15 Bisnis Ikan Hias yang Laris Pembeli, Mudah, dan Menguntungkan

13 Agustus 2017

Bisnis ikan hias sudah populer sejak lama. Dan saat ini menjadi trend lagi seiring bertambah besar jumlah pecinta ikan hias baik di tanah air. Prospek usaha ikan hias sangat menjanjikan. Apalagi kondisi di Indonesia yang mendukung sekali usaha dalam bidang perikanan. Seperti usaha ikan hias. Mengapa bisnis ikan hias menjanjikan dan menguntungkan untuk dilakoni saat ini? Karena pangsa pasar yang sangat besar dan cara pemasaran ikan hias yang relatif mudah.

Menjaring Uang dari Bisnis Ikan Hias
Ada banyak hal yang paling dinikmati orang yang hobi mengkoleksi ikan hias. Salah satunya adalah menikmati keindahan dari ikan hias itu sendiri dengan berbagai rupa, warna dan bentuk. Mayoritas ikan hias disimpan dalam aquariun yang unik dan cantik. Sehingga di waktu luang untuk melepaskan kepenatan, melihat ikan hias sudah cukup untuk melepaskan rasa stres.

Berdasarkan statistik dari pusat penelitian bahwasanya permintaan terhadap ikan hias di Indonesia terus meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir ini. Hal inilah yang menjadikan peluang usaha bisnis ikan hias sangat prospektif untuk dijalankan sekarang ini. Sobat akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari bisnis ikan hias secara cepat dan gampang.
usaha ikan hias, bisnis ikan hias, ikan hias, ikan hias aquarium, bisnis ikan,

Modal awal usaha ikan hias adalah memiliki hobi atau kecintaan terhadap bisnis budidaya ikan hias itu sendiri. Sehingga usaha perikanan ini bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Usaha ikan hias di tanah air tak pernah sepi pembeli dan tak pernah mengalami kelesuan. Bahkan dari tahun ke tahun bisnis ikan hias berkembang pesat. Yang mampu melahirkan beberapa pengusaha ikan hias yang kaya raya dan sukses.

Persaingan bisnis ikan hias cukup ketat di beberapa daerah di Indonesia. Hal itu disebabkan karena potensi keuntungan yang sangat menjanjikan dan mudah dijalankan. Usaha ikan hias bisa dijalankan secara sampingan dan rumahan. Selain itu, bisnis ikan hias dapat dilakukan oleh semua orang baik itu karyawan, ibu rumahtangga, buruh, mahasiswa, pelajar, pengangguran dan lain sebagainya. Asalkan mereka hobi dan mencintai akan ikan hias. Sehingga usaha ikan hias yang dikerjakan terasa ringan dan tanpa beban.
ikan hias aquarium, ikan hias, bisnis ikan hias, usaha ikan hias, bisnis ikan, ikan hias yang laris

Cara Bisnis Ikan Hias yang Menguntungkan
Ada berbagai cara dalam menjalankan bisnis ikan hias, antara lain:

1. Budidaya ikan hias. Inilah peluang bisnis ikan hias yang paling menguntungkan dari cara bisnis ikan hias. Yaitu Anda selaku pelaku usaha ternak ikan hias atau produsen yang mendistribusikan ikan hias ke konsumen langsung, ke berbagai toko ikan hias dan penjual keliling.

2. Penjual ikan hias dalam bentuk toko permanen. Modal usaha toko ikan hias sangat kecil yaitu sewa lokasi usaha, jaring ikan, pelet, filter, selang, akuarium, pompa air, kolam ikan, tabung oksigen, wadah, timba, pembelian bibit ikan hias dalam jumlah banyak dan perlengkapan lain sebagainya. Jika letak rumah anda berada di pinggir jalan raya yang ramai maka anda bisa membuka usaha ikan hias di depan rumah

3. Penjual ikan hias secara keliling. Anda bisa juga menjalankan usaha jualan ikan hias secara keliling menggunakan gerobak atau keranjang yang dipanggul. Biasanya tempat yang strategis untuk berjualan ikan hias di depan sekolah dasar (SD), dekat pusat keramaian pasar dan lain sebagainya. 

Tips Sukses Usaha Ikan Hias Modal Kecil
Dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis pastinya membutuhkan pedoman dalam menjalankan sebuah usaha agar berjalan lancar dan menguntungkan. Begitupula dalam bisnis ikan hias modal kecil. Berikut ini kumpulan tips sukses bisnis ikan hias modal kecil yang perlu sobat ketahui, antara lain:

▪ Memiliki Ketekunan
Bisnis ikan hias merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan susah-susah gampang. Sobat akan mengalami kesukaran dalam memulai bisnis ikan hias jika tidak mempunyai ketekunan. Sebaliknya jika anda melakukan usaha ikan hias dengan penuh ketekunan dan kecintaan maka berjalan waktu bisnis ikan hias sobat bisa berkembang pesat dan menghasilkan untung lumayan besar.

Dalam arti mempunyai ketekunan tingkat tinggi dalam memelihara dan merawat ikan hias agar berkembang secara baik. Sebab memelihara ikan hias atau binatang hidup haruslah telaten karena bersangkutan dengan nyawa. Kalau ikan hias diserang penyakit atau mengalami kematian disebabkan kurang telaten dan tekun dalam memelihara ikan maka bisnis ikan hias anda akan merugi atau bangkrut. Oleh sebab itu, syarat utama untuk sukses bisnis ikan hias adalah mempunyai ketekunan dalam memelihara ikan hias. Seperti memastikan kondisi air kolam dalam keadaan bersih, pemberian pakan diberikan secara teratur, kondisi aquarium tetap bersih dll.  

▪ Pengetahuan
Hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha ikan hias adalah membekali diri dengan berbagai pengetahuan tentang bisnis ikan hias dan seluk beluknya. Meliputi prospek usaha, rincian biaya modal usaha ikan hias, analisa keuntungan bisnis ikan hias, cara beternak ikan hias yang baik dan benar, cara pemasaran ikan hias dan lain-lain.

▪ Lokasi Sangat Strategis
Untuk mulai berbisnis ikan hias pastikan anda membuka usaha toko ikan hias di tempat yang strategis yang ramai lalu lalang manusia, mudah dikenali banyak orang, mudah dijangkau dan lain sebagainya. Untuk bentuk bisnis ikan hias bisa berupa toko ikan hias atau kios ikan hias maupun gerobak ikan hias. Lokasi usaha yang bagus bagi bisnis ikan hias adalah sekitar sekolah, pinggir jalan raya yang ramai, dekat permukiman warga yang padat penduduk, sekitar kampus, sekitar taman kota dan tempat strategis lainnya.

Bisnis Ikan Hias Online
Cara mempromosikan bisnis ikan hias bisa dilakukan secara offline misalnya menyebarkan brosur, mengikuti pameran dan bazaar. Selain itu yang tak kalah efektif adalah mempromosikan bisnis ikan hias secara online. Namun yang lebih menguntungkan dan gratis adalah mempromosikan usaha ikan hias secara online di internet. Misalkan anda menggunakan media sosial bbm, facebook, twitter, instagram, line, whatsapp, google plus, path dan lain sebagainya. Tugas anda hanyalah mengupload gambar ikan hias yang anda jual disertai nomor kontak yang bisa dihubungi. Lalu sharing ke semakin banyak orang untuk mengundang terjadinya transaksi penjualan ikan hias.

Ada banyak orang yang bisnis ikan hias online. Dari faktor keuntungan yang lumayan besar sampai hobi. Dan salah kiat sukses dalam membuka usaha ikan hias online adalah memilih jenis ikan hias yang diminati banyak orang dengan penampilan cantik. Atau dengan kata lain, pilihlah jenis ikan hias yang sedang populer dan trend. Sehingga mudah dan cepat dalam mendapatkan keuntungan dan penjualan.

Namun dibalik keuntungan bisnis ikan hias online tersebut tersimpan kekurangan yaitu bisnis ikan hias mempunyai tingkat persaingan usaha yang sangat ketat. Saat ini sangat mudah anda menjumpai berbagai gerai usaha yang menawarkan atau menjual ikan hias baik secara toko online maupun gerobak atau kios di kota dan pedesaan terpencil. Oleh sebab itu, sobat perlu memberikan beberapa kelebihan dari bisnis ikan hias sobat untuk memenangkan persaingan usaha yang ada. Seperti membuat toko online ikan hias, pengiriman gratis, harga lebih murah dari kompetitor dll.   

15 Bisnis Ikan Hias yang Laris Pembeli, Mudah, dan Menguntungkan
Konsumen ikan hias adalah berbagai kalangan dari mulai anak-anak kecil, anak sekolah sampai orang dewasa yang hobi ikan hias. Apabila anda bisnis ikan hias dengan target pasar kalangan anak-anak maka pastikan harga ikan hias sangat murah meriah. Misalkan harga ikan mas koi dan ikan cupang sebesar Rp 2000 per ekor.

Berikut ini 15 bisnis ikan hias yang laris pembeli, mudah dijalankan dan menguntungkan, antara lain:

1. Bisnis Ikan Hias Mas Koki. Jenis ikan air tawar yang banyak dijual untuk kalangan menengah atas dan bawah. Ikan mas koki termasuk usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Dikarenakan cepat bertelur dan beranak pinak.

2. Bisnis Ikan Hias Cupang. Untuk mulai bisnis ikan hias cupang sangat gampang. Anda membeli dua indukan jantan dan betina yang dimasukkan dalam kolam. Dengan sendirinya, indukan cupang betina akan beranak pinak dalam jumlah besar.

3. Bisnis Ikan Hias Guppy. Jenis ikan hias yang mudah diternakkan dalam akuarium mini. Sekali bertelur bisa menghasilkan anak ikan guppy sampai 200 ekor. Ikan guppy memiliki bentuk dan warna yang sangat indah.

4. Bisnis Ikan Hias Discus. Inilah jenis ikan yang mempunyai beragam warna dan memikat pandangan mata dengan keindahannya. Ikan discus berasal dari perairan amazon dengan bentuk pipih bak compact disk.

5. Bisnis Ikan Hias Arwana. Jenis ikan yang berasal dari asia tenggara dan disebut ikan naga. Ikan predator ini dapat ditemukan di perairan kalimantan dan papua. Di Indonesia, ikan arwana dijadikan ikan hias dengan harga jual sangat tinggi. Karena keindahan bentuk dan warna.

6. Bisnis ikan hias Black Phantom. Ikan air tawar ini disebut juga black ghost yang memiliki asal usul dari Suriname dan Amazon. Ikan ini memiliki ukuran besar dengan pakan berupa cacing, jentik nyamuk, pelet dll.

7. Bisnis ikan hias botia. Ikan ini memiliki bentuk lucu, warna yang indah kuning cerah. Di Indonesia, ikan botia banyak digemari. Sehingga jika anda berbisnis jualan ikan botia dipastikan menguntungkan dan laris manis.

8. Bisnis ikan hias corydoras. Jenis ikan air tawar dengan warna belang yang asal usul dari perairan Amerika Selatan. Habitat aslinya dari sungai amazon dan disebut juga ikan tikus. Jika anda membuka usaha ternak ikan corydoras maka pastikan keadaan akuarium atau kolam ikan sesuai habitat asli

9. Bisnis ikan hias louhan. Ikan yang memiliki ciri khas benjolan besar di kepalanya ini berasal dari Amerika Tengah banyak diminati para pecinta ikan hias di Indonesia. Dengan harga jual ikan lohan yang sangat mahal membuat peluang bisnis budidaya ikan louhan sangat menjanjikan untung besar.

10. Bisnis ikan hias oscar. Inilah jenis ikan hias air tawar yang sering dijumpai di aquarium. Dengan bentuk indah dan warna tubuh yang dominan hitam atau merah membuat ikan oscar banyak diburu orang.

11. Bisnis ikan hias sapu-sapu. Ikan sapu banyak ditemukan di kolam aquarium masyarakat Indonesia. Bentuk bagian bawah ikan sapu rata dan dapat menempel di kaca. Ikan ini memiliki warna hitam dengan bintik putih atau coklat di atasnya. Ikan hias ini populer di masyarakat tanah air dari masa ke masa. Dan memiliki sangat banyak penggemarnya.

12. Bisnis Ikan Sepat Hias. Jenis ikan yang termasuk bangsa gurame ini berasal dari negara Malaysia. Ikan ini mudah dipelihara dalam akuarium mini sekalipun dan merupakan ikan air tawar yang menyukai segala makanan atau omnivora. Pakannya bisa cacing, pelet, jentik nyamuk dll.

13. Bisnis ikan hias mickey mouse. Inilah jenis ikan yang diminati banyak orang di Indonesia. Dinamakan ikan mickey mouse karena bentuknya mirip mickey mouse. Sifat ikan ini senang berkelompok dan memiliki ukuran tubuh yang kecil.

14. Bisnis ikan hias molly. Jenis ikan yang tidak agresif. Namun memiliki sifat yang bersahabat dengan jenis ikan lainnya. Sehingga anda bisa memelihara ikan molly bersama ikan hias lainnya yang memiliki sifat bersahabat. Ikan ini mempunyai warna tubuh yang sangat indah dan memukau setiap orang yang melihatnya.

15. Bisnis ikan hias rainbow fish. Ikan ini mudah ditemukan di perairan Australia, Sulawesi dan Kalimantan. Ikan rainbow fish mempunyai sirip yang besar dengan bentuk melengkung tajam mengkilap. Bentuk tubuhnya sangat cantik dan pipih.