Cara Beternak Lele yang Cepat Panen secara Modern

04 Juni 2017

Usaha ternak lele merupakan salah satu mata pencaharian penduduk desa saat ini. Mengingat permintaan pasar yang sangat besar terhadap jenis ikan air tawar ini. Banyak orang yang terjun dalam usaha budidaya lele sebagai pemula. Untuk budidaya ikan lele lebih mudah ketimbang jenis ikan lain. Seperti gurame, mas koi, patin dll. Hal inilah yang membuat bisnis beternak lele menjadi populer dalam beberapa tahun hingga sekarang. Prospek bisnis budidaya lele di kolam terpal, kolam tembok maupun kolam tanah masih menjanjikan dan menguntungkan.

Keuntungan budidaya lele cukup banyak. Selain usaha beternak lele di dalam kolam menjanjikan untung besar sekali panen, begitupula bisnis olahan ikan lele. Keuntungan pun lumayan menggiurkan seenak rasa ikan air tawar ini. Ikan lele bisa dijadikan berbagai menu kuliner seperti pecel lele, kerupuk lele, abon lele, kripik tulang ikan lele,  es cream lele, dendeng ikan lele, manggut lele sampai nugget ikan lele. Maka bisnis beternak ikan lele sekaligus usaha olahan ikan lele bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan secara sampingan maupun penghasilan utama.   

Cara Beternak Lele yang Cepat Panen secara Modern
Pada dasarnya, para peternak ikan lele di tanah air masih menggunakan cara tradisional dalam budidaya ikan berkumis ini. Sehingga hasil panen yang didapatkan tidak maksimal. Namun seiring dengan lahirnya inovasi baru kini budidaya lele cara modern memberikan hasil panen lebih baik hingga berkali lipat. Hal ini membuat sebagian peternak lele merubah budidaya lele sistem lama ke sistem yang modern menggunakan sistem resirkulasi.
cara beternak ikan lele, ternak ikan lele, ikan lele, budidaya lele, lele, melihara ikan lele

Ikan lele termasuk dalam family Catfish yang mempunyai banyak jenis dan ragamnya. Seperti ikan lele lokal, sangkuriang, lele phyton, lele biasa, lele dumbo dll. Cara budidaya ikan lele di masyarakat berbeda-beda. Namun yang populer adalah usaha beternak lele di kolam terpal secara modern. Karena relatif mudah dilakukan dengan modal usaha yang cukup sedikit serta dapat dilakukan di lahan sempit dan terbatas sekalipun dengan hasil panen berkali lipat.

Cara budidaya ikan lele secara moderen yang memberikan hasil panen lebih cepat banyak digandrungi para peternak lele di Indonesia. Karena cara ini dinilai menjadi solusi atas permasalahan mereka selama ini dalam segi lahan terbatas dan sempit, pasokan air yang sangat sedikit, dan modal yang dibutuhkan lumayan kecil.

Untuk budidaya ikan lele secara modern harus dimulai dengan memilih jenis ikan lele yang mudah dalam pemeliharaan dan cepat panen, serta cepat besar dalam pertumbuhannya yaitu lele dumbo. Jenis ikan ini dapat berkembang biak dan hidup normal di dalam kolam yang keadaan airnya kotor dan berbau. Sehingga usaha budidaya lele dumbo sangat tepat dilakukan di kolam terpal.

Ada dua jenis cara beternak lele secara modern, antara lain:

1. Usaha ternak lele bagi konsumsi
Jika anda memutuskan untuk budidaya ikan lele dumbo bagi konsumsi maka caranya sangat mudah. Anda tinggal membeli lele dumbo dalam jumlah banyak dengan ukuran tertentu kemudian membesarkannya hingga mencapai berat dan ukuran yang diinginkan. Lalu menjualnya ke masyarakat umum secara kiloan atau satuan. Misalnya ikan lele dari bobot satu ons dibesarkan hingga mencapai bobot satu kilogram per ekor lele dumbo.

2. Bisnis beternak lele bagi pembibitan
Sementara itu, untuk budidaya ikan lele dumbo bagi pembibitan caranya diawali dengan pemijahan sampai menghasilkan telor. Setelah telur lele menetas maka akan jadi bibit-bibit lele dumbo dalam jumlah ribuan yang bisa sobat jual langsung ke konsumen atau peternak pembesaran lele secara satuan. Biasanya harga satu ekor benih ikan lele ukuran satu centimeter sebesar Rp 200. Modal bagi usaha pembibitan ikan lele hanyalah indukan lele dan kolam tempat pembibitan.

Kedua model ternak lele tersebut di atas sama-sama menjanjikan untung besar. Karena kebutuhan akan ikan lele konsumsi dan bibit lele sangat besar di masyarakat Indonesia baik di perkotaan maupun di pedesaan terpencil. Kuliner dari lele sangat digemari banyak kalangan dengan ciri khas lele yang rasanya gurih dengan daging yang lezat.

Cara Beternak Lele di Kolam Terpal
Untuk pembuatan kolam lele dari terpal plastik ukuran kolam harus disesuaikan dengan jumlah ikan lele. Umumnya ukuran kolam terpal 2 meter x 1 meter x 0,6 meter bagi 100 ekor ikan lele yang berukuran 5 centimeter sampai 7 centimeter. Ada dua cara pembuatan kolam ikan lele dari terpal, yaitu:

1. Menggali tanah sampai menyerupai kolam lalu memasang terpal di dalamnya

2. Memasang kerangka terpal dari kayu atau bambu lalu memasang kolam terpal

Pastikan pemberian air di kolam terpal jangan terlalu banyak. Agar memudahkan lele dalam mengambil oksigen ke atas permukaan. Selain itu, sediakan pula rumpon tumbuh-tumbuhan untuk tempat bersembunyi lele. Pemberian pakan ikan lele berupa pelet bisa didapatkan di toko pakan ikan terdekat dengan harga Rp 8000 perkg. Pemberian pakan harus tepat waktu secara teratur sebanyak dua kali sehari. Bisa juga lebih dua kali tapi dalam porsi pemberian pakan sedikit. Berikan pula pakan tambahan alami di alam liar misalkan kerang, bekicot, rayap, keong mas dll untuk menunjang pertumbuhan ikan lele secara cepat dan optimal.

Perlu diketahui pertumbuhan ikan lele berbeda-beda. Ada lele yang cepat besar dan tidak. Sehingga anda perlu memisahkan antara lele yang berukuran besar dan yang tidak. Pastikan dalam satu kolam lele berada dalam ukuran yang sama. Hal ini agar lele mendapatkan pasokan makanan yang sama. Sebab jika tercampur antara lele dengan ukuran berbeda-beda maka ikan lele yang kecil sulit bersaing mendapatkan makanan dengan lele yang ukuran besar.

Cara Pembesaran Lele Modern
Semuanya telah berubah. Cara beternak lele yang modern di tahun ini membawa angin segar bagi perubahan budidaya ikan lele di tanah air. Pokoknya cara ternak lele modern membuat usaha ini lebih baik, tak jorok dan tak kotor lagi. Sehingga bisa dibudidayakan dalam ruangan. Dan menjanjikan peluang usaha yang sangat menggiurkan untung besar. Ikan lele merupakan ikan yang mempunyai daging yang gurih disukai semua orang dengan harga cukup terjangkau.

Potensi usaha ternak lele di Indonesia sangat luar biasa. Daya dukung alam dan sumder daya manusia yang memadai. Ditambah dengan dukungan cara ternak lele modern. Membuat peluang usaha ini sangat bagus ditangkap baik baik. Sebab hasil panen ikan lele secara modern bisa menghasilkan dua kali lipat dari cara ternak biasa. Dan ternak lele bisa panen kurang dari dua bulan. Selain cara budidaya yang mudah dan menyenangkan ternak lele modern juga menguntungkan hasil besar.

Pemasaran lele pun cukup mudah seiring pamor lele sudah naik kelas. Jika dulu menu lele hanya tersedia di tukang pecel lele di kaki lima pinggir jalan kini pecel lele telah hadir di restoran kelas atas secara waralaba. Seperti franchise lele lela. Penulis mengajak apapun profesi anda sebagai karyawan, buruh, pns, pengangguran dll untuk mencoba buka usaha ternak lele secara modern. Karena lebih mudah dijalankan dan lebih menguntungkan. Usaha ternak lele secara modern merupakan salah satu peluang bisnis terbaik di tahun ini.

Salah satu cara beternak lele secara modern adalah menggunakan inovasi pakan lele organik. Misalkan maggot black soldier fly yang bisa mendorong perkembangan ikan lele lebih optimal. Dengan sistem pemberian pakan maggot black soldier fly penghematan pengeluaran untuk biaya pakan sampai 61 persen. Pemberian pakan hanya memerlukan 10 persen dari pakan biasa. Pakan maggot black soldier fly berupa larva belatung atau maggot yang berasal dari larva serangga black soldier fly. Pakan ini sangat bagus untuk diberikan pada ikan lele. Namun maggot black soldier fly yang berwarna hitam dan telah berusia dewasa atau umur tiga minggu. Untuk mendapatkan pakan ini yaitu maggot black soldier fly atau lalat dewasa yang mempercepat pertumbuhan lele, anda bisa membeli bibitnya di toko pakan ternak atau mendapatkan di alam.

Itulah budidaya lele cara modern. Sebenarnya masih banyak lagi teknik beternak lele secara modern lainnya. Seperti budidaya lele dengan sistem sirkulasi atau membuat kolam lele sistem bioflok atau boster. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan magang kepada peternak lele yang menggunakan sistem ini.

Keuntungan Usaha Beternak Lele Secara Modern
Berikut ini sejumlah keuntungan cara beternak lele ala modern, antara lain:

1. Perawatan lele sangat gampang dan sederhana

2. Tak membutuhkan lahan luas. Dengan lahan sempit anda bisa buka usaha ternak lele secara modern menggunakan kolam terpal dari plastik.

3. Masa panen lele lebih cepat dari awal benih hingga besar siap konsumsi. Yang bisa dipanen kurang dari dua bulan. Sehingga lebih menguntungkan

4. Pangsa pasar sangat luas. Banyak orang yang suka lele. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pesanan ikan lele dari konsumen di sekitar tempat tinggal. Bukan kita yang mencari konsumen. Tapi konsumen yang mendatangi usaha ternak lele kita. Selain itu menjamurnya warung tenda pecel lele dan banyaknya restoran menyajikan menu lele menjadi pangsa pasar yang sangat menggiurkan dari ternak lele secara modern.