Rincian Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler Kapasitas 5.000 Ekor

16 Oktober 2017

Anda tentunya sudah tahu banyak hal mengenai ayam broiler pedaging. Secara fisik, ayam broiler umumnya berbulu putih dan pertumbuhannya cenderung lebih cepat dibanding ayam biasa. Yang diambil manfaatnya adalah daging. Permintaan terhadap daging ayam di masyarakat saat ini cukup besar. Hal ini tak terlepas dari daging ayam merupakan salah satu jenis lauk pauk yang paling diminati. Daging ayam mengandung vitamin, protein dan mineral cukup tinggi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga saat ini tak jarang di setiap dapur rumahtangga sering dijumpai berbagai olahan makanan dari bahan dasar daging ayam. Seperti ayam goreng, sop ayam, gulai ayam, pepes ayam, ayam bakar, ayam fried chicken, dll.

Prospek Usaha Ternak Ayam Broiler Modern
Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai restoran, gerai usaha kuliner, rumah makan, warung makan sederhana, warung nasi, cafe, warteg dan para pedagang kuliner keliling yang menyediakan berbagai olahan daging ayam. Hal ini dikarenakan harga daging ayam yang cukup murah dan penjualan makanan olahan dari daging ayam laris manis. Hampir setiap orang dimulai kalangan anak-anak sampai orang dewasa dan lanjut usia sangat menyukai kuliner daging ayam yang memiliki rasa khas gurih, enak dan lezat.

Melihat permintaan pasar  sangat besar terhadap daging ayam setiap hari membuat bisnis beternak ayam broiler sangat menguntungkan dan berprospek cerah saat ini dan di masa depan. Apalagi jumlah penduduk Indonesia setiap tahun bertambah banyak membuat peluang usaha budidaya ayam broiler pedaging cukup menjanjikan untung besar. Berdasarkan pengalaman penulis yang telah mengenal berbagai pengusaha peternakan ayam broiler di daerah penulis mereka bisa hidup kaya  raya dengan hanya bisnis ternak ayam broiler pedaging.
kandang ayam, kandang ayam broiler, kandang broiler, kandang broiler kapasitas 5000 ekor, ternak ayam broiler, usaha ternak ayam broiler

Namun di pedesaan masih banyak orang yang memilih untuk  membuka usaha ternak ayam broiler secara tradisional, sampingan dan rumahan dengan konsep  umbaran. Jelas ini membuat keuntungan beternak ayam ras broiler kurang menjanjikan. Dengan jumlah ayam broiler yang diternakan hanya puluhan ekor maka keuntungan juga jadi kecil. Langkah baik jika anda ingin membuka usaha beternak ayam broiler secara intensif, modern dengan jumlah ayam minimal 5.000 ekor.

Keuntungan Usaha Budidaya Ayam Broiler
Di desa penulis sudah banyak orang yang membuka usaha peternakan ayam broiler secara mandiri maupun kemitraan. Anda tidak akan rugi membuka usaha budidaya ayam broiler. Justru akan menguntungkan dari segi finansial.

Berikut ini beberapa keuntungan dari membuka usaha ternak ayam broiler pedaging, antara lain:

1. Laris manis
Usaha beternak ayam broiler berarti menyediakan daging ayam bagi para konsumen. Dan seperti anda lihat saat ini penjualan daging ayam di semua pasar dan supermarket di Indonesia laku keras setiap hari. Para konsumen bukan hanya kalangan perorangan tapi juga para pedagang sayuran, supermarket dll

2. Mudah
Memulai usaha peternakan ayam broiler cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan modal kecil hingga modal besar. Rincian biaya modal usaha ternak ayam broiler meliputi pembelian bibit anak ayam, pembuatan kandang, belanja peralatan dan perlengkapan usaha ternak ayam, biaya pembelian pakan dan lain sebagainya. Harga bibit ayam broiler terkini sebesar Rp 7000 per ekor. Jika anda membuka usaha ternak ayam broiler kapasitas 5000 ekor maka modal uang yang dibutuhkan sebesar Rp 35.000.000.

3. Modal kecil
Usaha ternak ayam broiler yang menjanjikan untung besar bisa dimulai dengan modal kecil. Caranya dengan menjalin kemitraan dengan perusahaan. Tugas kita hanya menyiapkan kandang ayam yang luas dan merawat ayam sampai panen. Untuk penjualan, biaya pakan dan pemberian bibit ayam sudah diurus oleh pihak perusahaan

Rincian Biaya Pembuatan Kandang Broiler Kapasitas 5.000 Ekor
Sekarang yang menjadi pertanyaan bagi banyak orang adalah berapa biaya pembuatan kandang ayam broiler kapasitas 5000 ekor dan berapa ukuran kandang kapasitas 5000 ekor ayam? Untuk  menjawab semua tergantung jenis kandang ayam yang hendak dibangun. Ada dua bentuk kandang ayam broiler yaitu kandang broiler bertingkat dan kandang memanjang.

Berikut ini rincian biaya pembuatan kandang broiler kapasits 5000 ekor, antara lain:

1. Pembelian bambu sebanyak 200 batang harga Rp 1 juta
2. Pembelian kayu batangan dan papan harga Rp 5 juta
3. Belanja paku dan kawat harga Rp 900 ribu
4. Upah karyawan sebanyak 3 orang sebesar Rp 3 juta
5. Biaya lain-lain Rp 2 juta

Perkiraan total biaya pembuatan kandang ayam broiler kapasitas 5000 ekor sebesar Rp 11.900.000. Perhitungan biaya tersebut tergantung harga setempat dan berbeda beda di setiap wilayah.

Ukuran Kandang Ayam Broiler Kapasitas 5.000 Ekor
Untuk membuat kandang ayam broiler ukurannya harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang hendak diternakkan. Jangan sampai luas kandang terlalu kecil yang mengakibatkan ayam ternak potong sulit berkembang secara normal. Pastikan kandang ayam cukup luas dengan lebar minimal 7 meter supaya sirkulasi udara berjalan baik. Ukuran standar kandang ayam broiler yang bagus adalah 8 ekor ayam untuk ukuran kandang satu meter persegi. Jadi untuk ukuran kandang ayam potong kapasitas 5000 ekor sebesar 625 meter persegi. Hasil perhitungan 5000 ekor ayam : 8 ekor.

Jika masih ada lahan yang tersisa maka anda bisa membangun mess atau rumah bagi tenaga kerja dengan fasilitas lengkap seperti televisi. Lalu anda bisa membangun gudang penyimpanan pakan yang luasnya sesuai  kebutuhan. Selain itu, anda dapat membangun sumur, septic tank dan saluran selokan serta gudang penyimpanan peralatan dan perlengkapan kandang yang tak dipakai. Sedangkan untuk gaji bagi tenaga kerja sebesar Rp 1 juta perbulan.

Untuk lebih jelas, berikut ini hal-hal yang mesti sobat lakukan dalam membangun kandang ayam broiler dengan kapasitas 5000 ekor, yaitu:

1. Panjang kandang sekitar 90 meter dengan lebar 7 meter

2. Posisi kandang ayam broiler bersifat memanjang ke arah timur atau barat sesuai pancaran sinar matahari

3. Mempunyai ventilasi dan sirkulasi udara yang baik

Tips Sukses Usaha Ternak Ayam Broiler Mandiri
Jika anda ingin membuka usaha budidaya ayam potong secara mandiri, berikut ini kumpulan tips sukses usaha ternak ayam broiler potong secara mandiri dari awal sampai akhir, antara lain:

▪ Pemilihan Bibit
Untuk memulai usaha beeternak ayam broiler yang berhasil tentu harus diawali dari pemilihan bibit broiler yang tepat. Di pasaran ada dua jenis bibit ayam broiler yaitu afkiran dan asli. Untuk anak ayam broiler afkiran dijual lebih murah sekitar Rp 5000 per ekor dengan kualitas ayam yang masih diragukan. Sedangkan bibit ayam broiler yang bagus adalah yang asli lansung dari pabrik. Harga bibit ayam potong asli yang bagus dan unggul sebesar Rp 7000 per ekor.

▪ Pemberian Pakan
Kiat sukses dalam menjalani bisnis ternak ayam broiler lainnya adalah merawat ayam secara telaten dan rajin. Karena ayam broiler rawan mengalami sakit dan mati sehingga setiap hari harus diberi makan dan minum secara teratur dan tepat waktu. Telat sedikit saja dalam pemberian pakan akan berakibat kurang baik bagi pertumbuhan ayam broiler itu sendiri. Oleh sebab itu, pastikan anda merekrut tenaga karyawan yang rajin dan standby di dekat peternakan ayam potong pedaging.

▪ Passion
Sesuatu yang dilakukan dengan cinta atau passion maka terasa ringan dan menyenangkan. Berbagai kendala dan rintangan dihadapi dengan bijak daan senyum. Begitupula dalam menjalani usaha beternak ayam broiler pastikan anda mencintai dunia peternakan ayam potong. Sehingga bekerja bukan menjadi beban tapi sudah menjadi kebutuhan dan sangat menyenangkan.

▪ Pantang Menyerah
Dalam setiap jenis usaha, seorang pebisnis perlu memiliki sifat pantang menyerah. Selama menjalani usaha beternak ayam broiler pastinya anda akan mengalami berbagai hambatan dan rintangan. Seperti modal usaha yang kurang memadai, banyak ayam yang mengalami sakit dan mati, harga jual ayam broiler perkilogram yang turun drastis, penjualan ayam pedaging yang sedang lesu, dan lain sebagainya. Hal tersebut jangan membuat anda menyerah dalam menekuni bisnis ternak ayam broiler. Sebab semua permasalahan usaha tersebut bisa dicarikan jalan keluar atau solusinya.

▪ Promosi dan Penjualan
Inilah aspek yang sangat penting lainnya dari bisnis beternak ayam broiler yaitu aspek pemasaran dan penjualan. Sebab percuma saja jika sobat mampu menghasilkan jumlah ayam broiler dengan jumlah besar dan bobot yang berat tapi tidak bisa menjual. Dipastikan usaha ternak ayam anda akan rugi. Sebab adanya biaya operasional, biaya pakan dll. Oleh sebab itu, cara promosi dan penjualan ayam broiler harus dikuasai secara baik. Berikut ini cara melakukan pemasaran dan penjualan ayam broiler potong, antara lain:

1. Menjual langsung kepada konsumen dengan membuka gerai usaha jual ayam potong

2. Menjual ayam broiler secara online melalui forum, marketplace, ecommerce dan medsos

3. Menjual ayam broiler ke sejumlah warung sayur sayuran dan warung sembako setempat

▪ Buka Cabang
Apabila usaha peternakan ayam broiler sobat telah berkembang dan sukses maka anda bisa membuka usaha ternak ayam broiler di tempat lain atau buka cabang. Anda bisa menjalin kerjasama usaha budidaya ayam potong dengan penduduk sekitar dengan sistem bagi hasil.