Rincian Biaya Modal Usaha Kue Lebaran dan Keuntungannya

03 Juni 2017

Apakah Anda mengenal kue kering? Tentunya sudah tidak asing lagi. Bahkan, bisa jadi Anda sangat sering mencicipinya. Penganan kue ini digemari banyak orang dari berbagai kalangan baik tua maupun muda bahkan anak-anak. Karena rasanya yang enak, nikmat, renyah dan lezat. Kue kering mempunyai tekstur yang kering dan keras yang kandungan air di dalamnya sangat sedikit. Dan pada saat menjelang lebaran, usaha kue kering mengalami masa laris manis yang disebut juga kue lebaran.

Bahan untuk membuat kue lebaran sangat mudah didapatkan di pasaran. Seperti tepung terigu, margarin, tepung beras, tepung ketan, vanili, baking powder dan lain-lain. Begitupula cara pengolahan dan pembuatan kue lebaran gampang sekali baik dengan cara dibakar atau dioven yang dinamakan kue cookies maupun digoreng. Tak terasa lengkap rasanya jika hari lebaran tanpa adanya kue lebaran.

Prospek Usaha Kue Lebaran
Pada hari biasa kue kering mengalami penjualan yang lumayan bagus. Dan pada saat menjelang hari lebaran, penjualan kue kering meningkat pesat. Hal ini menjadikan bisnis kue kering lebaran sangat menjanjikan untuk dijalankan. Kue lebaran merupakan penganan yang selalu ada di setiap rumah menjelang lebaran sebagai penganan khas yang digunakan untuk menjamu tamu dan dinikmati bersama keluarga.
kue lebaran, kue kering, usaha kue kering, usaha kue lebaran, kue,

Kue kering menempati urutan pertama dari jenis kuliner yang disukai orang pada saat hari lebaran disamping jenis kuliner lain seperti opor ayam, ketupat, minuman ringan dan lain sebagainya. Ada banyak jenis kue lebaran. Seperti kue lidah kucing, putri salju, kue nastar, kue katangel, kue kacang, kue bolu, kue sagu, bolu kukus, kue pukis, donat dan lain sebagainya.

Permintaan yang sangat tinggi terhadap kue kering pada waktu menjelang lebaran membuat berbagai perusahaan kue kering lebaran kebanjiran order. Dan berbagai produsen dan usaha kecil bermunculan memproduksi kue lebaran secara musiman. Hal ini tak terlepas dari permintaan pasar yang sangat besar. Dimana kue lebaran disukai semua kalangan dari anak kecil sampai orang lanjut usia. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, permintaan kue lebaran yang sangat banyak tak mampu dipenuhi oleh perusahaan pembuatan kue lebaran. Karena daya produksi terbatas.

Atas kenyataan di atas menimbulkan sebuah peluang usaha baru yang sangat menguntungkan dan menjanjikan yang bisa sobat jalani yaitu bisnis produksi kue lebaran. Namun permintaan yang tinggi terhadap kue lebaran tersebut harus diimbangi dengan pembuatan kualitas kue lebaran yang baik. Supaya bisnis kue lebaran anda berlangsung dalam jangka panjang. Tidak laris manis ketika menjelang lebaran tapi di hari biasa juga.

Bisnis Kue Kering Lebaran Bagi Pemula
Kualitas adalah hal yang harus diperhatikan dalam membuat kue lebaran yang laris manis. Salah satu contoh membuat kue kering lebaran yang berkualitas baik adalah menggunakan bahan-bahan makanan yang aman dan segar dikonsumsi. Jika terpaksa memakai bahan pewarna, pengawet dan pemanis pastikan masih segar dan aman untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan yang dianjurkan. Perhatikan juga masa kedaluwarsa bahan pangan kue lebaran tersebut. Hal ini untuk menjaga kualitas dari kue lebaran dari segi rasa, bentuk dan menjamin keamanan dan kesehatan konsumen.

Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam pembuatan kue lebaran adalah mengemas kue lebaran dengan sangat menarik. Hal itu untuk menimbulkan minat beli masyarakat terhadap kue kering lebaran yang kita buat. Bentuk kemasan kue lebaran ada berbagai cara baik menggunakan toples kedap udara, kaleng, wadah mika maupun plastik atau dalam bentuk parcel. Dan tak boleh lupa, berikan pula merek dari kue kering buatan anda pada kemasan agar konsumen mudah mengingat kue kering lebaran produksi anda.

Pengemasan kue lebaran sangat penting. Karena jika diumpamakan manusia adalah wajah manusia itu sendiri atau hal pertama yang dilihat dari sebuah kue kering. Apalagi tingkat persaingan usaha kue kering lebaran sangat tinggi. Berbagai perusahaan kue kering mengemas kue kering mereka dengan sangat menarik. Dan anda pastinya harus mengemas kue kering lebaran buatan anda dengan lebih bagus dari pesaing. Cara ini sangat penting untuk mendongkrak penjualan dan memenangkan persaingan bisnis kue kering lebaran tanpa mengeyampingkan kualitas rasa yang enak dan lezat.

Untuk memasarkan kue lebaran pada saat menjelang lebaran rasanya tidak susah. Karena kerapkali pembeli datang langsung ke pabrik pembuatan kue lebaran secara berbondong-bondong. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk menghasilkan untung besar dari bisnis kue kering. Selain itu, anda bisa memasarkan kue lebaran dengan cara menitipkan di berbagai toko dan warung kelontongan bahkan menitipkan di minimarket dan supermarket secara konsinyasi. 

Rincian Biaya Modal Usaha Kue Lebaran
Jika anda berminat untuk mengeruk untung besar dari bisnis kue lebaran maka berikut ini rincian biaya modal usaha kue lebaran yang perlu sobat siapkan, antara lain:

1. Mixer harga Rp 500 ribu
2. Oven harga Rp 1 juta
3. Loyang 5 buah harga Rp 300 ribu
4. Kompor gas harga Rp 100 ribu
5. Baskom 6 buah harga Rp 100 ribu
6. Kemasan harga Rp 200 ribu
7. Bahan baku kue harga Rp 2 juta
8. Gaji karyawan Rp 500 ribu
9. Bayar listrik Rp 50 ribu
10. Gas elpiji Rp 100 ribu
11. Biaya transportasi Rp 100 ribu
12. Biaya promosi Rp 50 ribu

Maka modal awal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha kue kering lebaran dari awal sampai siap beroperasi sebesar Rp 5.000.000.

Omset Perbulan Usaha Kue Lebaran
Apabila harga satu toples kue lebaran sebesar Rp 20 ribu dan dalam satu kali produksi atau perbulan mampu menghasilkan kue lebaran sebanyak 300 toples maka penghasilan kotor yang didapatkan sebesar Rp 6.000.000 (Rp 20.000 x 300). Dikurangi biaya pengeluaran sebesar Rp 5 juta maka penghasilan bersih yang didapatkan sebesar Rp 1 juta. Keuntungan tersebut akan bertambah besar di bulan berikutnya seiring sudah adanya investasi peralatan kue lebaran.

Keuntungan Bisnis Kue Lebaran
Ada banyak keuntungan dari bisnis kue kering lebaran, antara lain:

1. Tahan Lama
Kue lebaran tidak mudah basi karena teksturnya kering. Sehingga awet disimpan dalam toples dalam jangka waktu lama.

2. Pangsa Pasar Luas
Di bidang usaha kuliner kue lebaran dapat dikatan mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Setiap orang pastinya menyukai kue kering lebaran. Sehingga bisnis ini menjanjikan dan memiliki prospek cerah apalagi menjelang hari raya lebaran. Apalagi kue lebaran yang sobat buat memiliki tampilan unik dan inovatif serta kualitas rasa enak yang mampu membuat penikmatnya ketagihan.

3. Laris
Sebagai kebutuhan utama manusia, kuliner kue lebaran dipastikan laku pada hari biasa dan mengalami masa laris manis ketika tiba bulan puasa Ramadhan dan menjelang lebaran. Permintaan masyarakat terhadap kue lebaran sangat tinggi. Karena makanan ini dibutuhkan untuk menjamu tamu di saat hari raya idul fithri dan idul adha.

Tips Sukses Bisnis Kue Kering Lebaran
Usaha produksi kue lebaran bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis sampingan maupun utama dengan penghasilan yang lumayan besar. Berikut ini kumpulan tips sukses bagi anda yang berencana membuka usaha kue kering lebaran, antara lain:

▪ Memilih Jenis Kue Lebaran
Ada banyak jenis kue lebaran seperti nastar, kue kacang, putri salju dll. Anda hendaknya memilih membuat kue lebaran yang sedang populer dan laris manis di pasaran. Supaya kue lebaran cepat habis dan keuntungan cepat didapat. Atau dengan kata lain agar perputaran uang cepat. Sehingga omzet harian atau pun bulanan dapat dicapai dalam jumlah lumayan besar.

▪ Buat Kue Lebaran yang Unik
Pada umumnya kue lebaran mempunyai bentuk, tampilan dan rasa yang itu-itu saja. Tidak ada inovasi baru atau ciri khas terbaru dari produk ini. Tentunya membuat jenuh dan bosan sebagian orang di bulan puasa. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda membuat kue lebaran dengan inovasi baru baik dalam rasa yang lebih enak, bentuk dan tampilan yang lebih unik dan menarik. Sehingga membuat setiap orang penasaran untuk mencicipinya. Misalnya pengemasan kue lucu yang berbeda dengan para pesaing. 

▪ Perhatian Masa Kadaluarsa
Namanya juga kue kering lebaran pasti mempunyai masa ketahanan. Seperti tiga bulan atau enam bulan. Oleh sebab itu, untuk menjamin keamanan dalam konsumsi kue lebaran dan sesuai ketentuan BPPOM maka anda harus memberikan masa produksi dan masa kedaluarsa dari produk kue lebaran buatan anda.

▪ Pemasaran
Untuk masalah pemasaran, anda bisa menjual kue lebaran ke lingkungan terdekat terlebih dulu. Misalnya anggota keluarga, rekan kerja, kerabat, tetangga dan orang di sekitar anda. Kemudian mengarah ke penjualan lebih luas dengan menitipkan kue lebaran buatan anda di sejumlah warung dan toko di sekitar dengan sistem kerjasama konsinyasi atau titip jual. Berikanlah prosentase keuntungan besar bagi pemilik warung atau toko yang menjual produk kue lebaran anda. Tentunya ini bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan karena Anda tidak terlibat langsung dalam penjualan.

Selain itu, anda bisa merekrut tenaga penjual kue lebaran yang beroperasi secara keliling atau door to door. Berikanlah bagi hasil atau upah yang lumayan besar atas setiap produk kue lebaran yang berhasil terjual. Dan cara lain, sobat bisa menggunakan media sosial seperti facebook, toko online, twitter, blog, bbm, line, whatsapp, dll untuk memasarkan produk kuliner kue lebaran tersebut secara online.

Bisnis kue lebaran walaupun termasuk usaha musiman, namun jika dijalankan secara serius dan sepenuh hati dengan tetap mengutamakan kualitas rasa dan bahan yang dipergunakan maka bisa jadi usaha sepanjang masa yang terus berkelanjutan setiap hari. Yang penting adalah kemampuan anda memasarkan kue kering lebaran dan membidik pasar.