Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Pembuatan Website Buat Pemula

21 November 2017

Usaha jasa pembuatan website belakangan ini menjadi trend. Usaha yang berbasis teknologi itu banyak dikembangkan karena permintaan pasar yang akhir-akhir ini juga ikut meningkat. Bagi Anda yang tengah bingung menentukan jenis usaha apa yang cocok untuk dijalankan saat ini, membuka usaha jasa pembuatan website mungkin bisa dipertimbangkan. Memang tidak bisa jalan begitu saja. Anda atau mungkin karyawan Anda harus memiliki skil untuk membangun website, sehingga bisa dijual kepada para klien.

Sekarang ini banyak sekali orang yang memerlukan website untuk keperluan lembaga, kelompok, individu,  ataupun untuk kebutuhan usaha perusahaan. Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 150   juta  pengguna ditambah dengan gaya hidup belanja online membuat banyak perusahaan membutuhkan website, misalnya toko online.
jasa pembuatan website, bisnis website, usaha website, bisnis jasa website, website, usaha buat website

Analisis Usaha Jasa Pembuatan Website
Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern saat ini baik di kota maupun desa. Internet digunakan sebagai sarana atau media sosial dan juga media promosi dan pemasaran yang sangat disukai banyak orang. Sebab internet cukup efektif sebagai media pemasaran yang menjangkau pangsa pasar dalam negeri hingga ke seluruh dunia.

Pengguna internet di tanah air dari tahun ke tahun jumlahnya meningkat pesat. Hal ini menimbulkan fakta tersendiri betapa menjanjikan sekali melakukan bisnis online seperti online shop. Kenyataan tersebut membuat banyak pengusaha terdorong untuk mempunyai website bisnis. 

Setiap jenis bisnis pasti membutuhkan yang namanya promosi baik promosi offline maupun online. Namun yang populer dan jadi primadona sekarang ini bagi setiap jenis usaha adalah jenis promosi online. Hal ini tak terlepas dari kelebihan promosi online sangat banyak, antara lain biaya promosi bisa nol, mudah dijalankan, menjangkau pangsa pasar ke seluruh dunia.

Salah satu cara untuk melakukan promosi online adalah dengan membuat website. Seperti website toko online jualan baju, snack, minuman, smartphone, laptop, ebook, buku, makanan, fashion, dll. Tapi kebanyakan para pemilik bisnis tidak tahu sama sekali mengenai cara membuat website toko online sendiri. Oleh karena itu, mereka memilih menggunakan jasa pembuatan website yang profesional.

Selain untuk menjual produk secara fisik, website dibutuhkan juga untuk kalangan profesional untuk menjual jasanya. Seperti jasa penulisan artikel, jasa desain grafis, jasa pengacara, dll. Atas kenyataan di atas membuat bisnis jasa pembuatan website sangat menguntungkan dan mampu memberikan pendapatan sangat besar.

Pendek kata, apabila sobat mempunyai keahlian khusus untuk membikin website yang bagus, baik dan profesional maka sobat bisa membuka usaha jasa pembuatan website secara online. Seperti jasa pembuatan website pemerintah, perusahaan dan toko online. Saat ini bisnis pembuatan website masuk ke dalam kelompok usaha yang bakal berkembang cepat. Ada banyak konsumen di dalam negeri maupun luar negeri yang membutuhkan jasa ini. Sehingga tak menutup kemungkinan, sobat dapat berhasil memperoleh untung besar dari bisnis jasa pembuatan website. Sebab harga jasa pembuatan website profesional sangat mahal.

Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Pembuatan Website Buat Pemula
Berikut ini rincian biaya modal usaha jasa pembuatan website buat pemula, antara lain:

▪ Biaya investasi
1. Laptop harga Rp 3 juta
2. Komputer Rp 4 juta
3. Modem Rp 400 ribu
4. Template website. Ada yang berbayar dan gratis. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di internet.

Total biaya investasi sebesar Rp 7.400.000

▪ Biaya operasional bulanan
1. Paket kuota internet Rp 100 ribu
2. Biaya listrik Rp 100 ribu

Estimasi biaya operasional sekitar Rp 200 ribu perbulan.

Dilihat dari data di atas jelas bahwa untuk membuka usaha jasa pembuatan website tidak dibutuhkan modal besar. Dengan modal kecil bahkan tanpa modal, sobat bisa membuka usaha jasa pembuatan website. Laptop atau komputer serta koneksi internet biasanya sudah dimiliki setiap manusia modern. Jika anda tidak memilikinya maka anda bisa meminjam laptop ke sanak kerabat atau anggota keluarga yang memilikinya.

Pendek kata, modal usaha yang utamanya adalah mempunyai ketrampilan dan keahlian membuat website perusahaan, pemerintah dan toko online yang bagus dan profesional. Anda bisa mempelajari keterampilan membuat website melalui media internet, autodidak, kursus, majalah, buku dll.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Jasa Pembuatan Website
Jika anda ingin buka usaha pembuatan website dan tidak mempunyai modal usaha yang mencukupi meliputi laptop, komputer, modem dan paket kuota internet maka anda bisa mendapatkan modal usaha tersebut dari berbagai pihak.

Berikut ini cara mendapatkan modal usaha pembuatan website bagi pemula, antara lain:

1. Pinjaman orang tua
Orangtua kandung merupakan orang yang sangat mencintai anda. Beliau ingin sobat sukses dalam karir, rumah tangga, bisnis dan kehidupan. Maka tak ada salahnya jika anda butuh modal untuk buka usaha jasa pembuatan website, anda bisa meminjam uang kepada orangtua.

2. Pinjaman bank
Untuk mendapatkan pinjaman dari bank untuk modal usaha pembuatan website maka anda harus membuat proposal usaha. Tidak dianjurkan untuk meminjam uang ke bank untuk memperoleh modal usaha jasa pembuatan website. Karena adanya bunga bank yang harus dibayarkan, selain hutang pokok.

3. Menjual aset
Inilah cara yang paling dianjurkan untuk mendapatkan modal untuk membuka usaha pembuatan website yaitu menjual aset atau menggunakan tabungan sendiri.

Tips Sukses Membuka Usaha Online Jasa Pembuatan Website Buat Pemula
Bagi anda pemula yang ingin memulai usaha jasa pembuatan website secara profesional, berikut ini penulis paparkan kumpulan tips sukses membuka usaha online jasa pembuatan website buat pemula yang menguntungkan dan laris manis, antara lain:

1. Mengetahui cara kerja usaha jasa pembuatan website
Sebelum anda memulai usaha jasa pembuatan website pastikan anda mengetahui alur dan cara kerja usaha jasa pembuatan website. Ada dua cara kerja dalam bisnis pembuatan website yaitu sobat membikin website sesuai dengan keinginan konsumen, selepasnya tanpa jasa pengelolaan website tersebut. Dan kedua, anda membuat website sesuai permintaan konsumen, selanjutnya mengelola website tersebut dalam masa tertentu sesuai kesepakatan bersama antara anda dan pelanggan.

2. Harga yang bersaing
Berdasarkan pengamatan penulis, ada beberapa orang yang ahli dalam membuat website. Mereka membuka usaha jasa pembuatan website secara sampingan dan utama. Sehingga jika anda terjun dalam usaha jasa pembuatan website akan banyak kompetitor. Anda mesti memenangkan persaingan usaha jasa ini dengan cara memberikan harga jasa pembuatan website yang bersaing. Kalau bisa lebih murah sedikit dari pesaing untuk mendapatkan sebanyak mungkin konsumen. Apalagi sobat dalam tahapan merintis usaha jasa pembuatan website.

Untuk mengetahui harga pasaran jasa pembuatan website profesional maka anda bisa bertanya langsung kepada pelaku usaha jasa pembuatan website pemerintah, toko online, perusahaan dll. Untuk setiap proyek pembuatan website biasanya dipatok dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitannya. Pokoknya, anda bisa memasang tarif harga pembuatan website sesuai keinginan dan tingkat kesulitan. Namun biasanya jika pembuatan website cukup sulit dibanderol harga Rp 4 juta. 

3. Membikin website khusus yang berisi penawaran jasa pembuatan website
Hal ini diperlukan sebagai sarana promosi online sekaligus sebagai contoh website yang telah anda buat. Pastikan website khusus tersebut mempunyai tampilan yang sangat bagus, unik dan menarik serta loading cepat yang mampu memikat banyak pengguna internet untuk memilikinya. Ketika mereka ingin mempunyai website dengan tampilan menarik tersebut, pastinya mereka akan menghubungi anda sebagai pengusaha yang menyediakan jasa pembuatan website yang profesional dalam rangka menjadi konsumen.

Dalam website yang berisi penawaran jasa pembuatan website tersebut tercantum navigasi yang jelas mencakup metode pembayaran, cara pemesanan, contoh website yang telah dibuat, testimoni dari para pelanggan, dan halaman kontak yang dapat mereka hubungi via telepon, sms maupun whatsapp dan email.

4. Promosi usaha jasa pembuatan website di marketplace seperti ads id, olx dan lain sebagainya. Dalam promosi di marketplace, anda mencantumkan daftar harga pembuatan website dari yang paling mahal sampai paling murah sesuai dengan paket yang diberikan. Pendek kata, pastikan promosi usaha dilakukan gencar.

Apalagi pada awal usaha membuka jasa pembuatan website maka anda akan kesulitan mendapatkan konsumen terutama konsumen pertama. Cara untuk mendapatkan konsumen adalah dengan cara promosi online. Karena cara promosi online terbukti efektif, mudah, dan gratis dalam mendapatkan konsumen.

5. Unik
Usaha jasa pembuatan website sobat haruslah berbeda dari pesaing. Misalkan harga yang lebih murah, adanya pelayanan tambahan, website yang dibuat seo friendly dan fast loading sehingga mudah terindeks mesin pencarian google dan lain sebagainya. Hal ini untuk membedakan usaha pembuatan website sobat dengan pesaing.

6. Pelayanan memuaskan
Setelah mendapatkan satu orang konsumen maka pastikan anda memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan konsumen. Contohnya membuat website sesuai keinginan konsumen dengan biaya murah. Sehingga mereka menjadi pelanggan tetap. Dari satu pelanggan anda bisa mendapatkan banyak orderan. Karena mereka akan merekomendasikan usaha pembuatan website sobat kepada orang-orang di sekitarnya.

Dengan mempunyai banyak pelanggan, selanjutnya anda bisa mengurangi promosi. Dan lebih fokus melayani banyak pelanggan. Jika anda kewalahan orderan maka sobat bisa merekrut karyawan yang ahli membuat website. Kalau hal ini terjadi otomatis sobat akan memperoleh omset perbulan usaha pembuatan website sangat besar sekitar puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulan.

7. Pantang menyerah
Hal penting lain bagi orang yang mau membuka usaha pembuatan website untuk perusahaan, lembaga pemerintah dan perorangan hendaknya memiliki sikap mental pantang menyerah. Karena suatu waktu, usaha pembuatan website sobat mengalami sepi konsumen. Namun hal itu sementara. Dengan melakukan promosi online secara gencar berjalan waktu anda akan mendapatkan konsumen.