15 Peluang Usaha Makanan yang Laris, Modal Kecil, Menguntungkan

23 Mei 2018

Dewasa ini usaha atau bisnis menjadi suatu hal yang menarik untuk dilakukan. Ada beragam jenis usaha yang dapat dibuat, salah satunya dalam bidang makanan. Peluang usaha makanan ini sendiri diyakini akan terus berkembang dan bertahan mengingat makanan menjadi kebutuhan dasar manusia. Sehingga tidak heran jika banyak orang-orang yang tertarik untuk terjun ke dalamnya.

Menjalankan usaha makanan sama seperti usaha lainnya, memerlukan modal, strategi, serta keahlian dalam berdagang. Dengan kata lain usaha ini tidak akan memberi keuntungan jika tidak dikelola dengan benar. Lantas apa saja usaha makanan yang dapat memberikan keuntungan?

Daftar 15 Peluang Usaha Makanan yang Laris Manis
Menjadikan makanan sebagai pilihan untuk menjalankan bisnis atau usaha memang terdengar mengasyikkan. Pasalnya bisnis satu ini juga akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit, terlebih jika dikelola dengan manajemen yang benar. Selain itu beberapa usaha makanan cenderung membutuhkan modal kecil, namun tetap laris diserbu pembeli.
peluang usaha makanan, peluang bisnis makanan, usaha makanan, bisnis makanan, usaha makanan menguntungkan, bisnis makanan laris, usaha makanan modal kecil, makanan

Pada dasarnya semua jenis makanan dapat dijadikan sumber penghasilan bagi Anda yang gemar menjalankan usaha. Namun persoalannya apakah usaha tersebut sesuai dengan kemampuan modal yang dimiliki atau tidak. Kemudian apakah jenis makanan yang Anda pilih mampu dilirik konsumen atau justru tidak tersentuh sama sekali (tidak laris).

Maka dari itu, pertimbangan yang matang sangat diperlukan sebelum Anda menjalankan usaha makanan ini. Sebagai bentuk bantuan bagi Anda dalam merencanakan bisnis yang ingin digeluti, berikut beberapa peluang usaha makanan yang diyakini akan laris, menguntungkan, serta memerlukan modal yang relatif kecil.

1. Usaha Gorengan
Peluang usaha pertama yang dapat Anda lirik adalah usaha gorengan. Tentunya Anda telah cukup familiar dengan makanan satu ini. Di Indonesia, gorengan memang menjadi jenis makanan ringan yang banyak digemari. Oleh karena itu Anda dapat mencoba usaha satu ini. Tidak perlu membuka kedai, cukup membuatnya di rumah Anda dan dititipkan di warung di sekitar kediaman Anda.

2. Usaha Bubur Ayam
Peluang usaha makanan lainnya yang juga dapat Anda jadikan pilihan usaha adalah bubur ayam. Pada dasarnya bubur ayam dijadikan masyarakat sebagai pilihan menu untuk sarapan. Anda dapat memulai usaha ini dengan cara membuka kedai di depan rumah. Jika modal sedikit berlebih, cobalah untuk membukanya di tempat-tempat keramaian seperti di persimpangan jalan.

3. Usaha Nasi Uduk
Satu lagi jenis menu sarapan yang banyak dicari oleh masyarakat, yaitu Nasi Uduk. Makanan satu ini juga dapat dijadikan pilihan usaha Anda. Peluang usaha nasi uduk sendiri terbilang cukup lebar dan akan menguntungkan. Sebab nasi uduk banyak dibutuhkan oleh masyarakat sebagai menu sarapan yang instan. Selain itu juga ada konsumen yang menjadikan nasi sebagai santapan di malam hari.

4. Usaha Aneka Kue Bolu
Jika usaha-usaha sebelumnya belum menarik minat Anda, bagaimana dengan usaha kue bolu? Bagi Anda kaum wanita lajang atau IRT, usaha kue bolu ini dapat Anda coba. Di era yang serba siap saji ini, peluang usaha makanan seperti ini akan memberikan masukan tambahan bagi Anda. Sebab kebanyakan orang tidak sempat lagi untuk meracik kue secara mandiri di rumah.

5. Usaha Kue Tradisional
Apabila Anda tidak memiliki keahlian dalam meracik kue bolu, cobalah untuk beralih ke kue tradisional. Tentunya Anda telah mengenal betul aneka kue tradisional yang hingga hari ini masih memiliki penggemar setia. Dengan sedikit sentuhan kreasi, maka kue buatan Anda akan mampu dikenal orang banyak dan mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

6. Usaha Olahan Kripik Ubi
Kripik ubi, tentunya Anda sudah cukup familiar dengan makanan satu ini. Keripik ubi memang kerap dijadikan sebagai pilihan usaha oleh sebagian masyarakat. Pasalnya selain murah, peluang usaha makanan seperti kripik ubi ini juga gampang diolah ke dalam aneka rasa. Sehingga dengan pemasaran yang tepat, keuntungan pun akan datang kepada Anda.

7. Usaha Singkong Keju
Masih bagian dari olahan ubi atau singkong. Anda dapat menjadikan makanan ini dalam bentuk lain berupa Singkong Keju. Pengolahannya sederhana, yaitu dengan cara merebus singkong dan menambahkan toping keju di atasnya. Dengan sedikit ramuan bumbu penyedap, usaha singkong keju Anda pastikan akan melesat menjadi makanan yang digemari banyak orang.

8. Usaha Tahu Bulat
Peluang usaha makanan yang memiliki prospek cukup baik adalah Tahu Bulat. Jenis makanan satu ini bahkan sempat fenomenal di beberapa tahun belakangan. Olahan tahu yang berbentuk bulat dan digoreng langsung, menjadi ciri khas dari makanan satu ini. Anda juga dapat memasukan makanan dalam daftar pertimbangan usaha yang akan dilakukan.

9. Usaha Cilok
Cilok, siapa yang tidak kenal dengan jajanan satu ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa gemar mengkonsumsi jajanan ini. Sebagai pemula, Anda dapat menjadi cilok sebagai pilihan usaha yang akan dilakukan. Tentunya Anda terlebih dahulu harus mempelajari bagaimana teknik pembuatan cilok yang lezat dan nikmat. Kemudian Anda kombinasikan dengan strategi yang tepat.

10. Usaha Martabak Mini
Belum tertarik dengan usaha-usaha di atas? Coba lirik usaha satu ini, Martabak Mini. Jika sebelumnya martabak disajikan dalam ukuran relatif besar, namun kali ini ukurannya diperkecil (mini). Meskipun ukurannya mini, namun hal itu tidak akan mengurangi kelezatan dari makanan. Beberapa tahun terakhir, martabak jenis ini juga banyak dijadikan usaha oleh sebagian orang.

11. Usaha Bakso Bakar
Peluang usaha makanan selanjutnya yang dapat Anda coba lakukan adalah usaha bakso bakar. Usaha satu ini terbilang murah, mudah, dan laris manis. Sebab Anda hanya perlu membuat bakso dalam ukuran yang kecil kemudian ditusuk menggunakan lidi. Selanjutnya bakso dibakar di atas bara api dan ditambahkan bumbu penyedap. Cukup mudah bukan?

12. Usaha Pempek
Ketika mendengar kata Pempek, maka Anda akan teringat dengan nama Kota Palembang. Pempek menjadi kuliner khas dari kota tersebut. Anda juga dapat menjadikan pempek ini sebagai usaha makanan yang akan digeluti. Tidak butuh tempat besar, cukup memulainya dari rumah dan memasarkannya kepada tetangga Anda. Perlahan usaha Anda ini akan dikenal secara luas.

13. Usaha Jajanan Piscok
Satu lagi jenis jajanan yang banyak digemari masyarakat, yaitu Piscok (Pisang Cokelat). Pisang yang digoreng dengan balutan tepung dan ditambahkan toping cokelat, akan menjadi suatu jajanan yang enak untuk dikonsumsi. Jajanan seperti ini umumnya banyak dilirik pembeli, sebab rasa yang enak dan lezat untuk dimakan, terlebih jika disantap bersama kerabat atau teman dekat.

14. Usaha Tahu Crispy
Jika Piscok menurut Anda kurang menarik, bagaimana dengan Tahu Crispy? Tahu yang diolah dengan bumbu crispy, kemudian digoreng hingga matang, tentu akan menjadi sajian cemilan yang lezat. Anda dapat menjadikan tahun crispy ini sebagai makanan yang akan dipertimbangkan menjadi pilihan usaha Anda. Dengan sedikit sentuhan kreasi, tahu olahan Anda akan laris manis dibeli.

15. Usaha Roti Bakar
Peluang usaha makanan terakhir yang dapat Anda coba adalah usaha roti bakar. Pastinya Anda telah pernah mendengar bahkan mencoba makanan satu ini. Di pasaran sendiri roti bakar banyak disajikan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Roti Bakar Khas Bandung. Untuk menjalankan usaha ini Anda hanya memerlukan roti, pemanggang, dan aneka toping rasa.

Nah itulah tadi beberapa contoh usaha makanan yang dapat Anda coba. Bagaimana cukup banyak bukan? Pilihlah salah satu di antara jenis usaha yang disebutkan tadi, kemudian lakukan perencanaan yang matang. Pertimbangkan beberapa aspek, seperti lokasi usaha, strategi pemasaran, serta ciri khas tersendiri dari usaha Anda dan membedakannya dari yang lain.

Usahakan mencari lokasi yang strategis, paling tidak mudah ditemukan. Misalnya di persimpangan jalan, di pinggir jalan, atau pun di lokasi lainnya yang dapat memperluas peluang usaha makanan Anda. Namun jika tidak memiliki modal yang cukup, sebaiknya mulai saja dengan membuka kedai di depan rumah Anda.

Selanjutnya gunakan cara pemasaran yang dapat menarik perhatian masyarakat. Seperti membuat merk atau spanduk tertentu yang bertuliskan usaha makanan Anda. Kemudian tawarkan pula kepada tetangga di sekitar Anda. Lalu tambahkan kreasi lain yang membuat makanan Anda dikenal dan diingat. Sehingga dapat menarik pelanggan untuk datang kembali membeli produk usaha Anda.

Jika segala hal tadi telah dipertimbangkan dengan matang, maka mulailah untuk membangun usaha Anda tersebut. Terus semangat dalam menghadapi segala rintangannya. Sebab untuk meraih sukses dalam usaha makanan ini tentu akan ada banyak rintangan yang harus dihadapi.

Kemudian jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap usaha tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari usaha yang Anda jalankan. Dengan begitu, usaha makanan Anda akan mampu bertahan dan memberikan keuntungan yang berlipat. Demikianlah, semoga informasi seputar peluang usaha makanan ini dapat bermanfaat bagi Anda.