Rincian Modal Usaha Bengkel Mobil dari Awal hingga Beroperasi

18 Januari 2017

Hari ini penulis kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh bengkel mobil AAN. Padahal sudah menjadi pelanggan tetap. Mendapatkan konsumen baru itu yang jadi pelanggan tetap itu sangat sulit ketimbang mempertahankannya. Penulis diberi barang buruk busuk yang tidak sesuai keinginan. Atas hal itu, penulis bertekad untuk tidak membeli barang lagi di toko tersebut. Dengan alasan, pelayanan lambat, barang yang diterima tak sesuai keinginan, tidak detail misalnya ukuran yang beda dan barang bagus tidak digigit tikus, dalam melayani pelanggan tidak detail.

Oleh sebab itu, satu persatu pelanggan kabur dan mencari toko lain yang memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Seperti yang dilakukan oleh penulis saat ini. Pendek kata, usaha bengkel mobil pun harus memberikan pelayanan detail yang memuaskan konsumen. Untuk mempertahankan pelanggan sangat mudah ketimbang mencari konsumen baru yaitu berikanlah yang terbaik apa yang konsumen inginkan secara detail dan pelayanan harus cepat dengan barang yang bagus terbaik.

Bisnis Bengkel Mobil Sederhana
Siapa sih yang tak mengenal usaha bengkel mobil? Pastinya bisnis perbaikan mobil sudah sangat umum dan lazim. Di sudut kota tempat desa maupun daerah mudah kita jumpai usaha bengkel kendaraan roda empat. Salah satu ciri adalah tempat dipenuhi mobil yang sedang diperbaiki.
modal usaha bengkel mobil, bengkel mobil, bisnis bengkel mobil, mobil, biaya bengkel mobil

Ayahanda penulis merupakan salah seorang montir mobil yang sangat ahli dan pengalaman. Mobil rusak atau tidak dapat diketahui dari suara mesin mobil bersangkutan. Namun usaha bengkel mobil sama seperti bengkel motor supaya sukses dengan mudah dan menghasilkan untung besar harus dijalani sebagai hobi. Sehingga bisnis dijalankan secara menyenangkan. Untuk mencari konsumen baru dalam merintis usaha bengkel mobil sangat sulit. Diperlukan berbagai upaya yang unik dan kreatif. Misalnya mengadakan lomba modifikasi mobil dll. Untuk memulai bisnis bengkel mobil diperlukan visi dan misi sebagai pondasinya.

Prospek Usaha Bengkel Mobil
Menyikapi jumlah penduduk Indonesia yang bertambah banyak setiap tahun membuat kebutuhan akan transportasi mobil bertambah tinggi. Usaha dealer dan showroom mobil diserbu para pembeli. Keperluan masyarakat akan mobil tinggi sekali mengingat sarana transportasi ini lebih luas menampung banyak orang, daya tampung lebih besar dalam menyimpan belanjaan, tidak kehujanan dan kepanasan dll. Tidak seperti sepeda motor. Hal inilah yang membuat penjualan kendaraan bermotor roda empat setiap tahun mengalami kenaikan.

Kendaraan mobil sama seperti sepeda motor jika terus digunakan akan mengalami kerusakan. Hal ini memunculkan jenis peluang bisnis yang sangat menjanjikan yakni usaha bengkel mobil. Sebagai jenis usaha dalam bidang otomotif dan pelayanan jasa, bisnis service mobil supaya menguntungkan dan bisa cepat kaya adalah masalah pelayanan terhadap konsumen harus diperhatikan. Konsumen harus keluar dari gerai usaha reparasi mobil sobat dalam keadaan puas dan senang hati.

Pendek kata, usaha bengkel mobil mempunyai prospek cerah dan sangat menjanjikan. Selama manusia masih banyak menggunakan mobil sebagai sarana transportasi sehari-hari maka bisnis bengkel mobil senantiasa laris manis dan dibutuhkan banyak orang. Sehingga ada beberapa pengusaha bengkel mobil cepat kaya dari bisnis ini. Keuntungan bengkel mobil perbulan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Sekarang sangat gampang dijumpai di setiap halaman atau garasi rumah ada satu unit mobil atau lebih. Jumlah orang yang memiliki mobil bertambah banyak. Para pabrik produsen kendaraan roda empat ini seperti Honda, Suzuki, Peugeot, Daihatsu dan lain sebagainya terus menerus setiap tahun mengeluarkan produk mobil terbaru untuk menggaet para pembeli. Mereka juga menyediakan jasa bengkel mobil jika terjadi kerusakan yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Persaingan usaha bengkel mobil sangat tinggi. Di berbagai sudut kota dan desa mudah ditemui usaha service mobil baik secara kecil atau besar, bengkel mobil mandiri sederhana maupun waralaba. Tetap bisnis ini sangat menjanjikan dengan pangsa pasar yang sangat luas.

Modal Awal Buka Bengkel Mobil
Jika sobat berminat membuka usaha reparasi mobil maka modal usaha yang mesti dipersiapkan adalah keterampilan dalam memperbaiki mobil termasuk bodi dan mesin serta keseluruhan mobil. Lalu peralatan dan perlengkapan bengkel mobil seperti palu, baud, obeng, hidrolik, kompresor, oli, dan lain sebagainya.

Dalam membuka usaha bengkel mobil memerlukan yang namanya modal usaha. Berikut ini rincian modal usaha bengkel mobil hingga siap buka, antara lain : keahlian dalam memperbaiki mobil yang bisa dipelajari secara langsung melalui pelatihan atau buku. Namun jika anda tak menguasainya tetap bisa merintis bisnis bengkel mobil dengan cara merekrut tenaga mekanik yang ahli dan profesional.

Modal berikutnya adalah menyiapkan peralatan dan perlengkapan usaha bengkel mobil. Ada cara mudah yakni mencari supplier dan bekerjasama dengannya. Carilah suplier bengkel mobil yang berkualitas dan memiliki harga jual barang yang lebih murah. Sehingga anda dapat menjual alat bengkel dengan harga yang lebih murah ketimbang kompetitor di sekitar.

Merekrut karyawan montir bagian teknisi dan mekanik yang handal dan berkualitas adalah hal paling penting dalam kesuksesan bengkel mobil. Karyawan montir adalah ibarat koki dalam sebuah restoran. Atau ibarat penulis dalam jasa tulis artikel. Ia akan selalu dicari orang selama ia berkualitas. Oleh sebab itu, rekrutlah pegawai mekanik yang handal, sopan dan ramah yang mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Supaya bengkel mobil sobat laris manis dan laku keras dipenuhi para pelanggan yang datang. Untuk menggaji karyawan bagian montir sekitar Rp 2 juta belum uang makan.

Modal awal bengkel mobil selanjutnya adalah sewa lokasi usaha di tempat yang sangat strategis. Seperti di persimpangan jalan raya, pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas mobil dan lain sebagainya.  Tempat yang strategis biasanya disewakan dengan jumlah nominal uang yang sangat tinggi. Misalnya Rp 12 juta pertahun. Namun jika anda mempunyai kesulitan dalam modal usaha sewa tempat maka sobat bisa menjalin kerjasama dengan pemilik tempat lewat sistem bagi hasil. Seperti perbandingan 40 : 60. Dalam arti, 40 persen keuntungan usaha bengkel mobil bagi pemilik tempat. Dan sisanya sebesar 60 persen keuntungan milik pelaku bisnis bengkel mobil yang mengoperasikannya.

Itulah rincian modal usaha bengkel mobil dari awal hingga beroperasi.    

Strategi Pemasaran Bengkel Mobil
Menurut wikipedia, pemasaran adalah sebuah proses penyampaian informasi barang dan jasa secara tepat dan efektif kepada masyarakat luas yang membutuhkan produk tersebut. Pemasaran dan penjualan adalah ujung tombak dari bisnis bengkel mobil. Keuntungan didapatkan berasal dari cara ini. Oleh sebab itu, seorang pengusaha reparasi mobil harus menyadari pentingnya promosi dan aspek pemasaran. Berbagai macam cara harus dilakukan untuk mempromosikan usaha service mobil.

Berbagai teknik cara pemasaran bengkel mobil dapat dilakukan dengan mudah. Seperti membuka usaha bengkel mobil secara sederhana di lokasi yang strategis. Dengan demikian usaha bengkel mobil dapat dikenali masyarakat. Apalagi ditambah dengan kata-kata promosi bengkel mobil di sebuah spanduk, reklame, banner, brosur, pamflet dan lain-lain.

Cara promosi bisnis service mobil selanjutnya dengan teknik memberikan produk dan kualitas layanan yang bermutu dan prima. Sebab jika konsumen puas atas pelayanan usaha bengkel mobil yang kita berikan maka ia akan mengatakan kepada saudara-saudaranya, rekan kerja, sahabat, tetangga dan orang di sekelilingnya.

Harga yang ditawarkan lebih murah sedikit dari pesaing merupakan cara promosi bengkel mobil. Karena manusia termasuk makhluk ekonomis. Ia akan memilih produk  dan layanan yang lebih murah tanpa meninggalkan kualitas.

Cara pemasaran yang efektif di abad sekarang adalah menggunakan media sosial. Seperti beriklan di facebook, twitter, instagram, dll. Lalu bisa memasang iklan baris promosi bengkel mobil di media cetak dan media online. 

Kisah Sukses Usaha Bengkel Mobil Sederhana
Salah seorang yang sukses menekuni bisnis bengkel mobil adalah pria bernama lengkap Sujak Widodo. Penghasilan yang ia dapatkan dari usaha utak atik kendaraan roda empat ini sebesar Rp 3 miliar pertahun. Hal ini menjadikannya salah seorang pria terkaya di desa asalnya. Kiat sukses membuka usaha bengkel mobil menurut Sujak Widodo adalah pelayanan yang memuaskan atau prima kepada konsumen dengan mengedepankan inovasi.

Jika ditelaah lebih lanjut Sujak Widodo dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang sederhana di Surabaya. Di lingkungan sekitar rumah banyak sekali berdiri usaha bengkel mobil. Hal ini membuat ia terbiasa dengan kehidupan dan aktivitas bisnis perbaikan mobil. Bukan hanya itu saja karena sering melihat kegiatan service mobil membuat ia banyak belajar cara memperbaiki mobil yang baik dan tepat.

Pria lulusan SMP kelas satu ini pada tahun 1976 memutuskan merantau ke Jakarta. Di Ibukota ia menjalani berbagai pekerjaan yang halal seperti tukang cat dan dempul di bengkel. Karena keahliannya dalam bidang yang berhubungan dengan mobil, ketika merantau ke Medan pun ia bekerja sebagai tukang dempul di sebuah usaha service mobil.

Tak lama kemudian, ia memilih kembali ke Jakarta dan bekerja di sebuah bengkel mobil daerah Cibinong. Lalu pindah kerja ke sebuah usaha reparasi mobil di Warung Buncit. Para karyawan senior di bengkel ini dikirim ke Singapura untuk mengikuti pelatihan. Sedangkan Sujak Widodo tidak diikutsertakan karena masa kerja yang masih belum lama. Oleh karena itu, pria tampan ini memilih keluar kerja dan merantau ke Batam daerah terdekat dengan Singapura.

Pada tahun 1993 di Batam inilah ia membuka usaha bengkel mobil dengan brand PT Surya Sejahtera di pinggir jalan raya yang diharapkan mampu mensejahterakan kehidupan ekonomi dirinya. Ia dibantu oleh 3 orang karyawan. Enam tahun kemudian, ia berkenalan dengan sebuah yayasan pembina bengkel mobil terbaik yang membuatnya ikut bergabung sebagai mitra bisnis.

Melalui yayasan pembina bengkel mobil se-Indonesia ini, ia mendapatkan berbagai pelatihan. Seperti pengembangan sumber daya manusia, pengembangan manajemen, dll. Pelatihan gratis ini berguna bagi dirinya untuk membuat bisnis bengkel mobil miliknya dapat berkembang besar. Hingga ia memperoleh omset sekitar Rp 3 miliar lebih per tahun.