Usaha Waralaba Modal Kecil yang Memberi Untung Besar

08 September 2016

Setiap orang bercita-cita mempunyai sebuah usaha atau pekerjaan yang layak dan mampu mencukupi kehidupannya. Namun usaha dan pekerjaan yang dijalani terkadang tidak mampu menutupi kebutuhannya. Disebabkan penghasilan tidak sebanding dengan pengeluaran. Kalau hal ini terjadi seringkali kebanyakan orang mencari peluang bisnis sampingan maupun mengganti dengan usaha atau bisnis utama yang lebih menguntungkan. Salah satunya adalah usaha waralaba.

Anda tentu sudah mengenal yang namanya bisnis franchise? Ya usaha waralaba menjadi salah satu bisnis yang populer dan digemari banyak pelaku usaha belakangan ini. Usaha franchise ini telah dikenal orang sejak lama sebagai bisnis yang mapan, mudah dalam pengelolaan, terbukti menguntungkan tanpa perlu memulai usaha dari nol serta seringkali memerlukan modal kecil. Walaupun kebanyakan usaha waralaba memerlukan modal besar tapi ada juga bisnis franchise yang membutuhkan modal kecil dengan potensi keuntungan lumayan besar.
usaha waralaba, bisnis waralaba, usaha franchise, bisnis franchise, franchise, tips waralaba

Pendek kata, bisnis franchise merupakan suatu bentuk usaha yang semakin diminati para pelaku usaha di Indonesia. Para pengusaha pemula, wirausahawan baru, dan pelaku usaha yang telah mempunyai pengalaman banyak sekali sangat menyukai bentuk bisnis waralaba. Untuk pengusaha pemula yang baru terjun dalam dunia bisnis sangat tepat menjalankan bisnis waralaba. Karena bisnis franchise ini sudah mempunyai standar operasional yang tetap, bahan baku sudah ada, sistem yang sudah teruji, dan peralatan serta perlengkapan usaha sudah tersedia lengkap diberikan oleh franchisor, tinggal pelaku usaha atau franchisee yang harus menjalankannya sendiri dengan mudah.

Dari bisnis franchise yang dijalankan, seorang pelaku usaha baru atau pemula akan memahami bagaimana suatu usaha bisa berjalan baik dan ia akan belajar bagaimana cara mengembangkan suatu usaha dan mengembangkan suatu sistem yang bisa diterapkan pada usaha lainnya. Para pelaku usaha waralaba pemula dan baru tidak perlu repot membangun brand dari nol. Karena usaha waralaba kebanyakan brand yang sangat kuat dan sudah dikenali banyak orang. Sehingga dijamin usaha waralaba akan laku dan laris manis seperti yang diharapkan para pelaku usaha.

Setiap ada acara pameran bisnis waralaba di kota besar seperti Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang dll maka para pengunjung akan membludak. Mereka sangat antusias terhadap bisnis waralaba. Apalagi usaha franchise yang dapat dibeli dengan modal kecil namun dengan keuntungan besar. Sehingga sekarang ini sangat gampang melihat gerai usaha franchise atau waralaba yang dibuka di berbagai sudut kota maupun di daerah terutama dalam bidang waralaba makanan, minuman, minimarket dan lain sebagainya dengan konsep kaki lima maupun resto.

Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa bisnis waralaba digandrungi banyak orang? Jawabannya usaha franchise diminati banyak pelaku usaha baru, pemula dan berpengalaman disebabkan bisnis ini sangat memudahkan bagi mereka yang ingin mempunyai suatu usaha baru yang memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Tanpa pengalaman bisnis seseorang bisa menjalankan sebuah usaha waralaba dengan sukses. Namun syarat menjalankan bisnis waralaba, seseorang mesti mempunyai modal keuangan materi yang mencukupi. Sama seperti usaha lainnya bisnis ini membutuhkan modal investasi yang sudah ditentukan oleh pihak franchisor. Untuk mengurangi dampak kerugian franchisee, maka pihak franchisor biasanya memberikan syarat-syarat khusus untuk mengikuti bisnis franchisenya.

Jika anda termasuk pelaku usaha pemula atau pengusaha baru yang hendak terjun dalam dunia bisnis maka sangat tepat untuk membeli bisnis franchise yang terkenal mapan dan menguntungkan dengan modal kecil. Banyak jenis usaha waralaba yang bisa sobat pilih sesuai minat dan keinginan. Sehingga mental block pengalaman bisnis yang kurang dapat diatasi dengan menjalankan usaha franchise yang terbukti menjanjikan tanpa perlu repot memulai usaha dari nol. Sebuah usaha diwaralabakan karena terbukti menguntungkan dan disukai banyak orang.

Untuk kalangan para pelaku usaha kelas kakap yang mempunyai sumber keuangan sangat besar maka membeli usaha waralaba yang mapan dengan brand sudah terkenal di Indonesia dan dunia dengan harga mahal tidak menjadi masalah besar. Dengan modal uang yang besar mereka bisa membeli usaha waralaba yang mereka mau. Akan tetapi, bagi para pelaku usaha yang mempunyai modal keuangan sangat terbatas harus jeli dalam memilih usaha waralaba. Dimana ia harus memilih bisnis franchise yang membutuhkan modal kecil dengan potensi untung besar disebabkan keterbatasan keuangan yang dimiliki.

Pada umumnya harga sebuah usaha franchise dikisaran harga Rp 11 juta sampai Rp 1 miliar. Apalagi usaha waralaba asing seperti KFC, Dunkin Donats, Circle K membutuhkan modal usaha sampai milyaran rupiah. Tentu saja ini memberatkan pelaku usaha yang memiliki modal uang terbatas. Namun ada juga usaha franchise yang bisa dibeli dengan modal uang kecil yang biasanya waralaba lokal dengan harga dimulai dari Rp 4 juta lebih. Walaupun dibanderol dengan harga murah, waralaba ini bukan murahan justeru bisa menghasilkan pendapatan lumayan besar.

Usaha Waralaba Modal Kecil yang Memberi Untung Besar
Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah peluang usaha franchise yang dibanderol dengan harga murah atau modal kecil namun mampu memberikan keuntungan lumayan besar, antara lain :

Usaha Franchise Minuman dan Makanan
Bisnis waralaba di bidang makanan dan minuman termasuk bisnis yang sangat menjanjikan. Disebabkan setiap hari manusia memerlukan makan dan minum sebagai kebutuhan utama mereka yang tidak bisa ditunda. Sebagai kebutuhan utama untuk tetap hidup maka makanan dan minuman selalu diburu orang. Akan tetapi, memulai usaha baru dengan brand baru dalam bidang makanan dan minuman seperti restoran dan rumah makan dari nol sama sekali sukar sekali dilakukan untuk sukses oleh kalangan pengusaha baru atau pemula. Kerapkali usaha makanan dan minuman yang dirintisnya gulung tikar karena kurang mempunyai pengalaman dan pengetahuan bisnis yang cukup di bidang tersebut.

Ada cara termudah untuk sukses memulai usaha di bidang makanan dan minuman tanpa perlu memulai dari nol, dengan cara membeli usaha waralaba yang telah mapan dan brand terkenal di bidang tersebut. Ada banyak jenis usaha waralaba di bidang kuliner dan minuman yang bisa dipilih seorang pelaku usaha yang biasanya bisa dibeli dengan modal kecil sekitar jutaan rupiah tapi prospek keuntungan cukup besar. Misalnya Sabana Fried Chicken, Restoran Hj Fatmawati, Lele Corner, Bebek Garang, dll.

Usaha Franchise Jasa Kebersihan dan Laundry
Peluang bisnis waralaba berikutnya yang biasanya membutuhkan modal kecil dengan potensi keuntungan besar adalah usaha waralaba dalam bidang laundry atau jasa kebersihan. Namun sama seperti usaha dalam bidang kuliner, untuk sukses usaha waralaba laundry dan jasa kebersihan memerlukan tempat usaha yang tepat dan strategis. Seperti di daerah perumahan, tempat kost-kostan, kampus, pusat perkantoran dll. Hal ini fak terlepas gaya hidup masyarakat sekarang yang ingin serba praktis dalam mencuci pakaian dimana mereka lebih memilih jasa laundry untuk mencuci pakaian mereka di tengah padatnya kesibukan bekerja. Mereka tak mau repot mencuci pakaian sendiri. Selain itu menggunakan jasa laundry lebih rapih, mudah, dan dengan harga yang sangat terjangkau. 

Usaha Franchise Kecantikan dan Kesehatan
Siapa sih yang tidak mau tampil menawan dan sehat? Tentu setiap orang mendambakannya. Kebutuhan akan kecantikan dan kesehatan merupakan kebutuhan utama manusia moderen sekarang ini yang tak bisa dielakkan terutama bagi kaum wanita. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan utama itu, mereka seringkali mengunjungi salon, reflexy, spa, tempat fitness, dll. Potensi yang sangat menjanjikan inilah yang menjadi peluang usaha tersendiri bagi sobat dimana banyak bisnis waralaba dalam bidang kecantikan dan kesehatan yang bisa sobat pilih sesuai budget keuangan dan kemampuan.

Usaha Franchise Bidang Jasa Pelatihan dan Pendidikan
Bisnis waralaba dalam bidang pendidikan atau pelatihan sangat banyak di Indonesia seperti Primagama, English First, LP3i dll. Jika sobat tertarik dalam dunia usaha dalam bidang tersebut tidak ada salahnya memilih jenis usaha waralaba yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kemampuan sobat.

Itulah usaha waralaba modal kecil yang memberi untung besar. Untuk sukses dalam bisnis waralaba hendaknya memilih usaha franchise yang telah mempunyai reputasi baik dengan modal kecil.

Cara Sukses Membuka Usaha Waralaba
Berikut ini sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha franchise agar bisnis waralaba yang sobat jalani bisa sukses dan menguntungkan, antara lain :

Pilihlah jenis usaha franchise yang sangat gampang dan praktis dijalankan
Jangan pernah memilih jenis usaha waralaba yang menguras pikiran dan waktu kita. Selain itu perhatikan juga lokasi usaha. Pastikan berada di tempat yang strategis, gampang dijangkau orang dari berbagai arah, serta tingkat keamanan sangat tinggi. Dengan demikian secara perlahan para pelanggan anda akan bertambah setiap hari.

Memilih usaha franchise yang telah memiliki banyak pelanggan atau konsumen
Hal ini perlu dilakukan untuk menjamin keuntungan lumayan besar. Misalnya usaha franchise dalam bidang makanan dan minuman. Sebab jika memilih usaha waralaba dengan sedikit konsumen atau pelanggan berjumlah kecil sangat beresiko usaha tersebut gagal.

Memilih bisnis franchise yang menjual produknya dengan harga terjangkau
Setelah mempunyai banyak konsumen, kemudian sobat harus memilih usaha waralaba yang menjual produknya dengan harga sangat terjangkau. Karena ini sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha waralaba. Apalagi membuka usaha waralaba di pedesaan yang daya belinya cukup rendah diperlukan harga jual produk yang terjangkau bagi target pasar.