Cara Ternak Kambing yang Menguntungkan Tanpa Ngarit

18 Desember 2017

Untuk menghasilkan uang, ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Seperti bekerja di perusahaan orang lain atau berwirausaha. Jenis usaha yang bisa dilakukan banyak pilihan. Contohnya usaha beternak kambing yang termasuk salah satu jenis usaha yang menguntungkan jangka panjang. Ada beragam jenis kambing yang dapat dibudidayakan, antara lain kambing kacang, etawa, gibas, garut, kambing potong atau pedaging, kambing susu, dan kambing kontes. Jika anda masih bingung untuk membuka jenis usaha yang menjanjikan maka anda bisa membuka usaha budidaya kambing secara modern maupun kecil-kecilan.

Prospek Usaha Ternak Kambing Modern
Kambing merupakan jenis hewan ternak yang menguntungkan untuk dibudidayakan dalam waktu singkat. Mengenai bentuk hewan kambing terbilang lucu dan sangat unik. Dengan bulu warna putih yang tebal dan keriting beserta tingkahnya. Apalagi anak kambing lebih lucu dari sang induknya. Seperti yang dapat disaksikan di layar televisi pada program acara Shaun The Sheep.

Binatang kambing adalah jenis hewan yang dibutuhkan selamanya oleh manusia. Untuk keperluan akikah. Bagi bayi yang telah berumur 14 hari maka sang orangtua diharuskan melaksanakan aqiqah. Bagi bayi laki-laki harus menyembelih dua ekor kambing. Sedangkan bagi bayi berjenis kelamin perempuan disyariatkan menyembelih satu ekor kambing. Selain itu, kambing dibutuhkan untuk keperluan ibadah kurban, konsumsi daging dan susu kambing, kotoran kambing untuk pupuk kandang dan lain-lain.
cara ternak kambing, cara ternak kambing tanpa ngarit, ternak kambing, budidaya kambing, usaha kambing, kambing

Sementara itu berdasarkan fakta yang ada, daging kambing digemari sekali oleh masyarakat Indonesia. Karena mempunyai rasa yang enak, lezat, bercita rasa khas, dan tak terlalu bau kambing. Berbeda dengan daging domba yang mengeluarkan bau domba sangat kuat. Selain itu, susu kambing dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit sehingga laku keras dibeli para pembeli.

Permintaan daging kambing di tanah air setiap tahun terus meningkat. Dan para peternak kambing lokal belum bisa memenuhi permintaan tersebut. Oleh sebab itu, untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi terhadap daging kambing maka pemerintah menggalakkan berbagai upaya seperti memberikan pelatihan cara beternak kambing yang baik dan benar, memberikan bibit kambing untuk dibudidayakan, dan terakhir melakukan impor kambing.

Melihat prospek dan analisa di atas sangat jelas bahwa usaha beternak kambing jenis apapun baik gibas, etawa, jawa, garut dll tetap menguntungkan. Atas kenyataan tersebut, membuat sebagian orang memilih untuk membuka usaha peternakan kambing. Namun syarat menjalankan budidaya kambing yang sukses dan menguntungkan harus dilakukan secara modern, serius, pengelolaan yang benar dan baik.   

Cara Ternak Kambing yang Menguntungkan Tanpa Ngarit
Jika anda sebagai pemula tertarik untuk membuka usaha budidaya kambing, berikut ini cara ternak kambing yang menguntungkan tanpa ngarit, antara lain:

1. Mempelajari teknik dasar beternak kambing yang baik dan benar
Sebelum anda menguasai cara ternak kambing tanpa ngarit dan angon maka anda harus menguasai ilmu dasar ternak kambing. Banyak lembaga pemerintahan dan perusahaan swasta yang sering menyelenggarakan pelatihan usaha cara ternak kambing jawa dan potong secara profesional dan modern bagi masyarakat luas. Salah satunya adalah perseroan terbatas Natural Nusantara. Ujung-ujungnya mereka menjual suplemen, nutrisi, vitamin, obat-obatan dan pakan buatan bagi kambing.

Untuk sukses dalam ternak kambing caranya sangat mudah. Anda mesti menguasai dua hal yaitu keterampilan teknis dan soft skill seperti kesabaran, ulet dan pantang menyerah. Sedangkan keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk sukses ternak kambing ada empat hal, yaitu: Memilih bibit kambing yang unggul, memelihara kambing secara baik dan benar, memberikan pakan bagi kambing secara teratur dan memastikan kondisi kandang selalu bersih.

2. Mempunyai lahan yang luas
Dengan mempunyai lahan yang luas dengan banyak tumbuhan rumput alami membuat cara ternak kambing yang menguntungkan bisa dilakukan tanpa ngarit. Sebab kambing dilepas untuk mencari makanan sendiri di area yang dibatasi oleh pagar. Namun berdasarkan pengalaman penulis, cara ini sulit dilakukan oleh beberapa peternak di Indonesia. Mengingat mayoritas peternak kambing di tanah air tidak mempunyai lahan yang begitu luas.

Cara ternak kambing yang menguntungkan tanpa ngarit hanya cocok bagi peternak di tanah air yang memiliki lahan yang cukup luas. Seperti yang dilakukan oleh para peternak kambing di negara Australia, Amerika Serikat, Belanda, Brazil, Canada dan negara maju lainnya dalam bidang peternakan kambing.

3. Membuat kandang ternak kambing
Untuk membuat kandang kambing sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan sisa limbah kayu atau menggunakan batang pohon bambu. Untuk ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah kambing yang diternakkan. Jangan membuat kandang terlalu luas. Tapi ukuran yang menengah sehingga bisa menghemat lahan. Dengan ukuran 3 meter kali 4 meter sudah cukup untuk menampung sepuluh ekor kambing.

Ada banyak desain kandang kambing. Seperti desain kandang kambing biasa yang menyentuh tanah. Dan konsep kandang panggung dimana kaki kambing tidak menyentuh tanah. Desain kandang kambing ini sangat bagus untuk beternak kambing secara menguntungkan. Karena cara ini memudahkan dalam menjamin kebersihan kandang. Kotoran akan jatuh ke bawah terpisah yang langsung bisa dimanfaatkan untuk pupuk kandang.

Fermentasi Pakan Ternak Kambing
Akhir-akhir ini sedang marak cara ternak kambing yang menguntungkan dalam waktu cepat, cara ternak sapi dan kambing tanpa ngarit secara mudah, cara ternak kambing tanpa ngarit youtube menggunakan cara fermentasi pakan ternak kambing. Ilmu itu dapat diperoleh secara mudah dan cepat di internet. Namun anda tetap harus selektif. Kadang ada beberapa informasi cara ternak kambing tanpa ngarit dan ngangon yang bersifat hoax. Alih-alih menguntungkan kita justeru merugikan.

Informasi yang salah tersebut kadang membuat seseorang terlena. Seolah-olah menjalankan usaha beternak kambing cepat untung dan cepat kaya raya dengan mudah dan modal kecil. Padahal kenyataan yang ada dalam membuka usaha beternak kambing tidak semudah seperti membalikkan tapak tangan dan yang dibayangkan. Tetap saja yang namanya usaha seperti beternak kambing tidak gampang. Namun memerlukan kerja keras.

Terobosan dan inovasi yang dilakukan untuk merubah paradigma pola beternak kambing yang mudah dan enteng memang diperlukan sekali untuk mengembangkan bisnis peternakan kambing di Indonesia. Namun apa yang diutarakan haruslah benar-benar sesuai kenyataan. Jangan sampai berbanding terbalik dengan kenyataan. Salah satu terobosan yang dilakukan oleh para peternak kambing adalah memberi pakan fermentasi bagi kambing.

Boomingnya cara beternak kambing secara mudah menggunakan fermentasi pakan menarik banyak orang. Fermentasi pakan biasanya menggunakan pakan gedebok pisang dan jerami. Namun ada beberapa pihak yang melakukan cara ini dan kurang berhasil. Justeru beberapa kambing piaraannya mati setelah makan pakan fermentasi.

Sebenarnya di internet sangat kurang mengenai informasi mengenai cara beternak kambing yang baik dan benar dari para peternak profesional dan pengalaman. Cara beternak kambing yang baik menuntut seorang peternak bekerja keras. Setiap hari mesti mencari pakan rumput, modal biaya pakan yang memakan biaya besar jika menggunakan pakan buatan.

Dari sini jelas bahwa informasi mengenai cara beternak kambing tanpa ngarit dan angon dihembuskan sebagian pihak untuk menjadi ajang bisnis. Pihak perusahaan mencoba memberikan solusi kepada para peternak cara budidaya kambing secara gampang. Celah susahnya usaha beternak kambing dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan dengan menyediakan pakan buatan fermentasi. Pada dasarnya mereka adalah menjual obat.

Cara Usaha Ternak Kambing Tanpa Modal
Sementara itu, penulis membuka usaha ternak kambing secara tradisional di samping rumah. Usaha beternak kambing tanpa modal yaitu dengan cara merawat kambing orang lain. Kemudian membesarkan kambing hingga beranak satu hingga dua ekor. Jika kambing melahirkan dua anak kambing maka pihak investor mendapatkan satu anak kambing. Dan sobat memperoleh satu anak kambing. Kemudian anda menyerahkan kambing pokok dan satu anaknya ke pihak investor.

Dari cara beternak kambing tanpa modal di atas jelas sangat mudah. Hanya sebagai awal usaha sobat harus bekerja keras setiap hari untuk mencari pakan rumput. Apabila sobat membutuhkan uang secara cepat maka bisa menjual kambing. Harga kambing saat ini rara-rata sebesar Rp 2 juta. Harga kambing betina sebesar Rp 1,5 juta. Sedangkan harga kambing jantan sekitar Rp 2,5 juta.

Hal yang paling berat dalam membuka usaha beternak kambing bukan hanya pembuatan kandang. Namun adalah harus rutin mencari pakan bagi kambing. Setiap hari harus mencari pakan alami. Anda bisa membuatnya mudah tanpa perlu ngarit cari pakan dengan menggunakan fermentasi pakan.

Hambatan dan kendala pasti akan anda alami selama membuka usaha ternak kambing. Misalkan kambing betina sulit beranak maka cara paling mudah adalah berkonsultasi dengan dokter hewan. Sang dokter hewan akan menyuntikkan sperma ke kambing betina. Biaya penyuntikan hewan kambing betina agar bisa melahirkan anak sebesar Rp 150 ribu. Sedangkan biaya untuk penyuntikan sapi dan kerbau sebesar Rp 400 ribu.

Penanganan penyakit kambing perlu dikuasai dengan baik. Sebab hal inilah yang paling menentukan kesuksesan ternak kambing. Jika kambing terkena penyakit maka anda bisa membawanya ke dokter hewan. Atau cara paling mudah adalah menyembelihnya sebelum mati.