15 Bisnis Perjalanan Wisata yang Sukses di Tanah Air

01 Agustus 2021

Peluang usaha dalam bidang perjalanan wisata tak pernah ada matinya. Bahkan bisnis pariwisata di Indonesia terus menggeliat dan berkembang pesat. Hingga pertumbuhan wisata di tanah air mengalahkan wisata Thailand seperti Pattaya dan Puket. Berbagai penghargaan skala regional dan global dalam bidang destinasi wisata terbaik di dunia diraih oleh Negara Indonesia. Bahkan kini pemerintah hendak membuka daerah destinasi wisata baru di samping Bali dan Lombok.

Jika anda memilih untuk membuka bisnis perjalanan wisata di Indonesia itu merupakan langkah bagus. Karena usaha perjalanan wisata menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Apalagi saat ini usaha travel dan tour bisa berkembang pesat dengan kehadiran internet. Ada banyak perusahaan travel dan tour di tanah air yang menjalankan usahanya secara online, dan keuntungan yang diraih pun tidak sedikit. Investasiuntung.com mencoba menyediakan informasinya sebagai contoh bisnis pariwisata yang sukses di tanah air.
usaha wisata, bisnis wisata, bisnis perjalanan wisata, wisata sukses, wisata di tanah air, pesawat

15 Bisnis Perjalanan Wisata yang Sukses di Tanah Air
Untuk menambah motivasi Anda, berikut 15 bisnis perjalanan wisata yang dipandang sukses menjalankan usaha wisata di Tanah Air, antara lain:

1. Iwata Tour and Travel
Anda tentu pernah mendengar nama Iwata Tour and Travel atau PT Jogya Wisata Abadi yakni sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis perjalanan wisata di Indonesia. Iwata Tour and Travel berusaha memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan kepada para konsumen. Ada banyak layanan yang diberikan perusahaan perjalanan wisata ini mencakup paket wisata unik dan menarik, usaha penyewaan mobil, tiket booking hotel, kereta api, pesawat,dan tiket perjalanan wisata ke luar kota.

Kelebihan lain dari Iwata Tour and Travel adalah perusahan ini melayani jasa pembuatan travel insurance, visa dan passport. Sehingga kegiatan perjalanan wisata menjadi mudah dan menarik. Tak aneh jika berdasarkan survey, para pelanggan setianya setiap tahun terus bertambah besar.

2. Smailing Tour
Perusahaan jasa perjalanan wisata ini berdiri sejak tahun 2015 dan saat ini mempunyai kantor pusat dengan alamat lengkap di Jalan Majapahit Nomor 28 Jakarta. Smailing Tour berusaha secara konsisten untuk memberikan layanan terbaik level internasional dalam bidang jasa perjalanan wisata dengan harga yang terjangkau bagi semua orang dan dukungan teknologi canggih. Hal inilah yang membuat Smailing Tour mampu menghasilkan omset juta rupiah perhari.

3. Dwidaya Tour
Inilah perusahaan agen perjalanan wisata yang telah berpengalaman. PT Dwidaya World Wide Tour didirikan pada tanggal 19 Juli 1967 dan tetap eksis sampai saat ini. Dengan bekal pengalaman yang besar dari  bisnis perjalanan wisata nasional dan internasional membuat perusahaan ini mampu menjadi agen travel wisata paling besar di tanah air. Hingga saat ini, Dwidaya Tour mempunyai 80 cabang yang terdapat di berbagai kota di tanah air. Atas prestasi tersebut berbagai penghargaan diraihnya, antara lain Top Travel Agent dari Singapore Airlines, Garuda Indonesia, Qatar Airlines, Cathay Pacifik dll.

4. Avia Tour
Perusahaan yang berdiri 15 tahun lalu ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis perjalanan wisata yang meliputi ticket booking, pembuatan passpor dan visa, pengurusan tiket pesawat, travel insurance dan hotel, layanan paket wisata dan cruise dan lain sebagainya. Sudah ada ribuan orang yang menjadi pelanggan setia Avia Tour di tanah air.

5. Golden Rama
Persaingan bisnis perjalanan wisata yang semakin ketat membuat Golden Rama Tours and Travel membuat berbagai terobosan dalam bisnis ini. Sehingga perusahaan yang dibuka pada tahun 1971 ini menjelma menjadi salah satu agen perjalanan wisata paling depan di tanah air. Adapun layanan yang diberikannya meliputi penjualan tiket penerbangan wisata internasional dan nasional, reservasi hotel, paket wisata dan tour, cruise, pengurusan dokumen travel, dan lain-lain.

6. Dream Tour
Perusahaan bisnis perjalanan wisata lain yang mampu menghasilkan untung jutaan adalah Perseroan Terbatas Dream Tours and Travel yang berdiri untuk melayani jasa umroh. Dream Tours mampu menjadi salah satu perusahaan jasa travel umroh paling baik di Indonesia. Sebab pelayanan yang diberikan bukan hanya ibadah umroh tapi meliputi jalan-jalan dan rekreasi. Inilah jasa layanan lainnya yang ada di Dream Tour antara lain: paket wisata liburan domestik dan mancanegara, tiket  penerbangan, rental mobil, paket wisata bulan madu, paket ibadah haji dan umroh, tiket hotel, pengurusan visa Negara, asuransi travel, wisata insentif, dan lain-lain.

7. Asia Wisata
Bisnis perjalanan wisata terus tumbuh pesat seiring semakin banyaknya perusahaan agen travel. Salah satunya PT Asia Wisata yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai hotel dalam negeri dan luar negeri, perusahaan transportasi, kereta api dan seluruh maskapai penerbangan. Paket wisata yang disediakan yaitu wisata ibadah umroh dan haji, wisata liburan, pengurusan tiket hotel dan penerbangan dan lain-lain dengan pelayanan sangat praktis, mudah dan bagus. Perusahaan waralaba ini telah meraih berbagai penghargaan dalam dunia bisnis wisata terbaik di Indonesia.

8. Kolaka Tour & Travel
Perusahaan jasa perjalanan wisata ini berkantor pusat di Jalan Pulau Moyo Denpasar Bali. Sang pemilik Dede Saputra membuka bisnis travel and tour ini sejak tahun 2000. Adapun destinasi wisata yang menjadi andalannya adalah pulau Bali dan Lombok.

9. Pesona Indonesia
Salah satu perusahaan travel dan tours yang terkenal di Indonesia adalah Pesona Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan jasa wisata secara lengkap ke berbagai lokasi destinasi wisata yang sangat menarik di dalam negeri hingga mancanegara. Seperti paket wisata ke Pulau Bintan.

10. Bonita Tour
Bonita Tour dan Travel ini asalnya sebuah sub agen perjalanan wisata. Namun berkat kerja keras dan kekuatan modal, sub agen ini mampu menjelma menjadi perusahaan besar dalam bidang jasa travel secara franchise. Bonita Tour sudah mempunyai 100 cabang di wilayah Indonesia. Dan telah bekerjasama dengan berbagai maskapai penerbangan sepeti Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala dan lain sebagainya.

11. Dena Tour and Travel
Perusahaan jasa perjalanan wisata yang dijalankan secara syariah ini sudah didirikan pada tahun 1995. Di usia yang sudah banyak makan asam garam dalam bisnis travel and tour membuat Dena Tour and Travel menjadi perusahaan besar dalam bisnis pariwisata di Indonesia. Pelayanan jasa wisata yang diberikan antara lain: paket wisata religi haji plus dan umroh murah, paket rental mobil, jasa reservasi hotel, jasa transportasi, pengurusan tiket pesawat, jasa wisata muslim ke Macau, Hongkong dan Shenzen.

12. Java Travel Center
Sebuah perusahaan yang disingkat JTC yang melayani jasa paket wisata di daerahYogyakarta, penyewaan mobil dan bus, penjualan tiket online, booking hotel, dan jasa wisata lainnya yang diberikan dengan pelayanan memuaskan dan harga murah bersaing.

13. Travelocity
Travelocity menyediakan paket wisata liburan ke berbagai obyek wisata yang menarik di dunia. Harga paket wisata yang ditawarkan cukup murah dengan kualitas pelayanan terbaik. Banyak orang yang memilih menggunakan Travelocity untuk melakukan kegiatan liburan mereka ke mancanegara.

14. Esqtours
Esqtours melayani jasa perjalanan wisata rohani haji dan umroh, paket wisata liburan ke Dubai, Makkah, Madinah dan Negara lain. Perusahaan jasa pariwisata ini didirikan pada tanggal 30 Juni 2000 oleh motivator terkenal, Ary Ginanjar Agustian. Paket wisata yang dijalankan halal sesuai syariah.

15. Altour Travel Indonesia
Perusahaan yang berdiri di kota kembang Bandung ini menawarkan berbagai paket wisata mancanegara dan domestik paling lengkap dengan biaya terjangkau. Altour Travel Indonesia berdiri sejak tahun 2012 dan mampu menjaring banyak konsumen setiap harinya. Sehingga ia masuk dalam perusahaan bisnis wisata yang berhasil versi investasiuntung.com.

Cara Memulai Usaha Travel Wisata
Setelah melihat beberapa perusahaan yang bergerak dalam bisnis perjalanan wisata mampu  menghasilkan keuntungan besar per hari mungkin anda jadi tertarik membuka usaha travel wisata yang menguntungkan. Berikut  ini sejumlah cara sukses memulai bisnis perjalanan wisata secara fisik maupun online, antara lain:

▪ Mempersiapkan Modal
Dalam setiap jenis usaha pasti memerlukan yang namanya modal. Begitupula dalam bisnis travel dan tour. Untuk memulai usaha perjalanan wisata maka anda harus mempersiapkan modal usaha yang meliputi computer, software, printer, modem dan kartu paket kuota intenet dll. Untuk software berupa program aplikasi travel tiket online, anda bisa mendapatkan di master agen tiket online. Dengan software ini transaksi pemesanan tiket bisa lewat online dan otomatis.

▪ Mencintai Kegiatan Wisata
Untuk sukses dalam bisnis perjalanan wisata, setelah mempersiapkan modal selanjutnya anda diharuskan mencintai jalan-jalan atau dunia wisata. Sehingga bisnis travel dijalankan dengan mudah, penuh semangat, bekerja secara optimal dan menyenangkan. Karena bisnis perjalanan wisata yang dikerjakan sesuai passion lebih cepat sukses dan lebih berpeluang besar berhasil. Berbagai hambatan dan rintangan bisa diatasi dengan baik dan tidak mudah menyerah.

▪ Paket Wisata yang Menarik
Setelah modal usaha siap dan mencintai dunia travelling selanjutnya adalah membuat paket wisata yang menarik. Mulailah dengan memanfaatkan obyek-obyek wisata di sekitar wilayah anda. Kemudian beri brand atau nama yang mudah diingat, unik dan menarik dari paket wisata tersebut. Sehingga bisa membuat orang-orang  tertarik mengikuti paket wisata anda. Harga paket wisata yang ditawarkan harus murah dan terjangkau. Berikanlah diskon pada momen tertentu.