Cara Membuka Usaha Bisnis Ikan Hias yang Cepat Berhasil

27 Juli 2017

Bisnis ikan hias pernah mengalami booming dalam beberapa tahun kebelakang. Kemudian meredup. Dan kini usaha ikan hias kembali populer dan trend. Bisnis ikan hias di Indonesia mengalami beberapa kali pasang surut. Namun seiring bertambah banyak penggemar ikan hias di tanah air membuat bermunculan gerai-gerai usaha ikan hias dan perlengkapannya baik dalam bentuk toko ikan hias permanen, kios, maupun konsep gerobak keliling.

Prospek Usaha Bisnis Ikan Hias
Berdasarkan penuturan para pengusaha ikan hias, keuntungan bersih yang didapatkan dari bisnis ini rata-rata Rp 6 juta perbulan. Lumayan bukan? Sehingga apabila anda berminat untuk membuka suatu usaha maka bisnis toko ikan hias bisa menjadi pilihan yang bagus. Karena prospek sangat cerah, menguntungkan sekali dan menjanjikan.

Ada banyak macam dan jenis ikan hias yang bisa diternakkan, dijual dan dipasarkan, antara lain cupang, ikan mas koi, guppy, arwana, ikan oscar, patin, ikan sapu, dan ikan hias air laut dan air tawar lainnya. Peluang bisnis ikan hias bisa dilakukan secara rumahan dengan memanfaatkan ruangan kosong di depan rumah. Asalkan lokasi rumah berada di tempat strategis yang mudah dijangkau dan dilihat orang dari berbagai sudut pandang.
usaha ikan hias, bisnis ikan hias, ikan hias, cara usaha ikan hias, cara bisnis ikan hias, bisnis ikan

Sudah maklum, setiap orang memiliki hobi berbeda. Salah satu hobi yang populer dan digemari banyak orang saat ini adalah memelihara ikan hias di aquarium atau botol. Banyak uang yang telah dihabiskan oleh kebanyakan penggemar ikan hias asalkan hobi mereka tersalurkan. Lalu apa yang menarik dari hobi ikan hias? Ternyata banyak orang yang suka memelihara ikan hias karena menyaksikan keindahan dari aneka ikan hias tersebut. Selain itu, karena keindahan ikan hias yang berada dalam aquarium mampu menghilangkan stres dan kepenatan setelah bekerja seharian.

Bisnis ikan hias sama seperti usaha ternak burung piaraan mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Kedua usaha tersebut didasarkan atas hobi banyak orang. Dan harga satu ekor ikan hias bisa mencapai ratusan juta rupiah. Begitu halnya harga satu ekor burung piaraan dapat mencapai puluhan juta rupiah. Kadangkala membuat manusia awam merasa aneh dengan harga ikan hias yang sangat luar biasa mahal. Hal itu disebabkan hobi seseorang terhadap ikan hias hingga berapapun mahalnya jenis ikan hias jika menarik hatinya maka ia akan membelinya.

Inilah yang membuat bisnis ikan hias tidak pernah sepi konsumen. Pangsa pasar bisnis ikan hias terbuka luas sampai sekarang ini. Apalagi tingkat persaingan bisnis ikan hias relatif lemah di berbagai daerah, kota dan desa terpencil di Indonesia. Peluang emas bagi anda untuk membuka usaha ikan hias di rumah dengan modal kecil dan menguntungkan.
bisnis ikan hias, usaha ikan hias, ikan hias, cara usaha ikan hias, ternak ikan hias, ikan hias terbaik

Cara Membuka Usaha Bisnis Ikan Hias yang Cepat Berhasil
Untuk memulai bisnis ikan hias tidak bisa langsung dibuka. Diperlukan persiapan matang dan kalkulasi keuntungan kerugian dari usaha ikan hias. Berikut ini tahapan cara membuka usaha bisnis ikan hias yang cepat berhasil, antara lain:

▪ Persiapan Lokasi Usaha
Lokasi, lokasi dan lokasi itulah tips sukses untuk menjalankan usaha ikan hias. Lokasi usaha bisnis ikan hias haruslah berada di tempat yang sangat strategis. Sebab jika berada di lokasi tak tepat akan mengakibatkan bisnis ikan hias sobat gulung tikar dan merugi. Lokasi usaha bisnis ikan hias sangat menentukan keberhasilan usaha perikanan ini. Contoh tempat yang strategis bagi bisnis ikan hias adalah di pusat keramaian orang, pinggir jalan raya yang ramai dilalui orang, dan tempat strategis lainnya.

▪ Jenis Ikan Hias
Untuk membuka usaha bisnis ikan hias yang menguntungkan dan cepat berhasil, terlebih dahulu anda menentukan jenis ikan hias yang hendak dijual. Ada berbagai jenis dan macam ikan hias. Sobat bisa memilih salah satu jenis ikan hias atau campuran. Namun saran penulis, sobat bisa memilih beberapa jenis ikan hias yang sedang populer, trend dan booming untuk dijual di pasaran.

▪ Pangsa Pasar
Setelah menentukan jenis ikan hias yang hendak dijual di pasaran dengan prediksi sedang laku keras maka selanjutnya adalah menentukan pangsa pasar yang dituju. Target market dari usaha toko ikan hias pastilah semua kalangan orang dari anak-anak sampai orang dewasa yang menyukai ikan hias beserta keindahannya.

Namun ada sebagian jenis ikan hias yang menargetkan pangsa pasar tertentu. Misalkan usaha ikan hias yang membidik pangsa pasar kalangan menengah ke bawah maka ia bisa menjual ikan hias cupang, patin, pepetek, koi dll. Adapun untuk kalangan menengah ke atas, jenis ikan hias yang bisa dijual antara lain arwana, louhan, ikan guppy dan lain sebagainya.

▪ Modal Usaha Awal Buka Toko Ikan Hias
Untuk mendirikan usaha bisnis ikan hias diperlukan yang namanya modal usaha. Berikut ini rincian biaya modal usaha toko ikan hias air tawar yang meliputi sejumlah aquarium ukuran besar kecil dan sedang untuk tempat ikan, jaring, filter, pompa air, bibit ikan, gambar wallpaper untuk aquarium bagian belakang sampai perlengkapan untuk memperindah akuarium.     

▪ Promosi
Untuk memperkenalkan usaha ikan hias sobat kepada khalayak umum sekaligus meningkatkan penjualan ikan hias perbulan, sobat bisa melakukan berbagai cara promosi bisnis ikan hias yang jitu. Seperti membagikan brosur, memasang pamflet, memasang spanduk, reklame, neon box, promosi di media cetak elektronik dan cetak lokal dan lain sebagainya. Buatlah promosi usaha ikan hias semenarik mungkin yang bisa membuat masyarakat tertarik untuk membeli ikan hias dari gerai usaha sobat.

▪ Menjalin Hubungan Baik Dengan Penggemar Ikan Hias
Hal penting lainnya yang perlu dilakukan untuk membuka usaha bisnis ikan hias yang menguntungkan dan cepat berhasil adalah sobat mesti menjalin hubungan baik dengan komunitas penggemar ikan hias baik secara kelompok maupun perorangan. Tawarkanlah harga ikan hias di gerai usaha sobat dengan harga yang lebih murah dari pesaing. Berikanlah diskon pembelian ikan hias dalam jumlah tertentu kepada para pecinta ikan hias.

Cara ini sangat penting mengingat jumlah pecinta ikan hias di Indonesia sangat besar. Dari satu penggemar ikan hias yang puas atas pembelian ikan hias di gerai usaha sobat maka mereka akan memberi tahu keberadaan bisnis ikan hias sobat kepada komunitasnya. Maka bersiap-siaplah usaha toko ikan hias sobat laris manis diserbu para konsumen yang kebanyakan dari komunitas penggemar ikan hias.

Tips Sukses Usaha Ikan Hias yang Menguntungkan
Berikut ini kumpulan tips sukses dalam membuka usaha bisnis ikan hias yang menguntungkan dan cepat berhasil, antara lain:

▪ Lengkap
Usaha toko ikan hias yang anda jalani pastikan menjual berbagai macam rupa dan jenis ikan hias yang komplit. Dari harga termurah sampai paling mahal. Hal ini untuk membedakan dan memberikan nilai lebih baik bagi bisnis ikan hias sobat dibanding para pesaing lainnya. Selain jenis ikan hias yang lengkap, anda juga perlu menyediakan berbagai alat pendukung hobi ikan hias secara lengkap. Seperti akuarium, batu kerikil, pakan ikan, dll. Calon konsumen akan lebih memilih membeli ikan hias dan peralatannya di tempat yang lengkap. 

▪ Murah
Untuk menjaring konsumen sebanyak mungkin dengan mudah selain mengandalkan pelayanan yang prima, ramah, murah senyum, cepat maka anda bisa mengandalkan harga yang lebih murah dari kompetitor. Misalkan harga ikan cupang Rp 2000 per ekor. Hal itu dilakukan untuk memenangkan persaingan bisnis ikan hias yang cukup ketat dari beberapa daerah di Indonesia.

▪ Memahami Bisnis Ikan Hias
Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis ikan hias pastikan dulu anda memahami bisnis ikan hias dari awal cara produksi dan pemeliharaan sampai cara penjualan dan pemasaran ikan hias. Sehingga anda tidak kesulitan nantinya ketika usaha toko ikan hias sobat sudah berdiri. Selain itu, wawasan mengenai jenis jenis ikan hias perlu dikuasai beserta kelebihan dan kekurangan. Ini merupakan bagian dari product knowledge. Perlu diketahui ada 700 lebih jenis ikan hias yang ada di perairan Indonesia.

▪ Pelayanan Pengiriman Gratis
Untuk memanjakan konsumen, anda bisa menyediakan pengiriman gratis ke lokasi pemesan bagi pembelian ikan hias dalam jumlah tertentu. Hal ini disebut pula dengan sistem jemput bola. Dan bukannya menunggu bola.

Bisnis Ikan Hias secara Rumahan
Indonesia merupakan negara penghasil ikan hias terbesar di dunia. Sehingga anda tidak akan kesulitan mendapatkan pasokan berbagai jenis ikan hias. Peluang bisnis bidang perikanan ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Usaha ikan hias bisa dibuka di tempat strategis dengan menyewa tempat atau dijalankan secara rumahan. Anda dapat mendirikan toko ikan hias di depan rumah. Hal tersebut sangat menguntungkan karena lebih hemat keuangan atau mengurangi biaya modal usaha toko ikan hias.

Untuk memulai bisnis ikan hias group cupang atau jenis lainnya secara rumahan maka langkah pertama adalah anda harus mencari bibit ikan hias yang bagus. Kemudian diternakkan hingga bertambah banyak. Anakan ikan hias bisa sobat jual ke pasaran dengan harga yang mahal. Demikianlah tips sukses bisnis usaha ikan hias modal kecil secara rumahan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda sekalian yang tertarik menjaring uang dari bisnis ikan hias.