25 Peluang Usaha Modal Rp 1 Juta Untung Jutaan buat Pemula

19 Mei 2018

Tidak perlu mempertimbangkan asal-usul keluarga, tingkat pendidikan, serta kemampuan, asalkan Anda mau menjalankan ide usaha modal Rp 1 juta yang akan dibahas kali ini, untung besar dapat diperoleh. Kuncinya adalah ketekunan dan semangat tidak pantang menyerah serta mau belajar untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Penghematan bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Bila budget masih terbatas dan belum sanggup menyewa tempat, tidak usah khawatir karena penjualan secara online dapat dilakukan. Berikan pelayanan terbaik agar konsumen puas dan akhirnya akan menjadi pelanggan tetap di bisnis yang Anda dirikan.

Ide Usaha yang Bisa Dijalankan Hanya Bermodalkan 1 Juta Rupiah Saja
Mendirikan sebuah usaha dapat dilakukan dengan mudah asalkan dikerjakan dengan fokus. Bagi pemula yang masih belum berpengalaman pastinya akan mengalami kesulitan memilih bisnis yang sesuai dengan keinginan. Jika tidak berani mencoba, maka hasilnya tidak dapat diketahui. Karena itulah tekad untuk bisa sukses wajib ditanamkan ketika ingin memulai sebuah bisnis.
usaha modal Rp 1 juta, peluang usaha modal 1 juta, usaha modal satu juta, bisnis modal Rp juta

Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko termasuk sebagai pengusaha yang masih baru. Tips yang paling ampuh bagi Anda yang masih pemula adalah memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keinginan. Disini modal utama Anda sudah diperoleh tinggal pelaksanaannya saja. Sebagai bahan inspirasi, berikut ini adalah contoh usaha modal Rp 1 juta yang bisa meraup untung besar.

1. Pomade
Bisnis ini sedang trend saat ini dan banyak dicari oleh kaum muda milenia. Memang pangsa pasarnya sangat terbatas hanya untuk kaum pria. Meskipun modal yang dibutuhkan sangat kecil, tapi bila pandai menarik pembeli, keuntungan yang akan diperoleh bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya.

2. Tas Pria
Ciri khas produk fashion yang disukai oleh konsumen Indonesia adalah yang memiliki desain unik dan berkualitas. Bisnis menjual tas pria menjadi salah satu usaha modal Rp 1 juta yang dapat mendatangkan pundi-pundi uang. Pandai-pandailah melihat tren supaya produk yang Anda jual bisa laku keras di pasaran.

3. Distro Kaos
Baru lulus kuliah dan bingung mencari kerja, cobalah untuk memulai usaha yang satu ini. distro kaos dengan desain unik serta memiliki banyak varian sangat diminati oleh anak muda. Promo di media online juga dapat mendongkrak angka penjualan. Berikan peluang kerjasama melalui retail atau dropship agar produk yang Anda jual semakin terkenal.

4. Makanan Ringan
Perputaran uang yang terjadi pada usaha dengan modal kecil ini sangatlah cepat. Snack ringan menjadi produk yang cukup laris selain untuk dikonsumsi sendiri juga dapat dijadikan oleh-oleh. Namun karena bisnis ini sudah banyak pesaingnya, sebaiknya Anda memikirkan cara promosi yang unik dan menarik supaya bisa mendapatkan banyak konsumen.

5. Butik Kecil
Bagi Anda yang hobi mengulik dunia fashion ditambah dengan kemampuan mendesain serta menjahit, mulailah membuka usaha modal Rp 1 juta yang satu ini. Selain untuk menyalurkan hobi, Anda juga dapat memperoleh keuntungan yang besar. Terlebih jika sudah memiliki pelanggan tetap, omset yang dihasilkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

6. Fotografi
Mungkin selama ini Anda merasa bahwa usaha dalam bidang jasa fotografi ini membutuhkan modal yang besar. Anggapan itu salah, jika Anda sebagai freelancer semua peralatan sudah disediakan. Atau bisa membeli sendiri secara kredit dengan angsuran perbulannya. Jasa ini sangat dibutuhkan terutama untuk acara pernikahan, prewedding, wisuda, dan lain-lain.

7. Bisnis Pakaian PO
Cara ini sangat pas bagi Anda yang hobi mendesain namun tidak ingin rugi besar. Salah satu solusi terbaik adalah dengan menjual barang secara PO alias Pre Order. Anda hanya mengeluarkan dana untuk pembuatan sample baju saja. Jika sudah ada konsumen yang memesan, baru diproduksi sesuai dengan jumlah yang diminta.

8. Katering Rumahan
Saat ini kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Mereka tidak suka mengonsumsi makanan cepat saji karena takut akan terkena penyakit. Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan dengan membuat jasa katering rumahan yang pasti sehat dan lezat. Usaha modal Rp 1 juta cocok bagi ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang.

9. Bisnis Barang Bekas
Benda yang sudah tidak dipakai bisa Anda kreasikan lagi menjadi produk yang bernilai tinggi. Ini menjadi peluang bisnis yang menggiurkan jika Anda dapat melakukan promosi dengan baik. Pangsa pasarnya mungkin tidak begitu besar namun jika Anda bisa membuat produk baru yang unik, konsumen pun tidak segan membeli meskipun harga yang ditawarkan tinggi.

10. Menjual Aksesoris
Anda tidak perlu menyiapkan toko jika budget terbatas sebab bisa dijual secara online. Selain untuk keperluan hiasan, aksesoris juga sering dijadikan souvenir beberapa acara seperti pernikahan. Produk dapat dibuat sendiri atau membeli dari tempat lain lalu dikemas menggunakan label yang Anda miliki.

11. Menjual Action Figure
Booming film super hero Marvel berdampak pada banyaknya penggemar yang mencari action figure karakter tersebut. Jika Anda jeli, bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual produk itu. Usaha modal Rp 1 juta dapat menghasilkan keuntungan besar karena peminatnya sangat banyak terutama para fans fanatik.

12. Minuman Olahan
Konsumen di Indonesia kebanyakan latah dan suka mencoba hal baru. Selain makanan ringan, minuman pun juga memiliki tren sendiri. Anda harus selalu update tentang jenis minuman yang banyak dicari oleh konsumen saat ini. Modalnya yang diperlukan tidak besar dan hampir dipastikan setiap hari pasti ada yang membeli minuman yang Anda jual.

13. Sanggar Senam
Jika Anda mencintai dunia olahraga dan tahu teknik gerakan senam yang benar, cobalah membuka usaha sanggar senam. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar sebab Anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah. Semakin banyak anggota yang mendaftar, maka omset bulanan akan bertambah.

14. Angkringan
Bisnis ini setiap harinya bisa meraup omset hingga jutaan rupiah. Angkringan sangat digemari oleh anak muda karena jajanan yang dijual murah sesuai dengan kantong mahasiswa. Modalnya tidak terlalu banyak, apalagi jika makanan yang Anda tawarkan dibuat sendiri. Kendalanya adalah pola kerja yang terbalik karena warung ini buka di malam hari.

15. Konter Pulsa
Dengan bermodalkan beberapa ratus ribu saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis pulsa ini. Kebutuhan pengguna handphone di era sekarang semakin meningkat. Selain untuk telpon, pulsa juga digunakan untuk isi ulang paket internet. Bisa dipastikan setiap hari pasti ada konsumen yang datang untuk membeli.

16. Dropship
Tidak punya banyak dana namun ingin menjalankan sebuah bisnis secara mandiri, kini ada solusinya yaitu dengan melakukan dropship. Jenis usaha modal Rp 1 juta ini hanya mengandalkan kemampuan promosi saja. Jadi Anda menjual barang milik orang lain tanpa perlu membelinya. Kuncinya Anda harus mengetahui jualan apa yang paling laku saat ini kemudian menjalin relasi dengan pemilik barang dengan modal hanya Rp 1 juta.

17. Menjual Gorengan
Usaha kecil yang satu ini bisa mendatangkan banyak omset setiap harinya. Dengan menjualnya di pinggir jalan pada sore hingga malam hari, pundi-pundi uang akan dihasilkan dengan mudah. Tetap pertahankan kualitas dan rasa gorengan agar pelanggan tidak lari ke tempat yang lain.

18. Bimbel
Usaha modal Rp 1 juta ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Waktunya sangat fleksibel dan tidak mengganggu pekerjaan utama. Kesulitannya saat mencari murid untuk pertama kali. Namun jika bimbel yang Anda dirikan sudah terkenal, siswalah yang akan datang untuk mendaftar dengan sendirinya.

19. Ternak Lele
Untuk memperoleh banyak keuntungan, dibutuhkan ketekunan dan keseriusan agar hasilnya lebih maksimal. Ternak lele menjadi salah satu bisnis yang sangat gampang dilakukan. Panen dapat dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan dan omset yang Anda dapatkan bisa mencapai 3 kali lipat dari modal awal.

20. Penitipan Anak
Bila Anda memiliki rumah yang cukup luas dan bisa dipergunakan untuk tempat bermain sekaligus belajar sebaiknya manfaatkan untuk jasa penitipan. Modal utama adalah kemampuan mengerti keinginan anak agar mereka tidak mudah rewel.

21. Jual Sarapan
Beberapa karyawan kantoran tidak sempat memasak makanan untuk sarapan dan lebih senang membeli di penjual. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual sarapan yang disajikan dalam kemasan siap makan. Menu yang ditawarkan juga harus bervariasi supaya konsumen tidak bosan.

22. Blogging
Menulis di blog nyatanya bisa mendatangkan uang dalam jumlah yang besar. Usaha modal Rp 1 juta dapat Anda mulai asalkan ada laptop atau pc untuk menulis. Selebihnya modal bisa dipakai untuk menyewa hosting, membeli domain, dan lain-lain untuk meningkatkan kualitas blog.

23. Antar Jemput Anak Sekolah
Kendaraan yang Anda miliki bisa dimanfaatkan untuk modal usaha antar jemput anak sekolah. Tentu saja Anda harus mendapatkan kepercayaan orang tua terlebih dahulu agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan. Selalu tepat waktu dan perhatikan keselamatan anak-anak menjadi kuncinya.

24. Katering Anak
Banyak orang tua yang khawatir jika anaknya jajan sembarangan di sekolah. Sebab itulah bisnis katering anak ini cukup laris. Anda bisa memulainya dengan modal yang cukup ekonomis. Dibutuhkan keterampilan mendekor makanan agar terlihat menarik serta lucu supaya anak-anak mau memakannya.

25. Kursus Online
Tidak hanya toko, kursus ternyata juga bisa diakses secara online. Bagi Anda yang mempunyai keterampilan khusus tampaknya cocok menekuni bisnis ini. Dana yang dibutuhkan tidak banyak, hanya untuk keperluan promo dan akses internet.

Setelah mengetahui ke-25 usaha modal Rp 1 juta yang disebutkan diatas, tunggu apa lagi jangan ragu untuk memulai usaha sedini mungkin. Dibandingkan menjadi pegawai kantoran, bisnis tersebut jelas lebih menguntungkan karena dapat mendatangkan omset dalam jumlah ratusan juta hingga milyaran rupiah pertahunnya.