8 Tips Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah Untung Jutaan

28 November 2017

Meskipun persaingan dunia usaha kian ketat, anda tidak perlu khawatir. Sebab peluang bisnis senantiasa ada di mana-mana setiap hari. Tinggal bagaimana kemampuan anda memanfaatkan peluang usaha terbaik tersebut. Seperti halnya peluang bisnis antar jemput anak sekolah yang saat ini disukai banyak pengusaha pemula. Prospek usaha jasa ini cukup menjanjikan. Mengingat jumlah penduduk Indonesia sebesar 240 juta lebih yang sebagiannya didominasi anak-anak sekolah merupakan pangsa pasar yang luas sekali. Hal inilah yang membuat bisnis antar jemput anak sekolah tetap eksis dari dulu hingga saat ini.

8 Tips Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah Untung Jutaan
Apabila anda ingin meraup untung besar dari bisnis jasa ini, berikut ini penulis utarakan 8 tips bisnis antar jemput anak sekolah untung jutaan, antara lain:

1. Memanfaatkan modal usaha yang ada
Untuk memulai bisnis antar jemput anak sekolah pastinya memerlukan modal usaha yang utama adalah mobil. Namun anda jangan terburu-buru untuk membeli mobil. Alangkah baiknya apabila anda memiliki mobil yang masih bagus tapi sudah jarang dipakai di rumah untuk segera dimanfaatkan dalam rangka membuka bisnis jasa antar jemput anak sekolah tanpa modal. Kendaraan yang biasanya digunakan untuk usaha ini adalah mini bus yang mempunyai daya tampung penumpang lebih banyak.
bisnis antar jemput siswa, usaha antar jemput sekolah, usaha jemput sekolah, bus sekolah

Memanfaatkan mobil pribadi yang tak terpakai untuk memulai bisnis antar jemput anak sekolah lebih tepat ketimbang membeli mobil baru secara cicilan atau cash. Karena itu bisa membebani keuangan anda dengan cicilan perbulan. Membuka bisnis antar jemput anak sekolah dengan memanfaatkan mobil yang tak terpakai berarti memulai suatu bisnis jasa dari nol, gratis dan tanpa modal.

Selain memiliki mobil, syarat utama lainnya dalam membuka bisnis antar jemput anak sekolah adalah menguasai cara mengemudikan mobil. Sekarang banyak kursus keterampilan mengemudi yang bisa anda ikuti jika anda belum mahir mengemudikan mobil.

2. Tepat waktu  
Di tengah jaman modern saat ini yang dipenuhi dengan berbagai aktifitas pekerjaan yang padat membuat mayoritas orang tua tidak sempat untuk meluangkan waktu mereka untuk mengantarkan buah hati tercinta ke sekolah.  Mereka lebih memilih cara praktis dan simpel yaitu menggunakan jasa antar jemput anak sekolah yang profesional yang dijamin bisa mengantarkan anaknya ke sekolah secara tepat waktu dan selamat di tujuan.

Inilah salah satu tips bisnis antar jemput anak sekolah untung jutaan yaitu tepat waktu mengantarkan anak ke sekolah. Sehingga pelanggan merasakan kepuasan atas layanan yang anda berikan. Dan kemudian merekomendasikan usaha jasa sobat kepada orang di sekeliling mereka yang membutuhkannya.

3. Perawatan mobil
Anda tentu tidak ingin kendaraan mobil yang anda kemudikan tiba-tiba mogok. Karena ini bisa mengganggu pelayanan terhadap konsumen bisnis antar jemput anak sekolah. Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan mobil yang masih bagus keluaran terbaru. Sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Selanjutnya, sobat mesti melakukan perawatan mobil secara berkala di gerai usaha bengkel mobil terdekat untuk memastikan kondisi rem dalam keadaan baik, kaca spion terpasang baik, transmisi berjalan lancar, hingga hal-hal sangat kecil. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan mobil dan memberikan rasa nyaman dan aman dalam berkendara.

4. Mengetahui rute
Hal penting lainnya sebagai salah satu tips bisnis antar jemput anak sekolah untung jutaan adalah mengetahui rute yang akan dilalui. Anda bisa mengambil rute yang terdekat dan tidak terkena macet. Sehingga bisa sampai ditujuan secara tepat waktu dan menghemat pengeluaran bensin. Dengan demikian, anda bisa meraup untung besar dari bisnis antar jemput anak sekolah.

5. Melakukan Promosi Offline
Untuk mendapatkan konsumen pertama hingga banyak konsumen, sobat memerlukan proses yang dinamakan promosi bisnis antar jemput anak sekolah yang sobat jalani. Ada banyak teknik promosi seperti membagikan brosur atau selebaran ke berbagai sekolah, menjalin kerjasama dengan pihak manajemen yayasan sekolah, memasang pamflet tentang penawaran jasa antar jemput anak sekolah di dinding sekolah dan lain-lain. Untuk contoh brosur antar jemput anak sekolah, sobat bisa membuatnya sendiri secara sederhana dan menarik.

6. Promosi online
Selain menggunakan cara promosi jasa antar jemput anak sekolah secara offline, tak ada salahnya anda juga melakukan promosi secara online. Sehingga pangsa pasar yang bisa didapatkan lebih banyak dan lebih besar. Apalagi promosi bisnis antar jemput anak sekolah secara online di internet tidak membutuhkan modal besar. Bahkan promosi online dilakukan secara gratis. Cukup dengan modal usaha laptop dan koneksi internet. Adapun media promosi untuk penawaran jasa antar jemput anak sekolah di internet bisa menggunakan media sosial, forum, marketplace dan lain sebagainya.

7. Pelayanan yang baik
Tips bisnis antar jemput anak sekolah untung jutaan yang utama adalah memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan kepada para pelanggan. Karena ini bisnis jasa sehingga kualitas jasa yang diberikan harus benar-benar diperhatikan. Contohnya menjemput dan mengantarkan anak sekolah secara tepat waktu dan selamat di tujuan, mengemudikan mobil secara aman dan tenang, melengkapi dengan fasilitas televisi atau air conditioning dll. Sehingga dengan kepuasan layanan yang anda berikan maka mereka merasa puas dan merekomendasikan bisnis antar jemput anak sekolah yang anda kelola kepada orang lain yang membutuhkannya.

8. Menentukan tarif
Untuk menentukan tarif jasa layanan antar jemput anak sekolah sangat mudah. Anda tinggal menghitung biaya pengeluaran sekali antar jemput. Kemudian menentukan tarif bulanan yang memberikan keuntungan besar hingga jutaan perbulan. Tarif jasa antar jemput anak sekolah di Malang dengan Surabaya pasti akan berbeda. Anda bisa menetapkan tarif layanan antar jemput anak sekolah sesuai harga pasaran di daerah anda.  

Dan terakhir, untuk meningkatkan penghasilan dari bisnis antar jemput anak sekolah hingga jutaan perhari maka anda bisa membuka cabang di daerah lain dengan menyediakan mobil baru dan merekrut sopir baru yang berpengalaman, mampu mengemudikan mobil dengan baik, sopan, dapat dipercaya dan jujur. Berikanlah gaji yang layak pada sopir baru sebagai karyawan anda.

Proposal Antar Jemput Anak Sekolah
Jika anda memerlukan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis antar jemput anak sekolah maka anda bisa mendapatkan modal ke berbagai pihak. Namun untuk kesuksesan mendapatkan modal maka sobat diharuskan membuat proposal usaha antar jemput anak sekolah untuk lebih meyakinkan pihak investor. Dalam proposal antar jemput anak sekolah dijelaskan modal usaha yang dibutuhkan, prospek usaha dan analisa dan keuntungan perbulan.

Berikut ini sumber modal usaha yang bisa anda ajukan proposal usaha untuk mendapatkan suntikan modal, antara lain:

1. Orangtua dan anggota keluarga
Sobat bisa memperoleh tambahan modal usaha jasa antar jemput anak sekolah dari pihak orangtua tercinta, atau dari adik maupun kakak yang mempunyai kekayaan berlebih. Pemberian modal usaha bisa berupa pinjaman atau pemberian gratis atau sukarela. 

2. Tetangga dan sanak kerabat
Anda bisa meminjam uang kepada sanak kerabat atau tetangga sebagai modal untuk mengembangkan bisnis jasa antar jemput sekolah.

3. Teman dan rekan kerja
Apabila anda mempunyai rekan kerja dan teman yang kaya raya maka anda bisa mengajak mereka untuk menanamkan uangnya pada bisnis antar jemput anak sekolah yang anda kelola.

4. Bank dan koperasi
Cara ini sangat tak dianjurkan karena ada beban bunga yang cukup tinggi. Cara ini bisa dilakukan sebagai cara terakhir dan bersifat darurat.

Cara Membuka Usaha Antar Jemput Anak Sekolah bagi Pemula
Bagi anda pemula walaupun telah dijelaskan tips bisnis antar jemput anak sekolah untung jutaan akan merasakan kebingungan dalam menjalankan jasa ini. Dari mana mulainya? Bagaimana menjalankannya hingga berhasil? Untuk menjawab semua itu, berikut ini akan penulis sampaikan beberapa langkah dan cara usaha antar jemput anak sekolah yang sukses dari awal hingga beroperasi:

1. Gunakan teknik ATM
Cara paling mudah untuk memulai bisnis antar jemput anak sekolah bagi pemula adalah melihat atau mengamati usaha jasa layanan antar jemput anak sekolah yang dijalani oleh pesaing. Anda bisa menggunakan teknik ATM yakni amati, tiru dan modifikasi dari usaha yang telah dijalankan oleh kompetitor. Sehingga anda mempunyai gambaran jelas mengenai cara memulai dan menjalankan bisnis antar jemput anak sekolah.

Hal penting lainnya setelah anda mengamati cara kerja usaha antar jemput anak sekolah dari pesaing, pelajari pula kelebihan dan kelemahan pesaing. Kemudian anda bisa membuka bisnis antar jemput anak sekolah dengan kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaing anda. Sobat perlu ingat bahwa bisnis antar jemput anak sekolah mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sehingga bisnis jasa antar jemput anak sekolah sobat mesti mempunyai banyak keunggulan dari kompetitor yang ada.

2. Buka usaha yang masih berkaitan
Untuk mengembangkan ke bisnis lainnya yang masih berkaitan maka anda bisa membuka usaha jasa antar jemput karyawan. Untuk mobil antar jemput karyawan bisa sama dengan mobil untuk antar jemput anak sekolah. Sehingga keuntungan yang bisa sobat dapatkan berasal dari dua sumber pendapatan. Apalagi jumlah karyawan di Indonesia sangat besar ditambah lagi dengan munculnya karyawan baru dari kalangan anak muda. Mereka tentu tidak ingin datang ke tempat kerja terlambat. Atas hal ini membuat bisnis jasa antar jemput karyawan cukup menjanjikan disamping bisnis antar jemput anak sekolah.

3. Pantang menyerah
Selama anda membuka usaha layanan antar jemput anak sekolah pastinya akan mengalami kendala dan hambatan. Apalagi dalam tahap awal merintis usaha. Misalkan sepi konsumen, mendapatkan konsumen yang rewel dan lain-lain. Namun hal itu jangan membuat anda menyerah. Tetaplah berfokus pada memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Dan jika ada hambatan dan rintangan jangan cepat menyerah.