Daftar Harga Ikan Cupang Hias Berdasarkan Jenisnya

12 Januari 2018

Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar daftar harga ikan cupang hias berdasarkan jenisnya. Sebagaimana yang telah diketahui bersama, ikan cupang tergolong jenis ikan air tawar yang saat ini sangat ramai dibudidayakan oleh orang-orang. Hal ini wajar, karena ikan cupang memang sangat digemari baik di Indonseia maupun di belahan dunia lainnya.

Berbicara lebih lanjut tentang ikan cupang, jenis ikan air tawar ini berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam. Daya tahan hidup ikan ini cukup tinggi meskipun berada di wadah dengan volume kecil. Selain itu, bentuk dan karakter ikam cupang sangat unik dan jenisnya beragam.

Jenis Ikan Cupang Beserta Harganya
1. Cupang Plakat
Jenis ikan cupang yang pertama pada rincian daftar harga ikan cupang hias beserta jenisnya adalah Cupang Plakat. Negara asal ikan ini adalah Thailand dan digolongkan sebagai salah satu jenis ikan yang menawan. Ikan cupang jenis ini memiliki bentuk tubuh yang minimalis atau kecil.
ikan cupang hias, harga ikan cupang, harga ikan cupang hias, jenis ikan cupang, daftar harga ikan cupang hias, ikan cupang

Ada beberapa varian ikan Cupang Plakat, seperti plakat dragon, full black dan lainnya. Bentuknya yang lucu dan imut menyebabkan masyarakat banyak yang memelihara ikan tersebut.

Ikan Cupang Plakat bukan sekedar ikan hias, tapi juga seringkali dijadikan sebagai ikan aduan dalam pertarungan di laga-laga tertentu. Selain perbuatan illegal, mengadu ikan termasuk perbuatan yang dilarang dalam agama.

Sebagian orang juga sengaja memelihara dan membudidayakan ikan ini untuk dijadikan petarung handal sejak awal kelahirannya, sehingga mereka memberikan obat-obatan tertentu kepada ikan hias ini agar kuat saat bertarung.

Saat ini harga Iklan Plakat di pasaran terbaru berkisar Rp.2500 per ekor, bahkan ada yang sampai Rp.2.000.000. Semua ini tergantung kualitas dari ikan cupang tersebut.

2. Cupang Halfmoon
Jenis ikan cupang berikutnya pada artikel seputar daftar harga ikan cupang hias beserta jenisnya kali ini adalah Ikan Cupang Halfmoon artinya setengah bulan. Berdasarkan sejarah awal kemunculannya, ikan ini merupakan hasil persilangan ikan cupang yang ada di Amerika. Disebut demikian karena Penamaan pada ikan ini terdapat sirip dan ekor yang terlihat sekilas seakan-akan menyatu membentuk setengah lingkaran, dan jika dilihat dengan seksama dari samping, ikan ini terlihat setengah bulan.

Banyak orang-orang yang memelihara Ikan Cupang Halfmoon bertujuan untuk menjadikan  sebagai hiburan. Variasi warna yang terdapat pada siripnya juga beragam, ada yang putih sepenuhnya merah merona, biru dan lain sebagainya.

Harga Ikan Cupang Halfmoon ini berkisar Rp.5000 per ekor. Harga ikan ini akan mengalami kenaikan jika berhasil memenangkan kontes cupang.

3. Serit (Crown Tail)
Jenis ikan yang ketiga pada artikel seputar daftar harga ikan cupang hias beserta jenisnya kali ini adalah Ikan Cupang Serit asalnya dari Indonesia, tepatnya di Slipi Jakarta. Kemunculan ikan ini sejak tahun 1998 dan popular pada tahun 2000. Setelah itu keberadaan ikan ini akhirnya diakui oleh Internasional Betta Congress IBC. Di luar negri ikan serit disebut dengan crown tail. Sebabnya tidak lain dikarenakan bagian belakangnya berserit-serit, sekilas siripnya seperti slayer yang sobek-sobek namun rapih. Tulang siripnya juga kuat dan panjang. Saat ini ikan Cupang Serit dihargai Rp.5000 per ekor sampai ratusan ribu rupiah.

4. Double Tail atau Cagak
Sekilas, ikan cagak ini mirip dengan ikan cupang jenis halfmoon. Bedanya, ikan Cupang Double Tail agak menonjol adalah pada ekornya dan sirip ekor ikan double tail ini terbelah menjadi dua. Lalu setiap belahan yang terdapat pada sirip ekor memiliki ukuran dan lebar yang sama, kemudian perbedaan lainnya ada pada punggung dan sirip anak yang panjang.

Sejauh ini, pemeliharan dan pembudidayaan ikan yang cantik dan unik ini masih tergolong jarang ditemukan. Hal ini dikarenakan rendahnya tingkat keberhasilan cupang cagak yang sempurna dan indah. Oleh sebab itu cupang tidak selalu dikonteskan pada perlombaan-perlombaan cupang.

5. Giant Jenis Cupang Raksasa
Ikan cupang giant tergolong unik dan langka. Pasalnya, ikan jenis cupang ini tergolong jenis terbesar dari ikan-ikan cupang lainnya. Ukurannya bisa mencapai 11-12 cm. Ikan Cupang jenis Giant ini untuk pertama kali dikembangkan oleh Mr.Athapon dan putranya Mr.Natee pada 1999, kedua breeder tersebut berasal dari negara Thailand.  Awalnya mereka ketika itu tidak memiliki ikan kecuali jenis ikan plakat yang berukuran tidak normal yaitu 10cm. Kemudian mereka mengawinkan dengan ikan jenis cupang lainnya yang ukurannya juga tidak jauh beda dengannya. Sehingga lahirlah cupang giant alias raksasa.

Bukan hanya besar. Ikan Cupang Giant juga sangat indah dan memiliki variasi warna-warna menawan, seperti  biru, merah dan lain-lain. Dahulu saya beli ikan ini seharga 40.000 sampai ratusan ribu. Tentunya tinggi harga ikan ini sangat dipengaruhi tergantung jenis corak,warna dan ukuran yang dimiliki ikan giant tersebut.

6. Ikan Cupang Alam
Ikan Cupang Alam merupakan ikan yang belum mengalami persilangan. Ikan ini jauh dari jangkauan manusia, sehingga harga jualnya pun relative mahal. Jika semakin bagus dan langka maka bisa sangat mahal, namun sebaliknya jika sudah umum harganya pun akan anjlok dan sangat murah bahkan gratis. Habitat Cupang Ala mini umumnya ada di sungai, sawah, rawa dan selokan.

Jenis-Jenis Ikan Cupang Alam
Selain jenis-jenis ikan cupan di atas, perlu saya lengkapkan artikel seputar daftar harga ikan cupang hias beserta jenisnya kali ini dengan menyebutkan jenis-jenis ikan cupang alam di bawah ini:

▪ Cupang Sawah
Namanya saja cupang sawah, jadi hidupnya tentu saja di sawah-sawah dan kali. Kita bisa dengan mudah menemukan ikan ini di wilayah persawahan Sumatra dan Jawa, warna tubuhnya bergaris kuning dan biru. Di tempat saya, ikan berukuran 6cm ini dijuluki ikan terongan. Umumnya harga ikan Cupang Sawah berkisar Rp.2.000 sampai Rp.10.000.

▪ Cupang Paradise
Cupang Paradise atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Marcopodus Opercularis banyak di temukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri-ciri dari ikan jenis ini adalah bentuk badannya relatif panjang dan pipih ke samping. Sedangkan untuk warna badan lebih berbervariasi, mulai dari sawo matang hingga agak hijau. Separoh kepala bagian atas, leher, serta tengkuk berwarna sawo matang, warna hitam dan bercampur dengan warna loreng-loreng hijau zaitun. Ikan Cupang Paradise terlihat sangat cantik dikarenakan di sekujur tubuhnya penuh dengan garis-garis mendatar berselang-seling biru dan merah trengguli, sementara garis berwarna sawo matang atau agak biru terlihat melintas dari mata hingga tutup insang yang bertemu bintik putih berwarna merah tua.

▪ Cupang Sarawak
Cupang Sarawak yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan Betta Akarensis dapat ditemukan di Kota Sarawak, Malaysia bagian timur dan sekitar Kalimantan. Ciri-ciri khusus dari jenis ikan ini adalah adanya semacam garis membentang dari kepala hingga pangkal ekor di sisi kanan kiri dari ikan tersebut. Cupang Sarawak umumnya hidup di sebuah perrairan yang memiliki suhu berkisar 14 – 24’C.

Cupang Sarawak termasuk cupang yang berkembang biak dengan cara Mouthbrooder. Ikan ini sangat mudah beradaptasi di alam, dan lebih dari mampu hidup dengan sangat nyaman di daerah air bertekanan kurang lebih 80ppm, dan dengan tingkat pH sekitar 7,0. Maksimal ukuran panjang dari ikan Cupang Sarawak adalah 7 cm.

▪ Cupang Surga
Cupang surga memiliki nama ilmiah Macropodus Concolor, ciri-cirinya hampir mirip dengan cupang paradise, warnanya kecoklatan dan siripnya memanjang. Cupang Surga banyak ditemukan di Asia Tenggara tepatnya di Jawa dan Sumatra. Ukurannya bisa mencapai 10-12 cm.

▪ Cupang Emas
Cupang emas yang dalam bahasa latinnya adalah Betta unimaculata merupakan ikan cupang yang berasal dari Wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, Cupang Emas dengan mudah bisa dilihat dan ditemukan pada sungai-sungai kecil di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Warna tubuh dan sirip cupang emas adalah kuning kemilau kehijauan. Tidak heran jika cupang dengan panjang tubuh maksimal 12 cm ini disebut juga sebagai golden beta.

▪ Cupang Brunay
Cupang Brunay memiliki bahasa ilmiah Betta Macrostoma. Ikan cupang ini berasal dari Kalimantan. Warna tubuhnya kemerahan dengan kombinasi biru atau hijau, sedangkan di bagian siripnya berwarna hijau tua dengan hiasan guratan merah dan hijau muda di bagian tepinya. Komposisi warna-warna tersebut menjadikan ikan ini terlihat begitu indah dan dijuluki dengan “brunei beauty”. Panjang maksimal dari ikan cupang ini adalah 12 cm.

Saat ini penyebaran ikan Cupang Brunay sudah semakin banyak di Brunei Darussalam dan ujung utara negara bagian Malaysia, yaitu Sarawak dan di pulau Kalimantan. Sayangnya spesies ikan cupang ini mulai terancam punah. Itulah sebabnya mengapa Sultan Brunei melarang untuk mengekspor spesies ini dalam rangka menjaga kelestariannya.

Demikianlah informasi seputar daftar harga ikan cupang hias beserta jenisnya pada artikel kali ini. Semoga informasi yang saya sampaikan pada artikel ini bisa bermanfaat bagi membaca dan memberikan gambaran yang benar seputar jenis-jenis ikan cupang dan harganya.