20 Bisnis Jasa yang Mudah Dilakukan, Laris, Untung Berlipat

21 Desember 2022

Bisnis di bidang jasa akhir-akhir ini kian tumbuh pesat. Salah satu alasannya karena usaha ini hanya mengandalkan modal keterampilan dan keahlian. Tidak butuh banyak modal untuk menjalankan usaha intinya. Ada banyak contoh peluang usaha dalam bidang jasa. Jika anda hendak memulai suatu usaha yang menjanjikan dan prospek cerah, tak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan anda di bidang tertentu. Kemudian menjadikannya lahan bisnis dengan membuka usaha jasa.

Usaha Jasa yang Menguntungkan
Di wilayah anda mungkin sangat mudah ditemui berbagai usaha yang menawarkan jasa tertentu. Seperti usaha pangkas rambut yang menawarkan jasa pangkas rambut. Lalu ada jenis usaha jasa yang memberikan layanan penyewaan tenda dan kursi pengantin, bisnis jasa sewa sound system, usaha jasa pengangkutan dan pengiriman barang, usaha jasa penerjemahan bahasa asing, bisnis jasa pengetikan dokumen, usaha rental komputer dan lain sebagainya.

Semua contoh usaha dalam bidang jasa di atas sangat menguntungkan dan menjanjikan untung besar. Hal tersebut tak terlepas dari usaha jasa hanyalah menjual keterampilan atau keahlian. Sehingga sebagian besar bisnis ini tanpa modal uang yang cukup besar. Bahkan banyak diantara jenis usaha jasa yang bermodalkan kecil. Seperti usaha jasa penulisan artikel online, jasa cukur rambut, usaha jasa renovasi rumah dan lain-lain.
bisnis jasa, usaha jasa, usaha jasa menguntungkan, bisnis jasa laris, bisnis jasa mudah, jasa

Permintaan masyarakat terhadap usaha jasa sangatlah besar saat ini. Hal tersebut tak terlepas dari budaya masyarakat sekarang yang ingin serba praktis, mudah dan cepat. Ditambah lagi didukung pula oleh kecanggihan teknologi. Sehingga tumbuh subur usaha jasa di Indonesia. Seperti jasa ojeg online, jasa penulisan artikel freelance online dan lainnya.

Namun untuk sukses dalam menjalankan usaha jasa yang menguntungkan tidaklah mudah. Anda harus bekerja keras, rajin promosi dan mempunyai sikap pantang menyerah. Selain itu, kunci sukses bisnis jasa adalah memberikan pelayanan bagus yang memuaskan konsumen. Karena usaha dalam bidang jasa merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan konsumen. Sehingga pelayanan harus benar benar diperhatikan supaya pelayanan bagus agar konsumen puas dan menjadi pelanggan setia.

Semakin baik pelayanan yang anda berikan kepada konsumen maka semakin berkembang bisnis jasa anda. Sebaliknya, jika pelayanan yang anda berikan kepada konsumen tidak bagus dan kurang memuaskan seperti hasil pekerjaan kurang bagus dan tidak tepat waktu maka bisnis jasa anda akan mandeg atau jalan di tempat. Hal itu dirasakan betul oleh penulis yang juga menekuni bisnis jasa penulisan artikel sejak lama baik online maupun offline.

20 Bisnis Jasa yang Mudah Dilakukan, Laris, Untung Berlipat
Jika anda berminat membuka usaha dalam bidang jasa yang menguntungkan, maka berikut ini kumpulan 20 bisnis jasa yang mudah dilakukan, laris, untung berlipat yang bisa sobat lakukan secara rumahan, antara lain:

1. Usaha jasa menjahit
Bisnis jasa menjahit termasuk jenis usaha yang mudah kita temukan di berbagai sudut kota dan desa. Ada banyak pemain dalam bisnis jasa menjahit. Namun untuk sukses dalam usaha jasa menjahit pastikan hasil menjahit rapi dan berkualitas bagus, tepat waktu dalam pengerjaan, harga jasa jahit yang lebih murah dari kompetitor dan lain-lain. Untuk memulai usaha jasa menjahit maka anda diharuskan mempunyai keterampilan dalam menjahit. Ada banyak kursus menjahit yang bisa sobat ikuti supaya mempunyai keahlian jahitan yang mumpuni. 

2. Usaha jasa service mobil
Jumlah pengguna mobil di Indonesia setiap tahun terus bertambah banyak. Dan tentu saja setelah melalui penggunaan yang panjang, sebuah mobil pastinya akan mengalami kerusakan ringan dan berat. Kalau hal ini terjadi maka pengguna mobil biasanya memperbaiki mobilnya di bengkel mobil terdekat. Inilah yang menjadikan peluang usaha jasa perbaikan mobil sangat menjanjikan dijalankan saat ini di tanah air.

3. Bisnis jasa service sepeda motor
Berdasarkan data dari kepolisian RI bahwa jumlah sepeda motor setiap tahun meningkat pesat. Hal tersebut tak terlepas dari semakin membaiknya daya beli masyarakat. Sehingga harga satu unit sepeda motor sangat terjangkau bagi semua orang. Dalam sebuah rumahtangga biasanya mempunyai satu unit sepeda motor atau lebih. Ini merupakan pangsa pasar yang sangat menjanjikan dari bisnis jasa reparasi sepeda motor. 

Karena penggunaan dalam masa tertentu tak jarang sepeda motor mengalami kerusakan. Maka bisnis jasa perbaikan sepeda motor menjadi jenis usaha yang sangat menjanjikan di tengah bertambah banyak jumlah sepeda motor. Selain itu, usaha jasa service sepeda motor bisa digabungkan dengan usaha jualan suku cadang, usaha ganti oli dan lainnya.

4. Usaha jasa tambal ban
Jika kita melihat jalan umum akan sangat mudah kita temukan berbagai kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi jalan dengan gagah. Namun tak jarang karena sering digunakan ban sepeda motor ataupun mobil dan truk mengalami bocor. Kalau hal ini terjadi dengan terpaksa mereka harus mendatangi gerai usaha jasa tambal ban terdekat. Kejadian ini bukan hanya terjadi satu kali. Sangat mungkin banyak kendaraan otomotif yang juga mengalami ban bocor. Inilah yang membuat bisnis jasa tambal ban sangat menjanjikan.

Untuk meningkatkan keuntungan bisnis jasa tambal ban maka anda bisa menambahkan dengan jenis usaha lain seperti usaha jasa tambah angin ban otomotif. Sementara itu, untuk membuka usaha jasa tambal ban maka syarat utama adalah anda mesti menguasai cara menambal ban sepeda motor dan mobil secara baik dan benar. Semua itu bisa dipelajari di internet, buku, majalah dan berguru langsung kepada pelaku usaha bisnis jasa tambal ban yang sudah ahli dan pengalaman.

5. Usaha jasa antar jemput anak sekolah
Salah seorang sanak kerabat penulis menekuni usaha jasa antar jemput anak sekolah. Bisnis jasa ini menghasilkan keuntungan yang lumayan besar perbulan. Biasanya jasa antar jemput anak sekolah disediakan secara berbayar bulanan oleh pihak sekolah. Namun bisa juga anda menjalani bisnis jasa ini secara mandiri. Sebab banyak sekolah negeri dan swasta yang tidak menyediakan jasa antar jemput anak sekolah. Inilah yang memunculkan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan untung besar dari bisnis jasa antar jemput anak sekolah.

6. Usaha jasa cuci motor
Saat ini sangat gampang kita temukan gerai usaha yang menyediakan jasa cuci sepeda motor baik di kota maupun desa. Persaingan bisnis cuci motor sangat ketat di pedesaan dan perkotaan. Namun demikian tetap menjanjikan untuk dijalani. Mengingat jumlah sepeda motor di Indonesia yang sangat besar. Dan setiap tahun jumlah sepeda motor terus bertambah secara signifikan. Hal inilah yang membuat bisnis jasa cuci motor sangat menguntungkan. Harga jasa cuci motor sekitar Rp 10 ribu.

7. Usaha jasa cuci mobil
Bisnis pencucian mobil merupakan salah satu jenis usaha yang digandrungi banyak pengusaha. Usaha jasa ini mudah kita temukan di berbagai pelosok kota dan desa. Persaingan bisnis jasa ini sangat ketat mengingat mudah dijalankan dan tidak sulit dalam pengelolaannya. Bisnis cuci mobil sangat menjanjikan saat ini karena jumlah volume mobil di tanah air yang setiap tahun bertambah banyak. Dan mobil tentunya membutuhkan perawatan. Inilah yang membuat bisnis jasa pencucian mobil atau salon mobil menjadi pilihan bisnis yang tepat bagi yang ingin meraup untung besar. Harga jasa cuci mobil sekitar Rp 25 ribu.

8. Bisnis jasa fotocopy
Usaha dalam bidang jasa fotocopy sangat menjanjikan untuk dijalankan di dekat kampus, sekolah, lembaga, instansi pemerintah dan swasta, perusahaan, dan tempat strategis lainnya. Pangsa pasar yang dituju dari bisnis fotocopy adalah kalangan pelajar, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat umum. Untuk meningkatkan keuntungan bisnis fotocopy maka anda bisa membuka usaha sejenis seperti usaha jualan alat tulis kantor atau atk, usaha laminating, usaha penjilidan, dll.

9. Usaha jasa laundry satuan dan kiloan
Budaya masyarakat modern saat ini menginginkan segala sesuatu bersifat praktis. Contohnya dalam mencuci pakaian. Daripada repot bergelut dengan sabun dan kotoran dalam rangka mencuci pakaian maka mereka lebih memilih menggunakan usaha jasa laundry harga terjangkau. Dengan cara ini lebih praktis dan menghemat waktu. Atas fenomena ini membuat bisnis jasa laundry kiloan maupun satuan laris manis terutama di kota besar. Modal usaha yang utama dari bisnis jasa laundry adalah mesin cuci dan setrika.

10. Bisnis jasa sewa komputer
Komputer merupakan peralatan elektronik yang sangat penting di era modern saat ini. Peralatan ini dipergunakan untuk mengetik dan mengerjakan berbagai tugas sekolah dan pekerjaan kantoran. Usaha rental komputer masih merupakan bisnis jasa yang sangat menguntungkan. Karena pangsa pasar yang sangat jelas yakni kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan dan kalangan masyarakat umum. Agar sukses bisnis sewa komputer maka lokasi usaha harus berada di sekitar kampus, sekolah dan tempat strategis lainnya.

11. Bisnis sewa infokus
Di jaman modern sekarang ini penggunaan perangkat berteknologi tinggi seringkali digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan presentasi. Salah satunya adalah perangkat infokus yang berguna sebagai alat untuk presentasi maupun seminar. Karena harga infokus sangat mahal maka sangat sedikit mahasiswa dan pekerja kantoran yang memiliki alat ini. Hal tersebut menimbulkan peluang usaha yang cukup menjanjikan yaitu bisnis jasa sewa infokus.

12. Usaha pengetikan
Di tengah kesibukan bekerja dan sekolah membuat sebagian besar karyawan kantoran, pelajar dan mahasiswa kewalahan dalam mengerjakan tugas laporan, tugas sekolah dan kuliah. Oleh sebab itu, mereka memilih menggunakan jasa pengetikan terdekat dengan harga murah. Harga jasa pengetikan satu lembar sekitar Rp 1000. Untuk membuka bisnis jasa pengetikan anda bisa memulai dengan modal satu unit komputer beserta printer.

13. Usaha jasa fotografer profesional
Bisnis jasa ini bergerak dalam usaha untuk mendokumentasikan sebuah acara atau momen berharga dalam kehidupan seseorang. Misalkan pesta ulang tahun, acara pesta pernikahan dan acara penting lain sebagainya. Modal usaha yang utama dalam bisnis jasa fotograger adalah mempunyai kamera yang berkualitas baik dan mempunyai keterampilan dalam menangkap gambar yang bagus.

14. Usaha jasa desainer grafis
Jika anda mempunyai keahlian dalam bidang desain grafis maka sobat bisa buka usaha desainer grafis. Ada banyak perusahaan dan lembaga yang membutuhkan jasa desainer grafis ini. Seperti usaha penerbitan buku. Tips sukses menjalankan bisnis jasa desainer grafis adalah sobat rajin berpromosi secara online di berbagai medsos dan forum. Selain itu, berikanlah harga yang lebih murah dari pesaing.

15. Usaha jasa desain interior
Bisnis jasa desain interior merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan di abad modern ini. Untuk membuka usaha jasa ini, sobat disyaratkan menguasai ilmu cara mengatur ruangan dan memadu padankan dengan barang-barang di sekitarnya. Untuk sukses dalam bisnis desain interior adalah selalu mengutamakan kepuasan konsumen.

16. Usaha penyewaan DVD
Hiburan adalah sesuatu hal yang paling menyenangkan bagi manusia. Salah satu alat hiburan adalah menonton dvd. Seperti film dalam bentuk dvd, dvd pendidikan dan lain sebagainya. Kebutuhan masyarakat yang sangat besar terhadap hiburan membuat bisnis sewa DVD kaset atau film asli menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

17. Bisnis jasa penerjemahan
Usaha jasa penterjemah bahasa asing sangat cocok dijalankan oleh orang yang menguasai berbagai jenis bahasa asing. Seperti bahasa inggris, mandarin, spanyol, perancis, arab dll. Bisnis jasa penterjemah bisa dilakukan secara offline dan online. Bisnis jasa penterjemah bisa dilakukan secara rumahan secara online. Untuk sukses dalam bisnis ini maka anda harus bisa menjalin kerjasama dengan tempat-tempat wisata.

18. Usaha jasa pembuatan dan desain website
Seiring dengan kemajuan dunia internet membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membuat website di internet. Mereka membuat website sebanyak mungkin untuk kepentingan komersial, bisnis, menyalurkan hobi maupun sosial. Hal inilah yang menimbulkan lahirnya peluang usaha jasa baru yakni jasa pembuatan situs dan desain website yang sangat menjanjikan untung besar dengan modal kecil.

19. Usaha jasa penulisan artikel online
Contoh usaha di bidang jasa lainnya yang mudah dilakukan, laris dan untung berlipat adalah usaha jasa penulisan artikel di internet. Ada banyak website bisnis di dunia ini yang memerlukan artikel sebanyak mungkin untuk up date blog dan menarik sebanyak-banyaknya pengunjung. Hal ini membuat bisnis jasa tulis artikel online sangat menjanjikan untung besar selamanya. Tanpa pernah ada istilah rugi.

20. Usaha les privat
Contoh usaha jasa di masyarakat lainnya yang sedang populer adalah bisnis jasa les privat. Usaha ini bergerak dalam bidang pendidikan dengan mengajarkan berbagai mata pelajaran kepada para siswa siswi. Bisnis les privat termasuk peluang usaha di bidang jasa yang dibutuhkan masyarakat luas supaya anak mereka lebih pandai dan cerdas.