24 Usaha Paling Laris di Kampung, Menguntungkan, Prospek Cerah

24 Januari 2023

Wiraswasta belakangan ini memang menjadi salah satu profesi yang difavoritkan. Hal ini lantaran dengan membangun usaha sendiri, maka Anda pun akan bisa membangun kerajaan bisnis sendiri. Usaha paling laris di kampung bisa jadi pilihan jika Anda hidup di kawasan perkampungan.

Dengan iming-iming berupa penghasilan yang tidak terbatas, maka tak heran jika banyak sekali yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis. Meski demikian, pastikan Anda bisa memilih jenis bisnis yang tepat sehingga berakhir dengan keuntungan maksimal karena memang dibutuhkan oleh pasaran.

24 Usaha Paling Laris di Kampung yang Bisa Jadi Referensi Anda
Bagi yang hidup di kawasan perkampungan di mana kawasan rumahnya cukup padat, maka ini menjadi kesempatan yang amat besar untuk bisa membuka usaha sendiri. Pasalnya, prospek usaha di kawasan padat seperti ini akan sangat besar mengingat calon pembelinya juga banyak.

Bagi Anda yang kini berniat untuk membuka usaha sendiri di kawasan perkampungan, maka berikut ini beberapa jenis usaha paling laris di kampung yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Usaha laundry kiloan
Kebersihan adalah bagian dari cara menjaga hidup yang sehat. Kebersihan dari pakaian salah satunya. Biasanya di kawasan perkampungan, banyak sekali yang tidak sempat untuk mencuci sendiri sehingga usaha laundry kiloan akan bisa jadi peluang untuk Anda.
usaha laris di kampung, usaha paling laris di kampung, usaha yang laris di kampung, usaha laundry, usaha laundry kiloan, bisnis laundry, bisnis paling laris di kampung, mesin laundry

Modal yang dibutuhkan pun tidak besar mengingat hanya butuh mesin cuci, hanger, sabun cuci, dan pewangi saja. Jika diperkirakan, kemungkinan Anda hanya butuh modal 7 jutaan saja untuk membuka usaha laundry kiloan kecil-kecilan di wilayah kampung Anda.

2. Cuci motor atau mobil
Jika pekarangan rumah Anda tidak terpakai, maka pastikan untuk menjadikannya ladang rejeki. Cobalah membuka usaha berupa cuci motor dan atau cuci mobil jika memang pekarangannya luas.

Hal ini lantaran kesibukan pekerjaan umumnya menjadikan pemilik kendaraan tidak sempat dalam mencuci kendaraannya sendiri. Melihat peluang besar ini, maka usaha cuci motor dan cuci mobil pasti akan jadi usaha paling laris di kampung.
usaha paling laris di kampung, usaha paling laris di desa, usaha yang laris di kampung, usaha di kampung, usaha cuci mobil, usaha cuci kendaraan

3. Les privat
Di kawasan perkampungan pastilah banyak sekali anak-anak. Biasanya anak-anak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain seharian di luar rumah. Dibanding bermain, tentu ada baiknya anak belajar sehingga nilai sekolahnya bisa tinggi.

Anda bisa membuka usaha les privat di sekitar kawasan kampung Anda. Les privat sangat dibutuhkan banyak orang tua sehingga pembelajaran dari si kecil bisa lebih terkontrol. Modal membuka les privat pun sangat murah karena hanya butuh peralatan tulis menulis saja.

4. Jahit pakaian
Jika Anda memiliki ketrampilan dalam menjahit pakaian, maka ada baiknya manfaatkan ketrampilan tersebut untuk menghasilkan uang. Anda bisa membuka jasa jahit pakaian di rumah Anda hanya dengan modal mesin jahit yang Anda punya dan ketrampilan menjahit Anda.

Anda bisa mencari pelanggan dari sekitar kawasan kampung Anda dengan menawarkannya pada Ibu-Ibu. Pastikan batasi pemesanan dan berikan kualitas terbaik sehingga pelanggan akan setia pada jasa jahit Anda.
usaha laris di kampung, usaha paling laris di kampung, usaha yang laris di desa, usaha paling laris, usaha yang menguntungkan di kampung, usaha menjahit, mesin jahit, jahit pakaian

5. Jasa fotokopi
Umumnya di kawasan perkampungan juga dekat sekali dengan sekolah dan kawasan kantor pemerintah. Untuk itu, jasa fotokopi akan bisa jadi pilihan tepat sehingga para pegawai, guru dan murid bisa mencetak dokumen di jasa fotokopi Anda.

6. Jual pulsa
Pulsa adalah kebutuhan hampir semua orang. Tak heran jika usaha jual pulsa baik pulsa seluler atau pulsa listrik menjadi usaha paling laris di kampung. Dengan modal yang tak sampai 1 juta, Anda bahkan sudah bisa membuka usaha ini. Karena itu, sayang untuk melewatkan salah satu jualan yang paling laku di kampung ini.

7. Jual pakaian
Tanpa harus bermodal besar dan punya butik besar, Anda juga bisa jual pakaian. Targetnya adalah para Ibu sehingga Anda bisa memanfaatkan momen arisan atau mengantar anak sekolah untuk menawarkan dagangan Anda.
usaha yang laris di kampung, usaha paling laris di kampung, usaha yang laris di desa, usaha paling laris di desa, usaha yang menguntungkan di kampung, usaha jual pakaian, toko pakaian

Anda bisa menawarkan sistem secara angsuran kepada calon konsumen sehingga mereka lebih tertarik membeli dagangan tersebut.

8. Toko kelontong
Jika Anda memiliki modal yang lumayan, maka toko kelontong akan sangat dibutuhkan. Toko kelontong sering menjadi usaha paling laris di kampung karena menyediakan banyak perlengkapan harian. Modalnya sekitar 10 juta rupiah untuk toko kelontong standar.

Beberapa benda yang dijual di toko kelontong biasanya sabun, sampo, rokok dan masih banyak lagi kebutuhan harian lainnya yang bisa disediakan.

9. Agen gas LPG
Siapa yang tak butuh gas LPG di zaman seperti ini. Semua rumah bahkan membutuhkannya. Usaha gas LPG ini jika ditekuni bisa menjadi usaha paling laris di kampung. Pastikan penduduk di kawasan tersebut membeli gas LPG di tempat Anda sehingga keuntungan berlimpah.

10. Toko makanan ringan kering
Kawasan perkampungan identik dengan kawasan padat penduduk. Anak kecil tentu menjadi bagian yang tak terpisahkan. Biasanya anak-anak sangat suka jajan. Anda bisa menjual berbagai makanan ringan kering untuk anak sekitaran kampung Anda misalnya ciki, permen dan lainnya.
usaha yang laris di kampung, usaha yang menguntungkan di kampung, usaha yang laris, usaha makanan, toko makanan, toko makanan ringan, permen

11. Berjualan menu sarapan
Sarapan menjadi waktu makan yang banyak dicari. Menu sarapan yang terlaris biasanya bubur, gudeg, opor dan masih banyak lagi. Usaha menu sarapan ini termasuk usaha paling laris di kampung, padahal hanya berjualan dari jam 5 sampai sekitar jam 10 pagi saja.

Modal untuk berjualan menu sarapan ini tidaklah besar karena Anda bisa menggunakan peralatan masak biasa lalu buka lapak di depan rumah Anda kecil-kecilan.

12. Usaha warteg
Jika berjualan menu sarapan saja masih kurang, maka bisa juga Anda berjualan warung warteg untuk menu siang hari. Menu tumis dan sop biasanya jadi menu yang paling dicari. Ada baiknya jika membuka usaha warteg ini di lokasi dekat kantor kelurahan dan sekolah sehingga potensial.

13. Warung lesehan
Warteg kadang membosankan untuk sebagian besar orang. Anda pun bisa membuka usaha warung lesehan dengan menu sederhana berupa ayam goreng, bebek bakar dan lainnya. Biasanya warung lesehan banyak juga dipesan untuk acara rapat dan pertemuan.

14. Jual aneka kue
Jika modal Anda tak cukup untuk membuka bisnis sekelas restoran, maka bisa juga dengan menjual aneka jenis kue. Baik kue basah atau kue kering, semuanya banyak dibutuhkan di area perkampungan. Anda bisa promosi ketika arisan kepada Ibu-Ibu sekitaran.

15. Warung kopi malam hari
Kebanyakan anak muda memiliki hobi untuk nongkrong kala malam hari. Tak melulu kafe, warung kopi pun juga jadi usaha paling laris di kampung dan diserbu penikmat kopi dan malam. Dengan modal kopi dan juga tempat agak luas, warkop sudah bisa beroperasi.

16. Angkringan
Nasi kucing, sate telur dan gorengan menjadi menu utama yang tak akan bisa ditolak. Angkringan juga selalu jadi incaran untuk banyak orang karena menawarkan harga yang super murah. Dengan modal tak sampai 5 juta, dijamin warung angkringan sudah bisa dibuka.

17. Berjualan bahan pokok
Beras, gula hingga minyak goreng adalah barang yang paling dicari oleh para Ibu. Berjualan bahan pokok juga termasuk usaha paling laris di kampung yang bisa Anda coba tekuni. Bahan pokok menjadi kebutuhan tiap rumah tangga sehingga pasti warung Anda akan ramai pembeli.

18. Menjual sayur mayur
Jika Anda hanya memiliki modal kurang dari 500 ribu, maka bukalah lapak sederhana di depan rumah dan jual sayur mayur. Ya, warung belanjaan seperti ini memiliki aliran kas yang sangat cepat karena para Ibu di perkampungan selalu belanja tiap harinya.

Anda bisa berangkat ke pasar pagi hari untuk belanja berbagai sayur mayur dan langsung menjualnya dalam kondisi segar. Meski seolah hanya barang murah, namun keuntungan yang dihasilkan cukup lumayan.

19. Beternak ayam
Beternak ayam mungkin salah satu usaha dengan modal agak besar. Namun, prospek usaha ini bisa sangat menguntungkan mengingat kebutuhan akan daging ayam dan telurnya yang tinggi. Beternak ayam tentu butuh skill yang baik sehingga perlu dipelajari dulu sebelum terjun.

20. Menjual BBM eceran
Usaha paling laris di kampung selanjutnya adalah dengan menjual BBM eceran. Semua orang tentu butuh BBM demi bisa menjalankan kendaraannya. Namun karena tidak mau antri di pom bensin atau kadang kehabisan, maka usaha BBM eceran ini bisa jadi peluang usaha yang bagus.

21. Usaha warnet
Internet kini sudah menjadi kebutuhan untuk semua orang. Meski bisa diakses melalui smartphone, namun tetap saja ada yang membutuhkan internet dari PC. Usaha warnet akan bisa jadi peluang bagus untuk Anda sehingga bisa hasilkan pundi uang.

22. Menjadi pengepul hasil pertanian
Di daerah perkampungan atau pedesaan, menjual hasil pertanian kadang sulit sekali. Bagi Anda yang memiliki koneksi dengan penjual hasil pertanian, maka Anda bisa menadah hasil tani dari tetangga. Anda bisa melanjutkan untuk menjualnya ke kota sehingga bisa dapatkan keuntungan.

23. Usaha potong rambut
Usaha paling laris di kampung lainnya yang bisa Anda tekuni adalah dengan membuka jasa potong rambut. Jika Anda memiliki skill dalam memotong rambut baik pria atau wanita, maka bisa jadikan skill tersebut penghasil uang.

24. Jasa reparasi elektronik
Elektronik rumah tangga sangat beragam dan banyak. Kadang barang elektronik tidak selalu bekerja sesuai fungsinya. Bagi yang memiliki kemampuan dalam memperbaiki barang elektronik seperti AC, kipas angin, kulkas dan mesin cuci, maka bisa juga membuka usaha jasa reparasi.

Itulah beberapa macam usaha paling laris di kampung dan potensial untuk Anda tekuni. Dengan menjalankan salah satu atau beberapa usaha tersebut, maka Anda akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar modal besar.