15 Ternak Hewan yang Paling Menguntungkan di Lahan Sempit

11 November 2017

Usaha beternak hewan termasuk salah satu jenis bisnis yang mampu memberikan pendapatan yang cukup besar. Hal ini tak terlepas dari hewan ternak dibutuhkan oleh manusia untuk dikonsumsi dalam rangka memenuhi keperluan gizi. Usaha budidaya hewan ternak tidak asing lagi di wilayah pedesaan. Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai usaha peternakan hewan di desa. Misalkan usaha ternak kambing, sapi, domba, ikan lele, ikan mas, belut dan lainnya. Namun usaha budidaya hewan ternak bisa pula dijalankan di kota dengan lahan sempit terbatas. Anda bisa memanfaatkan lahan sempit di kota untuk bisnis ternak hewan.  

15 Ternak Hewan yang Paling Menguntungkan di Lahan Sempit
Bagi anda yang mau membuka usaha budidaya hewan di lahan sempit dengan tujuan untung besar dan hasil melimpah, berikut ini 15 ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit, antara lain:

1. Bisnis Budidaya Ayam Broiler Pedaging
Usaha beternak ayam broiler pedaging pasti bukan hal asing bagi anda. Usaha ini sangat mudah ditemukan di desa secara teknik intensif. Namun di kota juga ada beberapa pengusaha yang beternak ayam broiler potong untuk diambil dagingnya. Berdasarkan analisa penulis, usaha ternak ayam pedaging menjanjikan untung besar.
ternak paling menguntungkan, hewan paling menguntungkan, ternak menguntungkan di lahan sempit, lebah, madu

Salah seorang kenalan penulis yang membuka usaha jualan ayam broiler pedaging di pasar tradisional mengakui keuntungan usaha budidaya ayam pedaging sangat besar. Apalagi saat menjelang hari raya lebaran, usaha budidaya ayam potong laris manis dengan kenaikan harga daging hampir dua kali lipat dari harga normal. Untuk meningkatkan penjualan, kenalan penulis ini memasok ayam potong di beberapa pasar tradisional kepada para penjual daging ayam yang tersebar di beberapa gerai lapak. Dari usaha ternak ayam pedaging, ia mampu menunaikan ibadah haji, membeli rumah dan mobil mewah.

Jika saat ini anda bingung untuk memilih jenis usaha budidaya hewan ternak yang paling mudah dan menguntungkan maka usaha beternak ayam broiler pedaging bisa menjadi pilihan yang tepat. Dikarenakan potensi omset usaha cukup besar perbulan, gampang dijalankan dan cepat panen. Masa panen ayam broiler potong lumayan singkat. Dalam waktu kurang dari dua bulan, ayam ras broiler sudah bisa panen. Adapun harga daging ayam per kilogram cukup stabil di kisaran Rp 36 ribu perkilogram.

Permintaan daging ayam di masyarakat Indonesia terus tumbuh naik seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Dan berdasarkan analisis data dari Kementerian Pertanian dan Peternakan bahwa pasokan daging ayam dari para peternak lokal belum mampu memenuhi permintaan pasar yang sangat besar. Atas hal itulah peluang bisnis beternak ayam potong pedaging menjanjikan sekali untuk dijalankan.

Untuk memulai usaha beternak ayam broiler pedaging tidak memerlukan lahan yang luas. Yang jadi patokan satu meter persegi luas kandang ayam bisa menampung 7 ekor ayam broiler. Di samping rumah pun anda bisa membuka usaha ternak ayam potong secara kecil kecilan dimulai dari ratusan ekor. Seiring bertambah modal maka jumlah ayam potong bisa ditingkatkan menjadi 5000 ekor.

2. Bisnis Budidaya Sapi
Ada banyak jenis sapi di dunia khususnya di Indonesia, antara lain sapi limousin, sapi brahma, sapi bali, sapi susu, sapi pedaging, sapi jawa, sapi australia, dan jenis sapi lainnya. Dan berdasarkan penuturan para peternak lokal bahwa usaha budidaya sapi lebih menjanjikan untung besar ketimbang usaha beternak kambing dan domba. Dengan iklim tropis yang sangat mendukung, usaha beternak sapi sangat menjanjikan dijalankan di tanah air.  

Kenapa usaha beternak sapi lebih menguntungkan dari jenis usaha hewan ternak lainnya? Dikarenakan permintaan hewan sapi di tanah air sangat besar. Terutama pada menjelang hari raya lebaran idul adha dan idul fithri. Dan belum mampu dipenuhi secara baik oleh para peternak lokal. Sehingga harga daging sapi di Indonesia paling tinggi di Asia Tenggara. Harga daging sapi di Indonesia dapat mencapai Rp 130 ribu perkilogram. Sedangkan harga normal sebesar Rp 80 perkg. Oleh karenanya, pemerintah mengimpor sapi dari India dan Australia untuk memenuhi permintaan daging sapi yang tinggi sekali di dalam negeri.

3. Bisnis Budidaya Kambing
Jenis usaha ternak hewan lainnya yang paling menguntungkan di lahan sempit adalah usaha beternak kambing. Dengan sekotak tanah di samping rumah, anda bisa memulai usaha ternak kambing. Penulis pun sudah sejak lama melakukan usaha budidaya kambing secara rumahan. Dari modal awal sebanyak satu anak kambing seharga Rp 500 ribu, saat ini beranak pinak hingga mempunyai lima ekor kambing.

Usaha beternak kambing termasuk jenis ternak hewan yang paling menguntungkan dalam waktu singkat. Selain itu, hewan ternak kambing cukup gampang dirawat. Masyarakat desa seringkali menjadikan usaha budidaya kambing sebagai bisnis sampingan di samping berprofesi sebagai buruh dan petani di sawah. Berdasarkan data di lapangan, harga kambing dewasa saat ini mencapai Rp 2 juta per ekor.

4. Bisnis Budidaya Bebek
Bisnis ternak hewan yang tak kalah menjanjikan untung besar di tahun 2017 dan di masa datang adalah usaha beternak bebek. Salah seorang peternak bebek yang pernah penulis temui di sawah mengakui dari hasil beternak bebek ia bisa membeli satu buah rumah mewah dan satu buah mobil avanza. Adapun jumlah bebek yang ia budidayakan sekitar 5000 ekor bebek. Jika dalam satu hari, seekor bebek menghasilkan telor sebanyak satu butir maka omset dari penjualan telur sekitar Rp 10 juta perhari (5000 ekor bebek x Rp 2000).

Pendek kata, usaha beternak bebek selain mudah dijalankan juga bisa membuat seseorang kaya raya dalam waktu cepat. Adapun rincian biaya modal usaha ternak bebek meliputi pembuatan kandang, biaya pakan, belanja obat dan vitamin bagi bebek, pembelian bibit bebek sebanyak 5000 ekor, upah tenaga kerja dan lain sebagainya.

5. Usaha Budidaya Lele
Anda tentu mengenal dengan ikan lele yang berkumis ini. Lele menjadi santapan favorit banyak orang dengan cara dipepes maupun digoreng. Untuk mendapatkan menu lele maka anda bisa memperolehnya di gerai usaha pecel lele gerobak kaki lima maupun restoran. Bisnis budidaya lele menjadi salah satu jenis ternak hewan yang paling menguntungkan dalam waktu singkat. Karena masa panen terbilang singkat. Kurang dari dua bulan, ikan lele sudah bisa dipanen dengan harga jual sebesar Rp 36 ribu per kilogram.

Untuk budidaya ikan lele sangat mudah dijalankan oleh pemula sekalipun dikarenakan ikan lele memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah mati serta tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakan. Dengan lahan sempit memanfaatkan pekarangan rumah, seseorang sudah bisa membuka usaha ternak lele di kolam terpal plastik. Salah seorang peternak lele di desa penulis mengakui omset bersih dari bisnis ternak lele sekitar Rp 10 juta perbulan.

6. Bisnis Budidaya Burung
Usaha beternak burung salah satu ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit. Seperti yang dilakoni oleh kerabat penulis yang membuka usaha ternak burung perkutut, murai batu, kace, beo, kakatua dan lovebird. Disebut usaha ternak hewan yang menguntungkan disebabkan jumlah penggemar burung di Indonesia sangat besar. Dan setiap tahun terus bertambah banyak.

Untuk membuka usaha ternak burung maka anda bisa membuat kandang ternak burung di dalam rumah maupun samping rumah. Salah seorang kerabat penulis mendirikan usaha ternak burung di salah satu ruang kosong di rumah lantai atas. Bisnis budidaya burung bisa dijadikan sebagai usaha sampingan dan rumahan dengan prospek cerah.

7. Usaha Budidaya Jangkrik
Permintaan akan hewan ternak jangkrik saat ini sangat besar di Indonesia. Hal ini tak terlepas dari banyaknya penggemar burung. Hewan jangkrik digunakan sebagai pakan burung yang bagus, pakan belut, pakan ikan dll. Harga jangkrik yang cukup tinggi di pasaran membuat usaha ternak jangkrik sangat menguntungkan saat ini. Anda bisa beternak jangkrik di lahan sempit berupa kandang yang mini.

8. Bisnis Budidaya Puyuh
Usaha beternak burung puyuh menjadi peluang bisnis yang sedang populer dan marak saat ini. Omset bersih ternak puyuh sekitar Rp 3 juta perbulan. Cukup besar kan? Terutama pendapatan berasal dari penjualan telur dan daging puyuh perhari. Jika anda sedang mencari peluang usaha dalam bidang peternakan hewan yang menguntungkan, mudah dijalankan dan laris pembeli maka bisnis ternak puyuh bisa jadi pilihan tepat. Sebab permintaan pasar terhadap telur puyuh sangat besar di Indonesia. Harga telur puyuh Rp 25 ribu perkilogram.

9. Usaha Ternak Belut
Bisnis budidaya belut merupakan jenis usaha ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit. Anda bisa budidaya belut secara sampingan dan rumahan di dalam drum plastik yang bekas. Hewan belut mudah diternakkan dengan harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Untuk menjual belut sangat mudah karena pangsa pasar sudah terbentuk sendiri. Di desa penulis ada beberapa orang yang membuka usaha ternak belut. Mereka bisa menghasilkan untung besar perhari. Disebabkan para penggemar daging belut di Indonesia lumayan banyak di kota maupun desa.

10. Usaha Beternak Kroto
Usaha budidaya kroto atau telur semut termasuk bisnis ternak yang menjanjikan dan memiliki prospek cerah. Karena para pecinta burung di Indonesia sangat besar jumlahnya. Di setiap teras rumah masyarakat Indonesia sangat mudah dijumpai kandang beserta burung piaraan yang menggantung. Dan salah satu pakan terbaik bagi burung adalah kroto. Yang bisa membuat burung menjadi lebih sehat dengan suara nyaring. Untuk memasarkan ternak telor semut atau kroto maka anda bisa menjual ke berbagai toko pakan burung terdekat.

11. Usaha Beternak Domba
Salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dalam bidang peternakan di lahan sempit adalah usaha ternak domba. Anda bisa membuka bisnis budidaya domba garut secara rumahan di samping rumah. Dimulai dari sepasang domba maka akan beranak pinak menjadi beberapa ekor domba. Harga domba dewasa saat ini per ekor sebesar Rp 3 juta-an untuk kualitas super. Sedangkan untuk ukuran menengah harga Rp 2,5 juta. Adapun harga domba ukuran kecil sebesar Rp 2 juta.

12. Usaha Ternak Ikan Nila
Bisnis budidaya ikan nila sudah sering kita temukan di kolam-kolam ikan di pelosok desa. Ikan ini disukai banyak orang untuk dikonsumsi baik digoreng atau dipepes. Rasanya yang gurih, dagingnya cukup tebal dan cita rasa khas. Permintaan masyarakat terhadap ikan nila dari tahun ke tahun meningkat dengan pesat. Permintaan terbesar berasal dari kalangan restoran, rumahtangga, rumah makan dan lainnya. Sehingga usaha beternak ikan nila menjadikan peluang ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit.

13. Usaha Beternak Lebah Madu
Madu merupakan salah satu jenis makanan manis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat Islam untuk  senantiasa minum madu asli agar tubuh tetap sehat bugar. Bahkan madu disebut pula obat kesehatan. Sebab, di dalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karenanya, peluang usaha beternak lebah madu menjadi sangat menguntungkan.

14. Usaha Budidaya Ayam Petelur
Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap telur ayam sangat tinggi. Hal ini disebabkan telur ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari hari bagi manusia yang dinamakan sembako. Setiap dapur rumahtangga pastinya menyediakan telur untuk dikonsumsi secara digoreng, direbus ataupun dijadikan olahan makanan lainnya. Atas fakta tersebut, bisnis budidaya ayam petelur sangat menjanjikan untuk anda jalankan saat ini. Apalagi bisnis budidaya ayam petelur termasuk ternak paling cepat panen.

15. Bisnis Ternak Ikan Hias
Usaha budidaya ikan hias merupakan salah satu jenis usaha ternak hewan yang paling menguntungkan saat ini di lahan sempit. Disebabkan permintaan akan ikan hias di masyarakat meningkat pesat. Para peneggemar ikan hias bertambah banyak setiap tahun. Anda bisa melihat banyak orang yang membeli pakan ikan hias untuk makanan ikan hias. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa anda ternakkan seperti ikan louhan, ikan cupang, ikan mas koi, ikan arwana, dan lain sebagainya.