Rincian Modal Usaha Travel dari Awal hingga Buka

29 Januari 2017

Usaha travel merupakan jenis bisnis yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Usaha ini bisa dijumpai di berbagai kota, daaerah, dan wilayah di nusantara. Misalnya pulau Bali dengan keindahan panorama pantai yang banyak dikunjungi turis asing dan domestik. Di kota dan daerah kecil pun geliat bisnis travel pariwisata mulai tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Banyak pengusaha menjalani bisnis ini karena sangat menjanjikan untung besar. Dan pemerintah sendiri sangat mendukung program travelling pariwisata Indonesia sebagai salah satu sumber pemasukan keuangan negara. 

Jika anda memilih membuka bisnis travel di daerah maka itu langkah yang tepat. Karena bisnis ini sedang popular dan digemari banyak orang, banyak orang yang butuh rekreasi jalan-jalan, negara Indonesia mempunyai berbagai pemandangan alam yang sangat indah dengan lokasi strategis di belahan dunia, dan lain-lain. Hal ini tentu saja sangat mendukung kesuksesan bisnis travel di Indonesia.

Rincian Modal Usaha Travel dari Awal hingga Buka
Namun banyak calon pelaku usaha pemula yang tertarik menjalani usaha travel masih belum mengetahui berapa modal usaha yang diperlukan dalam membuka bisnis travel dari awal sampai berhasil. Keterbatasan ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bisnis ini membuat mereka mandeg di tempat. Ditambah ketakutan mereka uang tidak mencukupi dalam membuka usaha perjalanan ini ke depannya.  

Padahal kalau mengetahui cara membuka usaha travel, bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil dan tanpa modal sekalipun. Namun dalam mendirikan usaha travel diperlukan persiapan matang sebelum memulainya. Atau usaha perjalanan wisata tak bisa asal buat secara serampangan. Sebab bisa membuat bisnis travel tersebut gulung tikar, tidak berkembang bahkan bangkrut di tengah jalan.
rincian modal usaha travel, bisnis travel, modal bisnis travel, travel, usaha travel

Memulai bisnis memang tak bisa dilepaskan dari namanya modal. Begitupula dalam bisnis travel yang memerlukan modal. Modal merupakan salah satu unsur penting bagi berjalannya sebuah usaha dengan sukses dan lancar. Dan sebagian besar orang mengurungkan niat untuk membuka suatu usaha travel dikarenakan alasan tidak mempunyai modal. Hambatan ini harus diatasi oleh pengusaha pemula maupun senior dengan cerdik dan pintar.

Untuk mengatasi ketiadaan modal dalam membuka usaha travel dan tour bisa ditempuh berbagai cara. Karena jenis bisnis ini termasuk jenis usaha yang memerlukan modal kecil. Dengan modal minim sobat sudah dapat menjalankan bisnis travel dan tour dengan potensi untung besar. Modal usaha yang nominal kecil bisa didapatkan melalui tabungan pribadi, pinjaman dari orangtua dan keluarga, pinjaman dari sahabat dan teman, maupun pemberian dari orang yang anda kenal. Berdasarkan fakta di lapangan banyak pengusaha travel yang sukses padahal ia memulai usaha travel dengan modal kecil.

Banyak jenis usaha travel yang bisa sobat jalani. Misalnya penjualan tiket pesawat terbang, usaha travel mobil, tiket kereta api, tiket bis, pengurusan penginapan bagi para traveler, dan lain sebagainya. Pilihan jenis bisnis travel yang hendak dimulai sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan finansial, keterampilan bakat, hobi dan kecintaan sobat terhadap bisnis tersebut. Sehingga menjalani usaha travel dengan sangat menyenangkan.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini sejumlah modal usaha yang diperlukan dalam membuka bisnis travel dari awal sampai sukses, antara lain:    

Surat Ijin Usaha Travel
Surat ijin membuka usaha travel harus diurus terlebih dahulu. Supaya anda menjalani bisnis travel dalam keadaan aman dan tenang tanpa ada gugatan dari pihak lain. Jangan sampai anda menjalani bisnis travel secara illegal di mata hukum. Sebab bisa mengakibatkan kerugian di saat situasi genting dan membahayakan. Untuk mengurus surat ijin usaha perjalanan travel sangat mudah. Dengan cara mendatangi Kantor Dinas Pariwisata di daerah. Kemudian mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan dalam pembuatan surat ijin bisnis travel. Seperti fotocopy KTP pemohon, fotocopy NPWP, alamat dan denah lokasi usaha, IMB, dll.

Laptop atau Komputer
Di tengah kemajuan teknologi sekarang ini membuat usaha travel bisa berkembang pesat dengan mengandalkan laptop yang tersambung ke internet. Cara promosi yang jadul sudah mulai ditinggalkan banyak orang. Dan kini promosi usaha travel lebih banyak dan efektif dijalankan melalui media internet, sosial media, BBM, caption instagram dan email. Jika sobat tak mempunyai laptop atau komputer maka bisa juga menggunakan smartphone untuk menjalankan bisnis travel.

Printer & Scanner
Fungsi printer sebagai alat pencetak bukti pembayaran pembelian tiket. Atau printer juga bisa juga digunakan untuk mencetak tiket, membuat brosur dan iklan paket wisata, denah tujuan wisata dan lain sebagainya. Sedangkan scanner dipergunakan untuk kepentingan pengarsipan dokumen tercetak yang mungkin bermanfaat di masa mendatang. Seperti scan KTP konsumen, scan data-data konsumen dan lain sebagainya.

Kertas
Kertas merupakan sarana untuk proses pembuatan brosur, leaflet, booklet, daftar harga dan denah lokasi serta paket wisata yang ditawarkan. Untuk harga kertas 1 rim sekitar Rp 30 ribu. Jika ingin kualitas cetak lebih bagus maka bisa menggunakan kertas foto atau glossy.

Lokasi Usaha Travel
Walaupun bisnis travel bisa dijalankan tanpa memiliki lokasi usaha. Namun agar usaha travel sobat berkelas dan bisa dipercayai orang banyak hendaknya sobat mempunyai lokasi usaha travel. Untuk lokasi usaha bisa menyewa sebuah ruangan di lokasi usaha strategis. Atau bisa juga membuka lokasi usaha travel secara rumahan. Yang pasti, pilihan terakhir merupakan langkah tepat untuk memulai bisnis travel dengan modal kecil nyaris tanpa modal.

Setelah sobat mempunyai persyaratan modal usaha di atas, langkah berikutnya adalah membuka usaha travel sendiri dengan cara membuat paket wisata beserta daftar harga. Namun jika sobat tak mau ribet maka bisa saja membuka usaha travel secara waralaba, atau bergabung sebagai affiliate agen travel dengan cara mendaftarkan diri di sebuah perusahaan travel yang sudah terkenal, dapat dipercaya dan mempunyai kredibilitas baik. Misalnya Iwata tours dan travel. Bagaimana sobat tertarik dengan bisnis travel yang cukup menjanjikan?

Yang penting mesti dilaksanakan selepas membuka bisnis travel mandiri atau waralaba adalah mempromosikan usaha travel secara gencar baik melalui online maupun offline. Promosi usaha travel secara online bisa menggunakan olx, marketplace, instagram, twitter, bbm, facebook, google plus, whatsApp, blog dll. Hal ini lebih menghemat biaya dan efektif dilakukan dibandingkan promosi usaha travel secara offline.

Setiap orang memiliki kenalan dan relasi. Nah apabila sobat mempunyai kenalan baik itu anggota keluarga atau sahabat yang bekerja di sebuah lembaga pendidikan atau perusahaan maka sobat bisa meminta bantuan padanya untuk turut serta mempromosikan usaha travel sobat di lingkungannya. Cara tersebut terbukti efektif. Dan untuk membuat ia semangat berikanlah komisi atas setiap penjualan yang berhasil dilakukannya. 

Terakhir, kiat sukses bisnis travel agent adalah pelayanan yang memuaskan pelanggan, pelayanan terbaik yang membuat konsumen ingin kembali dan kembali lagi. Demikianlah yang bisa penulis sampaikan mengenai modal usaha dan seluk beluk bisnis travel. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca semua.

Kisah Pengusaha Travel yang Sukses
Salah seorang pria yang berhasil menjalani bisnis travel yang membuatnya sukses dan kaya raya adalah pria bernama lengkap Galuh Suyono Cipto Adi. Beliau adalah pemilik perusahaan Rodex Tours and Travel. Jika ditilik ke belakang rasanya sulit dipercaya pria yang asalnya seorang kuli kayu bisa berubah menjadi jutawan dari bisnis travel dan tours. Untuk lebih lengkap mengenai perjalanan hidupnya hingga ia meraih kesuksesan, simak terus artikel ini. Pria yang akrab disapa Adi ini sebelumnya telah melakukan berbagai jenis pekerjaan. Dimulai dari pekerjaan yang umum hingga tukang angkut atau kuli barang di perusahaan kayu.

Sebelumnya ia sekolah di negara Jerman dengan modal nekat dan tiket biaya sekolah yang free. Namun tak betah lama di negara luar membuat ia kembali ke daerah asal yakni Semarang dengan tanpa modal uang sedikitpun.  Sebagai lulusan SMA, ia pun mencari pekerjaan pada umumnya dan berbagai jenis pekerjaan tersebut dilakoni dengan sabar sebagai status pegawai.

Berselang waktu kemudian, bosan jadi pegawai yang tidak membuat kaya, Adi banting stir membuka usaha showroom jual beli mobil. Namun justeru usahanya seringkali ditipu orang sehingga ia bangkrut dan rugi puluhan juta rupiah. Karena tidak mempunyai uang untuk membiayai kehidupan, dengan terpaksa Adi bekerja lagi di perusahaan kayu sebagai kuli kayu.

Empat tahun kemudian, pria pekerja keras ini mempunyai modal usaha uang dari gaji bulanan. Tanpa pikir panjang lagi, Adi memutuskan berhenti dari pekerjaan sebagai kuli kayu. Ia memilih menjadi pengusaha kayu dan sarang burung walet karena dirasakan akan cepat kaya. Namun cita-cita tersebut tak sesuai dengan kenyataan. Bisnis kayu yang dijalaninya rugi total. Tapi bisnis sarang burung walet tetap menghasilkan untung tinggi.

Adi terus melakukan perluasan usaha untuk meningkatkan keuntungan. Ia mulai melirik bisnis tour dan travel. Di Supermall Surabaya, pria tampan ini menyewa sebuah tempat untuk membuka usaha penjualan tiket travel dengan modal awal sebesar 350 juta rupiah.

Berbagai cara dan strategi digunakan untuk menarik konsumen. Alhamdulillah, berkat keuletan, kerja keras, dan ketekunannya para pelanggan semakin bertambah banyak. Omzet usaha travel di bulan pertama mencapai Rp 350 juta. Atau balik modal dalam waktu satu bulan. Keuntungan bisnis travel di bulan kedua dan seterusnya terus meningkat sampai mencapai miliaran rupiah per bulan.