Rincian Biaya Modal Usaha Kursus Mulai Awal hingga Buka

09 April 2017

Dalam setiap jenis bisnis tentu diperlukan strategi. Tidak bisa kita menyamaratakan satu jenis strategi untuk semua macam usaha. Mungkin saja trik bagi bisnis yang lain sangat ampuh dan tidak berhasil bagi jenis usaha lain. Oleh sebab itu, sobat harus memilih strategi yang pas untuk kesuksesan bisnis sobat. Karena hal ini sangat menentukan berhasil tidaknya jenis usaha sobat yang dijalani ke depannya. Dengan memiliki strategi yang jitu maka seseorang bisa cepat meraih keberhasilan dan cepat kaya dalam waktu singkat.

Bisnis Kursus Pendidikan
Pada kali yang ceria di saat menjelang adzan subuh ini, penulis hendak mengupas tuntas tentang jenis usaha kursus yang sangat menguntungkan dan berapakah rincian modal usaha kursus mulai awal hingga buka. Memang ada banyak jenis bisnis kursus yang bisa dilakoni oleh seseorang. Apa yang diutarakan oleh penulis adalah gambaran singkat mengenai berapa modal biaya mendirikan lembaga kursus. Sedangkan biaya untuk jenis kursus lain tak jauh beda.

Menyimak sistem pendidikan nasional yang masih jauh dari ideal. Tidak menjamin seorang siswa bisa pandai di sekolah. Hal itulah membuat bisnis lembaga kursus dibutuhkan setiap siswa untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam suatu bidang. Sehingga ia bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dengan gaji tinggi atau mendapatkan jenis peluang usaha baru yang mampu membiayai kebutuhan hidup.
modal usaha kursus, modal usaha bisnis kursus, bisnis kursus, kursus, usaha kursus, cara buka kursus

Prospek usaha bisnis kursus menurut pengamatan penulis masih sangat bagus untuk dijalankan di kota terutama di pedesaan terpencil. Hal ini dikarenakan persaingan bisnis kursus di desa sangat lemah bahkan tak ada kompetitor seperti di desa penulis. Pendek kata, bisnis kursus pendidikan sangat menjanjikan dijalankan di pedesaan dengan pangsa pasar luas. Untuk persiapannya bisa membuka lokasi usaha di tempat strategis.

Untuk membuka usaha dalam bidang kursus seperti kursus komputer, menjahit, mengemudi, bahasa inggris dan lain sebagainya tidaklah bisa langsung. Seseorang perlu mempunyai surat perijinan yang resmi dari lembaga berwenang. Misalnya dinas pendidikan, dan badan terkait lainnya. Bisa saja seseorang mendirikan lembaga kursus dengan surat izin menyusul. Tapi itu sangat riskan usaha kursus sobat bisa segera ditutup. Jadi buatlah dulu surat ijin usaha  kursus untuk buka bisnis ini. Hal ini berbeda sekali dengan bisnis konvensional.

Cara terbaik untuk memulai bisnis kursus sobat tak perlu mempunyai surat ijin dari lembaga berwenang pusat. Tapi bisa membuat surat perijinan dari pemerintahan desa dan kecamatan. Jika usaha kursus yang dijalani sobat sudah sekitar 6 bulan lebih dan ternyata sangat menjanjikan dan menguntungkan dengan pangsa pasar yang bagus barulah sobat membuat surat perijinan bisnis kursus langsung dari pusat dengan biaya dari keuntungan usaha kursus tersebut.

Prospek Bisnis Kursus
Memulai bisnis kursus sangat menyenangkan. Karena usaha ini bisa dijalankan di dalam rumah atau secara rumahan, sampingan dengan modal kecil dan potensi untung besar hingga miliaran rupiah. Namun untuk mencapai semua itu tidak mudah. Diperlukan kerja keras, ulet dan sifat pantang menyerah serta passion dalam bisnis kursus pendidikan. Sebagai bisnis rumahan dengan modal kecil tentu banyak pesaingnya terutama di perkotaan. Namun di desa peluang bisnis kursus lumayan menjanjikan untuk dijalankan saat ini. Karena pangsa pasar yang sangat luas, dan biaya kursus yang ditawarkan harus terjangkau bagi mereka.

Banyak jenis usaha yang bisa dijadikan lahan bisnis. Seperti bisnis kursus. Dan berbagai kursus keterampilan dapat dijadikan mata pencaharian untuk menghasilkan uang. Misalnya sobat mengadakan kursus mengemudi mobil, kursus menjahit, kursus komputer, kursus bermain catur, kursus bermain alat musik tertentu, kursus bahasa Inggris, kursus menulis novel, kursus menari, kursus akting, kursus mata pelajaran matematika dan lain-lain.

Namun tidak semua bisnis kursus menjanjikan untung besar. Sebab di situ tergantung pangsa pasar yang ada dan jenis kursus populer yang dicari banyak orang. Lalu jenis kursus apa yang paling banyak peminatnya? Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis selama ini dalam dunia bisnis bahwa jenis kursus keterampilan yang sedang laris manis adalah dalam bidang mata pelajaran matematika. Karena mata pelajaran ini banyak ditakuti para siswa karena sulit mencerna dan memahaminya. Apalagi guru matematika identik dengan wajah sangar dan kejam. Oleh sebab itu, kursus matematika saat ini laku keras. Sobat dapat membuka kursus matematika di rumah dengan pangsa pasar anak-anak sekolah di perumahan.

Memang ilmu matematika tidak sembarang orang memilikinya. Setiap orangtua siswa belum tentu bisa mengajari anak mereka mata pelajaran matematika. Langkah yang mudah adalah mengirimkan mereka ke lembaga kursus pendidikan matematika. Nah kesempatan ini jangan pernah anda sia-siakan. Sobat bisa membuka kursus bimbingan belajar matematika di rumah dengan modal minim secara sampingan dan utama.

Rincian Modal Usaha Kursus Mulai Awal hingga Buka
Untuk modal usaha yang diperlukan adalah sebuah ruangan untuk menampung para siswa di rumah. Anda bisa mengubah ruangan tamu menjadi ruangan tempat kursus matematika bagi anak-anak sekolah. Sediakan pula dalam ruangan kursus itu berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar seperti whiteboard, penghapus, spidol besar, kursi, meja, komputer atau laptop, kipas angin dan lain-lain. Anda bisa saja membuka kursus matematika atau bidang mata pelajaran lain secara lesehan. Sehingga tidak membutuhkan meja dan kursi. Yang penting sediakan tikar dan karpet bagi anak-anak yang kursus matematika.

Bisnis kursus cocok dijalankan oleh siapa saja baik guru honorer maupun guru pns, karyawan swasta, buruh, pegawai pabrik, pengangguran, mahasiswa, pelajar, ibu rumahtangga dan lain sebagainya secara rumahan atau menyewa tempat di lokasi usaha yang strategis. Dengan syarat, ia mempunyai keterampilan menguasai dalam bidang mata pelajaran yang hendak dijual. Salah seorang guru honorer di tempat kerja penulis mampu mendapatkan untung bersih sebesar Rp 11 juta perbulan dari bisnis kursus matematika yang dijalankannya di dalam rumah. Hal ini membuktikan besar potensi dari usaha kursus. Apalagi jika dijalankan secara online maupun sistem waralaba.

Salah seorang pengusaha yang sukses dalam bisnis kursus adalah wanita bernama lengkap ibu Heri. Dengan modal sebesar Rp 500 ribu untuk beli tikar, whiteboard, penghapus dan spidol besar ia mampu mendirikan bisnis kursus di tahun 2011. Berbagai cara dilakukan oleh wanita yang ramah ini untuk menarik semakin banyak peserta. Dimulai dari satu peserta hingga ribuan peserta membuat penghasilannya semakin bertambah besar. Ia benar-benar membuat modul pendidikan kursus oleh tangan dan ide sendiri.

Untuk menarik konsumen, pekerjaannya sebagai guru sekolah dasar di sebuah sd sangat membantunya. Ia menawarkan jasa kursus pendidikan matematika bagi anak-anak kepada orangtua siswa dengan biaya cukup murah. Hal ini membuat para orangtua mereka tertarik memasukkan anaknya ke lembaga kursus yang didirikan ibu Heri.

Selain menyasar pasar anak SD, Ibu Heri pun membidik anak sekolah yang duduk di tingkat SMP. Dengan cara membagikan leaflet dan brosur kepada para siswa SMP di tempat yang sangat strategis. Ia membagikan brosur di depan sekolah. Menempelkan brosur yang bisa dilihat anak-anak pelajar. Dan ternyata cara yang dilakukan oleh ibu muda ini sangat efektif. Banyak para pelajar yang mau mendaftarkan diri mengikuti kursus matematika yang diadakan Ibu Heri. Karena daya tampung ruangan yang terbatas terpaksa sebagian permintaan murid mengikuti kursus matematikanya ditolak secara halus.  

Jadi sumber pemasukan dari Ibu Heri ada dua yakni dari profesi sebagai guru pns di sebuah SD terkenal di Kebumen dan dari usaha sampingan kursus matematika. Dua penghasilan utama itu mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan ia bisa membeli mobil dan rumah. Namun demikian, Ibu Heri sangat sibuk. Dimana pagi hari ia harus bekerja sebagai guru di sebuah SD. Selepas mengajar di sekolah formal, ia melanjutkan mengajar di lembaga kursus yang ia dirikan di rumah.

Rincian Biaya Modal Usaha Kursus
Untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk modal usaha membuka bisnis kursus pendidikan dari awal hingga beroperasi, berikut rinciannya:

▪ Whiteboard besar dan perlengkapan Harga Rp 200 ribu

▪ Meja Lipat Harga Rp 270 ribu

▪ Kursi Lipat Harga Rp 300 ribu

▪ Tikar Harga Rp 130 ribu

▪ Buku Modul dan Fotocopy harga Rp 70 ribu

▪ Perlengkapan alat tulis harga Rp 50 ribu

▪ Listrik bualanan Harga Rp 80 ribu

▪ Biaya Promosi harga Rp 600 ribu

▪ Gaji karyawan administrasi harga Rp 1 juta

Apabila diestimasikan maka total modal usaha yang diperlukan dalam membuka bisnis kursus pendidikan sebesar Rp 2.700.000,-

Jika jumlah siswa yang berhasil direkrut sebanyak 30 orang dan biaya kursus pendidikan yang dipatok sebesar Rp 120 ribu persiswa dalam satu bulan maka penghasilan sobat perbulan dari bisnis kursus sebesar Rp 3.600.000 (120 ribu x 30). Setelah dipotong biaya inventaris dan bulanan sebesar Rp 2.700.000 maka untung bersih sekitar Rp 900 ribu. Dan bulan selanjutnya keuntungan seratus persen milik anda. Semakin banyak jumlah murid dan kelas maka semakin besar penghasilan anda. Bagaimana anda tertarik menekuni bisnis kursus dengan modal kecil tapi untung lumayan besar.

Demikianlah rincian modal usaha kursus dari awal sampai buka yang dapat penulis sampaikan. Anda bisa menjalankan bisnis kursus yang lebih menjanjikan seperti kursus komputer, kursus matematika, kursus agama, kursus fisika dan kimia, kursus menulis dan bahasa Indonesia, dan kursus bahasa asing. Semua jenis kursus sangat menjanjikan untung besar. Tinggal sobat action!