10 Cara Membuka Usaha Kosmetik Untung Jutaan buat Pemula

26 Maret 2018

Wanita tidak bisa dilepaskan dari kosmetik. Karena sudah tabiat perempuan menginginkan berpenampilan cantik, rapi, bersih dan menarik. Khususnya ketika berada di depan orang yang dicintainya. Dengan demikian, ia menjadi pusat perhatian banyak orang. Untuk mendukung penampilan yang cantik dan menarik itu tentu saja tidak instant. Dimana membutuhkan proses waktu dan peralatan dan perlengkapan kosmetik yang mendukung. Seperti produk krim malam, alat make up, pencuci muka, moisturizer, vitamin, krim siang dan barang kecantikan lain. Sehingga kosmetik termasuk kebutuhan utama seorang wanita.

Prospek Bisnis Kosmetik
Untuk memiliki penampilan yang cantik dan bersih serta menarik, seorang wanita rela merogoh kocek dalam-dalam. Hal ini membuat bisnis kosmetik sangat menjanjikan untung besar. Prospek bisnis kosmetik sangat cerah untuk dijalankan saat ini dan di masa mendatang. Karena kosmetik merupakan kebutuhan utama seorang wanita. Dan wanita identik sekali dengan jiwa belanja yang menjadi tabiat dasarnya. Dan berdasarkan penelitian bahwa permintaan akan produk kecantikan di tanah air semakin meningkat setiap tahunnya.
bisnis kosmetik, usaha kosmetik, kosmetik, alat rias, cara usaha kosmetik, kosmetik wanita

10 Cara Membuka Usaha Kosmetik Untung Jutaan buat Pemula
Berikut ini 10 cara membuka usaha kosmetik untung jutaan buat pemula, antara lain:

1. Tempat usaha yang strategis
Lokasi memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Begitupula jika anda ingin membuka usaha kosmetik pastikan membukanya di lokasi yang strategis. Seperti di pusat perbelanjaan, sekitar mall, dekat salon kecantikan, dan lain sebagainya. Jangan pernah membuka toko kosmetik di daerah yang banyak dilalui oleh kalangan pria seperti di dekat bengkel.

2. Target pasar
Usaha kosmetik yang anda jalankan harus jelas dalam membidik pangsa pasar. Apakah membidik kalangan wanita dewasa atau remaja atau ibu-ibu. Dengan target market yang jelas akan memudahkan anda untuk menyusun rencana pemasaran dan promosi.

3. Konsep usaha
Ada beragam konsep membuka usaha kosmetik. Seperti berupa toko kosmetik, waralaba kosmetik, stand kosmetik maupun usaha kosmetik di rumah. Untuk yang mempunyai modal kecil lebih baik memulai usaha kosmetik dari nol atau secara rumahan. Dengan cara membuka stand kosmetik. Seiring dengan modal keuangan yang dimiliki sudah besar maka anda bisa menyewa toko kosmetik skala besar di lokasi strategis.

4. Kualitas terbaik
Anda tidak boleh sembarang dalam menjual berbagai produk-produk kecantikan. Pastikan anda menjual produk kosmetik yang berkualitas baik dan aman. Sehingga konsumen merasakan kepuasan atas produk kecantikan yang sobat jual. Dengan demikian akan menjadi pelanggan. Di Indonesia banyak sekali produk kosmetik ternama yang berkualitas bagus antara lain :  Revlon, Chanel, Lorac, The Balm, YSL, MAC, Rimmel London, L’Real Paris dan Maybelline.

5. Usaha kosmetik online di rumah
Untuk mengembangkan pangsa pasar, anda tidak bisa mengandalkan berjualan kosmetik secara offline dengan membuka toko kosmetik di tempat strategis. Anda perlu menjangkau lebih banyak konsumen dengan mendirikan toko online kosmetik. Ada banyak pengusaha wanita di tanah air yang sukses mengembangkan bisnis kosmetik dengan  toko online. Penghasilan yang didapatkan hingga puluhan juta rupiah perbulan.

Ada banyak kelebihan dari membuka toko kosmetik online antara lain : tidak perlu menyewa ruangan yang mahal, hemat waktu, mudah pengelolaan, lebih praktis, biaya tenaga karyawan yang minim, pangsa pasar ke seluruh dunia dan lain sebagainya. Cara memulai bisnis kosmetik online sangat mudah. Anda bisa membuat toko online kosmetik secara gratis di blogspot maupun yang berbayar. Namun penulis menyarankan untuk membuka toko kosmetik online di blog berbayar agar terlihat profesional dan dapat dipercaya.

6. Pemasaran yang efektif
Untuk mempromosikan dan memasarkan barang kosmetik, anda bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram, youtube, google plus, twitter, facebook, market place, blog, line, whatsapp, dan lain-lain. Untuk marketplace, anda bisa menggunakan olx, shope, bukalapak, tokopedia, lazada dan marketpplace lain yang terpercaya.

7. Persiapan modal usaha
Dalam membuka usaha kosmetik memerlukan yang namanya modal usaha. Yang terdiri dari modal investasi yang meliputi pembelian etalase toko kosmetik, komputer, meja, kursi dll. Dan modal operasional seperti biaya listrik bulanan, gaji karyawan, sewa lokasi usaha di tempat strategis dan untuk pembelian produk-produk kecantikan yang terjamin kualitasnya.

8. Perijinan usaha kosmetik
Untuk menjamin legalitas usaha tak ada salahnya anda mengurus surat perijinan usaha kosmetik. Supaya bisnis kosmetik anda dipercaya oleh orang lain dan mempunyai kredibilitas sangat baik. Jangan sampai usaha toko kosmetik yang anda miliki tidak dilengkapi dengan surat ijin usaha kosmetik karena sewaktu-waktu bisa ditutup secara paksa oleh pemerintahan daerah setempat.

9. Persiapan karyawan
Untuk menjalankan sebuah usaha toko kosmetik diperlukan karyawan yang bertugas melayani konsumen. Anda bisa melatihnya dengan berbagai pengenalan terhadap produk kecantikan. Terapkanlah sistem gaji bulanan sesuai UMR. Jika omset penjualan meningkat maka berikanlah bonus yang layak.

10. Rajin berpromosi, kerja keras dan pantang menyerah
Dengan tingkat persaingan bisnis kosmetik yang sangat tinggi membuat anda mesti bekerja keras dalam mengembangkan usaha toko kosmetik anda. Salah satu caranya adalah dengan rajin berpromosi secara online dan offline. Selain itu, berbagai kendala dan hambatan yang anda alami selama membuka toko kosmetik jangan membuat anda menyerah. Sebab kalau menyerah maka tidak ada lagi kesempatan bagi anda untuk sukses dalam usaha kosmetik.

Untung Besar dari Usaha Waralaba Toko Kosmetik
Ada dua cara memulai bisnis kosmetik yaitu menggunakan brand sendiri maupun bergabung dengan waralaba kecantikan yang sudah terkenal misalkan The Body Shop. Namun bagi seorang pemula sangat dianjurkan untuk bergabung sebagai mitra waralaba kosmetik yang sudah terkenal dan mempunyai kredibilitas sangat baik di masyarakat. Sehingga usaha kosmetik bisa langsung sukses dan menguntungkan dengan untung jutaan.

Banyak sekali kelebihan dan keunggulan membuka usaha waralaba kosmetik antara lain mempunyai sistem yang sudah teruji berhasil, mempunyai basic pelanggan yang besar, resiko kegagalan usaha kosmetik sangat kecil, masalah pemasaran dan manajemen usaha didampingi oleh manajemen waralaba pusat, dll. Namun yang menjadi kekurangan bisnis waralaba kosmetik adalah biaya investasi yang harus dikeluarkan sangat besar hingga ratusan juta rupiah. Apalagi waralaba kecantikan yang sudah populer dan tersohor di dunia.

Analisis Usaha Kosmetik di Kampung
Berdasarkan analisa penulis di lapangan usaha kosmetik di kampung sangat menjanjikan untung besar. Dikarenakan tingkat persaingan usaha yang masih sangat lemah. Namun untuk membuka usaha kosmetik di kampung terpencil harus disesuaikan dengan karakteristik masyarakat kampung yang mempunyai tingkat daya beli sangat rendah. Oleh sebab itu, pastikan anda menjual produk-produk kecantikan di kampung dengan harga murah yang terjangkau bagi kalangan masyarakat pedesaan.

Di desa penulis sendiri ada seorang ibu rumahtangga yang membuka usaha toko kosmetik secara rumahan dan keliling dari rumah ke rumah. Penghasilan yang didapatkan lumayan besar dalam rangka membantu perekonomian keluarga. Dengan pelayanan terbaik yang memuaskan konsumen membuat pelanggannya semakin bertambah setiap hari.

Tips Sukses Usaha Kosmetik
Anda bisa dengan mudah melihat contoh toko kosmetik yang ramai pelanggan dan yang sepi pembeli. Lalu apa yang membuat sebuah usaha toko kosmetik laris manis dan sepi pembeli. Hal ini disebabkan banyak faktor. Berikut ini tips sukses usaha kosmetik di rumah yang laku keras dan dipenuhi pelanggan, antara lain:

1. Pelayanan baik
Anda tidak bisa melayani konsumen dengan seenaknya. Mereka punya hati dan perasaan. Untuk menarik banyak pelanggan salah satu cara yang bisa ditempuh adalah melayani konsumen dengan baik. Seperti melayani konsumen dengan sikap ramah, murah senyum, pelayanan cepat, senang membantu, bersahabat, supel dan lain sebagainya.

2. Harga lebih murah
Di desa penulis ada tiga gerai usaha toko kosmetik. Namun yang paling laris dan selalu dipadati oleh pembeli adalah gerai usaha kosmetik yang menjual berbagai produk kecantikan dengan harga yang lebih murah dari pesaing. Mereka mendapatkan pasokan produk kosmetik dari distributor besar sehingga mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Lokasi strategis
Tips sukses bisnis kosmetik lainnya adalah berada di lokasi yang sangat strategis. Sehingga mudah dijangkau dan dilihat oleh banyak orang. Ciri lokasi usaha toko kosmetik yang strategis adalah berada di pusat keramaian, dekat pusat perbelanjaan dan di sekitar pusat keramaian wanita dan ibu-ibu rumahtangga.

4. Modal usaha yang mencukupi
Dalam membuka usaha kosmetik skala besar maupun skala kecil-kecilan pastinya membutuhkan modal uang yang cukup besar untuk biaya operasional dan biaya investasi. Namun jika anda tidak mempunyai modal untuk membuka usaha toko kosmetik maka anda bisa mencari pinjaman modal usaha ke anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, investor, teman dan sahabat, dan kenalan anda lainnya.

5. Menghemat pengeluaran
Pada awal usaha kosmetik untuk menekan biaya pengeluaran maka anda tidak usah merekrut karyawan. Cukup anda sendiri karyawannya dibantu isteri. Selain itu, apabila sobat mempunyai rumah yang berada di tempat strategis maka anda bisa menjadikan teras atau halaman rumah sebagai stand usaha kosmetik anda.