20 Cara Promosi Usaha yang Efektif Hasilkan Penjualan

18 Mei 2018

Menjalankan bisnis tentu membutuhkan banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satu yang menjadi kunci dari kesuksesan sebuah bisnis adalah cara mempromosikan. Cara promosi usaha atau bisnis yang tepat akan membantu dalam mengenalkan produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak produk dikenal, maka semakin banyak pula konsumen yang bisa didapatkan.

Cara Promosi Usaha Antimainstream dan Efektif untuk Berbagai Jenis Usaha
Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda harus bisa memilih cara promosi usaha atau bisnis yang tepat. Meskipun ada banyak cara promosi yang bisa digunakan, namun tidak semua cara tersebut cocok untuk diaplikasikan pada jenis usaha yang Anda jalankan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara promosi yang bisa Anda aplikasikan untuk mengenalkan produk yang Anda jual.

1. Membuat Konsep Promosi yang Menarik
Cara promosi usaha yang pertama tentu saja adalah membuat konsep promosi semenarik mungkin untuk menarik minat calon konsumen. Dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya, Anda bisa menentukan media dan cara selanjutnya yang harus dilakukan untuk mempromosikan produk tersebut.
promosi usaha, cara promosi usaha, cara promosi usaha efektif, cara promosi bisnis, promosi bisnis

2. Menentukan Fokus atau Target Pasar
Untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon konsumen, seorang pengusaha juga harus menentukan target pasarnya terlebih dahulu. Dengan menentukan target pasar yang lebih fokus, Anda kemudian bisa menentukan cara yang tepat pula untuk mengenalkan produk yang Anda tawarkan.

3. Manfaatkan Media-Media Online
Langkah selanjutnya dalam cara promosi usaha yang saat ini juga banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha adalah dengan memanfaatkan media-media online yang ada. Dengan menggunakan media online yang ada saat ini, bisa membuat calon konsumen lebih mudah mengakses informasi tentang produk yang Anda tawarkan.

4. Masuk ke Dalam Komunitas-Komunitas
Selain menggunakan media-media online, promosi lain secara langsung juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengenalkan produk-produk yang Anda tawarkan. Mulailah dengan mempromosikan secara langsung pada komunitas-komunitas kecil. Anda juga bisa memulai dengan komunitas yang masih berhubungan dengan produk yang Anda tawarkan.

5. Promosi Melalui Media Baik Cetak Maupun Elektronik
Media massa adalah media yang juga terbukti efektif sebagai media untuk berpromosi. Akan lebih menguntungkan jika Anda memiliki relasi yang bisa membantu memasangkan iklan di media massa. Dengan begitu mungkin juga bisa menekan pengeluaran budget Anda.

6. Memberikan Diskon Bagi Konsumen
Memberi diskon adalah salah satu cara promosi usaha yang klasik namun terbukti efektif meningkatkan penjualan Anda. Pemberian diskon juga harus diperhitungkan dengan baik. Jangan memberikan diskon dengan angka yang tidak masuk akal, agar nantinya meskipun Anda tidak memberikan diskon, pelanggan tetap mau membeli produk Anda.

7. Memberi Bonus (Buy One Get One Free)
Cara ini juga tergolong klasik, namun terbukti sangat ampuh. Memberikan bonus berupa satu produk lain ketika membeli satu jenis produk adalah cara yang sangat ampuh untuk membuat produk Anda laku keras. Penawaran sejenis ini juga sangat beragam, misalnya buy 3 get 1 free, atau memberikan produk lain yang bisa melengkapi produk yang dibeli konsumen tersebut.

8. Memberikan Voucher
Cara ini juga sangat banyak digunakan sebagai salah satu cara promosi, terutama untuk para pengusaha yang menjalankan bisnis secara e-commerce. Dengan adanya promo ini, konsumen bisa mendapatkan keuntungan lebih. Apalagi jika voucher ini diberikan secara rutin, maka konsumen akan merasa nyaman menggunakan produk yang Anda tawarkan.

9. Memberikan Free Trial
Menarik minat konsumen dengan mengambil kesan pertamanya adalah prinsip yang diaplikasikan pada cara promosi usaha satu ini. Anda bisa menarik kesan pertama yang baik di mata konsumen dengan memberikan free trial atau percobaan gratis. Apabila trial ini disukai, maka bukan tak mungkin calon konsumen Anda menjadi salah satu konsumen tetap.

10. Membentuk Membership
Membuat membership adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan konsumen yang loyal. Dengan memberikan layanan membership, yang mana biasanya para anggota membership ini akan mendapatkan keuntungan lebih, maka Anda juga bisa mendapatkan pelanggan yang loyal. Cara ini biasanya diterapkan oleh pengusaha yang menawarkan produk pakaian.

11. Menyertakan Layanan Servis
Cara ini biasanya digunakan dan ampuh jika produk yang Anda tawarkan adalah produk-produk elektronik. Dengan memberikan layanan servis, pelanggan akan merasa lebih aman ketika hendak membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda juga bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

12. Memberikan Tutorial Penggunaan atau Cara Pemakaian
Cara pemakaian memang hal sepele namun menjadi faktor yang banyak diperhatikan oleh konsumen. Jika Anda menjual suatu produk dan disertai dengan tutorial pemakaian atau bahkan testimoni penggunaan, tentu akan menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

13. Menawarkan Produk dalam Bentuk Paketan
Memberikan produk yang dijual secara paketan adalah cara promosi usaha yang bisa menguntungkan bagi penjual maupun konsumennya. Bagi penjual cara ini bisa meningkatkan efisiensi biaya yang digunakan untuk distribusi maupun pemasaran. Sedangkan untuk pelanggan, membeli produk paketan juga bisa menekan pengeluaran budget jika dibandingkan membeli per satuan.

14. Menawarkan Donasi dari Setiap Pembelian yang Dilakukan
Memberikan sebagian hasil penjualan dari konsumen untuk didonasikan ini bisa memberikan keuntungan bagi banyak pihak. Bagi penjual, cara ini bisa meningkatkan brand imagenya, bagi konsumen, penawaran ini bisa membantu konsumen untuk menyalurkan bantuan bagi orang yang membutuhkan, bahkan saat pelanggan tersebut sedang berbelanja. Dan tentu saja dari hasil donasi ini bisa membantu bagi pihak-pihak lain yang membutuhkan.

15. Memberikan Promo Spesial untuk Reseller atau Dropshipper
Cara promosi usaha lain untuk membuat Anda bisa terjual dalam jumlah banyak adalah dengan memberikan promo spesial bagi para reseller atau dropshipper. Promo ini biasanya diberikan dalam bentuk potongan harga atau memberikan harga spesial bagi para reseller. Dengan promo ini, Anda bisa menjual produk dalam jumlah banyak sekaligus.

16. Jangan Menggunakan Promosi yang Sudah Mainstream
Pemilihan cara promosi yang menarik dan anti mainstream adalah cara yang efektif untuk menarik minat calon konsumen. Anda bisa mencari cara lain yang belum pernah diterapkan sebelumnya. Dengan menggunakan metode promosi yang anti mainstream akan meningkatkan rasa penasaran konsumen sehingga membuat calon konsumen membeli produk yang ditawarkan.

17. Promosi dari Mulut ke Mulut
Cara ini memang tergolong klasik atau kuno namun terbilang cukup ampuh. Syaratnya, Anda harus memberikan informasi yang benar-benar berdampak pada calon konsumen. Jika satu orang saja tertarik dan menggunakan produk Anda kemudian konsumen tersebut merasa puas, maka secara otomatis satu orang pelanggan ini akan meneruskan informasi ini kepada orang lain.

18. Melakukan Upselling
Untuk meningkatkan penjualan pada produk yang kurang populer, cara ini tergolong ampuh. Caranya adalah dengan menawarkan produk dengan ukuran lain yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang diminta oleh pelanggan dengan tawaran harganya lebih murah. Cara ini biasanya diterapkan di cafe-cafe atau kedai kopi yang menawarkan kemasan lebih besar dibandingkan kemasan yang hendak dibeli konsumen.

19. Cross Selling
Hampir serupa dengan cara promosi di atas, cross selling juga merupakan cara promosi usaha yang kebanyakan dilakukan pada produk makanan. Caranya adalah dengan menawarkan produk lain saat konsumen memesan salah satu produk. Tentunya produk lain yang ditawarkan juga dengan harga spesial dan berbeda.

20. Penawaran Free Shipping (Gratis Ongkos Kirim)
Cara ini adalah cara promosi yang saat ini sedang menjadi trend dan banyak diterapkan pada usaha-usaha berbasis online. Penjual biasanya bekerja sama dengan perusahaan layanan jasa ekspedisi untuk menerapkan cara promosi ini. Dengan penawaran ini, konsumen akan tertarik untuk membeli produk dari Anda karena pembeli tidak harus mengeluarkan budget tambahan untuk mengirim barang yang sudah dipesan sebelumnya.

Promosi yang tepat adalah faktor utama yang bisa menentukan kesuksesan sebuah bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Dengan memilih cara promosi yang tepat, Anda bisa menarik calon konsumen lebih banyak yang nantinya calon konsumen tersebut bukan tidak mungkin bisa menjadi pelanggan tetap bagi Anda.

Untuk bisa menarik konsumen agar membeli produk yang Anda tawarkan, Anda juga harus pintar-pintar memilih cara promosi. Cara promosi yang bisa menyentuh langsung kepada calon konsumen, bahkan jika bisa memberikan dampak emosional, tentu bisa meningkatkan peluang penjualan produk Anda. Cara promosi yang bisa memberikan dampak bagi calon pembeli ini juga tergolong efektif selain menggunakan cara promosi yang menarik.

Beberapa cara promosi usaha yang sudah disebutkan di atas mungkin bisa menjadi referensi cara promosi yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat. Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut Anda tepat untuk diterapkan pada produk yang Anda tawarkan serta kebutuhan promosi Anda. Anda juga bisa memilih cara promosi yang lebih efektif dan efisien yang mana bisa menekan pengeluaran budget untuk proses marketing.