15 Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah

09 Agustus 2017

Usaha kerajinan tangan masih menyimpan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan dan laris manis oleh para pembeli. Tentu saja syarat kerajinan tangan tersebut adalah unik, menarik dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Selain itu, untuk membuat berbagai macam produk kerajinan tangan sangatlah mudah di Indonesia. Dengan daya dukung sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup mendukung. Salah satunya adalah usaha kerajinan tangan dari barang bekas.

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
Anda dapat dengan mudah mendapatkan berbagai kerajinan tangan dari benda-benda bekas di daerah perkotaan maupun pedesaan. Namun kebanyakan kerajinan tangan tersebut tidak dijual di pasaran. Penduduk desa dan kota seringkali membuat aneka macam produk kerajinan tangan dari barang bekas sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang atau berusaha mengurangi volume limbah rumah tangga.

Atas kenyataan di atas, membuat sebagian orang yang cukup jeli dengan peluang bisnis maka ia membuka bisnis kerajinan tangan yang menarik dan unik serta menguntungkan yang mampu menghasilkan banyak uang. Untuk memulai bisnis kerajinan tangan sangat mudah. Anda bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas dan limbah atau sampah. Sehingga modal usaha yang dikeluarkan nol.
bisnis kerajinan, usaha kerajinan tangan, kerajinan tangan, bisnis kerajinan tangan, jenis kerajinan tangan, kerajinan tangan laris

Yang penting dalam memulai usaha kerajinan tangan adalah modal kreativitas. Bagaimana membuat sampah menjadi barang kerajinan tangan yang berguna dan dibutuhkan banyak orang dengan nilai seni tinggi. Di sinilah letak penting sebuah kerajinan tangan, selain harus bermanfaat juga harus memiliki nilai estetika. Sehingga calon konsumen tertarik untuk membelinya.

Contoh barang bekas yang bisa dijadikan kerajinan tangan adalah botol bekas air mineral plastik, botol pembersih lantai yang bekas, botol bekas minuman bersoda, botol dari kaca yang bekas dll  yang dapat dijadikan ornamen unik penghias rumah dan dapat dijadikan mesin penghasil uang. Untuk pemasaran dan penjualan produk kerajinan cukup mudah. Anda bisa menawarkannya kepada sanak saudara, anggota keluarga, sahabat, teman, rekan kerja, tetangga, dan bisa menjualnya secara online di internet.

Ada beragam medsos di internet yang dapat dijadikan sarana untuk promosi usaha kerajinan tangan. Seperti instagram, bbm, facebook, twitter, olx, bukalapak, tokopedia dll. Tugas anda hanyalah mengupload produk kerajinan tangan buatan anda yang unik dan menarik. Kemudian bagi atau share ke banyak orang. Dan jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi.
usaha kerajinan tangan, bisnis kerajinan tangan, usaha kerajinan, kerajinan tangan, kerajinan tangan menguntungkan, kerajinan tangan mudah

15 Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan, Laris, dan Mudah
Tanpa panjang lebar, inilah 15 bisnis kerajinan tangan yang menguntungkan, laris dan mudah dijalankan, antara lain:

1. Usaha Kerajinan Tangan dari Bambu
Mungkin di sekitar tempat tinggal anda yang biasanya di daerah pedesaan mudah dijumpai pohon bambu. Daripada dibiarkan tak dipakai lebih baik digunakan untuk bahan baku pembuatan kerajinan tangan berupa kursi dan meja dari bambu. Selain itu, sobat bisa pula membuat kerajinan rumah-rumahan dari bambu.

Berdasarkan pengamatan penulis bahwa bisnis kerajinan tangan dari bambu sangat menguntungkan. Karena masyarakat Indonesia saat ini lebih menyukai kerajinan tangan dari bahan alami seperti bambu.

2. Usaha Kerajinan Tangan dari Kertas atau Kardus Bekas
Untuk membuat kerajinan tangan dari kertas atau kardus bekas sangatlah mudah.  Ada berbagai macam kerajinan tangan dari kardus dan kertas bekas, seperti wadah atau tempat minuman, wadah atau tempat makanan ringan snack, robot-robotan dari kardus, kamera dari bahan kardus, tempat penyimpanan buku, ornamen lampu dari kertas dan kardus dan lain sebagainya. Anda bisa menambahkan sendiri sesuai daya imajinasi dan kreativitas sobat.

3. Usaha Kerajinan Tangan dari Botol Aqua Plastik Bekas
Ada berbagai macam contoh kerajinan tangan dari botol plastik aqua bekas, antara lain: pot bunga, vas bunga cantik dan unik, wadah bumbu dan rempah yang sangat unik dan menarik, corong bensin, berbagai bentuk mainan anak kecil, ornamen penghias ruangan, bentuk ikan dari botol plastik, bentuk babi dari botol  bekas aqua, bentuk apel dari botol plastik, tempat lampu dari botol plastik dan lain sebagainya.

4. Usaha Kerajinan Kain Flanel
Salah satu bisnis kerajinan tangan yang menguntungkan, laris pembeli dan mudah dijalankan adalah usaha kerajinan tangan kain flanel. Sudah tak terhitung jumlah pengrajin kain flanel yang kaya raya dari bisnis ini. Dimulai dari penghasilan jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah perbulan. Adapun contoh usaha kerajinan kain flanel adalah boneka, bendera merah putih, umbul-umbul untuk peringatan 17 Agustusan dan lain-lain.

5. Usaha Kerajinan Tangan dari Koran Bekas
Koran merupakan salah satu sarana untuk mencari informasi dan berita terkini. Namun seiring dengan kemajuan teknologi internet, kini mencari dan menggali informasi bisa melalui media online. Seperti situs berita online. Akan tetapi, kehadiran koran masih tetap diperlukan. Sehingga sangat mudah kita jumpai banyak kalangan berlangganan koran. Jika ditumpuk setiap hari justru koran akan bertambah banyak dan menjadi sampah. Maka salah satu cara memanfaatkan sampah koran bekas adalah menjadikannnya sebuah kerajinan tangan unik dan menarik dari koran bekas. Contoh kerajinan tangan dari koran bekas adalah tas cantik dari koran bekas, bunga kertas, vas bunga, dan lainnya.

6. Usaha Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
Stik es krim sudah bukan barang langka lagi. Benda ini sudah sering anda jumpai dalam sebuah es krim yang berfungsi sebagai pegangan es. Harga stik es krim cukup murah sebesar Rp 70 per buah. Jika anda penggemar es krim pastinya akan membeli es krim stik dalam jumlah banyak. Kemudian stik es krim dibuang. Nah daripada stik es dibuang, anda bisa mengubahnya menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi dan menguntungkan serta laku keras. Berikut ini contoh kerajinan tangan dari stik es krim yaitu rumah-rumahan sederhana, bunga, perahu, tempat pensil, pesawat unik, tempat tisu dll.

7. Usaha Kerajinan Tangan dari Sedotan
Anda tentu sudah tahu apa itu sedotan? Alat ini sering digunakan orang untuk minum es. Ternyata dari sedotan bisa tercipta berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik yang pastinya laris manis jika dijual. Berikut ini contoh kerajinan tangan dari sedotan plastik, yaitu ikan lucu, bunga unik, kalung cantik, dan kerajinan keren lainnya.

8. Usaha Kerajinan Tangan dari Tali Sepatu
Tali sepatu merupakan pengikat sepatu. Namun tak jarang jika sepatu mengalami kerusakan maka sepatu dibuang. Padahal tali sepatu bisa diambil dan dimanfaatkan jadi barang kerajinan tangan yang keren dan bisa dijual. Contohnya kerajinan tangan kalung cantik dari tali sepatu.

9. Kerajinan Tangan dari Bungkus Plastik Kopi/Rinso
Di setiap rumah sangat mudah ditemukan berbagai limbah bungkus detergen atau kopi setiap hari. Daripada bungkus plastik kopi dan rinso dibuang, alangkah baiknya diubah menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan yang unik dan menarik. Berikut ini contoh kerajinan tangan dari bungkus plastik kopi dan rinso antara lain tikar unik, tas keren, dan lain sebagainya.

10. Bisnis Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa
Usaha kerajinan tangan ini sangat cocok dijalankan oleh seorang pengusaha yang bisnis jualan es kelapa muda. Batok kelapa tentu menjadi limbah dari usaha es kelapa muda. Daripada membuang limbah batok kelapa lebih baik dijadikan kerajinan tangan yang unik dari batok kelapa yaitu kalung dari batok kelapa. Caranya potong kotak kecil-kecil batok kelapa. Lalu ampelas hingga halus. Kemudian rangkaikan menggunakan tali menyerupai kalung unik dan keren.

11. Usaha Kerajinan Tangan dari Kaleng Bekas
Dalam setiap pembelian susu kaleng seringkali ketika susu habis membuat kaleng-kaleng bekas tersebut jadi limbah. Daripada anda membuang kaleng bekas susu atau kaleng bekas cat, anda sebaiknya memanfaatkannya dengan menjadikannya sebuah kerajinan tangan yang unik, keren dan menarik. Contoh kerajinan tangan dari kaleng bekas yaitu pot bunga, tempat pensil cantik dll.

12. Usaha Kerajinan Tangan dari Bungkus Rokok
Suatu waktu, penulis berkunjung ke rumah sanak saudara. Ternyata di dinding rumahnya terdapat hiasan ornamen dinding rumah yang cantik dan unik terbuat dari potongan puluhan bungkus rokok. Anda bisa berkreasi sendiri membuat kerajinan tangan dari bungkus rokok. Seperti ornamen cantik, mainan anak, dan lain sebagainya.

13. Usaha Kerajinan Tangan dari Eceng Gondok
Mulanya penulis tidak percaya dengan tumbuhan eceng gondok yang dapat diubah menjadi barang kerajinan tangan yang unik dan menarik. Namun setelah melihatnya langsung baru percaya. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dari eceng gondok. Seperti mobil-mobilan. Dan salah satu pengrajin bisa menghasilkan uang ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis jualan kerajinan tangan dari eceng gondok.

14. Usaha Kerajinan Tangan dari Daun
Daun merupakan hal yang sudah sering kita jumpai pada sebuah tanaman. Namun tahukah anda bahwa daun bisa dijadikan sebuah produk kerajinan tangan yang cantik dan keren. Seperti ornamen penghias dinding ruangan. Salah satu pengrajin kerajinan tangan dari daun bisa menghasilkan keuntungan bersih puluhan juta rupiah perbulan. Jika anda sedang mencari peluang bisnis kerajinan tangan yang menguntungkan, laris dan mudah maka usaha kerajinan dari daun bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena limbah daun mudah didapatkan.

15. Usaha Kerajinan Tangan dari Biji Tumbuh-Tumbuhan
Suatu hari, saudara penulis yang sedang duduk di sekolah dasar ditugaskan oleh guru mata pelajaran kesenian dan PKK untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang unik dan menarik. Kemudian saudara penulis mengambil biji-bijian berwarna merah dari sebuah tanaman. Lalu menyusun dan mengelem pada sebuah kertas menjadi sebuah gambar yang unik dan keren. Selanjutnya ditempelkan pada dinding rumah sehingga tampak cantik. Biji tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan kerajinan tangan seperti biji sawo, dll.