Rincian Biaya Modal Usaha Perjalanan Wisata hingga Buka

23 September 2017

My trip my adventure. Itu adalah salah satu kegiatan petualangan wisata yang sangat menyenangkan yang ditayangkan di stasiun televisi TransTV. Mayoritas penduduk Indonesia memang suka jalan-jalan mengunjungi objek wisata yang menarik di suatu daerah. Gaya hidup masyarakat modern saat ini sangat mendukung berkembangnya bisnis perjalanan wisata. Paling tidak setiap satu tahun sekali umumnya mereka melakukan kegiatan liburan atau jalan-jalan ke obyek wisata.

Prospek Usaha Perjalanan Wisata
Jika anda suka travelling atau mengunjungi berbagai obyek wisata maka anda akan tahu obyek objek wisata mana saja yang telah anda kunjungi dan berkesan dan sangat menarik bagi anda. Daripada anda hanya menghabiskan banyak uang untuk membiayai hobi wisata anda lebih baik menggunakan hobi tersebut untuk menambah penghasilan. Telah banyak orang yang berhasil mendapatkan pendapatan yang sangat besar dari hobi traveling.

Ada banyak cara menghasilkan uang dari hobi jalan-jalan. Seperti yang ditayangkan pada sebuah acara televisi yang dengan host Andi F Noya bahwa banyak kalangan anak muda yang kaya raya dari hobi berwisata dari satu daerah secara nasional hingga ke luar negeri. Berikut ini cara mereka menghasilkan uang dari hobi jalan-jalan tersebut yaitu membuat blog perjalanan wisata. Kemudian dalam blog wisata tersebut diuangkan dengan cara dipasang space penyewaan iklan mandiri, menjual tas travel, dan terakhir membuat jasa biro perjalanan wisata.
bisnis wisata, usaha wisata, usaha perjalanan wisata, bisnis tour wisata, bisnis perjalanan wisata, wisata, modal usaha wisata

Usaha biro perjalanan wisata mempunyai prospek cerah dan menjanjikan. Karena bisnis travel tidak akan pernah ada matinya. Setiap orang butuh hiburan dan jalan jalan untuk melepas kepenatan. Mereka pergi berlibur ke berbagai obyek wisata seperti ke Bogor, Jakarta, Pulau Bali, Singapura, Australia dll. Nah melihat usaha biro perjalanan wisata sangat menguntungkan saat ini maka tak ada salahnya anda segera membuka bisnis travel agency secara rumahan dan online.

Ada dua kebiasaan orang dalam melakukan suatu kegiatan wisata atau jalan-jalan. Pertama, mereka yang jalan jalan wisata secara spontan atau mendadak. Dan ini hanya sebagian kecil orang yang melakukannya. Kedua, mereka yang melakukan perjalanan wisata dengan sangat matang. Mereka sudah jauh jauh hari mempersiapkan piknik ke obyek wisata tertentu baik di luar negeri maupun dalam negeri dengan perencanaan keuangan sebelumnya.

Konsumen Usaha Biro Perjalanan Wisata
Pangsa pasar atau konsumen dari bisnis perjalanan wisata sangat jelas. Selain, masyarakat umum baik individu, kelompok maupun keluarga, bisnis ini bisa menyasar ke kalangan lembaga seperti institusi sekolah, perusahaan swasta, perusahaan negara, BUMN dll. Penulis ketika duduk di bangku sekolah SMP kelas dua pernah melakukan acara studi wisata yang diadakan oleh pihak sekolah. Satu sekolah ikut berdarmawisata ke daerah jakarta mengunjungi TMII, Seaworld, Museum, Taman Ancol dan lain sebagainya. Acara studi wisata yang diadakan oleh pihak sekolah berlangsung setiap tahun. Biasanya saat liburan sekolah.

Kemudian adik tercinta penulis juga seringkali mengikuti kegiatan jalan-jalan ke obyek wisata baik di dalam negeri seperti Kota Malang maupun ke luar negeri seperti Singapura, malaysia, Tiongkok dll. Mereka piknik ke obyek wisata tersebut bersama karyawan Bio Farma. Dari sinilah terlihat bahwa pangsa pasar yang dituju dari usaha perjalanan wisata bisa berupa lembaga perusahaan swasta dan negeri maupun BUMN yang banyak karyawannya. Kegiatan acara wisata yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dilakukan secara rutin. Paling tidak satu tahun sekali.  

Pendek kata, sangat mudah bagi anda untuk memasarkan usaha jasa perjalanan wisata. Baik ke masyarakat umum, sekolah, perusahaan, komunitas tertentu dll. Karena konsumen sudah jelas dan sangat besar jumlahnya di tanah air. Agar usaha perjalanan wisata anda semakin berkembang pesat dan menguntungkan maka anda harus memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan kepada para konsumen. Sehingga mereka puas atas pelayanan yang anda berikan dan menjadi pelanggan tetap yang loyal. 

Cara Membuka Biro Perjalanan Wisata
Berikut ini cara membuka biro perjalanan wisata yang sukses dan perlu sobat ketahui, antara lain:

1. Mempunyai bekal wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai obyek wisata yang hendak dituju. Hal ini berguna untuk kelancaran bisnis perjalanan wisata anda.

2. Memiliki pengetahuan tentang seluk beluk bisnis biro perjalanan wisata. Dengan demikian, anda akan membuat divisi tiket, bagian pembukuan, divisi pemesanan, bagian pengurusan dokumen, bagian penjualan hotel, divisi tur, serta bagian lain yang diperlukan dalam bisnis travel ini berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang sobat miliki. Yang paling menarik adalah bagian tur yang berkenaan dengan perjalanan wisata untuk perorangan atau kelompok.

3. Membuat paket wisata yang sedang trend, populer dan sangat menarik.

Berikut ini paket-paket wisata yang sedang hits dan trend di Indonesia, yaitu:
▪ Wisata Kesehatan
Sebuah kegiatan rekreasi atau jalan-jalan ke berbagai balai pengobatan, spa hingga ke rumah sakit. Dimana para peserta akan mendapatkan berbagai layanan berupa pengobatan yang nyaman dan praktis di negara Singapura atau Malaysia. Para peserta sudah terima beres. Sebab masalah transportasi, hotel dan prosedur di rumah sakit sudah diselesaikan dengan baik oleh pihak perusahaan jasa biro perjalanan wisata kesehatan.

▪ Wisata Rohani
Paket wisata lain yang sedang booming adalah wisata rohani yangs setiap tahun para peserta bertambah terus. Dari namanya jelas bahwa paket wisata berkaitan dengan aktifitas rohani. Seperti mengunjungi makam makam walisongo atau ziarah, melakukan ibadah naik haji dan umroh, melakukan kunjungan ke berbagai pengajian dll. Biasanya kelompok pengajian atau sekolah keagamaan mengadakan acara kegiatan ini secara rutin setiap tahun sekali.

▪ Wisata Pendidikan
Anda pastinya sudah mengetahui dengan paket wisata pendidikan. Dari namanya saja bahwa paket usaha ini mengajak para peserta untuk berwisata sambil belajar. Misalkan mengunjungi museum, mengunjungi universitas ternama di dunia, dll.

Terbukti ketiga paket wisata di atas digemari banyak orang. Sehingga biro perjalanan wisata bisa meraup untung bersih sampai puluhan juta rupiah perbulan.

4. Pelayanan yang memuaskan konsumen. Kunci sukses usaha perjalanan wisata yang utama adalah memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para konsumen.

5. Legalitas usaha. Anda tentu tidak ingin jika usaha perjalanan wisata anda ilegal. Oleh sebab itu, sebelum membuka usaha perjalanan wisata anda perlu menyiapkan aspek legalitas usaha yang mencakup pembuatan akta pendirian badan hukum PT,  surat ijin gangguan, surat ijin usaha wisata dari Dinas Pariwisata setempat, surat domisili perusahaan, membekali diri dengan mempunyai SIUP, NPWP, TDP, BPJS ketenagakerjaan dan lain-lain.

Pendek kata, memulai bisnis travel wisata tidaklah sulit. Walaupun ada banyak pesaing dari bisnis perjalanan wisata seperti TripAdvisor, tiket dot com, traveloka dan lain sebagainya. Namun demikian, pangsa pasar masih terbuka sangat luas bagi anda pemula yang mau memulai dalam bisnis travel wisata.

Berdasarkan data dari lembaga penelitian terpercaya di setiap negara mempunyai kenaikan yang sangat besar dari jumlah wisatawan. Seperti negara Jepang dan Yunani serta Indonesia. Hal inilah yang menimbulkan usaha biro perjalanan wisata, usaha konsultan pariwisata sampai bisnis restoran bagi wisatawan sangat menjanjikan untung besar saat ini.

Penulis juga berencana untuk membuka bisnis biro perjalanan wisata di daerah penulis yakni Sumedang. Karena mengetahui berbagai objek wisata di Sumedang. Seperti Waduk Jatigede, danau biru di hariang, kampung karuhun dan lainnya.  

Rincian Biaya Modal Usaha Perjalanan Wisata hingga Buka
Jika anda berminat untuk membuka usaha perjalanan wisata, berikut ini rincian biaya modal usaha perjalanan wisata dari awal hingga siap buka, antara lain:

1. Sewa ruko di tempat strategis: Rp 700 ribu
2. Pengurusan legalitas usaha: Rp 34 juta
3. Belanja printer dan komputer: Rp 5 juta
4. Belanja kursi dan meja: Rp 800 ribu
5. Biaya transportasi: Rp 2 juta
6. Beli mesin fasksimile: Rp 1 juta
7. Biaya Listrik dan air bulanan: Rp 1 juta
8. Biaya telepon dan internet: Rp 500 ribu

Maka total modal usaha yang diperlukan untuk membuka bisnis perjalanan wisata secara mandiri sekitar Rp. 46 juta.

Belajar Bisnis Travel
Setelah mengetahui rincian biaya modal usaha perjalanan wisata hingga buka, selanjutnya saatnya anda mulai belajar membuka usaha perjalanan wisata. Sangat dianjurkan untuk belajar bisnis travel dari nol baik bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan travel agent. Atau anda bisa terjun langsung memulai usaha perjalanan wisata dari awal.

Ada banyak sumber informasi yang bisa dijadikan referensi tentang cara memulai dan belajar bisnis travel. Seperti membaca buku, majalah, media di internet dll yang berkaitan dengan bisnis biro perjalanan wisata. Langkah paling mudah bagi pemula adalah membuka usaha travel dimulai dari agen jualan tiket pesawat, usaha travel mobil hingga usaha perjalanan wisata yang sebenarnya.

Syarat mendirikan travel agent sendiri yang sukses sangat mudah. Perusahaan ini mesti disupport oleh karyawan yang handal dan ahli dalam bidang masing-masing. Selain itu, kantor biro perjalanan wisata haruslah nyaman dan representatif. Keberadaan biro perjalanan wisata terbukti ikut meningkatkan perekonomian warga sekitar obyek wisata. Jika anda membuka usaha travel sendiri berarti turut serta dalam membangun perekonomian masyarakat Indonesia.