Rincian Biaya Modal Usaha Grosir Pakaian hingga Buka

15 Juni 2017

Pada kesempatan kali ini, penulis hendak membahas mengenai salah satu peluang usaha yang sangat menarik dan menjanjikan yakni usaha grosir pakaian. Seperti kita ketahui bahwa pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama manusia disamping kebutuhan lainnya seperti makan, minum dan tempat tinggal atau rumah. Sebagai kebutuhan mendasar maka setiap manusia membutuhkan pakaian untuk menutupi aurat dan menahan dingin dan panas. Sejak ia dilahirkan ke dunia, manusia membutuhkan pakaian.

Prospek usaha grosir pakaian menjanjikan sekali untuk dijalankan. Karena bisnis busana ini bersifat melayani kebutuhan dasar manusia. Selagi manusia hidup di muka bumi pasti ia akan memerlukan pakaian. Adapun pakaian mempunyai masa ketahanan. Selang beberapa waktu, pakaian bisa rusak. Dan harus membeli pakaian baru. Atas hal inilah usaha grosir pakaian sangat layak dijalankan sebagai salah satu usaha yang menguntungkan saat ini.

Rincian Biaya Modal Usaha Grosir Pakaian hingga Buka
Lalu yang menjadi pertanyaan berapakah biaya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha grosir pakaian secara rumahan maupun di lokasi strategis bagi pemula mengingat pengalaman yang dimiliki minim. Tanpa panjang lebar, inilah rincian biaya modal usaha grosir pakaian dari awal sampai siap buka, antara lain:

▪ Sewa Lokasi Usaha
Untuk membuka usaha grosir pakaian tentu anda membutuhkan yang namanya tempat usaha. Pastikan tempat usaha berada di tempat strategis baik berupa kios, toko lapak, ruko dan bentuk lainnya yang memungkinkan. Tempat usaha harus tampak bersih, mewah, rapi dan menarik. Apalagi anda menjual baju grosiran yang mempunyai merek bagus dan terkenal.
bisnis grosir pakaian, usaha grosir pakaian, grosir pakaian, modal grosir, grosir

Harga sewa lokasi usaha di daerah yang jauh dari kota namun padat penduduk biasanya Rp 6 juta pertahun. Namun jika menyewa lokasi di daerah perkotaan besar maka bisa mencapai Rp 12 juta pertahun. Jika modal anda terbatas maka anda bisa menyewa lokasi usaha grosir pakaian dengan masa sewa perbulan. Hal itu termasuk langkah bijaksana untuk mengukur daya serap pasar terhadap produk pakaian anda. Selanjutnya apabila lokasi usaha menguntungkan maka anda bisa memperpanjang masa sewa di bulan berikutnya.

▪ Biaya Renovasi
Setelah mempunyai lokasi usaha yang strategis untuk berjualan pakaian grosir, selanjutnya melakukan renovasi tempat usaha tersebut yang meliputi pengecatan, pemberian poster supaya tampak menarik, memasang stiker di dinding-dinding, memasang lampu hias supaya menarik perhatian banyak orang yang lewat di sekitar lokasi usaha, memasang lampu berwatt tinggi agar tempat usaha sangat terang benderang, memasang banner dan spanduk dan lain sebagainya.

Setelah melakukan itu, kemudian anda menata pakaian yang hendak dijual semenarik mungkin dalam bentuk display. Layaknya menyusun parcel. Lalu pastikan tempat usaha bersih dari sampah dan kotoran. Tempat usaha berada dalam keadaan bersih di dalam dan di luar ruangan. Susunlah tempat usaha semenarik mungkin yang berbeda dari para pesaing di sekitar. Total biaya renovasi dan penataan ruangan membutuhkan dana sekitar Rp 2 juta.

▪ Peralatan dan Perlengkapan Usaha
Untuk peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam usaha grosir pakaian, antara lain:

1. Gantungan
2. Etalase
3. Rak dinding
4. Nota
5. Patung manekin
6. Plastik
7. Kursi dan Meja

Biaya untuk membeli peralatan dan perlengkapan usaha grosir pakaian tersebut sebesar Rp 4 juta.

▪ Beli Pakaian
Untuk membeli pakaian barang dagangan bagi usaha grosir diperlukan modal Rp 8 juta.

Jadi total modal usaha yang diperlukan untuk membuka usaha grosir pakaian dari awal sampai siap beroperasi sebesar Rp 20 juta.

Cara Berbisnis Grosir Pakaian Agar Sukses
Sukses adalah hak setiap orang bagi yang benar-benar memperjuangkannya. Itulah kalimat penting dalam menjalani bisnis grosir pakaian. Selama anda menjalankan usaha grosir pakaian dengan kerja keras, kreatif dan pantang menyerah maka kesuksesan bisa diraih. Apalagi sekarang berdasarkan pengamatan penulis, usaha grosir pakaian menunjukkan persaingan yang sangat ketat. Tuntutan kerja keras mutlak diperlukan agar usaha grosir pakaian baju secara online maupun offline.

Berikut ini cara berbisnis grosir pakaian agar cepat sukses bagi seorang pemula, antara lain:

▪ Harga Murah
Jika mendengar tentang usaha grosir pakaian apa yang terlintas dalam benak anda? Tentu saja harga murah. Memang demikian. Bisnis grosir pakaian memberikan harga yang murah yang berarti keuntungan sedikit per item. Namun tingkat penjualan barang sangat tinggi per item sehingga keuntungan menjadi besar. Hal itu sama saja dengan membuka usaha pakaian yang memberikan keuntungan besar per item. Bahkan lebih menjanjikan usaha grosir pakaian ketimbang toko pakaian biasa.

Jadi pastikan barang pakaian yang anda jual di usaha grosir pakaian dibanderol dengan harga murah meriah. Kalau bisa sesuai harga pabrik. Tapi tidak murahan. Sehingga penjualan bisa tinggi. Konsumennya berasal dari para pemilik toko busana dan toko baju. Seiring dengan banyak pelanggan maka keuntungan juga kian besar.

Usaha grosir pakaian disebut juga bisnis to bisnis yakni konsumennya adalah kalangan pebisnis yang menjual lagi pakaian ke tangan konsumen. Perputaran uang dan barang dagangan dalam bisnis pakaian grosir sangat cepat. Hal ini menjadikan keuntungan tersendiri dimana omset yang didapatkan harian dalam jumlah besar.

Dan berdasarkan pengamatan penulis di kota maupun desa bahwasanya usaha grosir pakaian dengan pajangan iklan obral dan harga murah membuat daya tarik masyarakat untuk membeli pakaian tersebut. Bukan hanya dari konsumen langsung. Tapi juga dari kalangan pemilik toko, penjual baju dan pakaian keliling, dan distributor pakaian.

▪ Jenis Pakaian Terlaris
Untuk menjalankan usaha grosir pakaian tidaklah sembarangan. Anda mesti memilih jenis pakaian yang kira-kira laku keras di pasaran. Salah satunya adalah usaha grosir pakaian anak atau usaha baju import. Untuk mendapatkan berbagai pakaian anak dan dewasa dengan harga murah, anda bisa mengimport pakaian dari negara China yang terkenal dengan produk murah yang berkualitas baik.

Sediakan pula berbagai model pakaian terkini yang sedang trend dan populer. Seperti baju distro. Sehingga terkesan usaha grosir pakaian anda selalu mengkuti perkembangan dunia busana. Mengingat setiap tahun bermunculan model model pakaian baru yang hits. Anda harus menyediakan pakaian seperti itu untuk menarik minat beli konsumen.

Tak kalah penting, usaha grosir pakaian anda harus menyediakan berbagai macam model, corak, motif dan warna pakaian yang bervariasi. Sehingga terkesan usaha grosir baju anda komplit dan lengkap ketimbang pesaing. Anda bisa melakukan stok berbagai macam pakaian dari berbagai pabrik pakaian. Hal ini akan turut menumbuhkan minat beli konsumen terhadap usaha grosir pakaian anda.

▪ Usaha Grosir Pakaian Online
Untuk meningkatkan keuntungan dan pangsa pasar, anda bisa menjalankan usaha grosir pakaian secara online. Mengingat pasar dalam dunia online sangatlah besar mencapai seluruh orang di segala penjuru dunia. Sehingga pelanggan anda bukan hanya berada di lingkungan sekitar tapi sudah mencapai ke beberapa propinsi dan luar negeri.

Untuk penjualan secara online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya membuat blog toko online usaha grosir pakaian maupun menggunakan sosial media. Seperti facebook, forum, twitter, dll. Berdasarkan pengamatan penulis masih jarang sebuah usaha grosir pakaian menggunakan internet untuk memasarkan barang dagangannya. Hal ini menjadi peluang usaha tersendiri untuk usaha grosir pakaian yang menjanjikan untung besar bagi anda. Pendek kata, anda tidak bisa mengandalkan usaha jualan pakaian secara offline tapi juga harus didukung media online.

▪ Tempat Strategis
Selanjutnya pastikan lokasi usaha grosir pakaian berada di tempat strategis. Contoh tempat yang strategis adalah tempat tersebut ramai dilalui oleh lalu lalang kendaraan bermotor, berada di sekitar minimarket, berada di pinggir jalan raya yang ramai, dan lain-lain. Usaha grosir pakaian membutuhkan box-box dalam jumlah banyak untuk menyimpan pakaian-pakaian yang disusun secara bertumpuk dalam kategori-kategori tertentu.

▪ Kualitas Bagus
Selain memperhatikan harga yang murah, hal berikutnya yang menjadi perhatian masyarakat adalah kualitas dari pakaian tersebut. Walaupun harga murah, sobat harus memastikan kualitas pakaian lumayan bagus. Menjaga kualitas pakaian tetap bagus dan lebih baik dari pesaing merupakan hal mutlak bagi keberlangsungan usaha grosir pakaian sobat ditengah persaingan yang kian hari kian ketat dalam bisnis grosir baju.

▪ Pelayanan Memuaskan
Konsumen adalah raja. Begitulah istilah meyakinkan kita mengenai arti pentingnya sebuah pelayanan kepada konsumen. Karena merekalah usaha kita bisa maju dan berkembang. Dari konsumen bisa beralih menjadi pelanggan. Merekalah yang memberikan sedikit keuntungan pada kita. Oleh sebab itu, dalam membuka usaha grosir pakaian pastikan pelayanan kepada konsumen sangat bagus dan memuaskan. Sehingga mereka kembali membeli pakaian di usaha grosir anda. Layanilah konsumen dengan ramah, murah senyum dan sopan.

Demikianlah rincian biaya modal usaha grosir pakaian hingga buka dan tips cara jualan baju dan pakaian agar cepat laku. Jika anda berminat membuka memulai usaha ini, cara berbisnis grosir pakaian bisa dilakukan di rumah. Asalkan rumah anda berada di tempat strategis.