Rincian Modal Usaha Bengkel Motor dan Keuntungannya

15 Januari 2017

Sekarang ini jumlah sepeda motor di tanah air semakin bertambah banyak. Setiap hari  terjadi ribuan penjualan sepeda motor berbagai merek Honda, Suzuki, Yamaha dll walau terjadi kenaikan biaya pengurusan STNK dan BPKB. Sehingga peluang usaha dan bisnis bengkel sepeda motor secara sampingan, utama maupun rumahan dengan modal kecil menjanjikan sekali untuk dijalani. Lalu berapa modal usaha awal yang dibutuhkan dalam membuka usaha bengkel sepeda motor? Untuk mengetahuinya simak terus artikel di bawah ini. 

Jika diteliti oleh penulis secara seksama hampir setiap orang atau rumahtangga memiliki kendaraan sepeda motor. Bahkan ada yang mempunyai lebih dari satu sepeda motor. Tentu usaha yang berhubungan dengan sepeda motor seperti membuka gerai bengkel sepeda motor menjanjikan di tengah banyaknya jumlah kendaraan sepeda motor di Indonesia.

Rincian Modal Usaha Bengkel Motor dan Keuntungannya
Rincian modal awal usaha bengkel sepeda motor antara lain: kemampuan atau keahlian dalam memperbaiki mesin sepeda motor, mempunyai modal usaha uang untuk membeli peralatan bengkel motor, sewa lokasi usaha di tempat strategis atau di rumah, dan menggaji karyawan. Dalam masa merintis usaha bengkel motor mungkin sobat sendiri sebagai karyawannya. Tapi berjalan waktu, setelah bisnis bengkel motor berkembang maka anda bisa merekrut karyawan mekanik sepeda motor.
usaha bengkel sepeda motor, modal usaha bengkel seleda motor, usaha sepeda motor, sepeda motor, bisnis bengkel motor

Modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka usaha bengkel motor bervariasi tergantung besarnya toko dan barang yang disediakan. Kira-kira modal yang dibutuhkan antara Rp 20 juta sampai Rp 300 juta. Investasi bisnis bengkel motor semakin besar jika membuka usaha bengkel motor secara waralaba dan menambahkan dengan usaha lain sejenis seperti usaha menjual aksesoris motor, polet motor, suku cadang, dan lain sebagainya.

Contoh Cara Usaha Bengkel Motor
Usaha bengkel motor sangat mudah kita jumpai di sudut kota dan desa di pinggir jalan. Usaha ini mengalami laris manis dan laku keras pada saat hari biasa dan puncaknya menjelang hari raya lebaran. Mengapa usaha bengkel sepeda motor mengalami masa panen laris manis dan untung besar? Hal ini dikarenakan jumlah sepeda motor di Indonesia setiap hari bahkan bulan hingga setiap tahun terus bertambah banyak. Hal ini tidak diiringi dengan jumlah pelebaran jalan. Sehingga gampang sekali kita temui di berbagai jalan raya dipenuhi sepeda motor yang melintas ketimbang kendaraan bermotor roda empat.

Sepeda motor tentu saja sebuah barang yang memerlukan perawatan ekstra. Dan kerapkali penulis melihat sejumlah sepeda motor di jalan yang kotor dan tidak dirawat dengan baik. Bodi motor kotor oleh kotoran. Rantai sepeda motor kendor dll. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan parah pada sepeda motor akibat sering digunakan apalagi saat kehujanan. Oleh sebab itu, tak jarang beberapa sepeda motor mengalami ban kempes atau kerusakan rantai dan mesin motor atau peralatan lainnya di tengah jalan. Di sinilah peran gerai usaha bengkel sepeda motor untuk memperbaikinya. Sehingga usaha bengkel sepeda motor di tempat strategis pinggir jalan raya yang ramai menjadi peluang usaha menjanjikan.

Peluang pangsa pasar yang sangat besar dikarenakan jumlah sepeda motor yang sangat banyak di kota dan desa menjadi peluang bisnis menguntungkan saat ini. Jika di jalan raya dilihat secara seksama akan mudah menjumpai sepeda motor ketimbang kendaraan lainnya. Sebab sepeda motor mempunyai segi yang praktis, irit, hemat, anti macet dan harga cukup murah. Sehingga bisa dibeli setiap orang dari berbagai kalangan. Apalagi saat ini ada fasilitas kredit sepeda motor. Dengan uang sebesar 1 juta rupiah sebagai uang muka seseorang sudah bisa memiliki sepeda motor baru yang diidamkannya.

Kiat Sukses Usaha Bengkel Motor
Berikut ini tips kiat sukses menjalankan usaha bengkel sepeda motor yang perlu anda ketahui, antara lain :

Lokasi Strategis
Sekali lagi lokasi dan lokasi adalah hal yang paling menentukan sukses tidaknya sebuah usaha. Begitupula dalam bisnis bengkel sepeda motor mandiri maupun waralaba. Dengan lokasi usaha yang strategis mudah diakses banyak orang akan selalu sangat menguntungkan. Para konsumen akan mendatangi gerai bengkel motor. Setelah mereka puas akan pelayanan bengkel motor tersebut mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Karena pentingnya tempat usaha bengkel motor yang strategis maka untuk membuka usaha bengkel motor yang berhasil caranya cukup mudah. Carilah lokasi usaha yang masih jarang pesaing atau tidak ada sama sekali. Jangan sampai berdekatan dengan pesaing apalagi berupa waralaba bengkel motor ternama seperti Ahass. Selanjutnya pilih lokasi usaha bengkel motor yang sangat ramai oleh lalu lintas kendaraan sepeda motor.

Menyediakan Sparepart Lengkap
Orang akan cenderung memperbaiki dan membeli peralatan sepeda motor di bengkel motor yang memiliki suku cadang yang lengkap dan murah ketimbang pesaing. Hal ini dirasakan betul oleh penulis. Oleh sebab itu, jika anda membuka usaha bengkel motor injeksi atau sederhana pastikan membuka usaha jualan spareparts suku cadang motor yang lengkap dengan harga jual yang lebih murah ketiimbang pesaing di sekitar.

Pelayanan Ramah
Sebuah usaha bengkel motor akan ramai oleh para pelanggan jika dikelola secara baik dengan pelayanan yang ramah, bersahabat dan menyenangkan. Para mekanik menyambut ramah para konsumen dengan menyapa dan tersenyum serta bersahabat. Segala keluhan konsumen diberikan solusi atas semua permasalahannya. Hal ini menjadi point plus yang membuat bisnis bengkel sepeda motor laris manis.

Di desa penulis sangat banyak pengusaha yang membuka gerai usaha bengkel sepeda motor. Diantara mereka ada yang laris manis diserbu para pelanggan dan ada yang tidak. Kebanyakan bengkel sepeda motor yang laris manis adalah yang berada di tempat strategis, pelayanan sangat ramah dengan harga jasa service sangat murah ketimbang pesaing. Bagaimana jadinya jika usaha bengkel motor dilayani dengan muka seram? tentu para konsumen akan kabur dan mencari usaha bengkel motor lain yang terdekat.

Menyikapi sangat tingginya tingkat persaingan usaha bengkel motor dan sparepart maka sudah seharusnya kita melakukan langkah-langkah di atas agar bisnis bengkel sepeda motor dapat berjalan baik. Pastikan lokasi usaha berada di tempat strategis, pelayanan ramah dan bersahabat, memiliki harga jual yang lebih murah dari pesaing, dll. Usaha bengkel sepeda motor bergerak dalam bidang pelayanan publik. Oleh karenanya harus memikirkan kepuasan konsumen supaya bisnis ini menguntungkan selalu.

Konsep yang Tepat
Ada dua jenis konsep usaha bengkel sepeda motor yakni bengkel motor umum dan waralaba. Contoh usaha bengkel motor umum adalah nama toko buatan sendiri dengan modal kecil dan pengelolaan oleh sendiri. Sedangkan konsep usaha bengkel motor waralaba dengan bekerjasama dengan franchise bengkel sepeda motor terkenal. Misalnya Ahass Honda AHM, Suzuki, yamaha service dan lain sebagainya. Usaha bengkel sepeda motor secara waralaba sangat cocok dilakukan oleh pengusaha pemula.

Adapun layanan usaha bengkel motor sama seperti pada umumnya yakni melayani jasa perbaikan rantai, jasa perbaikan mesin motor, ganti oli, tambal ban, tambah angin, pasang baud dan body motor, mengganti suku cadang yang rusak dan lain sebagainya.

Mekanik Handal Berkualitas
Inilah faktor utama yang akan menentukan berhasil tidaknya usaha bengkel motor yang sobat jalani. Mekanik adalah ibarat koki dalam sebuah restoran. Ia akan selalu dicari orang dimanapun ia berada asalkan ia berkualitas. Oleh sebab itu, pastikan bengkel sepeda motor milik sobat mempunyai seorang mekanik yang handal dan berkualitas yang mampu menarik banyak orang untuk memperbaiki sepeda motornya di bengkel motor sobat.

Bisnis Bengkel Motor Sukses
Salah satu pengusaha yang sukses menjalankan bisnis bengkel motor adalah pria yang akrab disapa Bandi. Dalam sehari, pria tampan ini mampu meraup keuntungan bersih sekitar Rp 20 juta. Wow lumayan besar bukan? Sangat besar. Inilah bukti bahwa usaha bengkel motor dan sparepart sangat menjanjikan untung besar.

Kesuksesan yang didapatkan oleh Bandi tidaklah dicapai dalam waktu sekejap dan mudah. Semua harus melalui berbagai proses dan rintangan. Seperti bengkel motornya mengalami kebakaran hingga rugi. Namun dengan sikap pantang menyerah, ia dapat terus bangkit sampai mampu menjelma menjadi salah seorang pebisnis sukses dalam bidang bengkel motor.

Pada mulanya Bandi memulai usaha bengkel motor kecil-kecilan sekedar menyalurkan hobi. Ia sudah mengeluarkan uang banyak untuk menekuni hobinya terhadap sepeda motor. Seperti membeli vespa lalu bergabung dalam klub vespa setempat. Kemudian ia melihat betapa besarnya potensi bisnis dari usaha otomotif ini. Mengingat di daerahnya yakni Ogan Komering Ulu belum ada usaha bengkel motor yang melayani variasi, modifikasi dan perbaikan mesin.

Oleh sebab itu, lulusan sarjana hukum ini membuka usaha bengkel sepeda motor di daerah asalnya. Namun keinginan tersebut mendapatkan penolakan keras dari kedua orangtua tercinta. Mereka ingin sang buah hatinya menjadi pegawai negeri sipil atau paling tidak bekerja di kantor sebab menyandang titel yang cukup tinggi sebagai sarjana.

Bandi tak patah arah. Dengan berkali-kali, ia memohon restu kedua orangtua tercinta untuk menjadi pengusaha bengkel motor. Dan pada permohonan yang kelima, ia mendapatkan persetujuan dari kedua orangtuanya. Bukan hanya persetujuan tapi ia juga memperoleh bantuan modal usaha gratis dari mereka berupa uang sebesar Rp 13 juta dan satu buah kios sebagai modal awal untuk membuka usaha bengkel sepeda motor.

Dengan hati bergembira, pria ramah dan sederhana ini berbekal uang pemberian dari orangtua tercinta membeli sejumlah peralatan bengkel motor, suku cadang, sparepart, perlengkapan usaha, aksesoris motor, dan keperluan lainnya. Usaha bengkel motor milik Bandi pun berdiri secara sederhana dengan nama Hot Variasi. Namun musibah datang. Waktu itu bengkel motor milknya dilalap si jago api hingga menghabiskan semua barang dagangannya. Kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Namun ia pantang menyerah. Semenjak kejadian itu, Bandi membuka usaha bengkel motor kembali. Ia berusaha menarik sebanyak mungkin pelanggan. Seperti mengadakan lomba modifikasi motor di bengkelnya. Upaya itu mendapatkan sinyal positif dari orang sekitar. Usaha bengkel motor sukses dengan mempekerjakan lima orang pegawai teknisi yang handal berkualitas dan terbaik.