Konsep dan Desain Angkringan Modern yang Disukai Pembeli

20 Juni 2017

Sangat mudah kita temukan di berbagai sudut kota dan daerah, gerai usaha angkringan dari yang kecil-kecilan kaki lima sampai konsep warung angkringan. Dari banyak jenis usaha angkringan membuat sebagian orang bertanya apakah masih menjanjikan membuka gerai usaha angkringan di desa maupun di kota? Jawabannya tentu saja masih menjanjikan sekali. Karena kuliner merupakan kebutuhan dasar manusia. Usaha ini bisa dijadikan sebagai bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan.

Cemilan Yang Cocok Buat Angkringan
Menu makanan dan minuman yang tersedia dalam gerai usaha angkringan beragam dari mulai nasi goreng, ayam goreng crispy, fried chicken, ayam bakar, ikan bakar, steak, burger, roti bakar, dan lain-lain. Untuk jenis minuman yang disediakan bisa berupa minuman jus buah-buahan yang segar dan menyehatkan, minuman kopi, minuman teh, susu, coklat, wedang jahe, bajigur, bandrek, milkshake, es cappucino cincau dan lainnya.

Adapun cemilan atau makanan ringan yang cocok buat angkringan antara lain aneka gorengan, burger, roti sobek dan roti tawar, martabak, kue lapis, sistik mie pedas, kerupuk pedas dan asin, sale pisang, keripik singkong, keripik pisang, kripik talas, tahu crispy, cilok, lumpia, molen aneka rasa, dan lain sebagainya. 
konsep angkringan, desain angkringan, konsep desain angkringan, design angkringan modern, angkringan modern, angkringan

Usaha dalam bidang kuliner termasuk jenis usaha yang sangat menjanjikan dan tidak akan pernah sepi pembeli. Bisnis makanan dan minuman merupakan jenis usaha yang melayani kebutuhan dasar manusia. Sehingga jika anda mampu mengelola usaha kuliner dengan baik dipastikan keuntungan besar didapatkan perhari. Salah satu usaha dalam bidang kuliner yang sangat menguntungkan adalah usaha membuka angkringan.

Konsep dan Desain Angkringan Modern yang Disukai Pembeli
Seorang pemula pastinya akan mengalami kesulitan dalam membuka usaha angkringan. Konsep bagaimanakah yang cocok untuk membuka bisnis angkringan? Desain yang bagaimana yang bagus bagi gerai usaha angkringan? Oleh sebab itu, penulis pada kali ini akan membahas mengenai desain dan konsep angkringan modern terkini yang disukai oleh para pembeli, antara lain:

▪ Konsep Gerobak
Seringkali yang dikeluhkan oleh orang yang ingin memulai usaha angkringan adalah tidak adanya lahan yang memadai bagi bisnis tersebut. Padahal dalam sebuah usaha yang penting adalah berjalan terlebih dahulu. Membeli atau menyewa lahan bagi gerai usaha angkringan bisa dilakukan saat modal yang mencukupi. Oleh sebab itu, jika anda membuka bisnis angkringan dengan pangsa pasar mahasiswa atau kalangan lain maka tidak perlu repot, buka saja usaha angkringan menggunakan gerobak dorong mobile dan mangkal di tempat keramaian dan depan universitas.

Namun kerapkali seorang pemula biasanya minder membuka usaha angkringan konsep gerobak. Padahal selama itu pekerjaan halal dalam memperoleh uang tidak boleh ada rasa minder. Kalau dalam memulai usaha minder dan tak percaya diri atau mempunyai rasa malu maka ia akan tidak membuka usaha angkringan. Sehingga tidak mempunyai penghasilan bulanan dari usaha angkringan.

Dengan membuka usaha angkringan konsep gerobak kecil-kecilan secara kaki lima itu merupakan langkah awal bagi anda untuk memulai menjadi pengusaha angkringan. Seiring berjalan waktu, keuntungan lumayan besar didapatkan dari gerai angkringan gerobak maka sebagian pendapatan ditabung untuk modal pengembangan usaha angkringan. Misalkan anda di tahun mendatang membuka usaha angkringan konsep warung atau kedai.

▪ Konsep Warung Angkringan
Popularitas kedai warung angkringan sekarang ini sedang menanjak. Peluang inilah yang bisa anda manfaatkan dengan baik. Dengan cara buka usaha warung angkringan yang modern dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Selain fasilitas komplit yang harus disediakan meliputi wifi free, televisi besar, radio, tape recorder, vcd dan lainnya, yang mesti diperhatikan adalah desain kedai angkringan. Hal ini berguna untuk menarik minat banyak orang untuk datang ke gerai warung angkringan secara berbondong-bondong maupun perorangan.

Anda hendaknya membuat usaha kedai atau warung angkringan sesuai desain perkembangan jaman terkini. Misalkan bangunan angkringan dibuat dengan desain dan konsep berkesan ramah, alami dan hangat. Sehingga membuat orang tertarik mengunjungi tempat angkringan tersebut. Salah satu caranya menggunakan batu bata pada berbagai sudut desain bangunan warung angkringan.

Konsep warung angkringan dengan desain batu bata tidak banyak menghabiskan lahan. Dengan ukuran satu meter yang memanjang anda bisa membuka usaha angkringan dengan konsep warung. Dan jangan lupa untuk memberikan kursi dan meja bagi para pengunjung yang hendak ke gerai angkringan anda.

▪ Sewa Tempat Di Lokasi Strategis
Anda juga bisa membuka usaha angkringan modern dengan menyewa tempat di daerah strategis. Seperti di depan hotel, seberang mall, dan pusat perbelanjaan lainnya. Konsep usaha angkringan ini sangat cocok dijalankan di kota besar. Seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan kota besar lainnya di Indonesia.

Buatlah gerai angkringan konsep modern misalkan menggunakan akses-aksen dari kayu atau bambu yang alami. Sehingga terlihat oleh sepasang mata sangat unik, alami dan sangat menarik serta bersahabat. Yang membuat para pengunjung tertarik berkunjung ke gerai angkringan sobat dan menikmati menu-menu kuliner yang tersedia.

▪ Konsep Angkringan Rumahan
Inilah konsep usaha angkringan yang cocok bagi anda yang mempunyai tempat tinggal yang berada di lokasi strategis. Misalkan lokasi rumah anda berada di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor dan lalu lalang orang. Daripada menyewa lokasi usaha angkringan di tempat strategis yang lumayan mahal harga sewa perbulan dan pertahun alangkah baiknya membuka gerai usaha angkringan di depan rumah. Dengan demikian, biaya pengeluaran lebih bisa dihemat.

Misalkan rumah penulis berada di pinggir jalan raya desa yang ramai oleh lalu lalang kendaraan sepeda motor maka penulis bisa saja membuka usaha angkringan dengan konsep rumahan dan kecil-kecilan yang sederhana. Biaya modal usaha untuk membuka gerai angkringan di depan rumah tidak sebesar membuka usaha angkringan di daerah strategis dengan menyewa sebuah tempat. Yang diperlukan adalah menu-menu makanan dan minuman yang enak, spesial yang disajikan beserta penyediaan beberapa kursi dan meja alami dan menarik buat para konsumen angkringan.

▪ Konsep Angkringan Lesehan
Penulis seringkali menemukan gerai usaha angkringan dengan konsep lesehan. Para pengunjung menikmati menu kuliner angkringan sambil duduk di atas sebuah tikar atau alas. Usaha angkringan seperti ini bisa dilakukan di kota besar seperti di depan sebuah toko yang kosong, di teras rumah dengan konsep rumahan atau di desa dengan sistem lesehan.

Jika makan dan minum biasanya orang menggunakan meja dan kursi. Namun konsep angkringan lesehan memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung untuk menikmati menu kuliner dengan gaya sederhana dan alami yang membuat setiap orang ketagihan. Apalagi sambil melihat pemandangan alam di sekitar yang sangat indah dan menarik. Pastikan menu kuliner yang disediakan di gerai angkringan sobat sangat lengkap mencakup makanan, minuman, snack, dan lainnya.

Lokasi strategis untuk membuka usaha angkringan konsep lesehan adalah di alun-alun kota, taman bermain, pusat rekreasi misalkan kebun binatang atau obyek wisata, pusat hiburan, pusat keramaian orang, dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha angkringan konsep lesehan sangat mudah. Modal usaha yang diperlukan terbilang kecil. Hanya bermodalkan beberapa lembar tikar dan satu unit gerobak.

▪ Usaha Angkringan Konsep Food Truck
Konsep usaha angkringan modern yang disukai pembeli lainnya dengan desain menarik adalah gerai angkringan memakai mobil bak terbuka atau food truck yang akhir-akhir ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Seperti usaha jualan es kelapa muda dan berjualan tahu bulat yang penulis saksikan di kota besar dan desa banyak menggunakan konsep mobil bak terbuka. Tak ada salahnya anda mencoba membuka usaha angkringan dengan konsep dan desain menarik dan unik ini.

Sama seperti usaha lainnya yang berfokus pada keuntungan yang didapatkan. Begitupula usaha angkringan menggunakan mobil bak terbuka mesti berfokus pada laba. Jangan sampai usaha angkringan keliling menggunakan mobil terbuka hanya menghabiskan bensin. Pendapatan keuntungan tak sesuai dengan pengeluaran. Anda harus kreatif dengan berhenti atau mangkal di daerah strategis. Misalkan di sebuah pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor atau pinggir jalan dekat mall dan sekitar tempat obyek wisata dll.

▪ Usaha Angkringan Konsep Murah dan Merakyat
Jenis usaha angkringan konsep murah dan merakyat ini sangat cocok dijalankan di pedesaan terpencil maupun perkotaan. Walaupun konsep murah dan merakyat tapi desain gerai angkringan dibuat menarik dan moderen. Sehingga membuat konsumen betah berlama-lama dalam gerai angkringan dengan menu kuliner lengkap dan murah meriah. Dengan konsep lesehan membuat bisnis angkringan konsep murah dan merakyat ini dipastikan laris manis dikunjungi banyak kalangan. Dari pegawai negeri sipil, karyawan swasta, ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa dan lainnya.

▪ Usaha Angkringan Konsep Waralaba
Apabila anda ingin membuka usaha angkringan yang langsung jadi, tanpa memulai dari nol maka anda bisa menjalankan usaha angkringan dengan konsep franchise. Ada banyak jenis waralaba angkringan yang menawarkan kemitraan usaha dengan modal kecil hingga biaya investasi besar. Salah satunya waralaba angkringan nasi kucing. Pendek kata, jika anda kesulitan dalam cara memulai usaha angkringan gaul maka memilih bisnis angkringan waralaba sangat tepat dilakukan.  

Demikianlah konsep dan desain angkringan modern yang disukai pembeli. Sebenarnya masih banyak lagi konsep angkringan gaul dan unik lainnya seperti konsep tenda. Namun yang diutarakan di atas telah memadai sebagai perwakilan. Anda bisa membuka usaha angkringan sesuai desain dan konsep yang anda inginkan.