12 Tips Bisnis Desain Interior untuk Pemula Untung Jutaan

26 November 2017

Beberapa tahun terakhir ini, bisnis desain interior menjadi perbincangan banyak orang di berbagai media massa cetak maupun elektronik. Hal ini tak terlepas dari kebutuhan orang saat ini untuk mempunyai hunian rumah yang nyaman dengan dekorasi yang cantik dan menarik sesuai dengan harapan pemilik tempat tinggal bersangkutan. Tidak heran karena tingginya permintaan,  usaha desain interior pun tumbuh subur. Karena sangat menjanjikan unuk dijalankan dan bisa menambah sumber pemasukan. Anda pun bisa memilih usaha desain ini dengan menjadi seorang desainer interior rumah, ruangan atau furniture profesional.

12 Tips Bisnis Desain Interior untuk Pemula Untung Jutaan
Yang menjadi kelebihan dari bisnis jasa ini adalah untuk memulai bisnis desain interior, sobat tidak membutuhkan modal usaha yang besar. Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini 12 tips bisnis desain interior untuk pemula untung jutaan, antara lain:

1. Hobi
Anda hendaknya memulai bisnis desain interior rumah maupun furniture atas dasar hobi. Dengan demikian, pekerjaan sebagai desain interior dijalankan dengan penuh totalitas, tanpa beban, menyenangkan dan sesuai passion. Hal ini akan membuat anda sebagai desainer atau konsultan interior mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan pemilihan aksesoris ruangan yang cantik, kombinasi warna yang menarik, pemilihan warna yang tepat, perabotan dan dekorasi.
usaha desain interior, bisnis desain interior, bisnis desain, desain interior, design interior kantor, interior design

Dengan membuka bisnis desain interior, sobat bukan hanya dapat menyalurkan hobi tapi juga bisa mendapatkan keuntungan dari segi materi yang jumlahnya lumayan besar. Hal ini dikarenakan prospek bisnis jasa desainer interior menjanjikan sekali. Mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini terhadap usaha jasa ini sangat besar baik di perkotaan maupun pedesaan yang tengah berkembang.

2. Pelayanan yang lengkap
Tips bisnis desain interior untuk pemula untung jutaan lainnya adalah menerapkan sistem pelayanan yang lengkap dan memuaskan konsumen. Perlu diketahui bahwa macam-macam bisnis interior atau cakupan jasa desainer interior sangat luas, bukan hanya bisnis desain rumah. Tapi bisa juga mendekorasi perkantoran, gedung, tempat tinggal pribadi, bisnis interior furniture, dekorasi, mendekorasi fasilitas umum dan lain sebagainya.

Bukan hanya pelayanan lengkap yang ia berikan tapi juga bisa memberikan kepuasan kepada konsumennya dengan jasa desainer interior yang ia berikan. Seperti ia bisa menata ruangan dan perabotan rumah tangga sesuai keinginan konsumen. Ia bisa memilih jenis hiasan dinding, jenis motif dan kain yang menarik bagi ruangan tertentu. Dan ia dapat menentukan jenis material tertentu yang cocok berada dalam sebuah ruangan untuk menciptakan atmosfer yang diinginkan pelanggan.

3. Dukungan peralatan modern
Seiring dengan perkembangan teknologi canggih saat ini untuk membuat dekorasi rumah atau sebuah ruangan dapat dilakukan dengan mudah dan daya akurasi yang sangat tinggi. Ada berbagai aplikasi yang bisa dijalankan untuk mendesain interior. Oleh karena itu, untuk membuka bisnis desain interior dengan untung jutaan bagi pemula maka sobat perlu melengkapinya dengan sarana teknologi canggih. Seperti penggunaan komputer, program aplikasi desainer interior dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan aplikasi desain interior secara gratis di internet. Kemudian anda bisa mempelajarinya secara autodidak. Atau cara paling mudah adalah anda mengikuti kursus pelatihan penggunaan berbagai aplikasi di komputer untuk desainer interior. Ada banyak lembaga kursus dan keterampilan yang menyediakan jasa pelatihan ini.

Pendek kata, dengan penggunaan aplikasi dan komputer tersebut, sobat akan dimudahkan dalam membuat desain denah, memilih warna dan aksesoris yang tepat bagi ruangan dan lain sebagainya tanpa menemui kegagalan satu persen pun. Hal ini akan memudahkan bagi anda untuk menjalankan bisnis desain interior secara lancar dan menguntungkan dengan pelayanan yang sangat lengkap dan memuaskan pelanggan.

4. Bisnis desain interior modal kecil
Untuk menghindarkan resiko kerugian material yang cukup besar, maka anda bisa membuka bisnis desain interior dengan modal kecil. Untuk penggunaan aplikasi dan komputer wajib dimiliki karena laptop atau komputer hampir semua orang memilikinya. Anda bisa membeli laptop dengan spesifikasi yang memadai bagi aplikasi desain interior. Adapun lokasi usaha bagi bisnis desainer interior tidak perlu menyewa di tempat strategis. Anda bisa membuka usaha jasa desainer interior di rumah.

5. Meningkatkan keterampilan
Setelah anda menguasai cara mendekorasi rumah dan ruangan serta furniture, tak ada salahnya anda menambah keterampilan dalam bidang desain interior lainnya dengan mengikuti berbagai pelatihan dan kursus menjadi desainer interior yang baik dan profesional baik skala nasional hingga level internasional. Diharapkan dari pelatihan tersebut, anda bisa mendapatkan ilmu mendekorasi interior yang baru dan mendapatkan ijazah dan sertifikat yang menunjukkan kredibilitas jasa desainer interior yang sobat lakoni. Sehingga pangsa pasar yang bisa sobat garap bukan hanya di dalam negeri. Tapi juga hingga ke mancanegara. Sebab di beberapa negara maju, untuk menjadi seorang desainer interior harus memiliki sertifikat dan ijazah resmi.

Selain mengikuti kursus desainer interior tingkat nasional dan internasional maka untuk meningkatkan keterampilan sobat dalam membuat desain rumah dan ruangan yang terbaik, sobat bisa menambah ilmu desain interior melalui membaca buku, majalah, browsing di internet, belajar kepada desainer interior yang sudah berpengalaman dan lain sebagainya.  

6. Promosi bisnis desain interior
Kiat sukses bisnis desain interior tak bisa dilepaskan dari yang namanya promosi. Jika anda ingin bisnis desain interior rumah dan furniture untung jutaan maka anda harus memaksimalkan proses promosi. Disebabkan dari proses promosi ini maka anda akan mendapatkan konsumen dan pelanggan. Adapun cara promosi bisnis desain interior bisa dilakukan dengan dua cara, yakni:

▪ Promosi online
Untuk melakukan promosi usaha jasa desainer interior, sobat dapat menggunakan media sosial, membuat blog khusus bisnis jasa desainer interior, memasang iklan di adwords dan ads facebook, melakukan promosi di forum dan marketplace dan lain sebagainya.  

▪ Promosi offline
Adapun cara melakukan promosi bisnis desain interior secara offline maka anda bisa melakukannya dengan cara memasang iklan di media massa cetak lokal hingga nasional, memasang iklan di media elektronik seperti radio dan televisi, membagikan brosur jasa desainer interior, memasang pamflet, memajang spanduk, mengikuti pameran, bazar dan event penting lain sebagainya.

Namun cara yang paling ampuh dari promosi usaha desainer interior adalah menawarkan langsung kepada lingkungan terdekat dimulai dari lingkungan keluarga, sanak kerabat, teman, tetangga, sahabat, rekan kerja, kenalan, dan lain sebagainya. Tawarkanlah biaya yang cukup terjangkau bagi siapapun yang ingin mendekorasi rumah dan ruangannya. Selain itu, mintalah mereka untuk mempromosikan bisnis desain interior sobat kepada lingkungan terdekat mereka dengan sistem komisi.   

7. Pelayanan yang memuaskan
Sebagai usaha yang bergerak dalam bidang jasa maka bisnis desain interior harus memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggannya. Seperti memberikan masa garansi, memberikan harga yang lebih terjangkau, hasil desain interior sesuai keinginan konsumen dan lain sebagainya. Sebab sebuah usaha jasa desainer interior harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumennya.

Apabila bisnis desain interior sobat memberikan pelayanan yang terbaik maka para pelanggan bisa merekomendasikan bisnis desain interior sobat kepada orang lain. Mereka bisa memberikan testimoni atas bisnis desain interior yang sobat jalankan. Jika hal itu terjadi maka sobat bisa menjadi terkenal dan para pelanggan bertambah banyak. Di tengah persaingan usaha desainer interior sangat tinggi membuat anda mesti memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan anda. Supaya mereka tidak pindah ke jasa desainer interior lainnya.

8. Membangun tim
Apabila orderan desain interior sudah sangat besar yang membuat anda kewalahan maka tak ada salahnya sobat merekrut tenaga kerja yang bisa membantu sobat dalam menciptakan ide kreatif dan brilian. Sehingga anda bisa mengerjakan orderan desain interior yang banyak dengan penuh ketenangan.

9. Membangun relasi
Supaya bisnis desain interior yang anda miliki dapat berkembang dan untung jutaan maka sobat  mesti menjalin relasi dengan berbagai pihak yang masih bersangkut paut dengan bisnis desain interior. Misalkan menjalin kerjasama dengan pihak pengembang atau developer properti, mengadakan kerjasama dengan para pengusaha properti, para pengusaha peralatan rumahtangga, pengusaha interior dan lain sebagainya. Tawarkanlah proses kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Jika ada pihak yang membutuhkan jasa desainer interior maka anda siap melayaninya dengan baik.

10. Membuat Nilai Tambah
Usaha desain interior merupakan pelayanan jasa yang cukup luas cakupannya seperti jasa desain rumah, kantor, gedung, fasilitas umum dan lainnya. Jika anda sebagai pemula pastinya akan kesulitan untuk menguasai semuanya. Oleh sebab itu, anda harus fokus kepada salah satu jenis desain interior yang anda kuasai seperti jasa desain interior kantor. Sehingga akan memudahkan orang lain untuk mengenal kelebihan bisnis desain interior anda dan memudahkan dalam proses pemasaran.

11. Berikan contoh
Dalam proses promosi atau menjalin kerjasama dengan pihak klien maka anda harus membawa contoh hasil desain interior yang telah anda buat sebelumnya. Bagi anda pemula mungkin anda bingung untuk mendapatkan contoh bukti hasil desain interior sobat. Karena belum ada sama sekali konsumen yang menggunakan jasa anda. Oleh sebab itu, pada awal usaha desainer interior, anda bisa menawarkan jasa anda ini kepada lingkungan terdekat seperti tetangga dan anggota keluarga dengan harga nol alias gratis. Kemudian setelah anda selesai maka anda bisa memotretnya sebagai contoh desain interior yang telah anda buat.

12. Bergabung dengan komunitas
Untuk memperdalam ilmu desain interior dan menambah relasi dan pelanggan maka anda bisa bergabung dengan komunitas para desainer interior secara lokal, nasional hingga internasional. Ada banyak komunitas desainer interior yang bisa anda temukan di internet. Dengan bergabung dengan komunitas maka anda bisa mempelajari cara bisnis interior desain yang sukses dari awal hingga akhir.  

Bisnis Desain Interior Online
Sementara itu, berkaitan dengan bisnis desain interior online yang saat ini sedang booming di tengah perkembangan bisnis online yang sangat pesat membuat anda mesti menjalankan bisnis desain interior bukan secara offline saja tapi juga mesti membuka jasa bisnis desain interior online. Misalkan membuat website interaktif yang membahas seluk beluk desain interior dan jasa yang anda tawarkan. Selain itu, sobat bisa berpromosi di berbagai forum dan marketplace di internet. Sehingga pangsa pasar bukan hanya dari lingkungan lokal, tapi nasional hingga ke luar negeri. Pendek kata, bisnis desain interior tidak akan pernah mati. Ia akan selalu dibutuhkan oleh kalangan perorangan, hotel, perkantoran, perumahan, dan lain sebagainya.