Budidaya Ayam Petelur Buat Pemula agar Cepat Sukses

17 Juni 2017

Usaha budidaya ayam petelur merupakan salah satu jenis usaha yang dapat kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia khususnya pedesaan. Usaha ini bisa dijalankan secara berkelompok maupun perorangan. Penulis pun tertarik membuka bisnis peternakan ayam petelur sama seperti usaha beternak ayam ras pedaging broiler. Karena usaha bidang peternakan ini menjanjikan untung besar dalam waktu singkat. Dan bisa dijadikan bisnis sampingan tanpa menghabiskan banyak waktu.

Analisa Usaha Ayam Petelur
Yang dijadikan komoditas utama dari usaha budidaya ayam petelur ialah telur yang dihasilkannya. Telur tersebut dijual di pasaran dengan harga normal. Namun pastikan telur yang dihasilkan berkualitas bagus. Untuk mendapatkan telur yang bagus dengan cara memilih bibit ayam petelur yang unggul, memperhatikan pola makan yang baik, dan pola perawatan dan komposisi makanan yang diberikan. Yang menjadi kelebihan usaha budidaya ayam petelur adalah usaha ini dapat dijalankan dimanapun. Baik di kota maupun desa terpencil.

Lalu yang jadi pertanyaan banyak orang adalah berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha budidaya ayam petelur? Untuk membuka usaha peternakan ayam petelur membutuhkan modal besar. Karena jumlah bibit ayam petelur unggul yang harus dibeli dalam jumlah besar. Belum ditambah lagi biaya pembuatan kandang ayam, biaya pakan perhari, operasional usaha dan lain lain.
ternak ayam petelur, ayam petelur, budidaya ayam petelur, ternak ayam, ayam, cara ternak ayam petelur

Berdasarkan pengamatan penulis, usaha beternak ayam petelur lebih menguntungkan dari bisnis beternak ayam pedaging ras broiler. Sebab keuntungan yang didapatkan bisa dari dua sumber yakni penjualan telur yang utama dan penjualan daging ayam.

Perhitungan keuntungan budidaya ayam petelur sangat gampang. Jika anda mempunyai 300 ekor ayam petelur maka omset perhari sebesar Rp 300 ribu. Dengan harga jual satu butir telor ayam sebesar Rp 1000. Keuntungan itu masih kotor, belum dipotong biaya pakan perhari sebesar Rp 200 ribu maka untung bersih sebesar Rp 100 ribu perhari. Atau Rp 3 juta perbulan. Namun jika anda ingin mempunyai penghasilan Rp 10 juta perbulan dari usaha budidaya ayam petelur maka tinggal kalikan dengan jumlah ayam petelur yang harus dipelihara yaitu sebesar 1000 ekor ayam.

Potensi keuntungan usaha budidaya ayam petelur sangat besar. Harga telur relatif stabil. Bahkan mengalami kenaikan terutama menjelang lebaran. Didukung memasarkan telur ayam negeri sangat mudah. Anda dapat menjual langsung ke konsumen, menjual ke warung dan toko sembako maupun menjual ke pabrik produsen makanan yang menggunakan bahan dasar telor.

Telah banyak orang yang membudidayakan ayam petelur mampu menjadi kaya raya dan jutawan. Dari usaha skala kecil hingga menjadi skala besar. Hal ini menunjukkan potensi yang sangat besar dari bisnis ternak ayam petelur. Jika anda sedang mencari berbagai peluang usaha baru maka anda bisa mencoba membuka usaha beternak ayam petelur yang menguntungkan.

Budidaya Ayam Petelur Buat Pemula agar Cepat Sukses
Untuk sukses dengan cepat dalam usaha beternak ayam petelur bagi pemula mudah sekali. Berikut ini langkah-langkahnya:

▪ Memilih bibit unggul
Dengan memilih bibit ayam petelur yang unggul maka telur yang dihasilkan berkualitas baik dengan ukuran besar. Sebaliknya jika bibit ayam berkualitas buruk maka telur yang dihasilkan kecil kecil dan tak berkualitas baik. Oleh sebab itu, pastikan indukan atau bibit ayam petelur dari jenis unggul.

▪ Perawatan
Untuk perawatan ayam petelur harus diperhatikan dengan baik. Peliharalah ayam petelur secara baik dan benar serta pemberian pakan berkualitas baik supaya telur yang dihasilkan berkualitas bagus dan bentuknya besar besar.

▪ Kebersihan Kandang Ayam Terjamin
Kandang ayam dipastikan selalu dalam keadaan bersih dan harus dibersihkan secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pada ayam. Karena ayam petelur rentan sakit jika kandang ayam dalam keadaan kotor. Hal ini dialami oleh penulis yang memelihara ayam pada satu kandang bersih dan kandang kotor. Dengan kandang bersih, ayam hidup sehat. Sedangkan ayam yang hidup dalam kandang kotor mengalami sakit hingga mati.

Selain itu dengan adanya jaminan kebersihan kandang akan membuat ayam mampu memproduksi telur yang berkualitas bagus. Cara merawat ayam petelur sama halnya manusia. Jika bertempat tinggal dalam rumah yang kotor membuat kita tak nyaman. Begitupula pada ayam ayam. Mereka ingin hidup dalam rumah yang bersih, aman dan nyaman.

Oleh sebab itu, anda harus memastikan kebersihan kandang ayam beserta wadah makan dan minum. Untuk membersihkan kandang ayam sangat mudah. Dengan cara membersihkannya menggunakan media air. Kebersihan kandang harus dijaga untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit.

▪ Pakan Ayam Petelur
Faktor lainnya yang penting agar budidaya ayam petelur cepat sukses adalah pemberian pakan ayam haruslah pakan berkualitas baik dan dalam jumlah besar. Sehingga telor yang dihasilkan mempunyai kualitas baik dan dalam jumlah banyak. Seperti teori bijak mengatakan apa yang anda makan adalah apa yang anda hasilkan. Oleh karena itu, jika ayam petelur ingin menghasilkan telur yang bagus maka pakan ayam perlu diperhatikan dan memastikan dalam kondisi bagus dan dalam jumlah cukup banyak.

Pemberian pakan berkualitas baik bagi ayam petelur bisa dilakukan tiga kali dalam satu hari. Berikan air untuk minum ayam. Pakan ayam berkualitas bagi ayam petelur bisa dibuat dari campuran tepung ikan, sentrat, jagung yang telah dihaluskan, dan bahan pakan campuran lainnya. Anda bisa membeli pakan ayam petelur di toko pakan ternak terdekat.

Tentu anda membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli pakan ayam petelur. Namun jika modal anda terbatas maka untuk menghemat pengeluaran biaya pakan, anda bisa membuat sendiri pakan ayam petelur dengan menggiling jagung sendiri oleh mesin giling jagung. Kemudian mencampurkan dengan bahan campuran lainnya.

Sama seperti manusia pemberian pakan ayam bagi ayam petelur janganlah terlalu banyak dan jangan terlalu kurang. Tapi dalam porsi dan takaran yang memadai. Apabila pemberian pakan bagi ayam petelur dalam jumlah terlalu banyak maka akan mengakibatkan sedikit keuntungan yang diperoleh dari usaha budidaya ayam petelur. Dan jika diberikan pakan sedikit maka kualitas telor yang dihasilkan kurang baik. Jadi sama seperti manusia pastikan ayam petelur diberikan pakan ayam sesuai takaran dan pas sesuai jumlah ayam.

Selain memberikan pakan secara teratur, ayam petelur harus diberi vitamin dan nutrisi supaya ayam petelur senantiasa dalam kondisi sehat bugar. Sama seperti manusia membutuhkan makanan yang disertai vitamin dan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Pendek kata, pemeliharaan dan perawatan serta pemberian pakan ayam petelur harus telaten. Secara berkala anda harus mengecek kesehatan ayam petelur satu persatu dan memastikan dalam kondisi sehat.

Itulah hal yang harus diperhatikan supaya usaha budidaya ayam petelur cepat sukses dan menghasillkan telur yang besar besar dan berkualitas bagus.

Ternak Ayam Petelur Rumahan
Apabila ada ayam petelur yang sakit maka anda harus memisahkan dari kumpulan ayam petelur. Untuk diberikan perawatan khusus dan diberikan pengobatan sampai ayam sehat kembali. Namun bukan berarti usaha budidaya hewan ayam petelur tidak memiliki resiko kerugian. Resiko rugi tetap ada seperti ayam petelur mengalami kematian.

Bagi pemula tentu masih minim pengalaman. Kemungkinan usaha budidaya ayam petelur mengalami kerugian sangat besar. Riskan karena belum memiliki pengalaman dan keahlian merawat ayam petelur. Oleh sebab itu, bagi pemula sebaiknya beternak ayam petelur dalam jumlah kecil terlebih dulu. Misalnya budidaya ayam petelor sebanyak 300 ekor.

Pendek kata, cara budidaya ayam petelur agar cepat sukses yang utama adalah mampu menguasai cara merawat dan memelihara ayam petelur yang baik. Dengan memperhatikan perawatan ayam yang baik akan menghasilkan telur ayam berkualitas bagus. Hal ini berkenaan dengan sektor produksi.

Selain sektor produksi dengan macamnya, berikutnya yang harus diperhatikan adalah masalah pemasaran telor ayam. Anda harus menjalin kerjasama sebelumnya dengan para pemilik warung dan toko untuk membantu menjualkan telor yang anda hasilkan secara langsung ke tangan konsumen. Berikanlah harga yang murah dan menarik bagi warung dan toko sembako.

Jika anda ingin membuka usaha budidaya ayam petelur alangkah lebih baik memulai usaha dari nol. Sehingga mengetahui seluk beluknya dari dasar. Walaupun bermodal kecil berjalan waktu skala usaha bisa membesar hingga omset puluhan juta rupiah perbulan. Target kita adalah usaha beternak ayam petelur dengan untung sebesar Rp 10 juta perbulan. Agar keuntungan bisa menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa ayam petelur sama dengan ayam biasa. Namun tugas sehari hari adalah bertelor sebanyak mungkin. Produktif dalam betelor dibandingkan jenis ayam biasa. Dalam satu hari satu ekor ayam petelur bisa menghasilkan beberapa butir telor. Namun kualitas telor ayam yang baik dan besar besar sangat tergantung cara perawatan ayam, komposisi makanan, pakan ayam dan lain sebagainya.

Demikianlah hal hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha budidaya ayam petelur bagi pemula agar cepat sukses. Dengan cara itu telur yang dihasilkan berkualitas baik dan dalam jumlah banyak yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar dan masyarakat.