Rincian Biaya Modal Usaha Minuman Ringan dari Awal hingga Buka

22 Maret 2018

Usaha dalam bidang ringan sangat menarik perhatian orang banyak. Terutama dalam segi omset dan keuntungan yang sangat menjanjikan. Apalagi di saat musim kemarau tiba. Bisnis minuman ringan dipastikan laris manis dengan keuntungan yang besar. Ada banyak jenis bisnis minuman ringan yang bisa sobat jalankan yaitu peluang bisnis minuman kemasan gelas, peluang usaha minuman teh dingin, dan peluang bisnis minuman kemasan cup.

Rincian Biaya Modal Usaha Minuman Ringan dari Awal hingga Buka
Bagi anda yang mau membuka usaha minuman ringan sebagai pemula tentu akan bertanya berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka bisnis minuman ringan. Untuk lebih lengkap dan jelas, berikut ini penulis jelaskan rincian biaya modal usaha minuman ringan dari awal hingga buka buat pemula, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi usaha minuman ringan yang harus dipersiapkan yaitu:

1. Gerobak atau booth mini Rp 1 juta. Jika anda membuatnya sendiri akan lebih murah dengan membutuhkan biaya sebesar Rp 500 ribu.
2. Ember Rp 70 ribu
3. Toples Rp 80 ribu
4. Gelas Rp 50 ribu
5. Alat press minuman kemasan cup Rp 800 ribu

Total biaya investasi sebesar Rp 2 juta.

▪ Biaya Operasional
Untuk biaya operasional meliputi:

1. Bahan baku minuman Rp 250 ribu
2. Plastik dan sedotan Rp 200 ribu

Total biaya operasional perbulan Rp 450 ribu. Dengan catatan usaha minuman ringan dijalankan secara rumahan dengan memanfaatkan halaman rumah yang terletak di tempat strategis.

Omset Perbulan Usaha Minuman Ringan
Apabila dalam satu hari sobat bisa menjual 40 cup minuman ringan dengan harga Rp 1000 maka omset kotor harian sebesar Rp 40.000. Dikalikan satu bulan atau 30 hari maka keuntungan kotor sebesar Rp  1.200.000 perbulan. Dikurangi biaya operasional usaha maka omset bersih perbulan usaha minuman ringan sebesar Rp 750 ribu. Lumayan bukan? Apalagi bisnis minuman ringan ini tidak terlalu menghabiskan banyak waktu dan bisa dikerjakan secara sampingan dan rumahan.
bisnis minuman ringan, usaha minuman ringan, usaha minuman, bisnis minuman, minuman ringan, teh manis

Analisis Usaha Minuman Ringan
Pada saat cuaca panas atau di siang hari dengan terik matahari akan membuat setiap orang merasa dahaga. Untuk melepas rasa dahaga mereka minum air dalam kemasan. Pangsa pasar usaha minuman ringan sangatlah luas. Terutama kalangan anak sekolah atau pelajar yang sangat menggemari minuman ringan dengan berbagai variasi rasa.

Berdasarkan pengamatan penulis, berbagai jenis minuman ringan saat ini laku keras di semua kalangan dan pasaran terutama sekolah-sekolah. Dalam satu hari sebuah sekolah negeri di daerah penulis bisa menghabiskan ratusan minuman ringan kemasan dalam bentuk cup. Sehingga setiap hari sebuah sekolah yang mempunyai murid ratusan membutuhkan pasokan minuman ringan dalam jumlah besar. Hal inilah yang membuat bisnis minuman ringan cepat untung dan cepat kaya. Pendapatan yang dihasilkan bersifat harian.

Kalau kita melihat, saat ini menjamur berbagai gerai usaha minuman ringan di dekat sekolah maupun pinggir jalan secara kaki lima. Konsep usaha minuman ringan kebanyakan dalam bentuk waralaba seperti minuman cappucino cincau, milshake, nyoklat, minuman keju, dan minuman waralaba dan franchise lainnya.

Kemudian menjamur pula gerai usaha minuman ringan secara permanen dan non permanen yang berada di dekat sekolah. Mereka biasanya menawarkan minuman ringan dalam bentuk sachet yang kemudian dicampur dengan air dan es. Konsep usaha minuman ringan ini mempunyai pangsa pasar yang sangat terbatas yaitu kalangan pelajar dekat sekolah.

Jika anda membuka usaha minuman ringan dengan target anak sekolah atau pelajar maka anda harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan kalangan anak sekolah atau pelajar. Pastikan minuman ringan yang anda jual dibanderol dengan harga sangat murah sekitar Rp 500 sampai Rp 1000. Kemudian rasa minuman harus diperhatikan. Pastikan rasa minuman ringan sangat enak dan lezat serta praktis.

Dan tak kalah penting rasa minuman ringan haruslah beraneka macam buah-buahan. Seperti rasa stroberi, anggur, apel, manggu, sirsak, mangga, leci, nangka, pisang, taro, melon, mocca, cappucino, dan rasa lainnya yang banyak. Dengan demikian para pelajar atau anak sekolah bisa memilih sesuai selera yang mereka inginkan. Adapun bentuk minuman ringan yang bisa sobat jual di pasaran sangat beragam. Seperti jenis minuman susu, minuman teh, yoghurt, minuman coklat, minuman milshake, minuman jus buah-buahan dan lain sebagainya.

Bagi anda sebagai pemula dalam bisnis minuman ringan. Kabar baiknya adalah untuk memulai usaha minuman ringan yang menyegarkan dan dingin  tidak membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus. Siapapun bisa membuka usaha minuman ringan secara mudah, modal kecil dan menguntungkan.

Konsumen Usaha Minuman Ringan
Adapun yang menjadi konsumen usaha minuman ringan adalah semua orang. Baik tua maupun muda, anak-anak hingga pelajar TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Setiap orang tentu membutuhkan minum setiap hari sebagai kebutuhan dasar manusia. Apalagi berdasarkan penelitian setiap manusia harus minum air minimal 6 gelas perhari. Atas hal itulah membuat berbagai minuman ringan laris manis diburu banyak orang.

Anda bisa membuka usaha minuman ringan dengan membuka gerai usaha minuman ringan yang berada di tempat strategis. Seperti di dekat sekolah, perumahan yang padat penduduk, sekitar tempat wisata, dekat tempat bimbingan belajar, tempat bermain anak-anak dan tempat strategis lainnya. Konsep usaha berjualan minuman ringan bisa dalam bentuk warung, kantin, menggunakan sepeda motor maupun sepeda biasa.

Prospek Usaha Minuman Ringan
Prospek usaha minuman ringan sangat cerah. Karena penulis tidak pernah mendapatkan gerai usaha minuman ringan yang sepi pembeli. Tapi selalu laris manis. Begitupula sebuah warung kecil-kecilan yang menjual berbagai jajanan anak sekolah maka jajanan yang paling laris adalah minuman ringan. Dalam satu hari bisa terjual ratusan minuman ringan.

Walaupun usaha minuman ringan sudah banyak pesaing dengan merk terkenal dari berbagai perusahaan besar dan kecil tetap saja bisnis minuman ringan masih sangat menjanjikan bagi seorang pemula sekalipun. Karena pangsa pasar yang terbuka sangat luas. Berikut ini jenis-jenis minuman ringan yang jadi kesukaan para pelajar dan anak sekolah antara lain marimas, jasjus, pop ice, good day, dan lain sebagainya. Harga minuman ringan kemasan tersebut dijual Rp 1000.

Akan tetapi, jika anda ingin membuka usaha minuman ringan skala besar maka anda harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan usaha produksi minuman ringan antara lain : bahan baku minuman, shaker, sedotan besar dan sedotan kecil, cup, sealer pengemas, dan lain sebagainya. 

Peluang Bisnis Minuman Ringan yang Unik dan Mudah
Atas dasar fakta yang ada dan melihat pangsa pasar yang sangat besar dan kebutuhan akan air minum kemasan sangat tinggi membuat bisnis minuman ringan sangat menguntungkan. Anda bisa memulai usaha minuman ringan dengan mudah dan modal kecil. Salah satunya menjual minuman ringan yang telah dikemas dalam bentuk cup. 

Kiat Sukses Bisnis Minuman Ringan
Berikut ini kiat sukses bisnis minuman ringan, antara lain:

1. Inovasi minuman ringan
Untuk membuka usaha minuman ringan sangat mudah. Namun untuk mempertahankan kesuksesan minuman ringan sangat sulit. Mungkin pada awal usaha, minuman ringan dingin dan menyegarkan yang sobat jual di pasaran mengalami laris manis. Namun seiring berjalan waktu, para konsumen dan pelanggan terutama kalangan anak sekolah dan pelajar mengalami kebosanan dengan variasi minuman ringan yang sobat jual. Di sinilah letak pentingnya bagi anda untuk melakukan inovasi minuman ringan sehingga konsumen dan pelanggan tidak bosan dengan jenis minuman ringan yang sobat jual.

2. Kombinasi usaha
Anda tidak hanya mengandalkan penghasilan dari bisnis minuman ringan. Tapi juga bisa dikombinasikan dengan usaha yang masih satu jenis dan berkaitan. Misalkan jualan popcorn, jualan makanan ringan, kentang goreng, sweet corn, arum manis, snack, kerupuk dan lain sebagainya. Sehingga warung atau kantin yang anda titipkan terkesan dengan bisnis kuliner anda yang lengkap. Hal ini akan berdampak pada penghasilan yang sobat dapatkan bisa lebih besar lagi.

Cara Menjadi Distributor Minuman Ringan
Seiring dengan laris manisnya minuman ringan membuat bisnis kuliner ini sangat menjanjikan untung besar. Sehingga sobat dapat dengan mudah menjumpai berbagai distributor minuman ringan di berbagai kota besar. Seperti Tangerang, Bogor, Depok, Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya menjamur dengan jumlah ribuan karyawan.

Bisnis minuman dingin seperti minuman teh, susu, kopi, yogurt, dan minuman lainnya tidak akan pernah sepi pembeli. Karena setiap hari dibutuhkan oleh manusia sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia dan sarana untuk menunjang kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Anda bisa membuka gerai usaha bisnis minuman ringan yang unik dengan konsep gerobak kaki lima, rumahan maupun waralaba.

Selain itu, anda juga bisa bekerjasama dengan distributor besar minuman ringan dari brand yang sudah terkenal. Anda sebagai distributor kecil minuman ringan yang memasok berbagai minuman ringan ke sejumlah warung dan kantin. Untuk mengetahui alamat distributor besar minuman ringan di daerah anda, sobat bisa mencarinya di Google.

Peluang bisnis minuman ringan bisa dijalankan dengan modal kecil dimulai dari Rp 300 ribu bahkan tanpa modal. Adapun keuntungannya bisa dua kali lipat. Akan tetapi yang lebih menjanjikan lagi tentunya anda membuka bisnis minuman ringan kemasan gelas sebagai produsen yang memasok minuman ringan ke sejumlah warung dan kantin dekat sekolah ke seluruh wilayah di Indonesia.