Rincian Modal Usaha Sewa Sound System dan Keuntungannya

10 April 2017

Di tengah jumlah penduduk Indonesia yang bertambah banyak setiap tahun membuat berbagai pesta hajatan seperti pesta pernikahan, pesta hajatan sunatan, perayaan 17 Agustus 1945, pengajian rutin dan acara hiburan lain sebagainya marak di desa maupun di kota. Misalnya saja di kota Bandung ada berbagai acara dan pengajian yang membutuhkan sound system yang bagus. Contoh pengajian Ustadz Aam Amiruddin Lc diadakan setiap minggu sekali yang mampu menyedot hampir 5000 jemaah menyewa sound system sebesar Rp 10 juta untuk satu kali acara pengajian akbar.  

Hal itu menimbulkan suatu peluang usaha yakni bisnis jasa penyewaan sound system. Untuk merintis usaha sound system memang tidak mudah. Diperlukan peralatan dan perlengkapan usaha yang lengkap. Namun sobat bisa merintis dari yang kecil tetap menguntungkan karena pangsa pasar yang sangat luas.Apabila sobat mengamati secara seksama di masyarakat kita pastinya setiap satu minggu sekali senantiasa ada acara pesta hajatan pernikahan, sunatan maupun pesta hiburan lainnya. Dan acara tersebut membutuhkan jasa penyewaan sound system. Anda bisa membuka usaha ini secara rumahan di wilayah anda baik di pedesaan maupun perkotaan dengan potensi untung besar. 

Keuntungan Usaha Sewa Sound System
Ada begitu banyak keuntungan dari seseorang menjalankan bisnis penyewaan sound system. Jenis usaha ini tak pernah sepi dari konsumen. Karena pangsa pasar yang luas sekali. Dimana setiap satu minggu sekali di masyarakat sekitar kita tepatnya pada hari Minggu atau Sabtu seringkali diadakan pesta hajatan pernikahan, pengajian, pesta sunatan, pesta hiburan rakyat dan lain sebagainya yang berupa panggung. Yang semua itu membutuhkan sound system yang bagus untuk kelancaran acara pesta tersebut. Potensi pasar yang sangat besar itu sayang untuk dilewatkan.
modal usaha sound system, sound system, bisnis sound system, bisnis sound, modal sound system

Karena harga peralatan sound system yang berkualitas baik mahal sekali membuat setiap orang tidak mampu membelinya. Mereka tak mempunyai peralatan sound system. Maka cara termudah mengatasi masalah itu adalah menyewa perlengkapan dan peralatan sound system ke perusahaan jasa penyewaan yang berada di dekat tempat tinggal.

Kelebihan bisnis sound system selain pangsa pasar yang sangat jelas dan luas adalah usaha ini gampang sekali dalam mengelolanya dengan modal relatif kecil. Usaha penyewaan dan jual paket sound system layak untuk sobat jadikan sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan. Ada banyak kompetitor dari bisnis sewa sound system. Namun pangsa pasar masih terbuka lebar. Karena di satu daerah seringkali diadakan beberapa pesta hajatan dalam satu minggunya.

Keunggulan usaha rental sound system berikutnya adalah bisnis ini dapat dikerjakan dengan jumlah karyawan yang minim. Sehingga bisa meminimalkan pengeluaran gaji karyawan. Dan untung lebih besar lagi tanpa ada potongan lain. Dengan dua orang pegawai saja bisnis sewa sound system telah dapat dimulai secara mudah dan lancar serta menguntungkan.

Target Market Usaha Rental Sound System
Sobat mungkin sudah mengetahui pangsa pasar dari bisnis sewa sound system. Jika belum simak terus artikel ini. Dalam dunia wirausaha yang sangat menentukan adalah aspek penjualan dan marketing. Untuk mendapatkan konsumen dari bisnis rental peralatan sound system ada banyak cara. Seperti memperluas relasi atau kenalan. Dengan cara kita rajin silaturahmi sekaligus mempromosikan usaha rental sound system. Sebagaimana hadits dari Rasulullah SAW : “Barangsiapa yang suka menyambung tali silaturahmi maka ia akan diperbanyak rezekinya”. Pendek kata, pangsa pasar yang pertama dari bisnis sewa sound system adalah kenalan atau rekan.

Lalu sobat bisa menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat atau KUA setempat mengenai siapa saja yang akan mengadakan pesta pernikahan, pesta panggung hajatan, pesta khitanan, acara wisuda, reuni, ceramah keagamaan skala besar, pesta ulangtahun, hiburan rakyat dll. Informasi ini kita bisa memanfaatkannya dengan menawarkan usaha jasa penyewaan sound system yang dikelola sobat dengan harga murah tapi kualitas bagus.

Cara Merintis Usaha Sound System
Untuk memulai bisnis penyewaan sound system langkah pertama yang harus dikerjakan adalah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan usaha. Salah satunya membeli peralatan dan perlengkapan sound system secara komplit. Untuk mengetahui harga sound system rakitan atau yang baru maka sobat bisa melakukan survey pasar dengan cara bertanya harga peralatan lengkap sound system di tiap toko elektronik. Selain itu, cara lain untuk mengetahui harga peralatan sound system bisa mencari informasi di internet atau majalah khusus yang membahas hal bersangkutan.

Ada banyak harga peralatan sound system dari termurah sampai termahal. Namun saran penulis, sesuaikanlah dengan modal keuangan yang kita miliki. Setelah didapat harga peralatan sound system yang murah dan komplit yang meliputi genset, speaker dan ampliplayer dll, kemudian pastikan kualitas peralatan sound system tersebut yang dibeli berkualitas bagus. Supaya tidak mengecewakan konsumen. Bahkan konsumen menjadi puas atas pelayanan yang kita berikan. Sehingga kelak bersedia menjadi pelanggan.  

Namun untuk memulai bisnis sewa sound system diperlukan modal besar terutama untuk belanja peralatan sound system yang harganya mencapai Rp 50 juta. Tentu bagi yang memiliki modal terbatas sangat sulit mendapatkan uang sebesar itu. Maka sobat bisa mengambil cara lain yaitu membuat proposal usaha sound system. Dan membagikannya kepada pihak donatur, kerabat, anggota keluarga, rekan kerja, dan lembaga pemerintahan untuk dapat membantu dalam segi permodalan.

Kendala Membangun Usaha Sewa Sound System
Sama seperti bisnis lain, usaha dalam bidang jasa rental sound system memiliki resiko kerugian. Namun resiko rugi dapat dihilangkan jika pandai dalam menjalankan bisnis jasa ini. Dan berbagai hambatan akan menerpa pelaku usaha dalam menjalankan bisnis rental sound system. Akan tetapi, dengan sikap ulet, rajin, semangat, kerja keras dan pantang menyerah semua hambatan dan rintangan bisa dihilangkan.

Salah satu aspek yang sangat mendukung kesuksesan usaha penyewaan sound system adalah sobat mempunyai keahlian atau keterampilan dalam bidang elektronik atau kelistrikan. Jika ada sesuatu kerusakan kecil atau gangguan maka sobat bisa mengatasi secara cepat tanpa mengandalkan orang lain. Sehingga konsumen puas. Apalah jadinya jika sobat tak menguasai bidang listrik dan elektronik dalam bisnis sewa sound system. Tentu akan menghambat kemajuan usaha anda.

Sekarang ini untuk mengetahui ilmu kelistrikan dan elektronika yang berkenaan dengan sound system sangat mudah. Sobat bisa mempelajarinya di internet dengan searching di youtube ataupun google. Lalu sobat dapat mengikuti kursus elektronik dan listrik di wilayah terdekat. Namun jika tak ada pilihan lain maka bisa saja sobat merekrut tenaga pegawai yang ahli listrik dan elektronik untuk menjalankan bisnis ini.

Kendala lain yang akan dihadapi dari bisnis sewa sound system adalah kompetitor. Banyak pesaing dari bisnis jasa ini. Dan memang setiap jenis usaha pasti ada pesaingnya. Yang terpenting adalah bagaimana kita memenangkan persaingan yang ada tanpa perlu bersusah payah.

Untuk memenangkan persaingan dalam bisnis rental sound system caranya sangat mudah yaitu dengan menjalin relasi yang baik dengan segala kalangan orang. Kemudian jika ada konsumen yang menggunakan jasa rental sound system maka sobat harus memastikan mereka puas atas pelayanan yang diberikan. Selanjutnya meminta kepada mereka agar merekomendasikan bisnis anda kepada keluarga atau kenalannya dengan ditawari komisi uang yang menarik. 

Pendek kata, ada empat hal yang harus dikuasai dari bisnis rental sound system agar sukses dan berkembang pesat, antara lain pemasaran, keterampilan atau keahlian dalam bidang elektronik listrik dan sound system serta memberikan harga yang lebih murah dari pesaing dan pelayanan yang memuaskan pelanggan seperti murah senyum dan ramah. Untuk masalah pemasaran ada banyak media yang bisa digunakan. Seperti mengandalkan jaringan relasi atau pertemanan, beriklan di sosial media seperti facebook maupun instagram dll. Beriklan di internet sangat mudah dan tanpa mengeluarkan modal besar.

Rincian Modal Usaha Sewa Sound System
Dalam setiap usaha pastinya dituntut untuk mengeluarkan modal usaha. Lalu berapakah modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis rental sound system hajatan dari awal sampai berdiri? Untuk mengetahuinya, berikut ini sejumlah rincian modal usaha penyewaan sound system:

▪ Peralatan dan Perlengkapan Sound System harga Rp 52 juta
▪ Biaya Transportasi harga Rp 600 ribu
▪ Gaji karyawan Rp 2 juta untuk 2 orang pegawai tetap
▪ Biaya telepon dan listrik bulanan harga Rp 400 ribu

Total biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal awal membuka bisnis rental sound system sebesar Rp 55 juta. Apabila sobat menawarkan jual paket sound system harga Rp 2 juta dan dalam satu bulan ada 3 konsumen secara rutin yang berhasil direkrut maka penghasilan yang didapatkan dari bisnis ini sekitar Rp 6 juta. Sobat bisa balik modal dalam kurun waktu kurang dari 10 bulan.

Itulah yang bisa penulis sampaikan mengenai rincian modal usaha sewa sound system dari awal sampai berdiri, keuntungan bisnis rental sound system beserta kendala dan hambatan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semuanya.