Rincian Biaya Modal Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

11 November 2017

Peluang usaha satu ini bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan ladang usaha baru. Ya, usaha antar jemput anak sekolah. Peluang usaha ini bila dikelola dengan baik, maka bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Pasalnya, pangsa pasar dari usaha antar jemput sekolah memiliki target yang jelas. Yakni anak sekolah. Setiap hari mereka berangkat dan pulang sekolah. Sehingga dengan menargetkan mereka sebagai pelanggan, tentu hasil yang diperoleh bisa menjadi rutin. Keuntungan yang diperoleh sudah jelas, terlebih bila mereka berlangganan menggunakan jasa antar jemput sekolah yang Anda miliki.

Usaha antar jemput sekolah butuh modal yang tidak terlalu besar. Namun jika anda mempunyai modal uang yang terbatas untuk membeli mobil, maka anda bisa membeli mobil secara kredit. Sehingga biaya modal usaha yang dikeluarkan untuk membuka usaha antar jemput anak sekolah cukup ringan. Bisa juga anda menyiasatinya dengan membeli kendaraan roda empat yang bekas.

Rincian Biaya Modal Usaha Antar Jemput Anak Sekolah
Apabila anda tertarik membuka bisnis antar jemput anak sekolah, berikut ini analisa rincian biaya modal usaha antar jemput anak sekolah, antara lain:

▪ Biaya Investasi
1. Kendaraan mobil second yang masih bagus harga Rp 100 juta

Jika anda membeli mobil secara kredit maka uang muka yang harus dipersiapkan sebesar Rp 30 juta atau 30 persen dari harga kendaraan. Sedangkan untuk angsuran perbulan sekitar Rp 1,9 juta untuk jangka waktu selama 4 tahun.
bisnis antar jemput sekolah, usaha antar jemput, bisnis antar jemput, usaha antar jemput siswa, bus sekolah, bisnis bus sekolah

▪ Biaya Operasional

1. Biaya bahan bakar bensin Rp 50 ribu per hari. Dikalikan satu bulan sekitar Rp 1.300.000 per bulan (Rp 50 ribu x 26 hari)

2. Upah sopir sebesar Rp 1 juta per bulan

3. Biaya tak terduga Rp 1 juta

Maka perkiraan total estimasi biaya modal usaha antar jemput anak sekolah sekitar Rp 30 juta ditambah biaya operasional bulanan Rp 5,2 juta = Rp 35,2 juta.

Keuntungan Usaha Layanan Antar Jemput Anak Sekolah
Sementara itu, berbicara mengenai keuntungan usaha layanan antar jemput anak sekolah, apabila sobat dapat memperoleh 15 anak sekolah dalam satu bulan dengan dua kali angkut maka penghasilan sobat sudah lumayan besar. Tarif antar jemput anak sekolah di kota Surabaya, Malang, Bandung, Jakarta sekitar Rp 600 ribu per murid. Maka anda bisa menghitung omset kotor perbulan sekitar Rp 9.000.000. Setelah dikurangi biaya operasional perbulan maka keuntungan bersih usaha jasa antar jemput anak sekolah sekitar Rp 3,8 juta perbulan (Rp 9 juta – Rp 5,2 juta). Bagaimana lumayan bukan?

Analisa Usaha Antar Jemput Anak Sekolah
Berdasarkan analisis penulis, usaha jasa antar jemput anak sekolah sangat menguntungkan. Karena jika anda melayani satu sekolah saja maka ada ratusan siswa di sana yang bisa anda layani. Sehingga satu mobil antar jemput sekolah tidak mencukupi. Dan anda bisa menambah mobil baru dan merekrut tenaga sopir yang membuat penghasilan dari bisnis ini semakin meningkat.

Usaha jasa antar jemput anak sekolah termasuk bisnis yang mudah dijalankan dan termasuk usaha yang abadi. Dalam arti, ia akan selalu dibutuhkan orang. Selama ada pangsa pasarnya yaitu kalangan anak sekolah. Dan terbukti dari jaman dulu sampai saat ini usaha jasa antar jemput anak sekolah tetap eksis, menguntungkan dan laris manis.

Hal inilah yang membuat sebagian orang memilih untuk membuka usaha jasa antar jemput anak sekolah. Seperti yang dilakukan oleh sanak kerabat penulis yang dulunya bekerja sebagai debt collector dan penjaga klinik kesehatan. Saat ini, ia memilih untuk buka bisnis jasa antar jemput sekolah. Penghasilan yang ia dapat dari bisnis ini cukup besar yang bisa membiayai pendidikan kelima orang anak tercintanya. Bagi sobat yang sedang bolak balik mencari ide usaha yang bagus dan bukan musiman maka membuka usaha jasa antar jemput anak sekolah merupakan pilihan yang terbaik.

Lalu yang jadi pertanyaan saat ini adalah siapa sih yang jadi pasar utama dari usaha antar jemput anak sekolah? Tentu saja para orangtua murid yang memiliki aktifitas kesibukan sehingga tidak bisa menyempatkan waktu untuk mengantarkan anaknya ke sekolah. Mereka memilih menggunakan jasa antar jemput anak sekolah untuk mengantarkan anak tercintanya berangkat dan pulang dari sekolah.

Untuk memperoleh konsumen dari kalangan anak-anak sekolah tersebut, cara paling mudah adalah anda menawarkan paket kerjasama dengan pihak sekolah. Karena pihak orangtua murid sangat selektif memilih usaha antar jemput anak sekolah yang hendak digunakan. Khawatir terjadi sesuatu hal yang bisa membahayakan jiwa sang anak. Oleh sebab itu, biasanya mereka menyerahkan semua itu kepada pihak sekolah.

Namun untuk memulai usaha jasa antar jemput anak sekolah sama seperti jenis usaha lainnya memerlukan modal yaitu mobil minibus dan keterampilan mengemudi. Selanjutnya, apabila usaha antar jemput anak sekolah anda sudah berkembang pesat dan menguntungkan maka anda bisa mempekerjakan orang lain untuk menjadi sopir dengan syarat khusus yaitu berkelakuan baik dan berpengalaman dengan gaji bulanan yang menarik.

Hambatan dan Kendala Usaha Antar Jemput Anak Sekolah
Selama menjalankan usaha antar jemput anak sekolah bisa saja sobat mengalami berbagai kendala dan hambatan. Berikut ini hambatan dan kendala usaha antar jemput anak sekolah, antara lain:

1. Bagi seorang pemula yang hendak membuka usaha jasa antar jemput anak sekolah pastinya kebingungan dalam memulainya. Mulai dari mana? Apakah akan berhasil atau gagal? Perlu diketahui, usaha jasa antar jemput anak sekolah perlu diwujudkan dalam bentuk tindakan atau action tanpa perlu menunggu sempurna.

2. Menunda. Salah satu penyakit yang biasa dialami oleh kalangan pemula yang ingin memulai bisnis ini adalah sikap menunda dengan dalih alasan tapi dan nanti. Hal tersebut membuat usaha antar jemput sekolah tak pernah terwujud. Namun hanya sebatas omong kosong. Mereka berdalih dengan belum siap modal dan mental. Padahal itu alasan mereka yang tidak mau action

3. Sopir curang. Berdasarkan pengalaman dalam membuka usaha antar jemput anak sekolah maka anda harus tepat merekrut tenaga karyawan bagian sopir. Karena sang sopir yang anda percayai bisa berlaku curang terhadap anda. Misalnya mesin mesin mobil sobat yang baru dijual dan diganti dengan mesin mobil yang lama.

4. Mobil rusak. Kendala lain yang bisa anda alami ketika menjalankan bisnis antar jemput anak sekolah adalah mobil mengalami mogok atau kerusakan pada mesin mobil. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya perawatan mobil yang kurang bagus. Oleh sebab itu, pastikan mobil dirawat berkala. Setiap satu bulan sekali ganti oli dan check up. Setiap dua hari sekali mobil dicuci bersih.

Tips Sukses Usaha Antar Jemput Anak Sekolah
Untuk meningkatkan penghasilan dari bisnis antar jemput anak sekolah diperlukan beberapa strategi dan teknik jitu. Berikut ini tips sukses usaha antar jemput anak sekolah yang terbukti berhasil, antara lain:

1. Jangan pernah menyerah oleh keadaan
Jika anda tidak memiliki uang besar untuk membeli mobil maka anda bisa membeli mobil bekas atau secara kredit. Apabila anda tidak mempunyai uang sepeser pun maka anda dapat meminjam mobil dari anggota keluarga yang kaya raya. Dan jika sobat tak dapat menyetir mobil maka sobat bisa belajar mengemudikan mobil kepada teman anda. Dan cara lain, anda dapat mengikuti kursus mengemudi mobil hingga lancar dan memperoleh sim A.

2. Membina hubungan baik dengan sekolah dan orangtua murid
Untuk mengenalkan usaha jasa antar jemput anak sekolah maka sobat bisa berpromosi kepada lembaga sekolah maupun orangtua murid. Karena pangsa pasar yang anda target adalah kalangan orangtua murid yang membutuhkan usaha jasa antar jemput sekolah bagi anak tercintanya.

3. Promosi online
Untuk meningkatkan pendapatan, anda harus mampu sebanyak mungkin merekrut konsumen dari kalangan anak sekolah. Salah satu cara mendapatkan konsumen dengan cara melakukan promosi usaha jasa antar jemput anak sekolah secara online. Anda bisa menggunakan media sosial instagram, facebook, twitter, line, bbm dll. Atau sobat bisa pula beriklan di marketplace seperti olx, bukalapak, tokopedia dan berbagai forum seperti ads id.

4. Promosi offline
Selain mempromosikan secara online, sobat dapat mengenalkan bisnis jasa antar jemput anak sekolah secara offline. Misalkan membagikan brosur. Untuk contoh brosur antar jemput sekolah, anda bisa mencarinya di mbah google. Selain itu, anda bisa memasang reklame, pamflet, spanduk, neon box dan lain lain. Dan yang tak kalah penting, promosi dari mulut ke mulut. Diharapkan dengan cara demikian anda bisa mendapatkan konsumen sebanyak banyaknya. Sehingga keuntungan jadi semakin besar perbulan.

5. Memenangkan persaingan
Usaha antar jemput anak sekolah mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi. Untuk memenangkan persaingan, anda bisa menawarkan jasa antar jemput anak sekolah dengan tarif yang lebih murah sedikit dari kompetitor, memberikan diskon atau potongan harga, dll.

6. Pelayanan yang memuaskan konsumen
Konsumen adalah raja. Itu berlaku untuk usaha jasa antar jemput anak sekolah. Dimana anda mesti memperlakukan konsumen secara baik. Contohnya melakukan pengantaran anak sekolah secara tepat waktu. Begitu juga ketika penjemputan anak sekolah harus tepat waktu. Dengan pelayanan baik yang diberikan, konsumen akan menjadi pelanggan tetap yang setia. Bahkan merekomendasikan usaha antar jemput anak sekolah anda kepada orang lain di sekitarnya.

7. Perluas pasar
Apabila anda telah sukses menjalankan usaha antar jemput anak sekolah di satu daerah maka sobat bisa membuka usaha jasa antar jemput sekolah di daerah lain lebih tepatnya buka cabang. Seperti di Bandung, Cimahi, Sumedang, Malang, Jakarta, Surabaya, Semarang, Bogor, Subang, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Palembang dan kota besar lainnya. Anda bisa merekrut karyawan bagian sopir dan pemasaran. Atau cara paling mudah anda menawarkan paket kemitraan usaha. Sejak saat itulah, anda sudah bisa disebut menjalankan bisnis yang berarti melayani banyak orang yang berpotensi cepat kaya dalam waktu singkat.

8. Terus belajar. Jika anda mengalami kendala dan hambatan dalam bisnis antar jemput anak sekolah maka jangan pernah menyerah. Anda bisa mencari jalan atau solusi atas permasalahan tersebut. Anda bisa terus belajar bagaimana menjalankan dan lebih jauh lagi mengembangkan bisnis jasa ini hingga berhasil. Dari mempunyai penghasilan Rp 3 juta perbulan maka anda bisa belajar meningkatkan penghasilan usaha sampai Rp 10 juta perbulan dengan membuka cabang baru di daerah lain yang potensial.

9. Kombinasi Usaha Antar Jemput Karyawan
Anda tidak bisa mengandalkan penghasilan dari usaha antar jemput anak sekolah. Pada waktu siang hari, anda bisa melayani antar jemput karyawan. Yang pastinya waktunya berlainan satu sama lain maka anda bisa melayani usaha antar jemput anak sekolah dan karyawan secara sekaligus. Anda pun bisa menerima jasa pengangkutan dan pengiriman barang dan lain sebagainya.