Tampak jelas, usaha ternak kambing etawa tidak cocok dijalankan di kota. Karena sumber pakan alami yaitu rerumputan yang sangat terbatas.

3. Pembuatan kandang
Untuk pembuatan kandang kambing etawa disesuaikan dengan jumlah kambing yang hendak diternakkan. Anda bisa membuat kandang kambing sendiri atau mempekerjakan tukang. Bahan untuk membuat kandang yaitu kayu atau bambu.

4. Kerja keras dan serius
Usaha beternak kambing etawa bisa dilakukan secara sampingan oleh siapapun baik pengangguran, nelayan, karyawan honorer, pedagang, pengusaha, seorang karyawan swasta, PNS, dan buruh tani. Namun walaupun sebagai usaha sampingan tetap harus dikerjakan secara serius dan penuh ketelatenan supaya hasil ternak kambing etawa bisa maksimal dan untung besar dalam waktu singkat.

5. Membekali dengan ilmu ternak kambing etawa
Ilmu adalah cahaya yang menerangi jalan. Sehingga jika anda memilih membuka usaha ternak kambing etawa maka anda mesti mengetahui cara perawatan kambing, cara memberi makan kambing, cara menjual kambing, cara mengawinkan kambing etawa jantan dan betina, cara mengatasi penyakit pada kambing dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan supaya usaha ternak kambing bisa berjalan lancar tanpa menemui kendala berarti.

Untuk mendapatkan ilmu cara beternak kambing etawa yang baik dan benar serta menguntungkan, sobat bisa berguru langsung kepada para peternak kambing etawa yang telah sukses dan berpengalaman. Selain itu, anda bisa mengikuti berbagai pelatihan cara beternak kambing yang diadakan oleh lembaga pemerintah dan swasta. Cara lain, anda bisa membaca situs, website, blog, tabloid, koran, buku dan majalah yang berkaitan dengan budidaya kambing etawa.

6. Menentukan tujuan beternak kambing etawa
Langkah ini sangat penting. Karena menentukan tahapan selanjutnya. Perlu dipahami bahwa kambing etawa bisa diambil banyak manfaat dari susu, daging hingga kotoran. Anda mesti menentukan tujuan beternak kambing etawa. Apakah untuk dijadikan hewan kontes, diambil susu, daging atau kotoran?

7. Membeli bibit kambing etawa
Setelah memilih bibit kambing etawa jantan dan betina yang unggul selanjutnya anda membelinya. Karena anda masih pemula dalam bisnis ternak kambing etawa maka pembelian bibit kambing jangan terlalu banyak. Anda bisa membeli bibit kambing sesuai peruntukan sebanyak dua ekor. Jika sudah berhasil dan pengalaman melakukan ternak kambing etawa maka di tahun berikutnya bisa menambah bibit kambing etawa untuk diternakkan. Gunakan teknik modal kecil dari awal. Berjalan waktu usaha peternakan kambing etawa sobat akan membesar.

8. Mencari bantuan modal usaha ternak kambing etawa
Usaha beternak kambing etawa memerlukan modal besar untuk pembuatan kandang kambing. Biaya pembuatan kandang kambing tergantung luasnya. Biasanya Rp 1,5 juta. Selain itu, perlu mengadakan pembelian bibit kambing jantan dan betina siap kawin dan biaya lainnya. Harga bibit kambing jantan Rp 3 juta. Sedangkan harga bibit kambing betina sekitar Rp 2 juta.

Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha ternak kambing etawa dari awal sampai siap berdiri sekitar Rp 8 juta. Namun ada cara yang simpel dan mudah bagi anda yang mempunyai modal terbatas. Seperti yang dilakukan penulis. Dengan modal Rp 500 ribu seseorang sudah bisa dapat memulai usaha ternak kambing. Uang sebesar Rp 500.000 dibelikan kambing betina yang masih kecil. Kemudian dipelihara hingga satu tahun kemudian siap kawin. Untuk kambing etawa jantan anda bisa meminjam kambing jantan milik peternak kambing lain. Setelah dibuahi oleh kambing jantan maka kambing betina akan mengandung hingga melahirkan anak kambing.

Bagi anda yang memiliki modal terbatas pasti kesulitan memenuhi modal tersebut. Tapi tenang anda bisa mendapatkan modal usaha ternak kambing etawa melalui berbagai cara, antara lain:

a. Pinjaman lunak
Anda bisa meminjam uang kepada orangtua, anggota keluarga, saudara kandung, sanak kerabat, teman, sahabat, relasi dll. Utarakan niat anda untuk membuka usaha budidaya kambing etawa dan membutuhkan modal. Untuk memberikan penjelasan secara lengkap, anda bisa memberikan proposal usaha ternak kambing etawa yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

b. Hibah Pemerintah
Untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak kambing etawa, Pemerintah melalui kementerian pertanian dan peternakan secara berkala mengadakan pemberian bantuan modal usaha gratis. Berupa pemberian dana hibah bibit kambing etawa unggul dan perlengkapan usaha. Biasanya dana hibah diberikan pada kelompok usaha ternak kambing etawa di satu daerah.

c. Pinjaman bank
Untuk mendapatkan modal usaha ternak kambing etawa, sobat bisa meminjam uang ke bank syariah. Seperti mandiri syariah, BRI syariah, Bank Mega Syariah dll. Pinjaman tanpa riba yang merupakan proses kerjasama antara nasabah investor, bank sebagai pengelola modal dan sobat sebagai mitra usaha. Pembagian keuntungan berdasarkan bagi hasil yang besarannya sesuai kesepakatan bersama.

d. Cari investor
Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mendapatkan modal usaha beternak kambing etawa secara gratis. Caranya anda mencari investor atau pemilik modal yang ingin investasi dalam bidang peternakan kambing. Pemodal tersebut kemudian menyerahkan kambingnya untuk diurus oleh kita. Ketika melahirkan dua ekor anak kambing maka anda memperoleh satu anak kambing. Dan investor memiliki satu anak kambing sebagai tambahan. Nah dari satu anak kambing itu bisa beranak pinak.

9. Kombinasi usaha dengan bisnis kuliner dari olahan daging kambing
Berikut ini jenis makanan olahan dari bahan dasar daging kambing, antara lain:

a. Sate kambing
Daging kambing bisa dijadikan menu sate. Sate kambing banyak disukai orang disamping sate ayam. Karena rasanya gurih dan enak serta daging kambing tidak terlalu bau.

b. Gulai kambing
Gulai kambing sering dijadikan menu makanan pada acara akikah. Untuk membuat gulai kambing sangat mudah. Anda bisa mencari resep gulai kambing yang enak dan nikmat di mbah google.

c. Soto kambing
Menu makanan favorit yang populer lainnya dari olahan daging kambing adalah soto kambing. Kuliner ini banyak disukai orang dari anak anak sampai orang dewasa. Rasanya yang maknyos membuat para penikmatnya ketagihan dan tak kalah enak dengan jenis soto lain. Seperti soto bongko, soto ayam madura, dan lain sebagainya.

10. Pantang menyerah
Pastinya selama anda membuka usaha ternak kambing etawa mengalami yang namanya kendala dan hambatan serta kegagalan. Seperti kambing etawa mati atau terserang penyakit, kesulitan bahan pakan alami dll. Namun hal itu jangan membuat anda putus asa. Milikilah jiwa pantang menyerah sebagai salah satu syarat sukses usaha ternak kambing etawa untung jutaan buat pemula.