Rincian Biaya Modal Usaha Toko Pakaian Anak-Anak Tahap Awal

17 Oktober 2017

Usaha dalam bidang busana merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan untung besar. Karena pakaian termasuk kebutuhan utama manusia sehari-hari. Setiap manusia membutuhkan pakaian sejak ia dilahirkan atau selama ia masih hidup di muka bumi. Hal ini menimbulkan peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk dilakoni dalam bidang fashion seperti pabrik garmen, pedagang pakaian keliling hingga toko pakaian.

Ada banyak jenis bisnis pakaian yang bisa dijadikan peluang usaha. Salah satunya usaha berjualan pakaian anak-anak. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan mengingat jumlah anak-anak di Indonesia sangat besar dan terus bertambah setiap tahun. Dan setiap orang tua menginginkan anak tercintanya selalu tampil modish, menarik dan fashionable dengan busana yang dikenakannya.
usaha toko pakaian anak-anak, bisnis pakaian anak, toko pakaian anak-anak, pakaian anak-anak, bisnis pakaian, pakaian

Rincian Biaya Modal Usaha Toko Pakaian Anak-Anak Tahap Awal
Apabila anda tertarik untuk membuka usaha toko pakaian anak-anak sekaligus produsen baju anak maka sobat harus mempersiapkan biaya modal usaha. Berikut ini rincian biaya modal usaha toko pakaian anak-anak tahap awal sampai siap buka, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi meliputi:

1. Belanja Bahan harga Rp 21 juta
2. Belanja Mesin Jahit harga Rp 20 juta
3. Sewa lokasi usaha Rp 10 juta pertahun
4. Beli etalase, rak harga Rp 3 juta

Total biaya investasi sebesar Rp 54 juta

▪ Biaya Operasional
Adapun biaya operasional mencakup:

1. Upah tenaga kerja 3 orang sebesar Rp 9 juta perbulan
2. Biaya telepon dan listrik perbulan Rp 500 ribu
3. Biaya Promosi sebesar Rp 1 juta
4. Biaya transport sebesar Rp 700 ribu
5. Biaya tak terduga sebesar Rp 300 ribu

Perkiraan total biaya operasional sebesar Rp11.500.000

Maka total estimasi biaya modal usaha toko pakaian anak-anak dari tahap awal sampai siap buka sebesar Rp 65.500.000. Berdasarkan pengalaman, perkiraan balik modal atau BEP dalam waktu kurang dari lima bulan.

Usaha Baju Anak Branded Murah
Apabila anda memiliki keterbatasan modal usaha dalam membuka bisnis pakaian anak-anak maka anda bisa membuka usaha baju anak branded murah. Sebab modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil. Tanpa perlu menyewa lokasi usaha di mall atau tempat strategis lainnya. Anda cukup menjalankan usaha baju anak branded murah di dalam rumah. Apalagi letak rumah anda berada di tempat strategis maka anda bisa buka usaha pakaian anak-anak di depan rumah dengan memanfaatkan ruangan depan rumah.

Untuk pangsa pasar bisnis baju anak branded murah bisa menyasar tetangga, sahabat, sanak kerabat, teman, kenalan, anggota keluarga, relasi, dan lain sebagainya. Sebagai bisnis yang memerlukan modal uang yang sangat sedikit membuat bisnis ini supaya sukses harus dilakukan secara kerja keras dan motivasi tinggi. Usaha baju anak branded murah mengalami masa panen laris manis ketika bulan ramadhan tepatnya menjelang hari raya lebaran idul fithri dan hari raya idul adha.

Pasokan baju anak branded murah bisa anda dapatkan dari grosir pakaian anak yang terdekat dengan rumah anda. Atau anda bisa mencari grosir baju anak murah di internet dengan bantuan mesin pencarian google. Pastikan baju anak yang dijual murah mempunyai kualitas bagus dan unik. Sehingga meningkatkan minat beli masyarakat.

Tips Sukses Usaha Jualan Baju Anak di Rumah
Bisnis pakaian anak-anak masih mempunyai prospek cerah walau persaingan sangat tinggi. Pangsa pasar masih terbuka lebar. Bagi anda yang telah membuka usaha toko jualan baju anak di rumah, berikut ini tips suksesnya, antara lain:

▪ Kualitas
Beragam pakaian anak yang penulis temukan. Dari kualitas bagus dan kurang baik. Pastikan kualitas pakaian anak yang sobat jual sangat bagus. Dengan baiknya kualitas baju anak akan membuat calon konsumen lebih tertarik untuk membeli pakaian anak di toko pakaian anak-anak milik anda.

▪ Model
Ada banyak model pakaian anak-anak yang dijual. Pastikan anda menjual berbagai model baju anak yang unik dan menarik yang sedang trend dan laku keras dengan warna dominasi cerah. Seperti baju anak dengan gambar model cinderela, spongebob, dan upin ipin dll.

▪ Harga
Selain itu harga baju anak-anak yang ditawarkan harus terjangkau bagi semua kalangan. Sebab manusia merupakan makhluk ekonomis yang selalu memilih membeli pakaian anak yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Apalagi bisnis pakaian anak-anak masih dalam tahap awal yang memerlukan pelanggan yang banyak untuk mendapatkan untung besar. Pastikan strategi usaha baju anak dengan melakukan penawaran harga murah untuk mendapatkan minat beli para konsumen sebanyak mungkin dalam rangka membentuk jaringan pelanggan yang banyak.

Strategi Pemasaran Baju Anak
Untuk memasarkan baju anak cukup mudah. Anda bisa menggunakan media pemasaran online maupun offline. Berikut ini strategi pemasaran baju anak yang sudah terbukti efektif dan berhasil, antara lain:

▪ Toko Pakaian Anak Offline
Anda perlu memasarkan baju anak-anak di sekitar wilayah anda. Cara paling mudah adalah mendirikan toko pakaian anak-anak di lokasi strategis. Misalkan di dekat pusat perbelanjaan, sekitar komplek perumahan yang padat penduduk, dekat sekolah, dekat pusat keramaian orang, dekat pasar tradisional dan modern serta pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas dan tempat strategis lainnya.

▪ Toko Online Pakaian Anak-Anak
Seiring dengan kemajuan teknologi maka anda perlu membuka diri dalam bisnis pakaian anak-anak. Berdasarkan survey dari sebuah lembaga ternama dan terpercaya ternyata banyak toko pakaian anak-anak offline yang mengalami bangkrut dan sepi konsumen. Hal tersebut dikarenakan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini yang sebagian besar memilih membeli baju anak-anak secara online.

▪ Merekrut Tenaga Penjual
Langkah ini merupakan hal sangat penting untuk dilakukan untuk memperluas pangsa pasar sekaligus meningkatkan keuntungan usaha pakaian anak. Anda bisa merekrut tenaga penjual dari berbagai kalangan seperti sanak kerabat, tetangga, rekan kerja, sahabat, teman, relasi dan lain sebagainya.

Ada berbagai cara merekrut tenaga penjual yaitu merekrut tenaga penjual offline maupun online. Untuk merekrut tenaga pemasaran online maka anda bisa menggunakan media sosial, forum dan marketplace. Tawarkanlah sistem kerjasama sebagai reseller maupun dropshipper dengan persentase keuntungan yang cukup besar. Misalkan komisi bagi dropshipper atau reseller sebesar Rp 20 ribu per buah.

▪ Usaha Penjualan Baju Anak Keliling
Untuk meningkatkan penjualan maka anda tidak bisa mengandalkan tenaga penjual baju anak keliling yang anda rekrut. Tapi anda sendiri harus terjun ke lapangan memulai berjualan pakaian anak secara keliling door to door menggunakan sepeda motor, mobil maupun jalan kaki.

Tips Jualan Baju Anak Bagi Pemula
Hal yang dikeluhkan oleh pemula dalam bisnis baju anak adalah bagaimana cara menjalankan bisnis pakaian anak yang langsung sukses dan laris. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan sebagai strategi atau tips jualan baju anak bagi pemula, antara lain:

▪ Target Konsumen
Siapakah konsumen yang anda bidik dalam penjualan dan pemasaran baju anak? Apakah kalangan menengah ke atas atau kalangan menengah ke bawah? Untuk menjual baju anak bagi konsumen kalangan menengah ke bawah pastikan harga pakaian anak dijual dengan harga yang murah sesuai daya beli mereka. Lihat pula budaya target market anda apakah mereka suka berbelanja di mall atau di pinggir jalan. Toko pakaian anak-anak milik sobat harus bisa menyesuaikan dengan budaya beli masyarakat yang dituju.

▪ Model Pakaian Lengkap
Hal lain yang termasuk strategi pemasaran baju anak adalah melengkapi toko pakaian anak-anak dengan berbagai model pakaian anak-anak yang unik dan bagus. Sehingga terkesan toko baju anak-anak sangat lengkap yang membuat konsumen merasakan kepuasan atas pembelian. Dan berujung mereka mengajak kepada orang-orang di sekitar mereka untuk berbelanja pakaian anak-anak di toko anda.

▪ Memilih Baju Anak Yang Laris
Bisnis pakaian merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki perputaran uang sangat cepat dan mempunyai omset harian. Oleh sebab itu, pastikan toko pakaian anak-anak milik anda mampu menjual baju anak perhari dalam jumlah kuantitas besar. Sehingga keuntungan besar bisa didapatkan perhari. Salah satu cara mendapatkan omset besar perhari adalah melakukan fokus pada penjualan pakaian anak-anak yang sedang laris, trend dan populer

▪ Belajar Kepada Toko Pakaian yang Telah Sukses
Anda tidak bisa berdiam dalam menjalankan bisnis pakaian anak-anak. Karena usaha baju anak saat ini sangat tinggi tingkat kompetitor. Sebuah usaha baju anak bisa laris manis dan keesokan hari bisa langsung sepi pembeli. Hal ini tak terlepas dari tingkat persaingan yang terus tinggi dari bisnis baju anak melihat potensi keuntungan yang sangat besar dari bisnis ini. Salah satu cara agar jualan baju anak semakin laris dan menguntungkan adalah belajar kepada toko pakaian anak yang sudah sukses, mapan dan terkenal. Misalkan Kalimas, Buana, dll.

▪ Pengelompokan Baju Anak
Untuk memudahkan konsumen dalam membeli baju anak maka tak ada salahnya anda mengelompokan baju anak berdasarkan usia. Misalkan pengelompokan pakaian anak-anak untuk umur satu tahun sampai tiga tahun, pengelompkan baju anak untuk umur empat sampai lima tahun dan seterusnya. Hal ini terbukti ikut mendongkrak penjualan baju anak.