Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Potong dan Pangsa Pasarnya

25 April 2017

Salah satu makanan yang digemari banyak orang adalah daging ayam. Baik itu dijadikan ayam goreng, ayam bakar, dipepes, opor ayam dan direbus. Semuanya enak. Apalagi daging ayam mengandung banyak protein hewani yang mampu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh manusia. Sebagai kuliner yang disukai semua orang menjadikan bisnis ternak ayam potong marak di berbagai daerah. 

Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Potong
Permintaan yang besar terhadap daging ayam dari masyarakat tanah air membuat bisnis ternak ayam potong sangat menjanjikan untung besar. Apalagi permintaan daging ayam di Indonesia belum dapat dipenuhi para peternak lokal secara baik.

Penulis sedang melakukan survey analisa mendalam mengenai perbandingan keuntungan bisnis ternak ayam potong atau broiler dengan keuntungan usaha ternak kambing. Setelah dianalisa ternyata usaha ternak ayam ras lebih cepat panen. Diperkirakan panen ayam sudah bisa dilakukan 21 hari sampai sebulan. Sedangkan ternak kambing memerlukan waktu satu tahun agar kambing berkembang biak dan bertambah banyak.

Melihat kebutuhan yang sangat besar terhadap daging ayam di masyarakat membuat usaha ternak ayam sangat menjanjikan. Pangsa pasar terbuka luas. Pemasaran mudah dilakukan. Pendek kata, prospek usaha ternak ayam potong pada saat ini sangat menguntungkan. Bahkan untuk masa depan. Cara pemasaran sangat gampang. Bisa dijual melalui bandar, pengepul, restoran, rumah makan, gerai usaha fried chicken ayam goreng dan lain sebagainya.
bisnis ternak ayam, bisnis ternak ayam potong, usaha ternak ayam potong, ayam potong, usaha ternak ayam, ternak ayam, bisnis ayam

Resiko Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging
Namun bukan berarti usaha ternak ayam potong ini pasti menguntungkan. Ada resiko kerugian. Seperti yang telah diungkapkan kepada penulis dari mantan peternak ayam potong. Inilah penuturannya. Dahulu saya beternak ayam potong dengan jumlah seribu ayam. Modal awal usaha yang dikeluarkan mencapai ratusan juta rupiah. Ini sudah termasuk gaji karyawan sebanyak empat orang, pembelian pakan ayam, biaya pembuatan kandang ayam, pembelian bibit ayam broiler.

Berjalan waktu pada tahun 1998, ketika panen ayam harga ayam potong per ekornya jatuh sekali di level terendah. Sedangkan harga pakan ayam naik drastis karena diimpor. Praktis usaha ternak ayam menderita kerugian besar hingga terpaksa ditutup. Peternak ayam broiler ini menyesali menanamkan uang dalam jumlah besar sekaligus pada bisnis ternak ayam potong. Seandainya ia beternak 200 ayam broiler dahulu maka ia takkan mengalami kerugian yang demikian besar.

Pendek kata, kerugian bisnis ternak ayam potong bisa saja terjadi. Misalkan banyak ayam broiler yang sakit lalu mati. Dan anda masih ingat beberapa tahun ke belakang ketika musim flu burung. Yang menjadi penyebab utama terjadinya flu burung adalah binatang unggas ayam. Sehingga banyak orang yang tidak mau makan daging ayam. Pada waktu terjadi fenomena flu burung banyak sekali para peternak ayam potong yang bangkrut dan merugi hingga miliaran rupiah.

Akan tetapi, sekarang ini demam dan isu flu burung sudah berangsur hilang. Sehingga usaha ternak ayam berjalan normal kembali dan kini menguntungkan. Banyak pengusaha ternak ayam broiler yang sukses. Saat ini merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk beternak ayam potong yang menjanjikan untung besar. Apalagi menjelang hari raya lebaran yang diperkirakan penjualan daging ayam melonjak tajam dan harga ayam potong naik perkilogram.

Pangsa Pasar Ternak Ayam Broiler
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, daging ayam merupakan makanan favorit menu teman nasi yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan. Tua maupun muda, pria dan wanita, anak kecil hingga orang dewasa tentu menyukai daging ayam dan olahannya. Karena rasanya yang enak dan lezat. Disertai kandungan protein dan vitamin didalamnya yang dibutuhkan tubuh manusia.

Hal ini membuat pangsa pasar usaha ternak ayam potong sangat luas mencakup semua orang. Berikut ini pangsa pasar ternak ayam broiler, antara lain:

1. Semua orang yang menyukai daging ayam

2. Para pengusaha yang produksi kuliner berbahan dasar daging ayam. Misalnya produk mie ayam, bakso ayam dll

3. Pengusaha restauran dengan menu ayam

4. Rumah makan, warung makan, warteg, atau cafe dan lain sebagainya Semua itu membutuhkan daging ayam sebagai menu pendamping nasi.

Pangsa pasar bisnis ternak ayam potong bisa secara lembaga seperti restoran ataupun individu perorangan. Melihat peluang usaha beternak ayam broiler sangat menjanjikan membuat banyak pengusaha tertarik membuka bisnis peternakan ayam dari skala besar hingga kecil. Usaha tambahan dari beternak ayam potong adalah menjual bibit ayam potong.

Usaha beternak ayam ras pedaging termasuk bisnis ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat. Masa panen ayam broiler terjadi di hari ke-21 atau satu bulan. Hal ini terjadi karena ayam ras pedaging memiliki tingkat produktifitas tinggi. Jenis ayam yang paling unggul dari jenis ayam lain. Waktu panen singkat hanya satu bulan dan harga per ekor ayam broiler atau perkilogram di pasaran cukup tinggi membuat usaha ternak ayam potong sangat menguntungkan.

Persiapan Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging
Anda bisa memulai usaha ternak ayam ras pedaging dengan skala kecil hingga skala besar. Yang penting kreatif dan keberanian memulai usaha ternak ayam broiler. Kendala dan tantangan pasti akan dihadapi. Namun bersikaplah ulet dan pantang menyerah agar usaha ternak ayam ras pedaging berlangsung sukses dan menguntungkan. Selain itu, diperlukan berbagai persiapan usaha yang mendalam meliputi:

▪ Pembuatan kandang ayam
Suhu dalam kandang ayam ras yang bagus sekitar 32 celcius hingga 35 celcius. Posisi kandang ayam harus berada dalam kondisi yang benar yakni tidak melawan arah angin yang cepat berhembus dan posisi kandang ayam harus terkena cahaya matahari di pagi hari. Pastikan kandang ayam broiler berada di tempat yang jauh dari permukiman warga setempat. Sebab dapat mengakibatkan terjadinya polusi udara. 

▪ Alas lantai
Perlengkapan ini mesti dalam kondisi kering. Jangan sampai basah. Pastikan tidak ada air hujan yang masuk dalam kandang walau ada angin kencang, dan pastikan atap kandang tak bocor. Bahan alas lantai adalah serutan kayu atau sekam atau campuran kulit padi yang diberi pasir dan kapur secukupnya. Adapun tebal alas lantai sekitar 10 centimeter.

▪ Brooder
Pengganti indukan ayam yang disebut brooder. Alat penghangat bagi anak-anak ayam ras yang baru menetas atau masih kecil.

▪ Tempat makan dan minum ayam
Untuk membuat tempat makan ayam ras bisa dibuat dari bahan bambu atau alumunium. Pastikan tempat makan ayam tak berkarat, kuat, kokoh dan tak bocor.

▪ Peralatan Lain
Tempat istirahat atau tempat tidur ayam ras pedaging. Sediakan pula alat kesehatan bagi ayam yang meliputi suntikan, gunting dan pisau operasi.

Cara Memasarkan Ayam Potong
Yang penting selain ternak ayam ras itu sendiri adalah cara menjual dan memasarkannya. Untuk cara pemasaran ayam ras bisa dilakukan lewat kerjasama dengan pengusaha pemotongan ayam, promosi dari mulut ke mulut, menitipkan anak ayam ras sebagai bibit di penjual anak ayam keliling, dan menitipkan telor ayam pada agen telor ayam ras. Selain itu bisa dijual langsung ke konsumen, pasar tradisional, warung kecil, pedagang sayuran dll. Mudah kan dalam pemasaran ayam. Apalagi jika sudah memiliki pelanggan dalam jumlah banyak.

Kelebihan Usaha Ternak Ayam Ras
Dalam setiap usaha pasti ada kelebihan dan kekurangan. Begitupula dalam bisnis ternak ayam ras pedaging. Adapun keunggulan usaha ternak ayam broiler adalah ia bisa memberikan penghasilan dalam jumlah besar bagi peternaknya. Sehingga banyak pengusaha ternak ayam broiler kaya raya dalam waktu cepat. Atau tingkat persaingan bisnis ternak ayam ras sangat tinggi namun tetap menjanjikan.

Kesimpulannya, bisnis ternak ayam potong adalah usaha ternak hewan ini cepat mendatangkan keuntungan. Karena masa panen ayam broiler terbilang singkat sekitar satu bulan. Selain itu, waktu yang dipergunakan untuk beternak ayam ras tidak menyita banyak waktu. Anda cukup santai dan dapat mengerjakan pekerjaan lainnya sekehendak hati. Hal ini sangat menyenangkan.

Kiat Sukses Beternak Ayam Broiler
Namun untuk sukses dalam usaha beternak ayam ras pedaging ini diperlukan teknik dan pengetahuan mendalam mengenai cara beternak ayam potong yang baik dan benar. Karena sama seperti bisnis ternak kambing, usaha beternak ayam broiler tidaklah gampang. Diperlukan pola pikir yang benar dalam usaha ternak ayam potong. Seperti takaran minuman dan makanan bagi ayam haruslah tepat, suhu dan luas kandang harus disesuaikan sedemikian rupa supaya ayam ras bisa tumbuh dan berkembang secara bagus.

Namanya juga usaha ternak ayam potong yang berkaitan dengan nyawa. Maka usaha ini rawan sekali mengalami kerugian jika tak mengetahui ilmu dan teknik memelihara ayam broiler dari anakan sampai dewasa yang baik dan benar. Ada beragam penyakit yang bisa menyerang ayam. Salah satunya flu burung yang dapat menghancurkan bisnis ternak ayam potong sobat.

Terakhir untuk keberlangsungan bisnis peternakan ayam ras pedaging, sobat harus menyediakan mesin tetas telur dalam kapasitas besar untuk stok bibit ayam yang baru. Selain anda menjual ayam ras per ekor untuk dipotong, anda pun bisa menjual bibit ayam broiler dengan harga Rp 5000 per ekor sebagai penghasilan tambahan.Melalui mesin penetas telur sobat bisa menghasilkan bibit ayam ras dalam jumlah banyak.