Rincian Biaya Modal Usaha Jualan Buah hingga Buka untuk Pemula

20 Desember 2017

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh orang di seluruh dunia. Disebabkan buah-buahan termasuk kebutuhan pokok manusia yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang yang ingin selalu tampil sehat bugar dianjurkan untuk makan buah-buahan secara teratur. Atas dasar itulah membuat usaha jualan buah sangat menguntungkan untuk dijalani saat ini.

Prospek Usaha Jualan Buah
Di tengah jaman modern saat ini membuat setiap orang dapat dengan mudah mengerti akan pentingnya gaya hidup sehat. Mereka mulai banyak mengkonsumsi buah-buahan. Makan buah bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi juga buah-buahan tertentu terbukti menjadi obat bagi penyakit yang dialami oleh manusia. Seperti pepaya untuk mengobati sulit buang air besar, buah naga, jeruk dan lain sebagainya.

Kebutuhan manusia terhadap buah-buahan sangat tinggi. Seperti buah pisang, rambutan, sawo, semangka, melon, anggur, stroberi, leci, nanas, durian, manggis, salak dll. Dikarenakan buah merupakan kebutuhan utama manusia setiap hari. Membuat permintaan akan buah meningkat tajam dari tahun ke tahun. Hal ini membuat peluang usaha jualan buah segar sangat menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan kesempatan emas ini dengan cara membuka toko buah segar, kios buah, jualan buah keliling, dan lain-lain.
usaha jualan buah, usaha buah, bisnis buah, bisnis jualan buah, bisnis buah-buahan, buah-buahan, pisang, modal usaha buah


Salah seorang teman penulis juga mendirikan usaha buah-buahan dalam bentuk perseroan terbatas bisa hidup layak dari usaha ini. Dari bisnis buah-buahan, ia bisa membeli rumah rumah, tanah sawah yang luas, berangkat naik haji seluruh anggota keluarganya, membeli mobil mewah dll. Hal ini menunjukan prospek usaha jualan buah sangat menjanjikan dijalankan di tanah air baik di kota maupun pedesaan berkembang.       

Rincian Biaya Modal Usaha Jualan Buah hingga Buka
Berikut ini rincian biaya modal usaha jualan buah hingga buka untuk pemula, antara lain:

Biaya Investasi Awal:
1. Rak 4 unit harga Rp 1,5 juta
2. Meja 3 buah Rp 1 juta
3. Lemari 1 unit harga Rp 500 ribu
4. Kursi 5 unit Rp 2 juta
5. Timbangan satu buah Rp 600 ribu
6. Kulkas Rp 1,4 juta
7. Alat pengemas plastik buah Rp 1 juta
8. Biaya lain-lain Rp 2,5 juta
9. Pembuatan papan nama Rp 500 ribu

Perhitungan estimasi total biaya investasi awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha jualan buah sebesar Rp 11 juta.

Biaya Operasional:
1. Belanja buah-buahan berbagai jenis secara lengkap Rp 13 juta
2. Pembuatan brosur, pamflet Rp 500 ribu
3. Pembuatan nota Rp 100 ribu
4. Biaya telepon, transportasi Rp 400 ribu
5. Belanja kantong plastik dan wrapping plastik Rp 2 juta
6. Biaya listrik, air Rp 200 ribu
7. Biaya penyusutan barang investasi awal Rp 300 ribu
8. Upah pegawai sebanyak dua orang Rp 2,5 juta
9. Biaya tak terduga Rp 1 juta

Total biaya operasional perbulan sebesar Rp 20 juta.

Omset usaha jualan buah mengandalkan dari penjualan buah-buahan langsung dan dari parcel buah segar. Angka keuntungan kotor usaha jualan buah bisa mencapai Rp 24 juta perbulan. Tergantung letak lokasi usaha. Balik modal ditempuh dalam kurun waktu lima bulan.

Cara Membuka Usaha Buah-Buahan
Bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha jualan buah segar yang menguntungkan, berikut ini cara memulai usaha buah-buahan untuk pemula, antara lain:

▪ Mempunyai lokasi usaha
Letak lokasi usaha sangat menentukan kesuksesan bisnis buah-buahan. Untuk lokasi usaha jualan buah haruslah berada di tempat strategis yang mudah dilihat dan dijangkau banyak orang. Contohnya di dekat minimarket, pinggir jalan raya yang ramai dll. Anda bisa membuka usaha jualan buah dengan konsep toko buah segar maupun kios buah segar yang sederhana.

▪ Mencari suplier buah-buahan
Langkah selanjutnya adalah mencari pemasok atau supplier buah-buahan. Bisa dalam bentuk distributor, penyalur maupun agen yang bisa memasok berbagai jenis buah segar dan berkualitas baik dengan harga kompetitif atau lebih murah dari pesaing. Untuk mendapatkan pemasok buah segar yang terpercaya, anda bisa mencarinya di internet melalui mbah google.

▪ Mengetahui Buah yang Bagus dan yang Buruk
Hal ini berguna untuk memastikan gerai jualan buah yang anda miliki senantiasa menjual buah yang berkualitas baik dan segar. Sehingga konsumen merasakan kepuasan setelah membeli buah-buahan dari toko buah segar anda. Kemampuan ini juga mencegah kerugian dari bisnis jualan buah-buahan.

▪ Menyediakan rak bagi buah-buahan
Untuk menarik minat masyarakat luas dalam membeli buah-buahan yang anda jual maka anda harus menyusun buah-buahan dalam beberapa rak yang tersusun rapi dan dikelompokkan berdasarkan jenis buah. Proses ini disebut display barang untuk menarik minat beli masyarakat luas. Selain itu, anda bisa menggantung buah-buahan di kios usaha buah segar.

Strategi Usaha Jualan Buah Laris
Dalam membuka usaha jualan buah tidaklah sembarangan. Diperlukan strategi bisnis buah-buahan yang tepat. Untuk lebih mengetahuinya berikut ini strategi usaha jualan buah yang terbukti laris manis, antara lain:

▪ Desain Kios Buah
Sudah hal umum bahwa kios buah memiliki desain yang cukup sederhana. Namun jika anda ingin membuka kios buah sama seperti yang lain maka tak ada nilai tambah dari bisnis anda. Oleh karenanya untuk menarik minat banyak pembeli yang datang ke toko buah segar milik anda, maka anda mesti mendesain kios buah dengan sangat unik dan menarik. Misalkan mendesain toko buah dengan gambar buah-buahan dan bentuk kios seperti buah tertentu. Terapkan pula sistem kios buah modern seperti dijalankan di supermarket besar atau hypermart. 

▪ Harga lebih murah
Salah satu hal yang sangat diperhatikan manusia dalam membeli buah-buahan adalah masalah harga. Karena jikalau harga mahal mereka enggan untuk beli buah. Oleh sebab itu, supaya usaha jualan buah laris manis, sobat mesti membanderol harga buah-buahan lebih murah sedikit dari harga pasaran.

▪ Kebersihan Buah
Strategi lainnya dalam jualan buah-buahan supaya laku keras adalah menjaga kesegaran dan kebersihan buah. Hal ini sangat penting. Sebab manusia ingin makan buah yang masih segar dan bersih. Oleh sebab itu, pastikan anda hanya menjual buah-buahan yang masih segar dan bersih. Salah satu caranya secara rutin membersihkan buah dengan kain lap kering. Atau sobat bisa mengemasnya dengan kemasan plastik yang anti udara.

▪ Menjalin Hubungan Baik
Untuk membuat bisnis buah-buahan anda bisa bertahan lama dan sukses maka sobat perlu menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, pelanggan dan suplier. Misalkan secara berkala memberikan program diskon atau potongan harga yang menarik, memberikan kalender secara gratis setiap tahun, memberikan bingkisan kue lebaran dan lain-lain.

▪ Usaha Jualan Buah Keliling
Untuk meningkatkan omset dan penjualan bisnis buah-buahan, sobat bisa merekrut karyawan bagian penjualan buah secara keliling. Semakin banyak pegawai sales penjual buah keliling maka semakin besar keuntungan yang bisa sobat dapatkan dari bisnis buah-buahan. Untuk para pegawai bagian martketing secara keliling berikanlah sistem komisi atau gaji tetap sesuai dengan kesepakatan bersama.

Usaha jualan buah keliling bisa menggunakan gerobak, sepeda motor maupun mobil pick up bak terbuka. Anda dapat menjalankan usaha jualan buah keliling ini baik di desa maupun di kota. Usaha jualan buah di mobil dan sepeda motor serta gerobak sangat mudah. Anda bisa mangkal di tempat strategis. Anda bisa mengkombinasikan dengan usaha buah potong segar.

▪ Pelayanan yang Baik
Anda hendaknya memberikan pelayanan yang bagus bagi konsumen. Seperti melakukan cara berdagang buah-buahan yang baik. Misalkan murah senyum, bersahabat, sopan dan ramah. Dengan demikian konsumen merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Dan di lain waktu kembali lagi ke usaha kios buah segar anda untuk menjadi pelanggan tetap selamanya. 

▪ Promosi
Untuk meningkatkan omset usaha jualan buah, sobat bisa melakukan promosi secara gencar. Dengan cara promosi offline dan online. Selain itu, sobat bisa menggunakan promosi lisan dari mulut ke mulut. Dimulai dari lingkungan terdekat, anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, sahabat, teman, kenalan dan lain sebagainya. Diharapkan mereka melakukan promosi lisan ke orang di sekitar mereka tentang keberadaan usaha jualan buah anda.

Hambatan dan Kendala Usaha Buah-Buahan
Adapun yang menjadi kendala dan hambatan dalam membuka usaha jualan buah, antara lain:

▪ Persaingan Ketat
Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai gerai kios buah dalam satu area. Jarak antara satu toko buah dengan kios buah lainnya sangat dekat. Konsumen lebih bebas memilih gerai usaha buah segar yang hendak dikunjunginya. Persaingan usaha ini terjadi dalam jenis usaha apapun termasuk bisnis jualan buah. Sehingga anda mesti bersaing secara sehat dengan toko buah lainnya di dekat anda.

▪ Tak Awet
Buah-buahan merupakan barang kuliner yang mempunyai daya tahan dalam kurun waktu tertentu. Yang namanya buah gampang buruk apabila tidak terjual dalam waktu lama. Oleh sebab itu, anda perlu memastikan buah segar dapat laku dalam waktu singkat. Melakukan berbagai cara agar buah bisa awet dalam jangka waktu lama.

▪ Cuaca tak mendukung
Pada saat musim panen beberapa petani menghasilkan buah dengan kualitas buruk. Buah terkena penyakit. Hal ini mengakibatkan pasokan buah agak berkurang dari supplier. Mungkin di beberapa penghasil buah-buahan mengalami gagal panen. Sehingga pasokan buah pada kios buah segar milik anda sedikit terganggu.