Prospek Bisnis Jualan Pulsa yang Perlu Anda Tahu

19 Juli 2017

Di jaman digital dan canggih saat ini sangat mudah kita temukan gerai usaha berjualan pulsa. Baik dalam konsep counter kecil-kecilan, kios pulsa, warung pulsa, dan lainnya. Hal tersebut tak terlepas dari bisnis berjualan pulsa mempunyai prospek menjanjikan dengan pangsa pasar yang luas dan senantiasa terbuka lebar. Selain itu bisnis berjualan pulsa elektrik dan m kios all operator dapat dimulai dengan gampang pengelolaannya dan modal kecil.

Prospek Bisnis Jualan Pulsa yang Perlu Anda Tahu
Pendek kata, prospek bisnis jualan pulsa sangat cerah, menjanjikan dan menguntungkan. Hal ini berdasarkan fakta di lapangan sekarang ini hampir setiap orang memiliki satu buah ponsel. Bahkan ada yang memiliki lebih dari satu handphone. Yang satu digunakan untuk sarana berkomunikasi. Dan satunya lagi untuk browsing di internet atau bisnis online.

Selain itu, bisnis berjualan pulsa tidaklah memerlukan modal usaha yang besar. Besaran modal usaha untuk memulai bisnis jualan pulsa sangatlah kecil. Sehingga bisnis ini bisa dijalankan oleh orang yang memiliki modal terbatas. Seperti kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan dan lain sebagainya.
bisnis jualan pulsa, usaha jualan pulsa, bisnis pulsa, usaha pulsa, prospek bisnis pulsa

Untuk membuka usaha berjualan pulsa sama seperti bisnis lain yaitu memerlukan suatu modal. Adapun modal usaha untuk bisnis pulsa sangat ringan dan simpel yakni ada dua komponen. Berikut rincian modal usaha bisnis berjualan pulsa yaitu satu buah handphone dan pulsa deposit.

▪ Handphone
Handphone yang digunakan untuk berjualan pulsa tidak perlu yang bagus atau mewah dengan harga mahal. Ponsel jadul harga murah sekali pun bisa dipakai selama masih dapat mengirim dan menerima SMS.

▪ Deposit Pulsa
Adapun deposit saldo pulsa bisa dimulai dengan modal uang minimal Rp 50 ribu. Seperti yang dilakukan oleh penulis. Saldo pulsa langsung masuk ke nomor kartu yang didaftarkan ke distributor pulsa. Sejak saat itulah, anda sudah mulai bisa berjualan pulsa langsung ke anggota keluarga, teman, sahabat, rekan kerja dan lain-lain.

Kelebihan Bisnis Jualan Pulsa Elektrik
Hal lain yang menjadi kelebihan dari bisnis berjualan pulsa adalah gampang dalam menjalankannya. Dan siapapun orangnya dapat melakukan bisnis ini tanpa mengenal batasan umur, keahlian, ruang dan waktu. Semua orang dapat melakukan bisnis ini asalkan mengerti cara melakukan transaksi pulsa lewat SMS dengan format tertentu. Semuanya dapat dipelajari dengan mudah.

Prospek yang menjanjikan dari bisnis berjualan pulsa didukung pula oleh sistem pelayanan yang buka 24 jam atau non stop. Sehingga setiap orang dapat membeli pulsa kapanpun jika ia mau dengan mengontak terlebih dahulu sang penjual pulsa. Hal ini berbeda sekali dengan jenis usaha lain yang terbatas jam buka. Misalnya pagi buka sampai sore tutup.

Yang tak kalah menarik, bisnis jualan pulsa dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan. Sebab jenis usaha ini tak menyita banyak waktu. Salah seorang rekan kerja penulis yang berprofesi sebagai karyawan swasta melalukan usaha berjualan pulsa elektrik sebagai sambilan. Di samping karyawan swasta, bisnis berjualan pulsa bisa dilakukan oleh pns, pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga, buruh pabrik dan lain sebagainya tanpa mengganggu pekerjaan utama sedikitpun.

Kelebihan lain bisnis jualan pulsa terkadang tidak memerlukan lokasi usaha. Lokasi usaha yang strategis untuk berjualan pulsa elektrik hanyalah berfungsi untuk meningkatkan volume penjualan. Dan jika anda mempunyai rumah yang terletak di tempat strategis maka anda bisa buka usaha jualan pulsa secara rumahan. Adapun bisnis berjualan pulsa yang tak mengenal lokasi adalah dilakukan secara mobile atau keliling.

Prospek yang sangat cerah dari bisnis berjualan pulsa tampak dari pangsa pasar yang besar sekali. Dimana setiap orang mempunyai satu buah handphone bahkan ada yang punya lebih dari satu ponsel. Untuk mengoperasikan ponsel tentu dibutuhkan pulsa. Dan banyak orang yang memilih untuk mengutamakan membeli pulsa ketimbang jajan. Hal ini membuat usaha jual pulsa menjanjikan sekali untung besar. Karena pulsa sudah menjadi kebutuhan utama manusia modern saat ini.

Berdasarkan pengalaman teman penulis yang terjun langsung dalam bisnis jualan pulsa, penghasilan yang ia dapat dari bisnis jualan pulsa sebesar Rp 100 juta perbulan. Karyawan yang ia miliki sekitar 20 orang dengan gaji UMR. Ia pun mampu membeli rumah mewah, mobil mewah dan sepeda motor mahal terbaru yang ia beli hasil bisnis berjualan pulsa. Namun untuk mencapai kesuksesan tersebut tidaklah mudah. Ia mengawali bisnis jualan pulsa dari nol hingga pelanggan bertambah banyak yang berdampak pada omset lumayan besar saat ini. 

Bisnis berjualan pulsa juga bisa dikombinasikan dengan usaha sejenis. Jadi anda tidak hanya mengambil keuntungan dari jualan pulsa elektrik tapi dari jenis usaha lainnya. Seperti menjual pulsa token listrik PLN, jual aksesoris ponsel, berjualan transfer pulsa, menjual voucher, jualan paket data internet, pembayaran listrik dan PAM online atau PPOB, voucher game online dan lain sebagainya.

Prospek yang cerah dari bisnis jualan pulsa ini patut anda pertimbangkan sebagai jenis usaha baru bagi anda. Sebab bisnis jualan pulsa tak membutuhkan modal besar, bisnis anti rugi sebab tak mengenal basi atau kadaluarsa, dan keuntungan bisa sangat besar seiring bertambah banyak jumlah pelanggan.

Cara Usaha Jual Pulsa di Rumah Sukses
Usaha berjualan pulsa di depan rumah sudah tidak asing lagi kita lihat di kota maupun di desa. Namun kebanyakan mengalami kebangkrutan. Seperti yang dialami oleh Asep, tetangga penulis yang bekerja sebagai karyawan honorer di sebuah puskesmas di Buah Dua Sumedang. Ia membuka usaha konter pulsa di depan rumah tapi sepi pembeli. Sehingga satu bulan kemudian, bisnis jualan pulsanya dinyatakan tutup.

Hal ini tak terlepas dari beberapa hal yang membuat bisnis jualan pulsa secara rumahan tidak menghasilkan untung besar. Terutama masalah promosi usaha yang kurang gencar. Penjualan yang dilakukan hanya sebatas teman, anggota keluarga, tetangga dan orang di sekitarnya. Padahal pangsa pasar bisa dibuka seluasnya dengan sistem promosi usaha jualan pulsa elektrik secara efektif dan massif.

Berikut ini cara usaha jualan pulsa di rumah yang sukses dan laris manis, antara lain:

▪ Memberikan pelayanan yang terbaik
Seorang konsumen ingin dilayani secara baik oleh penjual pulsa. Jadi pastikan anda melayani pembelian pulsa secara cepat, pelayanan ramah dan murah senyum serta menyenangkan, mampu memberikan solusi kepada konsumen, supel dan akrab bersahabat, pulsa cepat masuk dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat konsumen akan kembali kepada anda dan menjadi pelanggan. Karena pelayanan yang diberikan sangat nyaman baginya dan menyenangkan. Kadangkala seperti yang penulis alami seringkali penjual pulsa tidak ada di konter pulsa yang membuat calon konsumen kecewa dan bisa berpindah ke tempat konter pulsa pesaing.

▪ Harga lebih murah
Manusia sebagai makhluk ekonomis yang melekat dalam dirinya. Sehingga usaha berjualan pulsa dipastikan menjual pulsa lebih murah dari kompetitor. Walaupun keuntungan sedikit tapi jika jumlah kuantitas pembelian pulsa sangat banyak maka keuntungan usaha berjualan pulsa akan sangat besar secara stabil perbulan. Apalagi bisnis berjualan pulsa anda seiring berjalan waktu semakin banyak dikenal banyak orang dengan beragam keuntungan dan layanan terbaik yang diberikan.

▪ Memasang Spanduk atau Banner
Sebuah bisnis berjualan pulsa elektrik di rumah agar sukses tentu saja harus dikenal banyak orang yang merupakan prospek. Sehingga mereka bisa menjadi konsumen. Dan dari konsumen menjadi pelanggan. Oleh sebab itu, langkah utama untuk mendapatkan konsumen adalah memperkenalkan bisnis jualan pulsa yang sobat jalankan. Salah satu caranya selain menggunakan promosi dari mulut ke mulut, juga dengan cara memasang spanduk atau banner yang bertuliskan nama konter dan tulisan di sini berjualan pulsa elektrik dan menerima pendaftaran agen atau downline.

Cara Jualan Pulsa Lewat Internet
Seiring dengan kemajuan jaman, kini  cara jualan pulsa bisa lewat internet. Tentu saja ini lebih praktis dan menghemat biaya. Untuk melakukan transaksi pembelian pulsa biasanya dengan cara mengirim SMS maka kini diubah dengan cara mengirim pesan melalui berbagai aplikasi di internet yang pada dasarnya sama. Namun ini bersifat gratis. Modal usaha bukan handphone jadul tapi mesti smartphone yang bisa BBM, WA dan lain-lain.

Sekarang akses internet di smartphone merupakan sebuah kebutuhan manusia dan jadi gaya hidup. Dan kegiatan internet bisa dijadikan ajang menghasilkan uang tambahan dengan membuka usaha jualan pulsa lewat internet. Selain berjualan pulsa elektrik all operator secara online yang lebih menghemat biaya dan cepat, di internet bisa juga berjualan paket data internet, membayar tagihan listrik PLN, membayar cicilan leasing, token listrik, voucher TV, PPOB dan game voucher.

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia modern saat ini. Sehingga fasilitas ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama dalam urusan bisnis dan wirausaha. Seperti halnya membuka usaha jualan pulsa yang transaksinya lewat internet.  Hal ini memberikan pilihan kepada para pengusaha pulsa elektrik bahwa selain menggunakan SMS, cara melakukan transaksi pulsa bisa dilakukan di internet. Tentu cara bertransaksi pulsa elektrik di internet lebih menghemat waktu dan biaya ketimbang menggunakan SMS.

Pilihan usaha berjualan pulsa lewat internet menjadi pilihan yang tepat bagi anda untuk meningkatkan pendapatan usaha dari bisnis ini. Karena keuntungan kecil dari setiap transaksi penjualan pulsa  elektrik per item lewat internet laba yang diperoleh benar-benar bersih. Dan sebanyak apapun transaksi pembelian pulsa tidak mengurangi biaya operasional berupa pemotongan biaya pengiriman SMS. Hal ini berbeda jika anda membuka usaha berjualan pulsa elektrik sistem SMS. Setiap transaksi pembelian pulsa maka pulsa anda akan terpotong oleh biaya pengiriman SMS. Semakin banyak transaksi pembelian pulsa maka semakin banyak biaya pengiriman pulsa.

Berikut ini sejumlah aplikasi di internet yang dapat dijadikan pilihan untuk bertransaksi pulsa elektrik m kios atau all operator yang lebih menghemat biaya, antara lain:

1. Yahoo Messenger (YM) di ponsel maupun komputer
2. Whatsapp di handphone android
3. Gmail di ponsel maupun komputer
4. Telegram
5. Facebook
6. BBM (Blackberry Messenger)
7. Dan lain-lain

Namun yang lebih banyak dilakukan orang dalam bertransaksi pulsa lewat internet menggunakan aplikasi BBM. Mudah, praktis dan menghemat biaya serta jumlah konsumen lebih bisa ditingkatkan lagi dengan bergabung dengan berbagai grup BBM yang potensial. Disamping berjualan dan bertransaksi pulsa elektrik lewat BBM, di internet bisa digunakan untuk browsing, chatting, bisnis online, kerja online dan lain sebagainya. Bagaimana anda tertarik cara berjualan pulsa lewat internet yang gratis? Silahkan untuk menghubungi distributor pulsa terdekat yang menyediakan fasilitas ini.