20 Peluang Usaha dengan Modal Rp 5 Juta Untung Jutaan

20 Mei 2018

Dunia bisnis memang selalu menjadi pekerjaan yang menjanjikan, karena keuntungan yang akan didapatkan cukup besar. Usaha atau bisnis sebetulnya dapat dijalankan oleh siapa saja, karena yang terpenting adalah modal awal. Anda bisa membangun usaha kecil-kecilan jika modal yang Anda miliki cukup minim. Anda bisa membangun bisnis dengan usaha modal Rp 5 juta dengan berbagai pilihan.

Ini Dia 20 Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta Untung Besar
Menjalankan suatu usaha tak perlu harus selalu menggunakan modal yang besar. Dengan modal minim Anda bisa menjalankan bermacam-macam bisnis. Anda bisa menjalankan bisnis kreatif yang inovatif dengan modal kecil. Dengan demikian usaha Anda akan banyak diminati orang. Berikut adalah 20 peluang usaha dengan usaha modal Rp 5 juta untung besar:

1. Membuka jasa laundry
Dengan modal sekitar 5 juta, Anda bisa membuka usaha laundry dengan membeli 1 atau 2 mesin cuci. Usaha ini sangat mudah untuk dilakukan karena bisa dilakukan di rumah. Jika usaha ini baru dibuka, Anda bisa mengoptimalkan space di rumah Anda tanpa menyewa tempat. Dengan demikian Anda bisa lebih menghemat modal karena tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat untuk usaha.
peluang usaha modal Rp 5 juta, bisnis modal Rp 5 juta, usaha modal Rp 5 juta, bisnis modal lima juta, usaha modal 5 juta

Selain jasa laundry baju, Anda juga bisa membuka jasa laundry karpet, selimut, atau bahan lainnya. Dengan jasa laundry yang bervariasi Anda akan memperoleh banyak untung karena kebanyakan masyarakat perlu bantuan untuk mencuci karpet ataupun selimut yang tebal dan berat.

2. Membuka counter pulsa dan kuota
Kuota dan pulsa saat ini selalu dibutuhkan banyak orang. Meskipun counter pulsa sudah banyak, tempat tersebut akan tetap ramai pembeli karena semua orang memerlukan kuota dan pulsa untuk kebutuhannya. Membuka counter pulsa akan menjadi usaha modal Rp 5 juta yang menjanjikan karena pembelinya akan selalu ramai.

Selain itu, jika belum punya space usaha, Anda bisa menyewa tempat untuk counter pulsa Anda. Selain menjual kuota dan pulsa, Anda juga bisa menyediakan pulsa listrik, dan lain sebagainya. Namun sebelumnya, pastikan Anda memilih partner bisnis dari agen pulsa yang sudah terpercaya.

3. Membuka toko baju sederhana
Jika Anda senang dengan dunia fashion, akan lebih bermanfaat jika disalurkan pada bisnis. Dengan modal minim, Anda bisa membuka toko baju yang sangat sederhana yang dijual door to door ataupun secara online. Anda juga bisa menawarkannya pada teman dan kerabat Anda. Dengan begitu baju yang Anda jual akan cepat dikenal orang banyak.

4. Membuka salon atau barbershop kecil-kecilan
Pilihan usaha modal Rp 5 juta lainnya yang cukup simpel yaitu membuka usaha salon atau barbershop. Namun pekerjaan ini memang membutuhkan keahlian memotong rambut. Jadi sebelum membuka usaha ini pastikan Anda sudah mempelajari keahlian tersebut, atau mempekerjakan orang yang sudah ahli. Selain salon potong rambut, Anda juga bisa mencoba membuka jasa massage dan luluran.

5. Membuka warung kecil-kecilan
Jika Anda senang berdagang, dengan ketersediaan modal yang minim Anda bisa mencoba membuka usaha seperti membuka warung kecil-kecilan. Jika belum mempunyai tempat khusus, Anda bisa memanfaatkan sebagian tempat di rumah Anda. Untuk isi warungnya Anda bisa membuka warung sayur-sayuran dengan warung sembako kecil-kecilan.

6. Membuka usaha jualan ATK
Usaha dengan modal kecil lainnya adalah Anda bisa membuka usaha jualan berbagai ATK. Usaha ini akan sangat bagus jika berada di daerah yang  strategis seperti di dekat sekolah, kampus, kantor, dan tempat-tempat kerja lainnya. Jika Anda sedang mencari informasi jualan yang paling laku di lokasi yang disebutkan tersebut, jualan ATK bisa menjadi pilihannya.

7. Membuka tempat print dan cetak foto
Selain membuka usaha ATK, Anda juga bisa membuka usaha jasa cetak foto ataupun tempat print. Jika Anda memiliki ketertarikan dalam dunia desain dan menulis, Anda juga bisa membuka jasa ketik ataupun jasa olah digital seperti membuat logo, membuat karya ilustrasi, dan lain sebagainya.

8. Membuka warung kuliner
Jika Anda tertarik dengan dunia kuliner, Anda bisa mencoba mengembangkan bakat dan hobi Anda dengan membuka warung kuliner seperti warung nasi, kedai mini, warung seblak dan lain sebagainya. Usaha modal Rp 5 juta ini sangat menjanjikan jika Anda menjual aneka makanan yang unik dan inovatif. Sebagai contoh Anda bisa menjual berbagai makanan dan minuman yang berbeda dari yang sudah ada.

9. Membuka usaha kue variasi
Untuk usaha kuliner, selain membuka catering Anda juga bisa membuka jasa membuat kue variasi seperti kue ulang tahun, kue pernikahan, dan lain-lain. Usaha ini tidak memerlukan modal yang besar karena Anda hanya perlu membeli peralatan untuk membuat kue dan bahan-bahan secukupnya. Untung yang akan didapatkan cukup besar jika Anda memiliki ide-ide yang kreatif untuk mendekorasi kue.

10. Membuat aneka makanan olahan
Selain kue variasi, Anda juga bisa membuat aneka makanan olahan seperti kripik pisang, kripik singkong, aneka kue kering, dan lain sebagainya. Jika belum memiliki pekerja atau partner, usaha ini bisa dijalankan sendiri karena mudah dilakukan. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit dan memakan waktu.

11. Membuat olahan minuman
Tak hanya makanan, Anda juga bisa membuka usaha modal Rp 5 juta lainnya seperti aneka minuman yang diolah sendiri. Anda bisa membuat green tea, susu murni aneka rasa, teh tarik, cappuccino  cincau dan lain sebagainya. Untuk tempat berjualan, Anda bisa membuat gerobak kecil ataupun memanfaatkan tempat di sekitar rumah.

12. Membuka usaha jasa menjahit
Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, cobalah membuka usaha menjahit di rumah Anda. Jika sudah memiliki mesih jahit, Anda bisa membeli 1 unit lagi dan mempekerjakan 1 pekerja. Modal yang dibutuhkan untuk membeli mesin jahit dan peralatan menjahit seperti benang, sekoci, palet, dan lain-lain tidaklah besar. Untung yang akan didapatpun akan besar karena tarif menjahit saat ini cukup mahal.

13. Membuka usaha cuci motor
Apabila Anda memiliki halaman rumah yang luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang usaha cuci motor. Peralatan yang akan dibutuhkan tidaklah banyak. Anda hanya perlu kompresor mesin cuci motor yang kecil,  listrik dan bahan bakar kompresor, serta sabun cuci secukupnya.

14. Membuka salon hewan
Usaha modal Rp 5 juta yang akan memberikan untung besar lainnya adalah dengan membuka salon hewan dan jasa penitipan hewan.  Untuk membuka usaha ini Anda cukup membeli peralatan seperti bak mandi, selang, makanan dan vitamin hewan, sabun, peralatan salon hewan seperti gunting, sisir, dan lain sebagainya.

Jika setiap harinya ada minimal 5 pelanggan, dan 1 kali perawatannya dihargai dengan 50-100 ribu, maka penghasilan 1 bulannya cukup besar bukan?

15. Membuat aneka kerajinan tangan
Dengan modal kecil, Anda juga bisa membuat usaha kerajinan tangan seperti kerajinan dari tanah liat, kerajinan pin gantungan kunci, dan lain sebagainya. Kerajinan-kerajinan tangan tersebut biasanya digunakan untuk souvenir tanda terima kasih pada acara pernikahan, ataupun acara-acara lainnya.

16. Membuka jasa fotografi untuk prewed/wedding
Selain berbisnis dengan menjual produk, Anda juga bisa menjalankan usaha dalam bidang jasa seperti jasa fotografi moment. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, jika Anda sudah memiliki kamera, Anda tinggal membeli peralatan pendukung lainnya seperti tripod, flash, dan lain sebagainya. Namun bagi Anda yang belum memiliki kamera, Anda bisa membeli kamera yang memiliki harga kurang dari 5 juta.

Sedangkan untuk teknik penguasaan fotografi, saat ini sudah banyak tutorial dan contoh-contoh karya foto yang tersebar di internet. Dengan begitu Anda bisa belajar otodidak sebelum membuka jasa foto.

17. Membuka jasa terjemahan atau freelance penulisan artikel
Usaha modal Rp 5 juta mudah lainnya adalah membuka jasa terjemahan atau penulisan artikel. Modal yang diperlukan adalah 1 unit laptop, modem, serta kuota internet. Semua peralatan tersebut tidak lebih dari 5 juta sedangkan penghasilan yang akan didapatkan akan cukup besar. Terlebih lagi jika jasa penulisan artikel Anda semakin terkenal.

18. Membuka jasa make up
Jika Anda memiliki bakat dalam tata rias wajah, selain salon rambut Anda juga bisa membuka jasa make up kecil-kecilan. Perlengkapan make up yang dibutuhkan cukup sederhana saja untuk pemula. Dengan budget usaha modal Rp 5 juta Anda bisa memperoleh untung yang besar.

Agar menghasilkan make up yang bagus, Anda bisa mengikuti kursus ataupun mempelajarinya sendiri di rumah dengan melihat berbagai video tutorial make up di internet. Pada awal-awal, Anda bisa melakukan make up untuk acara graduation, make up prewed, atau momen-momen lainnya.

19. Membuka jasa ilustrasi
Usaha kreatif dengan modal kecil lainnya adalah membuka jasa ilustrasi seperti membuat karikatur yang dilukis dalam kayu. Souvenir seperti ini biasanya banyak dibutuhkan untuk hadiah-hadiah wisuda, kado ulang tahun, dan lain-lain.

20. Membuka travel agent
Siapa bilang usaha travel agent membutuhkan modal yang besar? Untuk membuka agent travel kecil-kecilan Anda cukup mengeluarkan usaha modal Rp 5 juta saja. Budget tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membeli notebook/laptop, printer, smartphone sederhana, dan kuota internet.