Daftar Menu Angkringan Lengkap dan Modern Laris Pembeli

20 Mei 2017

Di sekitar kita ada banyak usaha yang bisa dijadikan peluang mendapatkan uang tambahan, mulai dari usaha jasa dan usaha dagang. Untuk usaha dagang juga beragam salah satunya usaha kuliner. Bagi anda yang takut memulai usaha karena modal kecil maka bisa memulai usaha kecil kecilan seperti angkringan. Angkringan merupakan sebuah usaha kuliner yang sangat dikenal di daerah Yogyakarta, dahulu angkringan berupa gerobak yang didorong atau dipikul berkeliling untuk dijajakan. Namun sekarang kuliner angkringan ini tidak lagi berkeliling, namun menetap pada tempat tertentu. Biasanya angkringan bisa dengan mudah ditemui di pinggir jalan, di pertigaan, didekat kos kosan, dan tempat tempat strategis lainnya yang banyak dilalui orang.

Menu angkringan sangat beragam, namun harganya sangat ekonomis. Walaupun menu sangat sederhana, tetapi angkringan merupakan tempat yang sangat membantu untuk orang-orang membeli makanan dengan harga murah, khususnya para mahasiswa yang mendapatkan uang pas pasan. Angkringan tidak hanya dijadikan sebagai tempat makan saja, namun angkringan juga dijadikan sebagai tempat nongkrong, disamping mengobrol maka anda bisa memakan apa saja yang diinginkan dengan mengambilnya dengan mudah, karena angkringan yang biasa ditemui dipinggir jalan merupakan angkringan yang hanya berbentuk gerobak, yang memiliki tungku dan ada ceret di atasnya, disampingnya tersedia beragam menu, dan disekeliling gerobak tersebut dikelilingi oleh bangku yang memanjang.
menu angkringan, menu angkringan lengkap, daftar menu, angkringan, angkringan modern

Mengenal Daftar Wajib Menu Angkringan
Angkringan bisa anda temui dengan mudah di kota Yogyakarta, Klaten dan Solo, namun ternyata angkringan juga ada di kota kota lain, apalagi angkringan mulai dikenal oleh banyak masyarakat luas. Menu pada angkringan memang sederhana, namun menu tersebut sangat akrap dengan masyarakat, khususnya masyarakat kelas menengah ke bawah. Ada beragam jenis menu makanan yang disajikan, berikut ini adalah menu yang biasa anda dapatkan di angkringan beserta harga:

▪ Nasi kucing
Nasi kucing disini merupakan nasi satu kepal yang dibungkus dengan daun pisang, Koran, atau kertas minyak. Selain nasi didalamnya juga sudah ada lauk pauk yang tersedia, seperti teri dan sambal, tempe, sayuran atau lauk lainnya. Untuk harga satu bungkus nasi terkadang ada yang menjual lebih murah dan ada juga yang menjual lebih mahal, harga antara Rp 1000- Rp 3000.

▪ Beragam sate
Sate yang dimaksud merupakan beragam sate yang menggunakan tusukan bambu, biasanya ada sate telur puyuh, sate ati, sate ayam, sate usus, sate kiong, dan sate lainnya. Untuk harga sate ini antara Rp 1500 hingga Rp 2000.

▪ Beragam gorengan
Menu ini sangat wajib ada di angkringan, biasanya anda akan menemukan gorengan berupa bakwan, tempe goreng, pisang goreng, tahu sumpel, dan gorengan lainnya.Harga Rp 500, sangat murah sekali, namun ada juga tempat yang memberikan harga Rp 1000 satu bijinya.

▪ Beragam minuman
Untuk minuman anda akan mendapatkan minuman yang beragam, minuman disini biasanya cukup tradisional, anda akan menemukan susu, jahe, the, kopi, jeruk, kopi jos dan beragam minuman lainnya yang tersedia.

▪ Lain lain
Lain lain disini anda juga bisa menemukan beragam kerupuk, beragam jenis makanan seperti sosis, bakso, ayam goreng berupa kepala ayam, sayap ayam, ceker, rempelo hati, dan masih banyak lagi lainnya yang disajikan di angkringa.

Menu angkringan di atas merupakan menu sederhana namun wajib yang ada di angkringan, yang menjadi ciri khas tersendiri. Seiring berkembangnya zaman ternyata menu di angkringan tidak hanya menyediakan menu menu wajib diatas saja, ada banyak ide inovatif yang diterapkan oleh anak muda yang ingin berkreasi dan membuka usaha angkringan. Bangkan ada menu modern yaitu pizza yang sekarang ini bisa ditemukan di angkringan, selain pizza. Selain perubahan inovatif pada menu, anda juga bisa menjumpai angkringan yang memiliki tempat yang lebih modern layak seperti kafe.

Beragam tempat angkringan bisa anda temui dengan mudah, mulai dari angkringan yang masih sederhana dengan gerobak angkringan dan dikelilingi bangku yang memanjang, ada juga angkringan yang menambahkan konsep lesehan, biasanya tikar sudah disediakan oleh  penjual, dan ketika konsumen datang maka mereka bisa menggelar tikar dan memakan dengan cara lesehan.

Ada juga tempat yang lebih modern lagi, yaitu dengan membuka angkringan dengan konsep kafe namun tetap mempertahankan menu angkringan wajib seperti nasi kucing dan ditambah dengan menu istimewa dan modern lainnya. Anda bisa mengunjungi semua angkringan tersebut untuk merasakan konsep sederhana dan konsep modern, keduanya sama sama memiliki kelebihan masing masing.

Berbagai Menu Angkringan dan Tips Membuka Usaha Angkringan
Peluang usaha angkirngan memang sangat menjanjikan, dengan menu angkringan yang sangat murah meriah, serta keuntungannya bisa berlipat ganda. Untuk modal juga tidak perlu membutuhkan modal yang banyak, anda hanya membutuhkan gerobak, kursi memanjang atau tikar, dan anda hanya perlu tempat stategis seperti dipinggir jalan taya, kantor, pabrik, kampus dan tempat tempat umum strategis lainnya. Alat masak seperti ceret sebagai ciri khas angkringan juga bisa dengan mudah anda beli, serta makanan yang bisa didapatkan dengan sangat mudah, bahkan anda juga bisa mengelolanya sendiri dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Bagi anda yang ingin membuka angkringan modern dengan tempat yang lebih nyaman dan layak, serta menu pada angkringan yang lebih modern maka anda tidak perlu ragu untuk memulai, karena menu makanan ini sangat sederhana dan pastinya harga sangat terjangkau, sehingga bisa dengan mudah dipilih sebagai tempat nongkrong anak muda. Berikut ini adalah tips bagi anda yang ingin memulai usaha angkringan, yaitu:

▪ Pilih tempat strategis
Ini adalah langkah awal yang harus dipersiapkan dengan matang, memilih tempat yang strategis akan membuat bisnis atau usaha angkringan anda berjalan dengan baik. Pilihlah tempat yang cukup ramai, seperti pinggir jalan raya, kantor, pabrik, kampus, dan pusat keramaian lainnya

▪ Pastikan angkringan menarik
Untuk membuat konsumen tertarik dengan angkringan anda, maka anda harus membuat sesuatu yang bisa menarik mereka, bisa melalui tempat yang layak dan nyaman seperti kafe, bisa berupa menyuguhkan menu makanan yang berbeda dari angkringan lainnya, kualitas menu yang lezat, serta dilihat dari harga yang sangat terjangkau.

▪ Cari karyawan
Untuk memaksimaksimalkan angkringan, anda harus mau mempekerjakan seorang karyawan untuk membantu, pastikan kkonsumen anda tidak dilayani secara maksimal. Jika anda memiliki karyawan maka makanan juga bisa didapatkan dengan tepat, anda bisa membagi tugas karyawan seperti anda yang melayani, karyawan lain yang membuat minuman, atau anda sekedar menjadi kasir saja.

▪ Persiapkan peralatan dan jaga kebersihan
Pastikan peralatan lengkap, apalagi peralatan inti yang digunakan oleh para konsumen, seperti sendok dan garpu. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, karena jika tidak bersih maka pelanggan yang datang tidak akan mau datang kembali selanjutnya.

▪ Sajikan ciri khas tertentu pada makanan
Pastikan anda memiliki ciri khas tertentu pada makanan yang disajikan, bisa juga membuat smabal yang lezat dan unik yang tidak dijumpai ditempat lain, namun jangan lupa juga untuk memastikan makanan lainnya memiliki rasa yang enak juga. Selain itu anda juga bisa menyediakan nasi yang selalu hangat, biasanya para pelanggan akan sangat senang menikmati nasi yang masih hangat yang memiliki kepulan asap.

Dengan adanya tips-tips di atas maka anda memiliki peluang bisnis kuliner yang bisa sukses. Konsep modern pada angringan saat ini juga dijadikan konsep yang sangat menarik, apalagi bagi anak muda. Karena konsep yang modern tidak hanya memiliki tempat yang luas saja, tempat biasanya lebih nyaman dilengkapi dengan beragam fasilitas, anda bisa menambahkan fasilitas toilet dan mushola, free wifi, tempat listrik yang banyak sehingga siapa saja bisa belajar, berdikusi, atau mengerjakan tugas bersama teman teman di samping menyantap hidangan yang lezat. Apalagi harga makanan di angkringan sangat terjangkau, seperti nasi denga  harga Rp 3000, minuman kurang lebih Rp 3000, lauk pauk seperti sate dan gorengan Rp 3000, sehingga jika ditotal maka tidak ada Rp 10.000.

Selain menyediakan jenis menu angkringan yang sederhana dan merakyat, angkringan modern biasanya juga menyediakan berbagai makanan modern, misal saja pizza, pasta, juice, dan berbagai minuman lainnya. Selain itu di dalam angkringan modern biasanya memiliki konsep ruangan yang lebih modern, misal saja tempat duduk dengan gaya peranakan, Amerika, England dan jenis lainnya yang bisa anda temui di angkringan modern.

Walaupun mengusung tema modern, anda masih bisa mendapatkan penyajian yang tradisional, misal saja piring bisa menggunakan piring aluminium zaman dahulu, cangkir atau gelas seperti zaman dahulu, bahkan anda juga bisa menggunakan kendi. Pigura atau pajangan juga bisa disentuh dengan gaya modern tradisional,  anda juga bisa menambahkan suasana tenang dengan tembang tembang jawa yang sangat indah untuk didengar.